AM saya jantan apa betina?

Pertanyaan:

Apakah AM saya jantan atau betina? Burung AM merah saya kepala nya sedikit kecil dan pernah beberapa kali ngeper ketika tangan di dekatkan dan ketika dijemur sendirian, tapi beberapa kali saya ketemukan dengan anis merah yang bunyi dan lagi teler di Kios Aryo, dan juga AM tetangga saya yang lagi teler, AM saya tidak mau ngeper, menurut mas Aryo AM saya itu jantan karena tidak ngeper pendapat ini juga saya pernah baca entah di mana. Apakah ada pendapat pakar AM yang lain soal kasus ini. (Samuel G Setiyadi)

Jawab:

Pak Sam,
Ada beberapa point yang bisa saya sampaikan menurut pengalaman selama ini:

1. AM betina pasti ngeper tapi tidak semua AM yang ngeper betina.

2. Ngeper untuk betina tidak selalu menunjukkan burung sedang birahi, tetapi sekadar untuk menarik perhatian (bisa jadi menarik perhatian makhluk di sekitarnya, termasuk pemeliharanya/ orang lain dsb).

3. Burung ngeper adalah burung yang sedang tidak dalam kondisi stress/takut.

4. Bisa jadi AM Anda betina dan ngeper sekali-sekali dalam kondisi ingin menarik perhatian orang; dan justru tidak ngeper ketika melihat AM jantan yang ngerol2 karena memang belum birahi atau justru takut2.

5. AM betina dan sedang birahi (dewasa, fit/tidak stress) pasti ngeper jika didekatkan AM jantan dewasa (apalagi bunyi).

6. Fisik AM tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan jantan/betina kecuali Anda pegang dan dilihat kloakanya sekaligus diraba tulang supitnya (dua tulang penggapit kloaka/tulang pinggul?). Kalau antar tulang supit relatif longgar sekaligus kloakanya besar/memerah, kemungkinan besar betina. Kalau sempit dan kloaka rapat, kemungkinan besar jantan atau bisa juga betina tapi masih muda.

7. Untuk mengujinya, bisa digunakan alat sexing-detection/ test-sexing meski tingkat keakuratannya hanya sekitar 75%. Atau bisa juga digunakan tali berbandul logam (untuk teknis pemakaiannya, sudah pernah dibahas di milis KM.)

8. Banyak AM betina juga bunyi. Ada yang variatif (paling tidak, kawan saya pernah punya karena terbukti kemudian dia nelor2 melulu; sayang waktu itu belum ada keinginan menangkarnya; sekarang sudah bablas nggak tahu dijual kemana…).

9. Tidak ada yang bisa memberi jaminan untuk kepastian jantan betina AM kecuali AM peliharaan lama yang telah dipastikan perilaku dan suaranya. Artinya, semua itu perlu waktu.

10. Itulah salah satu seni memelihara burung: Merawat dengan penuh tanda tanya… jantan…betina… berkicau… membisu…hidup…mati…dsb-dsb.

11. Sabar….

Semoga bermanfaat.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

4 pemikiran pada “AM saya jantan apa betina?

  1. salam kenal
    maaf mas saya mau nanya?? bisa diperjelas mengenai sexing deteksi saya mau tahu alatnya dan cara pakainya gimana, kalau bisa penjelasannya aga rinci dan saya minta kirim ke email saya aja, sekian dan terimakasih

    • Om Adik
      Nanti saya postingkan tulisan mengenai sexing pakai pendulum ya. Bersabar. Langsung dibaca di sini saja, pengin tahu apa jawaban sudah ada atau belum, coba Om daftar saja pakai fasilitas RSS. Jadi setiap ada tulisan baru di sini, Om bisa dikirimi ringkasannya.

  2. kulio nuwun, lgsg aja mas sy mo nanya tentang mb sy, 5 bln yg lalu sy beli bakalan mb, waktu bulu ekorya patah2 trus sy cabuti smua jadi bondol mania, trus bulu jg rusak sayap bulu patah2 , gmn cara mempercepat mabung solusi dan cara yg plg efektif gmn, ada tambahan dikit ini sy punya ciblek (kebon) mungkin karena dada putih bulu coklat, bagus mana ciblek sawah atau tegalan or kebon atau tergantung rawatanya trimakasih.

    Jawab:
    Tips mempercepat tumbuh bulu tidak ada Om kecuali perawatan yang baik dan pakan terukur. Kalau untuk mempercepat kan dengan terapi mabung ekstrem.
    Mengenai ciblek, bisa Om baca di tulisan ini.

  3. Malem om Duto…
    Saya baru dapat AM kondisi habis mabung (menurut pemilik lama) udah mulai saya latih jemur….
    AM tersebut sudah nretet-nretet dan ngriwik tapi belum berani ngeplong
    Pertanyaan saya
    1. AM tersebut sering ngeper dan ngecir-ngecir kalo sangkar mau saya pegang apakah AM tersebut betina??pernah saya trek dengan AM tetangga yang guacor burung tidak ngeper mlh naik turun tangkringan…menurut tetangga ini AM jantan apakah benar?
    2. AM tersebut nggak mau dikaramba sama sekali…pernah saya pancing pakai jangkrik ditali juga ndak berhasil…apa ada trik lain supaya AM tersebut mau dikaramba?
    3. Gimana supaya AM tersebut cepat ngeplong??rawatan harian saya ikuti rawatan pemilik lama, jam 5pagi AM saya embunkan, jam7 mandi trus jemur sampe jam9…jangkrik 3/3, cacing 1/2hr, pisang kepok/pepaya selang-seling

    Jawab:
    Wah soal ngecir itu berkali2 ditanyakan teman, jawabnya sama: ngecir bukan pertanda AM betina. Cuma kalau AM jantan ngecir, itu berarti kondisi fisik belum fit betul
    Rawatan sudah betul itu, cuma pisangnya lebih baik tidak perlu diberikan kecuali benar kepok putih. Kalau keliru kepok kuning, burung biasanya bebelen (sulit buang kotoran). Coba kalau apel masir (yang empuk) mau, diberi apel.
    Untuk menggiring ke karamba, ya memang begitu caranya. Untuk mudah memancing AM masuk karamba, sejak dikeluarkan semua pakan diambil. Jadi pagi hari sampai mau dimandikan, AM belum makan apa0apa. Dia akan mudah dipancing pakai jangkrik.
    Dicoba ya.

Komentar ditutup.