Asal usul cucak rowo kontesan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Pertanyaan:

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sebenarnya Cucak rowo yg saat ini merajai kontes2x tanah air kebanyakan asalnya dari mana sih ?

CR Lampung, Medan ataukah Kalimantan ?

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Apa kelebihan dan kekurangannya masing2x ?

Krn ada teman diluar KM yg pingin invest penangkaran CR, siapa tahu bisa memberi masukan.

Biar tahap awal ttg pemilihan asal daerah jenis burung sendiri bisa mengikuti trend lomba juga nantinya (kalau berhasil,.. hee..hee), tk’s (std).

Jawab:

Dari Jawa (penangkaran, Mas)……………hehehehehe….

Kalau menurut saya, belum ada jawaban pasti soal itu Mas. Soalnya, kalau kita lihat para CR jawara di berbagai lomba itu tidak (belum) pernah diidentifikasi asal-muasalnya.

Hanya secara umum, CR2 asal Medan dan juga Lampung, itu besar2 bodynya dan suaranya keras tetapi ngebas.

Sedangkan CR asal Kalimantan, bodynya kecil2 tetapi suaranya cenderung lantang memekakkan telinga.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Nah untuk lomba, penilaian biasanya lebih pada lagunya (ngropel enggak, panjang2 enggak) sebab CR yang lagunya panjang2, apalagi ngropel, akan terlihat sekali mendominasi lapangan dan juri akan segera ketahuan oleh peserta kalau memberikan penilaian “ngawur”.

Soal mental, tergantung “pelatihan”. Kalau terbiasa ditempatkan di tempat ramai dan biasa ketemu CR lain, biasanya mentalnya bagus (dalam artian, ketika kondisi kesehatan dan psikisnya normal) dan mau bunyi saat gabung di arena lomba.

Kalau untuk ditangkarkan, saya sarankan yang body gedhe saja. Sangat “menjual”.

Saya tebak nih, yang mau nangkar itu teman saya sendiri. Inisialnya Std….. Nah Anda sendiri!!! Bukan siapa-siapa, ya kan ya kan ya kan? Hehehehe…….(Duto)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

  1. Mas duto saya mau nanya mas bedain burung cr yg ropel hanya dari suara kl burungnya gak bunyi gmn dong bedain yg ropel setengah ropel dan engkel habis mungkin saya nanti ketemu tu burung baru ditangkap dari hutan yg di jual di pasar burung di sini mas.Kl kisaran harga burungmya ropel hasil penangkaran yg anaan dah bisa makan sendiri berapaan sepasangnya,tuk yg dewasa dan tuk yg siap tuk ditangkarin yg dah jodoh gt mohon penjelasannya ya mas.

    Jawab:
    Ropel atau tidak hanya bisa dibedakan ketika sudah sama2 bunyi Om. Sama sekali tidak bisa dibedakan berdasar kondisi body/tongkrongan.
    Ropel hasil penangkaran yang masih anakan juga tidak ada Om. Ketahuan ropel atau tidak, ya kalau sudah bunyi. Paling yang bisa dikatakan adalah indukannya ropel atau tidak, begitu saja. Nggak bisa kok ada orang mau jual dengan bilang "eh ini ada anakan cucak rowo ropel".
    Anakan dari cucak rowo ropel, kalau tidak dimaster secara baik dengan kaset atau CD, juga bisa saja bersuara engkel atau malah suaranya nggak karuan karena kemasukan suara ayam, burung lain dsb.
    Di penangkaran Lintang BF pun sekarang kalau mau melepas CR anakan, pasti CR yang sudah berusia sekitar 6 bulan setelah melewati masa pemasteran dengan kaset/CD dan juga ditempel dekat dengan CR ropel yang khusus untuk pemasteran.

Komentar ditutup.