Murai batu ngebatman, bagaimana solusinya?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Halo Om Duto,

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Salam Kenal,

Om minta sharing nya donk untuk MB yg kurang vit dan apabila melihat mb lain cenderung ngebatman.Ketrekan menjadi berkurang / jarang sekali…. burung hanya ngeriwik saja

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Umur Mb 11 bulan

Rawatan jangkrik 3/3

Kroto 1 sendok makan pagi, tiap hari…

jemur jam 7 – 8 pagi, maklum om kuli hehehe…

mohon om untuk sharing nya…baik perawatan dan

untuk vitamin/ obat

Terima Kasih

Rey (Pertanyaan melalui PM di www.kicaumania.or.id)

Salam kenal juga,

Untuk sementara, pada pagi hari, jangkrik diberikan sebanyak MB mau. Bisa bahkan sampai 10 ekor kalau masih mau diberikan saja. Untuk obat2an, nggak usah, karena itu bukan MB sakit, hanya kurang asupan EF-nya.

Jangan dipertemukan dengan MB lain sampai benar-benar fit. Soalnya, kalau kondisi seperti itu ketemu terus dengan MB lain, akan jadi stres. Nggak usah coba2 dipertemukan kalau benar2 tidak fit. Tunggu sampai sekitar 1-2 bulan. Nanti akan pulih seperti sediakala.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Begitu dulu ya. Kalau ada perkembangannya, kirim kabar.

Tks kembali.

Salam,

Duto Sri Cahyono

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

25 Comments

  1. om saya mau nanya lagi.

    di rumah ada 2 MB tp MB yang satu kalau bertarung dengan MB lain badan nya seperti balon? kira itu kenapa ya om?

    trus gi mana ngilangin nya?

    Jawab

    MB mbalon bagaimana? Apakah ketika tarung bulu bagian depan membentuk bulatan sehinga body MB kelihatan bulat? Kalau iya, maka MB Anda adalah MB kalimantan. Itu tidak apa-apa, karena memang begitulah performa MB kalimantan.

    Tetapi dibanding MB satunya, bagiamana variasi suara dan agresivitasnya? Saya duga, lebih variatif dan agresif (ngeplay-ngeplay berayun atas-bawah) MB kalimantanya. Iya Om?

    Salam,

    Duto Solo

  2. Waduh mas untuk menjadi penulis tentang ikan, saya belumlah pantas karena pengalaman saya belumlah cukup. jadi saya minta maaf sekali, bukannya saya tidak mau tapi memang saya belum cukup untuk hal itu. tapi kalau memang ada pertanyaan tentang hal itu dan kalau saya bisa menjawab ya akan saya jawab semaksimal yang saya bisa via mas Duto.

    Terima kasih sekali atas infonya. Info2 ini sangat2 bermanfaat untuk saya mas. wah ternyata susah juga ya mas pelihara MB itu. pelihara satu, kasian burungnya sendirian tapi lebih dari 1 bertengkar. Saling kelihatan bertengkar dan saling dengar tok aja juga bertengkar. masak burungnya harus buta dan tuli nih. heheheheheh.

    Saya sangat berterima kasih atas informasi2 dari mas Duto.

    Kalau saya menemukan masalah lagi pasti saya mampir lagi mas. Boleh kan mas? Solonya dimana Mas?

    Salam. Hery

    Jawan

    Nah, hayo-hayo siapa mau tanya tentang hobi ikan, di sini sudah narasumbernya tuh.

    Ok, trims Om Hery.

    Saya Solonya ndesa, Kartasura, hehehe.

    Salam,

    Duto Solo

  3. Maaf mas nyelonong lagi.

    Hal terbaik apakah yang harus dilakukan jika ekor atau bulu yang lain patah ? dibiarkan saja sampai masa tumbuh lagi atau diapakan mas

    Terima Kasih banyak Mas.

    salam… Hery

    Jawab:

    Paling aman dibiarkan saja. Nanti kalau waktunya lepas, akan lepas sendiri. Cuma, kalau patahnya mepet dengan kulit, pada saat memasuki masa mabung, pegang itu burung dan coba dibantu untuk melepaskan bulu itu dengan menggunakan tang kecil untuk mencabut dan menariknya keluar.

    Salam,

    Duto

  4. Terima kasih sekali Mas Duto atas informasinya.

    Saya akan coba untuk konsen pelihara MB saja.

    Ya memang saya sangat pemula di dunia burung karena dulu lama di duna ikan sih heheheh. Ceritanya saya ganti haluan hehehe.

    Maaf mas, saya masih ada pertanyaan lagi.

    1. apakah direkomendasikan untuk memelihara MB lebih dari 1 mas?

    2. Apakah diperbolehkan memandikan MB di malam hari? karena pagi sampai sore harus kerja. Kalau boleh, kira2 antara jam berapa dan haruskah digantung dibawah lampu yang relatif panas agar cepat kering atau bagai manakah?

    Kalau tidak boleh kira2 minimal berapa kali dlm 1 minggu memandikannya di sore hari?

    3. Bagaimanakah sebenarnya ciri2 dari fisik maupun perilaku dari MB yang mulai mabung?

    4. Saat yang seperti apakah yang paling tepat untuk memasterkan MB ( misal dgn sonicmaster ), apakah setiap saat bisa memasterkannya ( dlm artian tdk hanya saat mabung saja ).

    Begitu Mas. Mohon dibantu mas untuk pemula ini. hehehe

    Terima Kasih.

    Hery

    Jawab:

    Sebelum saya menjawab pertanyaan soal burung, ngobrol dulu deh soal ikan. Apakah kiranya Om Hery bersedia untuk menjadi narasumber tentang hobi ikan untuk blog ini? Atau, sudikah Om jadi penulis soal ikan di blog ini? Kalau bersedia, nanti saya berikan akses untuk menjadi salah satu penulis di sini. Bagaimana? Saya punya obsesi, blog ini akan dipenuhi penulis2 soal burung dan hobi lain di sekitar kita dan akan menjadi blog komunitas penghobi hewan dan tanaman. Bagaimana? Punya teman yang hobi tanaman enggak Mas? Bisa nyumbang tulisan deh.

    Ok kembali ke pertanyaan Om. Jawaban saya:

    1. Boleh saja asal ditempatkan secara berjauhan. Soalnya kalau bisa saling mendengar, tetap cenderung akan tarung bersahutan memperebutkan "teritori kekuasan".

    2. Mandi malam hari boleh. Asal jangan kemalaman (di atas jam 21.00 karena suhu udara selepas jam itu sudah dingin).

    3. Tidak perlu lampu penghangat. Cukup asal terang saja. Justru kalau habis mandi, jangan didekatkan lampu agar cepat kering. Biarkan mengering dengan sendirinya.

    4. MB yang akan mabung biasanya tidak lagi gacor meski kondisi tubuh masih terlihat fit. Bulu-bulu kecil mulai berjatuhan 1-2 helai dan semakin banyak pada hari-hari berikut. Kadang untuk burung2 tertentu, malah ada yang menjatuhkan bulu besar (sayap atau ekor).

    5. Paling efektif memang saat masih usia trotol dan saat mabung. Tetapi banyak juga MB berkarakter cerdas yang akan menirukan suara apapun yang dia dengar meski tidak dalam kondisi mabung. Yang jelas, untuk memaster burung tidak perlu keras-keras. Untuk tips memaster, coba tengok lagi tulisan ini.

    Eh tambahan, baca juga tulisan ini ya.

    Salam,

    Duto

  5. Maaf mas keterangan masalah yang saya berikan kurang sedikit.

    1 ekor MB saya, 5 bulan yang lalu 2 helai bulu ekornya patah dan menurut orang2 ekor yang yang patah itu harus dicabut, agar bisa tumbuh lagi. Maka saya cabut 2 bulu ekor yang patah itu, tetapi sampai sekarang 2 bulu ekor itu belum tumbuh sama sekali.

