Harga kenari di Jogja

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Tanya:

Salam kicau mania om, saya rudi jambi, mau tanya dikit nih, om kenal kenal/tau ngk sama RIDLO, FIGAS BF jogja, peternak kenari di jogja, yg menurut ulasan di AGROBUR, ada kenari lagu macem2, siap lomba, tapi harga murah, istilah kerennya kualitas butik, harga kodian…he..he..he…

yang mau saya tanyaken, banyak ngk mania kicauan di jogja dan sekitarnya yg pake burung dari beliau, soalnya saya kurang yakin, maklumlah, cuma kenal lewat telpon, lagian juga ngk liat sendiri burungnya, cuma denger cerita dari beliau, tau sendirikan kalo penjual, pasti bilangnya bagus terus, lain kalo kita di KM, jual emang berdasarkan rasa persaudaraan, ngk jualan juga masih sering ngobrol, saling tukar pengalaman…itulah yg membuat saya betah di KM…

udah, sementara itu aja yg mau saya tanyakan….

terima kasih sebelumnya saya ucapkan…..

salam kicau mania…bravo KM. (Pertanyaan Om Rudi Jambi melalui PM di http://www.kicaumania.org)

Jawab:

Salam KM juga.

Saya pernah kontak dan tahu tentang Pak Ridlo yang rumah/farm-nya di daerah Pogung Baru Jogja (atau yang lain kali?) tetapi belum pernah ambil kenari dari dia.

Kalau soal kenari dia, saya benar2 tidak tahu. Kalau saya mengomentari hal yang saya tidak tahu, pastilah sesat jadinya.

Yang dimaksud murah itu, dia tawarkan berapa rata2?.

Coba ini saya cerita tentang harga umum di Jogja/Solo saja ya:

Untuk kenari kecil lokalan (holland), harga piyik (bisa makan sendiri) dengan indukan pada umumnya (bukan jawara) dimulai dari harga Rp 25.000/ekor jantan.

Untuk kenari F1 (anakan lokal silang dengan YS) usia bisa makan sendiri, harga dimulai dari Rp. 200.000/ekor jantan atau betina (betinanya biasanya malah nggak dijual karena biasanya untuk mengembangkan penangkaran sendiri).

Untuk F2 (anakan F1 silang dengan YS), harga mulai dari Rp. 400.000/ekor jantan atau betina.

Kalau kenari dengan lagu macem2 dan siap lomba, tentu harganya macam2. Tetapi saya yakin, kalau kenari siap lomba apalagi lagunya bagus, pasti harganya mahal untuk di Jogja. Kalau dia mau nglepas dengan kisaran Rp. 500.000 misalnya, maka itu murah banget. Tetapi kalau betul begitu, apa ya benar karena saya tahu pasti bahwa harga kenari di Jogja bisa relatif tinggi kalau bisa nampil bagus di arena. Nggak mungkin kalau harga di bawah Rp. 1 juta.

Lagian perlu diketahui, kenari usia kisaran 6-7 bulan biasanya sudah dicoba di arena latihan. Jadi, usia segitu sudah diketahui bagus enggaknya. Jangan2 yang dijual murah adalah kenari2 yang nggak masuk hitungan di lomba lokalan Jogja.

Bukan saya ingin mengatakan bahwa kenari Pak Ridlo adalah kenari sortiran lho, cuma kalau dari sisi harga kok murah, yang saya pertanyakan apa iya harga kenari di Jogja bisa murah?

Saya ngambil beberapa kenari F1 piyik untuk saya master sendiri dari penangkar Jogja saja sudah kisaran Rp. 250-350rb lho (biasanya saya ambil yang 350-an karena menang milih sendiri, bukan kodian).

Sebagai ilustrasi, kawan saya ambil Rp 350rb kemudian setelah diisi dan mulai ngriwik/ngeplong, dibeli Om Fendy (kawan KM juga) dengan harga Rp. 500rb. Belakangan Om Fendy minta dicarikan lagi, tetapi belum ada stok lagi.

Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

Kalau ada yang tidak jelas bisa SMS ke saya, 02715847923 (Flexi).

Salam,

Duto

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.896 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: