Kacer Jatim vs Kacer Bogor

Tanya:

Rekan2 saya baru dapat kacer lokal jatim gacor, Dirumah ada juga kacer bogor(jabar) belum lot. Yang ingin saya tanyakan kenapa kok sdh 1 minggu dirumah kacer jatim sy yg gacor ikut diem hanya sekali2 bunyi tidak seperti waktu sy beli. Apakah memang kacer itu butuh teman fighter. Apakah ada burung jenis lain yg sekiranya bisa jd pasangan sehingga bisa merangsang utk gacor lagi. jika ada yg tahu solusinya mohon dikasih pencerahannya. Atas sarannya sebelumnya saya ucapkan terima kasih. (Gatut )

Jawab:

—Bisa jadi kacer Jatim Anda kalah mental dengar suara kacer yang dari Bogor meski kacer yang terakhir itu belum gacor. Mungkin juga karena ada perubahan menu makanan/cara perawatan (mandi, jemur dsb). Oleh karena itu akan lebih baik (kalau bisa) Anda tanyakan lagi kepada majikan sebelumnya tentang bagaimana perawatan sehari-hari (kebiasaan) dari kacer Jatim milik Anda itu.

— Kacer adalah burung fighter (seperti MB, sulingan/tledekan, decu, larwo dsb) yang harus dipisah (sangat relatif caranya) dari burung sejenis atau burung fighter lainnya. Sebab, salah satu dari burung fighter itu bakal kalah dan akhirnya drop. Jadi, untuk kacer Anda, bisa dicarikan partner asalkan partnernya BUKAN burung fighter. (Duto)

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 26 comments

  1. andi

    om gmn sich cara memasterkan kacer?? pake CD om. apa didketin speaker burungnya? speaker keras atau pelan. gw pemula baru dapat kacer blesteran poci dan lokal( kata penjualnya giyu sich) bulu item tapi dada bwah ada putihnya sedikit.

  2. buto

    om mau bertanya nich..apakah kacer trotol hutan sama liarnya dengan bakalan muda hutan biasa dan gmn menentukan kacer trotolan jantan..sy punya kacer trotolan tapi bingung menentukan kelaminnya.dilihat dari trotol yg ada di bulu dada sdh ada beberapa helai bulu hitam kontras..

    1. Om Kicau

      Sama liarnya, soalnya burung hasil penangkaran saja kalau penangkarnya terlambat atau sengaja tidak menyuapinya selepas usia 10 hari, burung juga sudah agak liar (takut) dengan manusia Om.

    2. Om Kicau

      Sama liarnya, soalnya burung hasil penangkaran saja kalau penangkarnya terlambat atau sengaja tidak menyuapinya selepas usia 10 hari, burung juga sudah agak liar (takut) dengan manusia Om.
      Kalau ada hitamnya yang legam, jantan Om.

  3. anugrah

    saya beli poci waktu ada perlombaan di daerah saya.,.,.waktu itu poci itu juara 1,.,.,.kerjanya istimewa,.,.,tp setelah dibeli sama saya.,,dicoba dalam perlombaan burung itu mbujung/ngudi.,.,..,belum menemukan setelan yang tepat.,.,.saya udh nanya sama pemilik sebelumnya,.,.,setelan makanan sudah sama ,.,.,.,tp kenapa masih mbujung ,.,.,.tolong kasih solusinya,.,.,

  4. yuan

    Om gimana cara mengatasi kacer yang stress,slnya kacer saya sterss gara2 tk bawa dari tempat saya beli kerumah saya dengan cara burung tersebut tk taruh di bambu(bombong)karena saya beli dengan tidak pake kurung slnya dirumah sdh tak siapkan kurungnya,padahal sebelum saya beli burung tersebut gacor eh…setelah saya bawa dengan bumbung dan tak ganti kurung dirumah malah bisu cuman bunyi cuuuuuuuuuiiiiiiit dan keadaan ini sudah berjalan hampir 3 minggu tk kunjung ada perubahan yang berarti cuman mau ngriwik tp gak mau ngeplong2.setelan pakan tidak saya rubah dari pemilik sebelumnya.trims atas info dan solusinya om???

  5. tony

    ear All..
    Saya ada masalah pada kacer saya, pada waktu maen kenapa ekornya tidak mau buka? apa yg salah pada kacer ini? mohon pencerahan dari senior sekalian…
    atas jawaban dan penjelasannya saya ucapkan terima kasih….

    Salam,

    Tony

  6. opik Sby

    Om Duto aq punya kacer poci dan kacer jatim (semua bakalan Om), yang aq tanya kan gimana caranya nglatih mental supaya si burung tsb ga ngglabak2 dan gmn caranya bulu ekor cpt tumbuh, matur suwun

    1. Om Kicau

      Jinakkan dulu Om, caranya sudah ada tuh.
      Untuk mempercepat tumbuh bulu enggak ada caranya Om. Nggak perlu terdega-gesa, paling enggak sampai sebulan bulu ekor sudah tumbuh penuh.