    Ini tambahan info permasalahan saya.

    Terima Kasih Mas

    Jawab:

    Ya sudah saya jawab sekalian di pertanyaan sebelumnya.

    Tks.

    Duto

  6. Salam Mas Duto. Saya sangat pemula di dunia perburungan. saya memiliki 3 ekor MB, 1 Kacer, 1 Cucak hijau, 2 ekor Poksay dan 1 Tledekan. 1 ekor MB saya 2 helai bulu ekornya patah dan menurut orang2 ekor yang yang patah itu harus dicabut. Maka saya cabut 2 bulu ekor yang patah itu, tetapi sampai sekarang 2 bulu ekor itu belum tumbuh sama sekali.

    Pertanyaan saya :

    1. Apakah ekor itu bisa tumbuh dengan sendirinya atau secara alami tumbuh? kalau tidak bisa bagaimanakah cara mengatasi hal itu?

    2. Apakah penyebabnya ekor itu sampai skrang tidak mau tumbuh?

    3. Bagaimana penempatan yang baik untuk burung2 yg saya punya dalam artian burung2 apa yang bisa didekatkan dan burung2 apa yang harus saling dijauhkan?

    Saya sangat sedih melihat kondisi MB saya yang hanya memiliki sehelai bulu ekor hitamnya.

    Terima kasih Mas Duto

    Jawab:

    1. Ekor bisa tumbuh lagi kalau bulu yang dicabut saat itu masih muda (baru saja tumbuh). Kalau sudah tua, maka untuk tumbuh lagi, akan berbarengan dengan ekor lain yang lepas saat masa mabung berikut.

    Kadang, meskipun bulu yang dicabtu masih muda, tetapi kalau menyabutnya salah, bisa jadi bulu susulan tidak akan tumbuh.

    Kesalahan pencabutan adalah pencabutan dengan sedikit paksa yang menyebabkan pada bagian itu keluar darah. Kalau darah itu mengering pada bekas cabutan bulu, dia akan menghambat tumbuhnya bulu yang akan menggantikannya.

    Bahkan, pada masa mabung mendatang, lubang bekas cabutan bulu yang sudah ada darah mengeras di dalamnya, akan menghambat tumbuhnya bulu baru sehingga bulu tetap tidak aklan tumbuh. Kalaupun tumbuh, kadang meleset dari tempatnya dan menjadikan ekor tumbuh ke arah yang salah dan menyebabkan ekor tidak rapi. Ini seperti gigi manusia yang tumbuh ke arah yang salah karena ada sisa gigi lama yang tertinggal (gingsul, bahasa jawanya).

    Kali lain, kalau mencabut bulu burung, usahakan dicabut sambil bagian itu direndam di air hangat. Dengan demikian, tidak ada darah yang menggumpal di dalam bekas cabutan.

    Kalau telanjur ada darah yang mengering di dalamnya, usahakan "dioperasi" dengan hati-hati, misalnya ditetesi air hangat dan dikorek-korek secara perlahan agar burung tidak kesakitan.

    Kalau sudah bersih, maka nanti akan tumbuh lagi berbarengan dengan proses mabung bulu yang lain.

    2. Coba amati. Pasti kasusnya seperti yang saya ceritakan di atas. Kalau memang bersih, nanti juga akan tumbuh pada proses mabung kok.

    3. Wah Anda memelihara burung yang sebenarnya pantang untuk didekatkan, kecuali kalau kepingin banyak burung yang ngedrop, hehe.

    Rumus pelihara burung adalah jangan memelihara sesama burung fighter di dalam satu rumah, apalagi satu ruangan.

    Termasuk burung fighter adalah MB, kacer, tledekan/sulingan dan decu. Mengapa? Sesama burung fighter (MB-MB, MB-kacer, MB-tledekan, kacer-kacer, kacer-tledekan, tledekan-tledekan) pasti akan tarung jika dicampur dalam satu rumah. Mereka akan saling tantang dan teriak nggak berhenti-berhenti, kecuali untuk burung fighter anakan ataupun memang belum bunyi.

    Jika digandeng terus seperti itu, pasti salah satunya (atau salah banyak lainnya) akan ngedrop (jatuh mental) dan akhirnya nggak akan bunyi lagi kecuali dipisah jauh. Kalau ngedrop berkepanjangan, maka burung itu tidak akan bisa pulih kesehatan mentalnya. Jadilah "burung rusak" dalam konteks suara.

    Sementara untuk poksay dan cucak ijo (CI) itu adalah burung2 yang tidak tepat untuk berdampingan dengan MB, kacer atau tledekan. Mengapa? Lagu CI dan, terutama, poksay sangat tidak bagus jika terekam oleh MB atau kacer. Lagu MB jadi akan jelek karena cuma suara-suara besar seperti suara poksay yang akan diperdengarkan.

    Kalau mau memelihara burung fighter yang memang mudah menirukan suara burung lain, beli saja sonicmaster untuk memasternya; atau juga bisa diperdengarkan suara burung isian dari kaset/cd. Misalnya suara cililin, cucak jenggot, ciblek, LB atau suara jangkrik.

    Dengan demikian, kalau pertanyaan mana yang harus didekatkan dan mana yang harus dijauhkan, maka jawaban saya pasti: jauhkan semua masing-masing dan jangan ada yang sampai didekatkan.

    Saran saya, coba pelihara saja satu burung fighter yang terbagus di antara yang Anda miliki. Lainnya, jual atau ditukartambahkan dengan burung lain. Burung lain yang saya sarankan adalah macam kenari dan lovebird/LB yang bisa untuk sekalian memaster suara burung fighter yang Anda sisakan untuk diperlihara.

    Kalau Anda bilang sangat sedih melihat kondisi MB yang hanya memiliki sehelai bulu ekor hitamnya, maka saya yang lebih sedih, mengapa kok tidak dulu-dulu Anda mampir ke blog ini, hehehehe.

    Salam,

    Duto

  7. pak saya mau murai batu yg siap lomba u/ latberan z,, daerah kalimantan timur kota tenggarong, kira2 brp hargax.

    Jawab:

    Maksudnya harga di mana Om?

    Kalau di Solo, sangat variatif, tergantung sikon burung, sikon penjual dan sikon pembeli.

    Kadang banyak kok MB bagus yang prospektif tetapi belum pernah membau arena lomba. Nah tentunya harganya relatif miring.

    Kalau perlu hunting MB di latberan. Kadang ada MB yang bersuara bagus tetapi tidak kepantau juri atau masih banyak ngetem sehingga tidak dilirik juri, nah MB seperti ini kalau dikejar harganya biasanya tidak terlalu tinggi.

    Salam,

    Duto

  8. mau nambahin dikit om

    lebih bagus mana burung yg buat master 1 jenis apa lebih dari satu.

    kalau misal MB dimasukkan kandang penangkaran buat ganti kandang umbaran gimana ya.

    Jawab:

    Masteran lebih dari 1 tentu lebih bagus. Cuma, perlu ada satu yang diandalkan sehingga menjadi tembakan andalan.

    Untuk umbaran, sama saja Om. Hanya saja mengenai umbaran ini, saya hingga saat ini belum begitu yakin signifikansinya dengan performa burung. Untuk referensi tentang hal ini bisa dibaca postingan saya tentang: "8 dari 10 jawara….".

    Salam,

    Duto

  9. met malem om duto

    mau skalian curhat om duto,

    ernyata susah ngerawat MB,minggu kmaren MB saya ikut latber ternyata masih banyak loncatnya,tadi pagi ta baa latihan malahan banyak diamnya,tapi loncatnya sdikit berkurang,H-3-H jngkrik 10/10 kroto 1sdk,mandi H-2,

    1.MB yang satu loncat berkurang tapi agresif juga berkurang

    2.MB yang lainnya (MB yang galak) loncat berkurang tapi suara pelan,padahal sblm di trek suara keras+lantang

    rncana slanjutnya jngkrik mau ta kurangin jadi 5/5 aja+mandi semprot sminggu 2x agar pas mandi banyak keluar tenaga trus umbar tidak dijemur 2x aja.jemur sampai mulut terbuka,mau tak trek -/+ 3minggu lagi

    tanya:

    1.perawatan begitu menurut mas duto bagaimana ya?

    2.apa karena terlalau lama menunggu di latian ya,jadi MB capek duluan.

    saya tunggu sharingnya mas duto,

    terima kasih sekali.

    Jawab:

    Saya lihat belum lama loh Om bicara soal membawa MB itu latihan. Lha kok sekarang sudah cerita tentang latihan lagi. Kesimpulan saya, Om Hadi sangat suka membaa burung latihan sampai2 seminggu sekali dilatih.

    Jangan Om. Untuk burung fighter, nglatih itu paling banter sebulan sekali. Kalau terlalu sering dilatih, bukannya jadi bagus, tetapi MB malah gembos.

    Untuk perawatan dan sebagianya sudah betul. Cuma untuk menjemur MB, ngak perlu sampai terlalu kepanasan. Selain merusak bulu, juga tidak begitu signifikan untuk menambah performa burung. Mandinya saja malah dirutinkan sehari sekali (kalaui bisa malah sehari dua kali, pagi sore).

    Dicoba ya?

    Duto

  10. mas saya punya MB bukan MB medan dengan ekor pendek apakah burng MB sy layak untuk di pelihara dan apakah nantinya MB tersebut akan gacor sebab sekarang suara kerasnya cuma pagi hari selanjutnya ngriwik klo ada suara berisik?jawab ya mas thanks.

    Jawab:

    Ngggak masalah ekor pendek Om. Tetap layak dipelihara karena banyak juga MB ekor pendek yang bagus dan menjadi juara di lomba besar.

    Soal bagaimana menggacorkan MB, coba baca2 tulisan/tanggapan komentar saya di blog ini. Sudah banyak dibahasa.

    Kalau ada pertanyaan yang lebih spesifik, lempar saja ke sini. Jangan sungkan.

    Ok Om?

    Salam,

    Duto

  11. Ms duto

    Itu pertnyaan sy,tntng mnghilangkn sifat galak mb blm di jawab,trmkasih y ms duto ats bntuanya.

    Jawab:

    Sudah saya jawab lho.

    Duto

  12. tambahin mas duto

    waktu MB di masukan ke keramba,mb tidak mau mandi,jadi ya saya semprot pake sprayer,tapi setelah di masukan kandang lagi langsung bunyi juga,takutnya kalau udah karakter,tapi pa s di trek gak ngebatman.monggoh,oya mas duto, apa MB setelah mabung kalau di trek kalau udah bener2 siap,maksudnya udah di jemur+perawatan minimal 2 bln,soalnya 2 MB saya ,stelah mabung langsung pada gacor+ berani di trek

    monggoh mas duto.

    Jawab

    Sebaiknya dilatih untuk mau masuk karamba. Caranya, sore sampai pagi nggak usah diberi pakan. Pagi hari, tempel pintu sangkar burung dengan pintu karamba dg masing-masing dibuka (ya seperti proses ngaramba biasa). Gantung jangkrik yang dihilangkan kaki belakangnya dengan benang di tengah karamba sehingga terus bergerak-gerak.

    Biarkan MB memperhatikan jangkrik. Proses agak lama nggak apa-apa, nanti MB akan tertarik dan masuk karamba. Nah, setelah masuk, terserah Anda…..

    Ulang hari berikutnya sampai MB mau masuk ke karamba tanpa perlu dipancing jangkrik.

    Iya, untuk ditrek pasca mabung perlu penguatan bulu dan fisik.

    Kalau soal gacor dan berani, itu masalah mental. Tetapi fisik kan belum mendukung. MB brondol pun, kalau mental bagus, didekatkan MB lain juga akan bergaya dan tetap bunyi untuk melawan.

    Duto

  13. salam

    salam mas duto,saya dapet MB baru nih,suara lumayan,mental bagus sekali,soalnya mau tak pegang aja terbang2 sambil bunyi,masalahnya kalau di trek nabrak sangkar terus/galak,

    1.bagaimana cara agar galaknya dikurangin dan tarungnya anteng

    2.bulu ekor belum full,jadi perawatannya gimana

    3.sementara jngkrik5/5 kroto pagi 1sndok

    mohon bantuannya ma duto,

    salam kicaumania

    Jawab

    Kalau burung belum tuntas moulting/mabung (bulu ekor belum full) jangan ditarung2kan dulu. Sangat berisiko bulu rontok lagi dan burung bakal ngedrop berkepanjangan.

    MB atau burung usai moulting, sebaiknya ditarungkan setelah bulu2nya kuat, minimal 1 bulan setelah ekor full dan dirawat mandi jemur secara tepat. Kalau tergesa-gesa, kita hanya akan mendapat kesenangan sesaat karena kebanyakan burung jadi rusak baik fisik (terutama bulu) maupun mental.

    Untuk tahu bagaimana tarung MB secara maskimal, ya kalau kondisinya sudah fit.

    Untuk pakan. sudah betul.

    Duto

  14. mas duto

    saya baru dapet MB baru,suara lumayan,tapi tarungnya masih ngruji/nabrak sangkar, gimana cara ngilanginnya ya biar tarungnya anteng,trims mas duto

    Jawab

    Apa MBnya masih muda? Kalau muda, biasanya begitu. Akan berkurang seiring dengan pertambahan usia.

    Kalau sudah tua tetapi nabrak2, ada kemungkinan karena kebanyakan protein dalam extra foodingnya (EF-nya).

    Coba kurangi jangkrik atau krotonya. Juga, diperbanyak/perlama mandinya (pagi dan malam; atau pagi, sore, malam).

    Coba bagaimana perkembangannya. Sharing di sini.

    Salam,

    Duto

  15. he he he he jenius tuh burung OM ! sampai tingting tukang bakso langsung kerekam, hmmmmm pingin bakso kl tu burung !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! maksih banyak OM, sy ykn byk yg baca terutama para maniak burung yang baru termasuk saya. sukses slalu yaa OM .

  16. maaf ni OM ngganggu lg Om ! tlg donng kasih trik dan Tips supaya MB bs cepat ngoceh, trus gmn caranya kl kita mau kasih master bt MB kita apa harus di krodong dl ? trus di taruh di sblhnya atau gmn gitu ! saya yakin kok OM sebenarnya byk yg ingin nanya tp malu sb pertanyaan seperti terlalu mendasar bgt. tp kl Om Duto mau kasih jawaban paling ngga saya yg baca dan mempraktekkan nya.

    Sukses dan tetap eksis ya OM !!!!!!!!!!!!!!

    Jawab:

    Tidak ada resep khusus agar MB cepat bunyi. Kalau burung sehat, tidak sterss/takut lingkungan, dengan sendirinya akan bunyi. Nah, agar burung tetap bunyi baca tips-nya di sini..

    Ingat lagi soal perawatan. Cermati lagi Om tulisan saya yang ini..

    Kalau soal memaster, tidak mutlak dikerodong, apalagi dikerodong terus. Tisdak ada hubungan antara memaster dengan kerodong. Kerodong berkaitan langsung dengan masalah perawatan/ keamanan/ kesehatan burung.

    Untuk memaster, tidak mutlak harus disatukan dalam satu ruangan. Asal burung yang dimaster bisa mendengar jelas suara masterannya, sudah cukup. bahkan kadang hanya mendengat sehari sekali saja, sudah cukup meski kurang intensif (kurang cepat). Buktinya, dulu saya punya jalak suren yang hanya mendengar suara tinting tukang bakso tiga hari sekali, dan hanya beberapa tinting dalam setiap kali dengar, juga masuk.

    alau ada MB yang kemaster perkutut misalnya, kan belum tentu mendengar setiap saat. Eh, tahu2 MBnya kemaster perkutut. heheh tobat kan?

