Murai batu ngebatman, bagaimana solusinya?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Halo Om Duto,

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Salam Kenal,

Om minta sharing nya donk untuk MB yg kurang vit dan apabila melihat mb lain cenderung ngebatman.Ketrekan menjadi berkurang / jarang sekali…. burung hanya ngeriwik saja

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Umur Mb 11 bulan

Rawatan jangkrik 3/3

Kroto 1 sendok makan pagi, tiap hari…

jemur jam 7 – 8 pagi, maklum om kuli hehehe…

mohon om untuk sharing nya…baik perawatan dan

untuk vitamin/ obat

Terima Kasih

Rey (Pertanyaan melalui PM di www.kicaumania.or.id)

Salam kenal juga,

Untuk sementara, pada pagi hari, jangkrik diberikan sebanyak MB mau. Bisa bahkan sampai 10 ekor kalau masih mau diberikan saja. Untuk obat2an, nggak usah, karena itu bukan MB sakit, hanya kurang asupan EF-nya.

Jangan dipertemukan dengan MB lain sampai benar-benar fit. Soalnya, kalau kondisi seperti itu ketemu terus dengan MB lain, akan jadi stres. Nggak usah coba2 dipertemukan kalau benar2 tidak fit. Tunggu sampai sekitar 1-2 bulan. Nanti akan pulih seperti sediakala.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Begitu dulu ya. Kalau ada perkembangannya, kirim kabar.

Tks kembali.

Salam,

Duto Sri Cahyono

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

25 Comments

  1. Lam kenal sy anak baru di sini, jd aga malu mau cerita !!!!

    sy py mb tp kok bunyinya ngriwik trs ngga pernah kenceng ky murai yg lain kenapa ya pdhl kl pagi sy ksh 1 sendok kroto, sore 4 ekor jangkrik. tolong minta solusinya om ! sb sy bingung bgt kok ngeriwik trsd nih burung ngga pernah ngoceh kenceng .tolong yaaa Om.

    Jawab:

    Loh ngapain malu Om, santai saja…

    Tolong ceritakan sudah berapa lama Om Seno pelihara MB itu. Kira-kira berapa umurnya; bgm kondisi kesehatannya (kondisi bulu, apakah baru saja rontok dll). Juga apakah di rumah ada MB lain, atau burung lain; burung apa dsb. Dengan mengetahui kondis komplit, nanti bisa kita diskusikan lebih lanjut.

    Saya tunggu Om.

    Salam,

    Duto

  2. salam om duto,

    saya baru baca tulisannya njenengan di KM tentang MB yang bersuara monoton tapi juara,maksud saya ya kayak gitu,kalau murai saya sebenarnya isiannya CJ,LB,Jalak,greja,trucukan,bajing kikis,dllmenurut saya termasuk banyak,dulu pernah saya lombakan tapi ga juara,soalnya lum dapet setelannya,sekarang lum pernah tak lombakan lagi tapi insaallah dah dapet setelannya,sekarang saya lagi nyari senjata dulu agar suara LB/CJ/bajing kikis(ini seperti suara falcon) ini bisa keluar dominan dan panjang tapi tetep variatif, apa dengan di master dengan satu master saja dan lama/terus-menerus bisa seperti itu, bagaimana mas duto,rencana kalau ada lomba mau tak lombakan,

    matur nuwun mas duto

  3. trmakasih jawabannya mas duto,

    kalau masalah voer beneran MB saya gak makan voer, sebenernya kemaren2 sudah pernah saya latih makan voer, tapi trus keburu mabung dulu jadi saya hentikan, lha ini mau saya coba lagi takutnya mbok mempengharuhi kondisinya+hariannya,soalnya lagi top form,tapi kalau di daerah pwt bnyumas banyak juga si yang gak makan voer, enaknya gimana ya mas duto,

    sebenernya ada cara khusus apa gak ya mas duto agar lagu MB bisa di atur urutannya, misal agar bukaannya suara gebres/love bird,

    trims masukannya mas duto,salam kenal,

  4. @Om Hadi:

    Soal yang pertama, MB tidak mau ngotot di semua kondisi ketika ditarungkan, maka itu tergantung dari kondisi si MB sendiri. Hal itu juga tergantung lawan. Jika ketemu lawan yang sudah biasa ketemu, MB cenderung tidak begitu agresif.