  7. Suyanto Bejo

    Minggu lalu sebuah tabloid di kota saya membahas mengenai keunggulan kacer dada putih dibanding kacer hitam. Yang bisa saya simpulkan kalau kacer dada putih punya mental & volume yang lebih baik. Setujukah dengan opini tersebut? Terimakasih

    1. Om Kicau

      Kalau soal mental, relatif Om… Kalau soal volume memang iya secara umum. Tetapi kalau soal lagu, pinteran yang dada hitam kalo sama2 dimaster dengan baik. Sekarang ini kacer dada putih memang mendominasi arena lomba karena jumlahnya memang banyak. Kalau jumlahnya banyak yang hitam, ya tentunya yang mendominasi dada hitam. Simpel aja Om.

  8. aan

    saya punya anis kembang(AK),yang saya tanyakan?
    @AK bunyine cuma ngriwik g mau ngeplong,padahal pola perawatane bagus!makasih om..!

    Jawab:
    Kalau sudah pasti jantan, ya tinggal tunggu waktu saja. AK memang banyak ngriwik dan dari hari ke hari makin lama makin keras kok Om.

  9. bojezz

    om q punya kacer bogor ni q bru ambil dr temen proforma nuancep sampai q trek 1 jam g henti dan lebih bagus lg klo mo d trek d basahi, tapi stlh q bawa k tmpat q kacer jd biasa bunyinya tp lum q trek sich apa stress apa krna pndah lokasi, mengingat lokasi cukup jauh sidoarjo-surabaya pake motor lg. please bantu donk om?

    JawaB:
    Perjalanan jauh nggak akan menyebabkan burung stres selama nggak terjatuh, kebentue sangkarnya dsb. Kalau belum mau gacor lagi ya paling masih perlu penyesuaian Om….

  10. andre

    saya punya kacer yg lg ngurak apakah ulat makanan yg cocok buat kacer saya terima kasih.

    Jawab:
    Semua EF baik, cuma saja untuk Ulat Hongkong, kalau kebanyakan bikin gemuk Om.

  11. wawan

    Om…saya punya kacer poci yang gacor banget…tapi kalo saya trek kenapa cuma kira-kira 1menit aja bunyi trus diem,apakah pengaruh lawan ngtrek yang juga diem???
    Yang kedua,kenapa kacer tersebut maennya gak mau nancep?mlh kebanyakan di dasar sangkar???
    Rawatan harian jangkrik 2/2,uh 2/hr,mandi 1x/hr….waktu mau saya trek -3 sd H sebelumnya, jangkrik 8/8,UH 5pagi….hari H 2/2,uh 5, sangkar 40/60 tangkringan 2 sejajar….
    Mohon pencerahannya…tks

    Jawab:
    Loh ngetreknya dengan berapa kacer/poci? Kalau cuma dua atau tiga, kadang begitu yang satu diam, yang lainnya ikut diam. Coba ditrek dengan kacer dalam jumlah 5 ke atas….Rawatan sudah betul, cuma kalau EF sebaiknya tetap saja nggak usah diubah2…

    1. wawan

      Ngetreknya cuma 3ekor om….lha soal tarung yang kebanyakan di dasar sangkar gimana???apa perlu di pasang karet di dasar sangkar seperti threathment untuk CI???

      Jawab:
      Nah ya kan…
      Kalau soal di dasar sangkar, ya betul Om… dibegitukan pakai karet…

  12. Duto

    Om Rapik,

    Kacer Kaltim dengan Jatim secara sekilas hampir sama. Cuma, untuk kacer Kaltim cenderung lebih besar, leher lebih jenjang, ekor lebih pendek, dibandingkan kacer Jatim.

    Kalau soal gaya tarung, volume, semangat tempur dan sebagainya, tidak ada perbedaan. Banyak kacer Kaltim yang bagus, demikian pula banyak kacer Jatim yang bagus. Juga, sama-sama ada yang jelek.

    Tetapi patokan utama untuk memilih kacer adalah dari sisi volume suara kalau sudah bisa sama-sama didengarkan suaranya. Untuk isian dan lagu, tergantung bagaimana kita mengisinya/memasternya.

    Secara umum, kacer dengan jenis yang sama tetapi punya body yang berbeda, maka pilih yang body besar. Cuma, volume besar kadang kalah dengan suara yang ngristal ketika sama2 diadu dengan banyak kacer lainnya. Suara kristal cenderung menyengat di telinga dan "tembus" sampai luar arena.

    Jadi memang masing-masing burung ada kelemahan dan kelebihannya. Tergantung kita mau pilih yang mana.

    Salam,

    Duto

  13. Duto

    Saya sebutkan beberapa saja ya…

    Burung fighter itu contohnya murai batu, kacer (poci/koci), tledekan atau sulingan.

    Yang bukan fighter contohnya cucakrowo, anis merah, anis kembang, kenari dsb.

    Sebenarnya, pengertian fighter itu bukan pengertian baku. "Fighter" atau petarung merujuk pada burung yang sangat reaktif terhadap kedatangan burung sejenis (langsung teriak-teriak karena merasa teritorinya terancam kali ya?).

    Jika kedua burung fighter diadu, maka jika salah satunya kalah, maka yang kalah tersebut tidak pernah lagi berani bersuara di dekat si pemenang.

    Beda dengan burung non-fighter, mereka tidak berusaha "kalah atau menang". Jadi pada umumnya, mereka tetap bisa berdekatan tanpa saling merasa terintimidasi.

    Salam,

    Duto

Komentar ditutup.