Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang

Ini adalah salah satu kiat perawatan burung harian yang mungkin sudah banyak diterapkan oleh para kicaumania, namun setahu saya tidak pernah dibahas secara detil.

Tulisan ini bertolak dari suatu asumsi (berdasarkan pengamatan atas perilaku burung dan juga manusia, hehehe) bahwa dalam kondisi kekenyangan, burung (dan juga manusia-lah) cenderung malas-malasan. Manifestasi malas2an ini, kalau burung ya nggak rajin bunyi, kalau manusia ya akan segera menuju kamar tidur lantas mendekap guling….

Dalam konteks burung, ada saran dari saya: berikan pakan ketika lapar dan stop pemberian sebelum kenyang (atau kekenyangan). Tapi perlu diingat, bahwa ini adalah pola perawatan bagi mereka yang “sempat” dan bisa konsisten.

Caranya, setelah burung mandi (pada pagi hari, kalau biasa dimandikan pagi) katakanlah jam 7, berikan pakan seperti sediakala. Selepas jam 9, keluarkan wadah pakan. Ini bertujuan agar burung tidak makan melulu setelah itu. Sekitar jam 12, baru wadah pakan dimasukkan lagi. Kalau siang biasanya diberi tambahan jangkrik entah berapa ekor misalnya, ya berikan seperti sediakala. Keluarkan lagi wadah pakan sekitar jam 13. Masukkan lagi pada jam 17-an atau setengah jam sebelum burung masuk peraduan. Dan keluarkan wadah pakan bersamaan dengan Anda mengerodong burung, atau kalau yang tidak biasa kerodong, ya pokoknya keluarkan wadah pakan agar burung tidak makan di malam hari.

Pola di atas memang tidak baku, terserah Anda bagaimana mengaturnya yang jelas tujuannya adalah agar burung tidak makan melulu dan kekenyangan. Burung yang selalu kenyang, selain relatif tidak rajin bunyi, juga gampang menjadi gemuk. Padahal kalau burung kegemukan, pastilah relatif nggak rajin bunyi.

Catatan:

  1. Pola pengaturan pakan seperti ini berlaku untuk burung dalam kondisi normal (tidak sakit/ mabung; tidak dalam treatment khusus menghadapi lomba dsb) dalam perawatan sehari-hari.
  2. Pola pengaturan pakan seperti ini mutlak diterapkan kepada burung2 jenis tertentu (dalam kondisi normal untuk perawatan sehari-hari) yang kerjanya kebanyakan makan melulu seperti kenari. Jangan biarkan sangkar kenari Anda selalu ada pakan di dalamnya, karena selama ada pakan, kenari tidak pernah berhenti makan. Atau, cukup letakkan pakan kenari 1 sendok makan (atau bahkan kurang) pada pagi hari (dengan asumsi masih ada sayur/buah, atau kadang malah telor puyuh dsb). Cukupkan itu untuk makan kenari dalam sehari. Kalau sore hari sudah kosong, biarkan saja. Dan baru diberi lagi pagi hari keesokannya.
  3. Terapkan ini secara konsisten, niscaya burung Anda yang seharusnya rajin bunyi tetapi angin2an, menjadi rajin bunyi.

Sekian, semoga bermanfaat.

(Artikel ini juga saya kirim ke http://www.kicaumania.org)

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 11 comments

  1. krisna

    HEBAT,HEBAT,HEBAT,HEBAT !!!!!!!!
    ACUNG JEMPOL untuk para pengasuh kicaumania
    gak nyesel jadi member kicaumania coz pertanyaan dari saya langsung di jawab
    tuntas,tas,tas,
    pertahankan terus semangatnya om, saya sebagai pemula dalam dunia kicau merasa telah mendapatkan secercah pencerahan
    tapi ???
    ngomong2 nih om,
    1, gmn perawatan cendet sampai bs bagus / gacor-cor
    2, apa bener cendet yang bisa di "ketek-in" pake tangan adalah jenis cendet yang bagus ? / malah bisa di bilang manja/jelek
    3, saya punya ledekan laut dari suara belum bisa keras / lepas betul, tapi sudah ngeriwik agak2 kencang, minta wahyu nya om biar ledekan laut saya bisa bagus, dari segi perawatan, tips, dan lain2 karena menurut saya biar kecil dan jarang dilirik para senior kicau ledekan punya suara yang unik,

    maju terus kicau mania, kalo bisa di jawab sesegera mungkin biar saya gak kecewa saya tunggu pencerahannya ya om

    Jawab:
    1. Wah pertanyaannya nyak ndulit tetapi jawabnya harus panjang lebar, hehehe. Coba baca di postingan ini ya Om.
    2. Wah bagus apa enggak (untuk ukran rumah) ya yang gacor dengan suara kenceng dan lagu variatif, speed r rapat. Kalau untuk bagus di lomba, syarat itu ditamah berani tarung (mental OK) di arena.
    3. Jawabnya (kuncinya) sama dengan jawaban nomer satu Om.
    Untuk menjawab sesegara mungkin kadang terkendala waktu dan tenaga Om. Sabar ya.