    Oke?

    Duto

  17. oya om duto mau nambahin,

    apa mendingan kalau sebelum di trek, burung di deketkan dulu sama lawan2nya biar bunyi dulu,apa di jauhkan dari kerumunan ya, soalnya dari 2 kali loncat2 juga burung tak jauhin dari MB lain sblm di trek,apa emang karakter MB lain2 ya.

    Jawab

    Kalau karakter MB memang lain-lain ya iyalah. Ide untuk didekatkan dulu dengan MB lain (asal jangan terlalu lama) nggak apa-apa. Soalnya kalau kelamaan, bisa gembos duluan.

    Duto

  18. Salam OM DUTO

    tenggang waktu untuk mb bakalan sampai dengan ngoceh ngeplong ( bkn ngeriwik ) brp bulan OM ? padahal mb sy dah ngeriwik terus kok, tp sy tunggu2 ngeplongnya cm pagi doang itu aja cm 2 ato 3 X. mohon pencerahan gmn merawat mb bakalan sampai dengan ngoceh ngeplong ( kenceng ). terima kasih banyak OM, yg kmrn sdg sy telatelin.

    Jawab:

    Lho kan pernah saya bilang tergantung bakalannya. Bakalan mudah hutan dengan bakalan dari penangkaran yang terbiasa dekat orang sangat beda. Bakalan mudah hutan akan cepat ngeplong kalau sudah tidak stress. Sampai kapan? ya tergantung faktor penyebab stressnya cepat hilang atau tidak. Misalnya, di sekitarnya ada burung fighter yang sudah gacor, maka bakalan nggak bakal segera ngeplong.

    Kan ini sama dengan kasus yang kita bahas di sini.

    Kalau bakalan hasil tangkaran yang selalu dekat orang, begitu lepas trotol maka dia sudah ngeplong2. Bahkan masih trotol pun banyak yang sudah ngeplong dan ketika selesai mabung pertama/ hilang trotol sudah gacor ngerol.

    Okey?

    Duto.

  19. umbaran ukuran 250cmx70cm,

    sekarang mau ta umbar 2x seminggu aja, coba besok liat 2 minggu lagi, oya mas duto, kemaren pas ta tarungin malahan pas udah selesai burung kan dikerodong, malahan terus jad agresif dan kluar lebih banyak isian, apa ini yang di namakan telat panas ya, mungkin jangkriknya kurang ketambahan musim hujan ya, jadi tubuh burung butuh pemanas yang lebih banyak, mungkin gitu apa gimana, soalnya juga biasa setelannya kalao mau latihan porsi jangkriknya tidak saya tambahkan tetep pg5+kroto 1sendk sore jngkrk5, mohon sharingnya.

    Jawab:

    Ya telat panas. Faktornya bisa macam-macam.

    Kadang kalau kondisi nggak fit bener (kelelahan di umbaran, heheheh) lalu ditarungkan ya cuma plotat-plotot lihat temannya pada ngicau.

    Bukan masalah jangkrik juga. Jangkrik nggak usah ditambah.

    Apa ngetreknya dengan burung2 yang sama atau beda-beda?

    Kalau sama terus, bisa jadi semangat tempurnya turun. Kalau beda burung, coba luhat isian burung lawan, apakah ada suara-suara yang aneh (di isian MB Anda nggak ada?). Kalau ketemu burung baru dengan isian aneh2 biasanya MB jadi diam. Bukan takut tetapi sepertinya mendengarkan saja baru akan teriak-teriak ketika sudah diturunkan.

    Banyak kasus seperti itu.

    Salam,

    Duto

  20. salam om duto

    kemaren MB saya masih kurang ngotot, emang sih lagi musim hujan, jadi ada 4 hari gak ta jemur, sebelumnya baru selesai mabung, belum tak jemur belum di umbar malahan tarungnya bagus, tapi setelah di umbar+jemur beberapa hari malahan jadi kebanyakan loncat tangkringan atas bawah. padahal juga pas sebelum mabung walaupun masih sering monoton tapi tarungnya gak loncat-loncat, lha kemarin malahan banyak loncatnya,

    mohon masukannya ma duto

    salam.

    Jawab:

    Itu diumbar pakai sangkar ukuran berapa?

    Kalau pengaruh jemur memang burung jadi relatif lebih agresif tetapi tidak sampai "ngroncal" seperti itu.

    Apakah itu pengaruh umbaran, saya tidak bisa memastikan. Hanya saja, di berbagai forum burung, saya cenderung tidak menarankan untuk treatmen umbaran.

    Coba baca tulisan saya tentang umbaran di sini.

  21. makasih OM ! lgsg di jawab lagi ….

    umur kurang lebih 9 bulanan Om trs terang ngga tau pasti sy beli hasil tangkapan hutan, jd msh takut ma org tp skrg dah ngga takut lg trs bunyi kencangnya cm pagi doang tu aja paling cm 1 sampai 3 kali dah itu ngeriwik lagi, kondisi bulu memang baru aja slesai mabung sy ngga tau pasti dah slesai blm mabungnya, tp kt temen sih dah selesai, burung yang lain ada yaitu burung koci gacor bgt dan itu kl pagi saya taruh di sebelah kandang murai dgn harapan bs jd master OM, sb sy tau bgt kl ni burung masih muda tp yg bikin sy bingung kok ngga pernah kenceng ngocehnya OM . tlg solusinya OM biar cpt ngoceh kenceng. trs terang sy bs bangga kl burung mb ini bs ngoceh kenceng sb sy memeliharanya dr nol kecil dr tangkapan hutan dan msh muda bgt kakinya aja msh putih kemerah – merahan . skali lg mohon solusinya ya OM …… maaf kl ada kata2 yg kurang pas sb msh baru OM!

    Jawab:

    Wah la ya itu mengapa MB itu takut-takut bunyi. Itu kacer gacornya diungsikan jauh-jauh dulu. MB dan kacer sama-sama burung fighter. Jadi sama-sama tempur. Hanya saja, kalau salah satunya kalah mental, maka ya nggak akan pernah bunyi, bahkan kalau sudah tua sekalipun.

    Pilihannya memang mau pelihara/ dekat-dekat dengan kacer atau MB? Kalau mau MB-nya, ungsikan saja kacernya. Selama kacer gacor ada di dekatnya, MB nggak akan berani teriak kenceng.

    Untuk memaster MB gunakan burung masteran yang bukan fighter (fighter ini contoh lainnya adalah tledekan/sulingan), misalnya lovebird, cuvak jenggot, kenari, ciblek atau cililin. Itu semua bagus untuk masteran MB. Kalau malam ya ada suara jangkrik. Itu lebih bagus.

    Kalau tidak ada burung masteran, bisa gunakan sonic master atau kaset suara burung. Pilih suara burung seperti saya sebutkan di atas.

    Okey?

    Salam,

    Duto

  22. om duto

    saya tertarik dengan MB yang latah, kayaknya kalau di tarungkan bagus sekali ya,kalao orang sering di kagetin terus-terusan kan bisa jadi latah, kalau buat burung gimana ya agar bisa jadi latah.

    Jawab:

    Kalau soal MB atau burung fighter lain, pada umumnya memang latah. Sedikit suara "klenting" saja sudah membuat si fighter teriak-teriak. Apalagi mendengar suara burung fighter lain (dengan catatan tidak sering ketemu), pasti langsung teriak-teriak.

    Untuk burung fighter, asal kondisi fit (fisik dan mental) dengan sendirinya akan gacor. Apalagi kalau burung2 hasil tangkaran, rata-rata sejak kecil sudah latah banget.

    Salam,

    Duto

Komentar ditutup.