    Lagi pula, jangan terlalu sering nge-trek MB. Paling cepat ya 15 hari sekali. Kalau keseringan, MB mudah ngedrop fisik dan mentalnya sehingga tidak ngotot lagi kalau tarung dengan lawan.

    Sementara soal rawatan Anda sudah bagus. Cuma, apa benar MB Anda tidak diberi voer? Meski sedikit, MB perlu dberi voer karena kandungan vitamin dan mineralnya dibutuhkan MB. Voer nggak akan membuat suara MB serak.

    Soal penggantangan, pilih tempat yang MB mau ngeluarkan lagu/ suara-suara baru.

    Kalau untuk persiapan lomba, minimal 4 hari nggak mendengar suara MB lain atau burung fighter lain seperti kacer, sulingan atau tledekan. Kalau untuk burung lain, nggak apa-apa.

    Okey?

  5. om duto, saya punya MB

    umur :-/+10bln

    pagi :jangkrik5+1sendok kroto

    sore :jangkrik5

    mandi :seminggu 2x

    umbaran :4hari dalam minggu pertama(soalnya minggu kedua buat latihan)

    latber :2minggu satu kali

    yang menjadi permasalahan saya,MB saya kira-kira dalam 5 kali tarung mungkin 2-3 kali saja yang tarungnya agresif/ngotot,

    di rumah saya ada 2 tempat faforit buat gantang MB, di satu tempat MB akan bunyi sedang tapi dengan lagu yang baru, sedangkan ditempat lain akan bunyi lebih keras tapi dengan lagu lama

    yang saya tanyakan :

    1. perawatan saya bagaimana,ada yang salah apa ga?

    2. lebih baik saya gantung MB dimana,tempat1 apa yang 2?

    3. kalau akan di bawa ke lomba, apa MB harus tidak mendengar suara MB lain,atau bahkan suara burung lain?

    saya tunggu balasannya m duto

  6. MB memang hanya suka serangga dan voer. Serangga yang paling disuka ya kroto dan jangkrik. Jangan biasakan diberi ulat hongkong ataupun ulat bumbung. Kalau belalang, sangat bagus. Untuk jangkrik dan belalang, hilangkan kaki-kakinya yang tajam.

    Untuk pakan lain seperti susu, tidak disarankan. Tetapi bisa juga untuk minumannya sepekan sekali ditetesi madu dan diaduk.Jangan kental2.

  7. selain serangga apa lagi makanan kesukaan mb lainnya.terus apa dampaknya jika mb di kasih semacem susu bubuk/netsle untuk selingan minumnya.soalnya ku syg bgt sama tu mb. tks om.

  8. Salam kenal kembali…

    Ada yang memang seperti itu, tetapi berisiko MB jadi galak/ nabrak2 sangkar mau ngejar musuh kalau diadu. Juga berisiko bulu rontok karena kepanasan.

    Salam,

    Duto

  9. Untuk Mas Adnan:

    1. Coba terapkan cara yang saya sarankan untuk Mas Noeroel di atas. Untuk cepat numbuhin, ya asal pola makannya bagus, sudah cukup.

    Untuk perawatannya, kurangi porsi UH-nya dan kalau bisa kroto 3 hari sekali.

    2. Untuk MB yang kedua bisa jadi memang dalam kondisi takut. Jangan temukan dengan MB lain dalam waktu lama (sekitar 2 bulanan). nanti akan fight lagi kalau ketemu MB lain.

    3. dutosricahyono@yahoo.com

    Salam,

    Duto

  10. Untuk noeroel:

    Kalo bulu ekor yang udah putus, dan selaput lilinnya kering, solusinya: pegangi burung dan masukkan bagian ekor ke air hangat sekitar 2-3 menit.

    Setelah itu, pencet2 pelan, kalau kelihatan ada hitam2 sisa ekor, maka ambil saja dan gunakan pinset untuk alat bantu. Jangan dikorek2 sebab bisa berdarah. Kalau berdarah, darahnya bisa menutup lagi lubang yang sudah dibuka.

    Nggak ada vitamin khusus yang saya rekomendasikan. Yang penting kecukupan pakan dan extra foodingnya (kroto terutama).

    Ulat hongkong bisa juga tetapi jangan kebanyakan. 5 ekor masing2 untuk pagi sore.

    MB biasanya moulting (dari mulai rontok sampai pulih lagi) sekitar 2 bulan.

    Kalau buat MB yg serak solusinya bisa gunakan air yang dicampur perasan kencur (jangan kental2).

    Juga Anda bisa masukkan kata kunci "perah" di boks pencarian. Klik go, maka akan Anda temukan salah satu metode untuk membuat suara burung menjadi jernih.

    Salam,

    Duto

  11. slmt mlm om duto…pemula mau tanya nih:

    1.saya pny momongan MB yg wkt beli,ekornya gkda alias buntung(kata yg jual sih,dicabutin krn jelek).trus gmn y buat numbuhin bulu ekornya agr cpt tumbuh krn aku senang bget dgn ni MB yg ud ngeplong tiap malam & subuh+ngeriwik seharian penuh.

    perawatan harian jangkrik 3pg 3sr,kroto 1x /mggu,uh 10ekor/hr,mnd 3hr sekali & full dikerodong tiap hari.

    2.ad jg murai saya yg ud ngeplong abis & gacor dirmh bhkn gk boleh dgr suara burung apapun psti lsg nembak2 tp tiap x ngetrek dgn 3-5ekor MB,tu MB gk prnh mau krja alias duduk diem aj.knp y?

    3.boleh gk saya tau emailnya 0m duto?soalnya saya jrg bget buka internet,ni jg dpetnya via gogle.com(maklum drmh gda internet & msh lwt warnet)

    trm kasih ats tanggapannya

    salam

  12. om kalo bulu ekor yang udah putus,dan selaput lilinnya kering, solusinya gimana? apa hrs dikorek (kt orang) vitamin apa om yang bagus buat mb mabung,boleh ga om pk ulat hongkong, biar cepet mabungnya, biasanya brapa lama mabung murai om,klo buat mb yg serak gimana solusinya.saya baru pemula,tp suka banget sama burung, maklum ya om. makasih banyak

  13. Jangan. Nggak perlu dicabut. Biar dia terbiasa dengan kondisi itu sampai datang masa moulting (rontok dan tumbuh bulu baru).

    Kalau dicabut, berisiko ada darah yang keluar dan setelah kering menutupi lubang bekas pangkal bulu. Kalau ini yang terjadi maka bulunya nggak akan tumbuh selamanya karena tertutup. Kalaupun tumbuh, akan cari jalan lain. Akibatnya, bulu akan tumbuh silang menyilang nggak karuan.

    Salam,

    Duto

  14. Selamat sore Mas Duto, salam kenal
    Saya langsung mau tanya nih, tentang MB saya bulu sayap kirinya patah, sampai empat bulu tetapi patahnya di tengah jadi ada yang tersisa, aktifitasnya sih biasa masih tetap berkicau, saya juga kurang tahu penyebab patahnya pas saya pulang kerja sayapnya sudah berantakan pada patah (sangkar kalau siang tidak saya krodong/tutup), apa dia manabrak sangkar atau yang lain, yang saya ingin tanyakan bagai mana cara menanganinya Mas, apa saya cabut semua atau bagaimana, saya tunggu sarannya Mas.
    Terima kasih sebelumnya.

  15. Selamat sore Mas Duto, salam kenal

    Saya langsung mau tanya nih, tentang MB saya bulu sayap kirinya patah, sampai empat bulu tetapi patahnya di tengah jadi ada yang tersisa, aktifitasnya sih biasa masih tetap berkicau, saya juga kurang tahu penyebab patahnya pas saya pulang kerja sayapnya sudah berantakan pada patah (sangkar kalau siang tidak saya krodong/tutup), apa dia manabrak sangkar atau yang lain, yang saya ingin tanyakan bagai mana cara menanganinya Mas, apa saya cabut semua atau bagaimana, saya tunggu sarannya Mas.

    Terima kasih sebelumnya.

  16. salam kenal om

    aku pemula banget ni dalam hal hobi ini,

    rencana ku mo memulainya dengan melihara burung kenari!

    hal apa aja ni om yang perlu aku ketahui untuk memilih bakalan,menjadikannya sang juara,dan proses ngurusnya?

    mohon bantuannya ya om…

  17. 1. Wah, kalau putusnya bukan karena dijemur Mas. Pasti karena dia nglabrak dan ekor ketekuk jeruji sangkar, atau faktor lain di luar jemur.

    Untuk burung yang sedang mabung, terutama pas tumbuh bulu, sebaiknya memang jangan dijemur. Paling diangin-anginkan di sinar matahari pagi sekitar 10 menit. Kalau bulu muda dijemur, dia akan mudah patah karena kandungan kapur (kalsium)-nya belum banyak tapi langsung mengering sehingga gampang patah.

    Lagi pula, bulu mabung yang kejemur lama, biasanya lalu macet tumbuh bulunya. Sebab, lapisan lilin di bagian pangkal bulu jadi mengering dan sulit ditembus/dpecah oleh batang bulu yang sedang tumbuh.

    2. Boleh saja dimandikan kalau proses moulting (ganti bulu) sudah pada proses tumbuh bulu. Hal itu untuk menjaga agar bulu yang sedang tumbuh mudah menembus lapisan kulit (lihat penjelasan di atas).

    Tetapi kalau sebagian besar bulu lama belum rontok, sebaiknya jangan dimandikan dulu karena akan memperlambat proses rontok, atau bahkan rontoknya "setengah matang". Kalau kondisi ini yang terjadi, maka biasanya burung jadi macet bunyi atau bunyi tetapi tidak maksimal.

    Semoga ini menjawab pertanyaan Anda.

    Trims.

    Duto

  18. 1.halo om duto salam kenal. mo nanya om, murai medan saya ko' lagi mabung pas lagi tumbuh bulu ekurnya kira2 10 cm trus putus,knapa ya,apa karena dijemur,

    2. murai saya mabung kering gimana solusinya biar cepat mabungnya,boleh gak di mandiin. terima kasih om.

  19. Oh iya.. untuk AMnya:

    Namanya "mempercepat" mabung ya sifatnya hanya "menambah cepat". Kalau memang belum waktunya mabung mau dipaksakan relatif sulit meski bukan tidak bisa.

    1. Ubah pakan (ganti merk).

    2. Perbanyak kroto. Untuk AM, bisa diberi ulat hongkong (UH) tapi paling banyak ya 3 ekor per hari, kecuali kalau biasa makan UH, maka lipatduakan porsinya.

    3. Full kerodong.

    4. Jangan diberi buah.

    5. Ngga usah dimandikan.

    Bisa dicoba, moga2 cepat ambrol segera bulu2 AMnya.

    Salam,

    Duto

  20. – Iya Mas, saya Duto yang itu. Saya memang menulis untuk http://www.kicaumania.or.id juga karena di sana memang tempat ngumpul teman-teman penghobi burung. Sedangkan di sini, ya blog saya untuk refreshing.

    – "Vitamin"-nya jemur yang cukup dan tidak usah di-setting macam-macam. Sudah saya kupas tentang bagaimana menyiapkan burung ke arena lomba. Coba Anda cari jawaban untuk hal itu dengan melalui bantuan "search here" di sebelah kanan itu dengan mengetik kata kunci "menyiapkan burung untuk lomba".

  21. Mau tanya lagi om, ada yang lupa.

    Vitamin apa yang baikk atau suka di pakai untuk burung siap lomba.

    udah om itu aja, makasih banyak.

    thanks ya om.

  22. Mau tanya lagi om, ada yang lupa.

    Vitamin apa yang baikk atau suka di pakai untuk burung siap lomba.

    udah om itu aja, makasih banyak.

    thanks ya om.

  23. Om saya mau tanya neh,

    1. om duto yang ini sama engak orangnya dengan om duto solo yang suka ngasih info di kicaumania org.

    2. Saya baru beli AM dulunya pernah juara di latihan cuma setelah saya beli bunyinya hanya ngemplong2 aja and susah mabung alias rontoknya cuma nyulam, yang parahnya lagi palanya suka ngedongak ke atas dan kemudian salto.

    yg saya mau tanyakan bagaimana agar anis saya mrudah mabung, harus di berikan apa:

    Kemudian bagaimana mengatasi supaya palanya jangan ngedongak keatas.

    tks pak.

    salam

Komentar ditutup.