  2. tegar

    hargnya 300rb Om…ehm…gini Om..aku bukan mau nyanggah cm ngutarain yg aku tahu.aku pernah liat kacer ring umur 1thn an,pas aku deketin tu liar bgt.aku nanya ke pemiliknya, dia jawab kalo masi trotol tu masi jinak mas..kalo trotolnya uda ilang mah sifat liarnya muncul.pernah juga saya ke BF, liat trotolan MB yang uda makan sendiri tu masi keliatan agak liar.nah tu kan…..jadi bingung aku Om…

    Jawab:
    Cek saja apakah di penangkaran asalnya itu memang MB selalu diliarkan dengan disuapi indukannya sampai bisa terbang sendiri dan bahkan tidak diberi ring? Kalau caranya seperti itu memang benar MB anakan tetap liar seperti produk hutan. Tetapi kalau lainnya dikasih ring dan jinak, maka Om bisa ambil kesimpulan sendiri, heheheh.

  3. tegar

    Malem Bos Duto…..langsung aja Om.Aku ditawarin MB anakan juara(katanya)dr temenku Om,aku belum paham banget tu MB medan ato lampung soalnya masih piyik ga tau umur brapa tapi trotol uda hilang.Bulu uda lengkap kayak MB dewasa.cara ngebedain gmna Om??katanya tu dari seorang pemain yang nangkarin MB nya scr Diem2.setelah aku selidiki dgn berkunjung ke tokonya(pengusaha baju),ternyata pegawainya jg bilang kalo pemilik nangkarin MB nya dan sering ikut lomba.aku tanya ke penangkar2 setempat ternyata mereka hanya tau kalo si Empu nya MB juara cuma seorang juri Lomba.O..iya Om,pas aku lihat nih si MB(tanpa ring) td agak liar.temenku nggak berani nurunin sangkarny krn MB nya masi takut.ech niat aku pengen ngamatin MB,si MB malah sering ke bawah tangkringan(sembunyi).MB itu kenapa ya Om?apa dy malu ato lg ga pengen di amatin?he..he….Burung kok punya malu…he..tolong advice nya Om soalnya aku lg tertarik nih ma tu MB(beli..ga..beli..ga..)terima kasih Om.Sukses.Ada yg Lupa Om,aku sempet dftr jd member di KM.tp kok alurnya ribet ya Om?akirnya ga jd.gitu aja OM…tanx.

    Jawab:
    Kalau soal asal2 MB nggak perlu dipusingkan, soalnya melihat anakan medan atau lahat juga susah karena untuk ekor, bahkan setelah trotol hilang dan mabung pertama, juga belum tumbuh maksimal. Jadi kita tidak/belum tahu bagaimana nanti ekor setelah maksimal.
    Juga soal itu ternakan hasil juara atau tidak, nggak ada yang menjamin karena trotolan nggak pakai ring. Apa Om juga yakin kalau itu hasil penangkaran. Penangkar akan selalu bangga kalau anakannya bisa bertebaran di mana2 dengan ring sebagai identitas bird farmnya. Apalagi kalau indukannya katanya jawara2…pasti dia akan melepas ke pasaran dengan ring BF-nya.
    Berapa harga yang ditawarkan? Kalau harganya masih sama dengan harga trotolan muda hutan, nggak apa-apa. Tetapi kalau pakai embel2 "anak jawara" tetapi tanpa ring, ya nggak usah. Dasar beli burung jangan pada "katanya" tetapi "faktanya" saja…. Biar nggak nyesel di kemudian hari.
    La apalagi MBnya kelihatan liar…nggak ada cerita lah masih trotolan hasil penangkaran kok terlihat liar… soalnya hasil penangkaran yang sudah "membau" tangan orang, kalau didekati langsung mau nabrak yang ndekati je…nantang2….dan malah sambil ngeplong2 (meski masih trotol)….
    Itu pertimbangan saya, mangga semuanya berpulang ke Om…

  4. jay

    Om mo tanya nih,saya punya anakan kacer umur 2bln.kata penangkarnya uda bisa makan voer sendiri.sampai dirumah ,voer saya ganti yg agak bagus tapi malah ga dimakan.saya amati koc masi minta diloloh,akirnya sehari hari saya kasi voer campur kroto ditambah sedikit air(adonan buat ngloloh)ternyata doyan tapi ga banyak.saya ngloloh tiap pagi,siang,sore dan juga saya sediakan ulat kandang secukupnya(1 sendok kecil tiap hari),jangkrik 5,2,3.apa yang saya beri ternyata bisa bikin dia ngriwik lama.sempet ga ngriwik sama sekali ketika saya kasi voer aja(bukan adonan)dan jangkrik 5,2,3 tiap hari.tanpa kroto dan ulat kandang.
    1.apakah langkah saya dalam pemberian pakan uda bener Om??
    2.kadang dia suka teriak secara tiba2 sambil loncat2(kayak burung yg masi liar)selama 30 detik'an.abis tu uda tenang lg sambil nangkring.nafsu makan masi tinggi n masi mau ngriwik.saya belum tanya ke penangkarnya.menurut Om,dia(kacer saya) knapa ya Om??saya resah kalo ngliat dia pas lg gitu.apa dia punya kelainan ya?!kadang sifat liarnya juga muncul pas saya lg pake helm.
    3.trotol saya perlu di kasih Ulat Hongkong ndak?kalo perlu,pengaturan porsinya gmn Om?
    tolong solusinya Om,terima kasih.salam KM.

    Jawab:
    1. Sudah betul…
    2. Nggak apa-apa itu. Burung muda masih perlu umbaran untuk mengembangkan otot2 tubuh secara maksimal. Coba ganti kandang yang relatif besar. Agar dia tidak mudah takut orang, letakkan di dekat orang lalu lalang.
    3. Bisa saja… 4 – 4 pagi sore. Lebih bagus kalau UH diberi pakan daun pepaya dulu atau bisa juga wortel sehari sebelumnya sampai ketika diberikan untuk pakan burung.
    Salam kembali…

  5. Erwinsyah

    Mas..mo tanya gmana caranya merawat kenari agar rajin mengoceh..trus kemarin saya beli anak kenari gmna membedakan keari janta dan betina dengan pandangan saya orang awam dalam hal burung..

    Jawab:

    Coba baca perawatan umum tentang burung dan perhatikan pada bagian yang membahas kenari (soal pengaturan pakan). Bisa dilihat di sini dan di sini.

    Untuk membedakan kenari jantan apa betina. Coba baca bagian bawah dari tulisan di sini.

    Oke Om?

    Duto

  6. Duto

    Untuk Om Ardyan:

    -Coba jinakkan lagi sedikit. Saya sudah menulis tentang tips menjinakkan burung. Coba cari dengan bantuan tombol searh dengan mengetik "menjinakkan burung".

    -Kalau sudah relatif jinak, biasanya berani mulai gacor.

    -Pacu dengan perbanyak kroto (atau jangkrik kalaum kroto sulit).

    – Jemur yang cukup (pagi sampai jam 10-an; jangan di bawah terik siang hari).

    Salam.

  7. Ardyan sembiring

    mau nanya nich bos, saya punya MB, suaranya lumayan, tetapi masih agak liar dan agak jarang bunyinya, gimana supaya stabil?

  8. voldo

    saya tidak memberikan komentar pa…justru saya mau bertanya…bagaimana tips yang sederhana tapi tidak ribet merawat dan pemberian makan kenari…karena saya cukup sibuk tapi pengen kenari saya terawat juga…makanan apa yang kudu diberikan supaya bulunya bagus dan ngoceh sesering mungkin..kenari saya baru umur 1 bulanan..trimakasi atas masukannya…tolong di balas pa ke email saya

  9. duto

    Coba periksa daftar penyebab di bawah ini:

    1. Mulai ngurak/mau mabung dengan tanda ada bulu halus mulai jatuh (dimulai 1-2 helai per hari, lama2 menjadi banyak).

    2. Berubah menu makanan/ pola pemberian pakan.

    3. Ada barang (burung) baru sehingga membuat Am tidak nyaman.

    4. Stress karena penyebab yang belum Anda ketahui.

    Untuk persoalan pakan, tolong cermati lagi tulisan saya di atas.

    Jika ada burung baru, jangan didekatkan dulu ke AM-nya.

    Jika stress karena penyebab yang belum diketahui, coba diingat2 lagi, apa gerangan yang berubah di rumah Anda/lingkungan burung.

    Menilik Anda bilang "AM saya sudah mulai ngeplong2 tapi…" berarti itu burung muda ya? Kalau iya, nggak apa2, karena itu kondisi normal pada AM muda yang belum stabil. Rawat seperti sediakan, penuhi kebutuhan pakan, mandi dan sinar mataharinya. Semoga kembali normal lagi.

    Salam.

  10. budi setiadi

    terima kasih banyak atas ulasannya .klo boleh tau aq punya burung am udah ngeplong ko sekarang macet ??????gimana solusinya ?? nb: yg jelas bukan karena bbm naik lho macet nya ????? thank"s

Komentar ditutup.