Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Harga kenari di Jogja

Tanya:

Salam kicau mania om, saya rudi jambi, mau tanya dikit nih, om kenal kenal/tau ngk sama RIDLO, FIGAS BF jogja, peternak kenari di jogja, yg menurut ulasan di AGROBUR, ada kenari lagu macem2, siap lomba, tapi harga murah, istilah kerennya kualitas butik, harga kodian…he..he..he…

yang mau saya tanyaken, banyak ngk mania kicauan di jogja dan sekitarnya yg pake burung dari beliau, soalnya saya kurang yakin, maklumlah, cuma kenal lewat telpon, lagian juga ngk liat sendiri burungnya, cuma denger cerita dari beliau, tau sendirikan kalo penjual, pasti bilangnya bagus terus, lain kalo kita di KM, jual emang berdasarkan rasa persaudaraan, ngk jualan juga masih sering ngobrol, saling tukar pengalaman…itulah yg membuat saya betah di KM…

udah, sementara itu aja yg mau saya tanyakan….

terima kasih sebelumnya saya ucapkan…..

salam kicau mania…bravo KM. (Pertanyaan Om Rudi Jambi melalui PM di http://www.kicaumania.org)

Jawab:

Salam KM juga.

Saya pernah kontak dan tahu tentang Pak Ridlo yang rumah/farm-nya di daerah Pogung Baru Jogja (atau yang lain kali?) tetapi belum pernah ambil kenari dari dia.

Kalau soal kenari dia, saya benar2 tidak tahu. Kalau saya mengomentari hal yang saya tidak tahu, pastilah sesat jadinya.

Yang dimaksud murah itu, dia tawarkan berapa rata2?.

Coba ini saya cerita tentang harga umum di Jogja/Solo saja ya:

Untuk kenari kecil lokalan (holland), harga piyik (bisa makan sendiri) dengan indukan pada umumnya (bukan jawara) dimulai dari harga Rp 25.000/ekor jantan.

Untuk kenari F1 (anakan lokal silang dengan YS) usia bisa makan sendiri, harga dimulai dari Rp. 200.000/ekor jantan atau betina (betinanya biasanya malah nggak dijual karena biasanya untuk mengembangkan penangkaran sendiri).

Untuk F2 (anakan F1 silang dengan YS), harga mulai dari Rp. 400.000/ekor jantan atau betina.

Kalau kenari dengan lagu macem2 dan siap lomba, tentu harganya macam2. Tetapi saya yakin, kalau kenari siap lomba apalagi lagunya bagus, pasti harganya mahal untuk di Jogja. Kalau dia mau nglepas dengan kisaran Rp. 500.000 misalnya, maka itu murah banget. Tetapi kalau betul begitu, apa ya benar karena saya tahu pasti bahwa harga kenari di Jogja bisa relatif tinggi kalau bisa nampil bagus di arena. Nggak mungkin kalau harga di bawah Rp. 1 juta.

Lagian perlu diketahui, kenari usia kisaran 6-7 bulan biasanya sudah dicoba di arena latihan. Jadi, usia segitu sudah diketahui bagus enggaknya. Jangan2 yang dijual murah adalah kenari2 yang nggak masuk hitungan di lomba lokalan Jogja.

Bukan saya ingin mengatakan bahwa kenari Pak Ridlo adalah kenari sortiran lho, cuma kalau dari sisi harga kok murah, yang saya pertanyakan apa iya harga kenari di Jogja bisa murah?

Saya ngambil beberapa kenari F1 piyik untuk saya master sendiri dari penangkar Jogja saja sudah kisaran Rp. 250-350rb lho (biasanya saya ambil yang 350-an karena menang milih sendiri, bukan kodian).

Sebagai ilustrasi, kawan saya ambil Rp 350rb kemudian setelah diisi dan mulai ngriwik/ngeplong, dibeli Om Fendy (kawan KM juga) dengan harga Rp. 500rb. Belakangan Om Fendy minta dicarikan lagi, tetapi belum ada stok lagi.

Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

Kalau ada yang tidak jelas bisa SMS ke saya, 02715847923 (Flexi).

Salam,

Duto

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

9 Comments »

  1. Salam kenal om Saya penggemar kenari dari Kal-Tim dan ingin mencari kenari F1 piyik untuk saya master sendiri ,sekiranya dimana saya bisa memesan piyikan tersebut dan tolong di rekomendasikan tempat penangkaran ( bird Farm) dan No hp si pemilik, sekian dan terima kasih.

    Suka

  2. om mo nanya nie..
    saya mau belajar ternak nie..
    ada yg mo jual pejantan F2 dan betina F1 g?( syukur2 klo dah jodoh)
    yg bagus y om..
    klo ada sy minta CPny y om..
    just info saya ad di surabaya om.. jd nanti dikirim ke sby aja..
    trims om.. salam KM..

    Suka

  3. om minta tips dong mulai perawatan, pemilihan kenari yg bagus gmn? trus apasih perbedaan yg mencolok kenari lokal sm kenari import.

    JawabL
    1. Wah tipsnya kan sudah banyak tuh di kategori Kenari + Finch. Kalau ada masalah spesifik, nah kita diskusikan.
    2. Perbedaannya impor dan lokal nggak ada Om (karena nenek moyangnya juga sama). Hanya masalah daya tahan saja. Kalau kenari produk lokal/tropis (aselinya kenari juga produk daerah tropis, lalu beberapa jenis tertentu dikembangkan di Eropa dan Amerika) lebih mempunyai daya tahan yang tinggi karena sudah terbiasa sejak lahir.
    Memang untuk produk impor biasanya adalah strain tertentu yang sudah baku (WS, Yorkshire dsb) sedangkan lokal sudah disilang2 antar beberapa strain (galur).

    Suka

  4. salam kenal om. saya penggemar br kenari nih. gmn sih biar kenari cpt gacor. trus cr pilih kenari yg bgs gmn. mohon penjelasannya terima kasih. sofyan.

    Jawab:
    Om, coba dilihat di tulisan kategori kenari, sepertinya sudah banyak dibahas. Coba klik di sini.

    Suka

    • om makasih ya. oya mau tanya dikit lg nih. klo harga kenari djogja yg update yg udah gacor kisaran berapa? trus klo kirim keluar kota bs gak? ongkirnya berapa? aku tgl dtasikmalaya. terima kasih shofyan.

      Jawab:
      Gacor kan juga macem2 Om, ada gacor bisa untuk lomba atau tidak (keras atau tidak, variatif suaranya atau tidak dsb). Kalau untuk yang bisa lomba, harga bisa di atas 1 juta. Sedangkan yang gacor biasa, apalagi hanya keturunan colorbred, harga paling cuma dua sampai 3 ratusan.
      Untuk pengiriman, biasanya memakai jasa kereta api (Herona). Hanya saja ada atau tidak perwakilan Herona di Tasik, saya tidak tahu. Coba telepon ke stasiun KA terdekat. Herona adalah jasa penitipan barang milik PT KA.

      Suka

    • om mau nanya lg nich. denger2 klo burung pgn cpt gacor or pgn tmbh gacor bisa dkasih telor puyuh. ngaruh gak nantinya kburung(bikin gemuk gak?)

      Jawab:
      Wah apa ya harus telor puyuh ya. Saya tidak tahu "mitos" tentang hal itu. Hanya saja, kalau burung perlu telor itu pasti, dan kebanyakan adalah telor semut, alias kroto. Namanya telor (protein) memang dibutuhkan burung untuk memacu birahi. Ya apapun makanan, kalau berlebihan dan tak terukur bisa bikin gemuk Om dan pasti membuat
      burung kurang gacor.

      Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.088 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: