Q-A Penangkaran LB (10), Pindah Kandang

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tanya:

Apakah LB mutlak diberi air dalam wadah besar? Bagaimana soal pemindahan dari satu kandang ke kandang lain?

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Jawab:

Untuk LB, tetap saja dikasih air di wadah yang besar. Suatu ketika pengin mandi, sudah tersedia.

Pemindahan kandang (asal terbiasa) nggak jadi masalah. LB saya yang ada di kandang tunggal itu, pindah tempat 3 kali selama ngeram nggak masalah, netas-sehat. Cuma sebaiknya kalau pas ngeram nggak usah dipindah2 karena risiko telor pecah.

Begitu anak bisa makan sendiri dan diangkat, maka sekitar sepekan sampai 10 hari (indukan dalam kondisi normal), indukan itu sudah nelor lagi.

Tks sama2.

Salam. (Duto)

Tanya:

Mas Duto,kira2 umur berapa piyek LB baru bisa dipasang ring? Saya coba umur 2 minggu, bisa masuk tapi lepas terus akhirnya tidak kepasang tuh ring karena lepas dan tidak bisa dipasang lagi karena kakinya sudah besar kasihan kalau dipaksa.

Apa ukurannya yang salah ya, umumnya ukuran berapa Mas. (Fortuna)

Jawab:

Ya umur 2 mingguan itu Pak. Kalau pasang ring lepas terus, coba setelah ring dipasang, ikatkan kain lembut di kaki LB di bagian bawah ring dan kain itu diisolasi. Fungsinya sekadar sebagai penahan agar ring tidak lepas2 terus. Setelah kaki LB mengeras (usia di atas 21 hari) segera saja kain dilepas agar pertumbuhan kaki LB nggak terganggu.

Untuk ukurannya, saya tidak tahu pasti berapa milimeter ya. Yang jelas lebih besar ketimbang MB dan lebih kecil ketimbang JS.

Demikian Pak. Salam. (Duto)

Tanya:

Saya punya sepasang LB tapi kurang suka makan jagung, kangkung n toge…… apakah ini normal?

Sekarang sih mereka tidurnya didalam 1 gowok bersama-sama……. jadi gmn dong tuk ningkatin birahinya wong makanannya aja cuma biji2an? Apa perlu tak kasih kuku bima he he he.

Mohon pencerahannya ya om… Matur nuwun (Rayva).

Jawab:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Coba ditambah biji bunga matahari di pakannya mungkin mau dimakan,kalau tidak mau ya terpaksa kasih kuku bima ha ha

Salam (Fortuna)

Komentar:

Ok Om Fortuna…. tar saya coba deh…. kasih biji bunga matahari.

Oh iya, kemarin saya coba kasih 1/2 telur puyuh eh disikat tuh telur ampe ampir abis, ngaruh ngga’ om?

Apakah pemberian telur ini berbahaya maksudnya tar kalo LBnya nelor, eh tu telor di makan juga. (Rayva)

Jawab:

Hehehe, kuku bima? Ya boleh2 saja, terutama untuk yang melihara.

Biji bunga matahari juga bagus. Cuma perlu diperhatikan bagaimana posisi kandang, apakah benar2 bisa bebas semut karena semut suka sekali dengan biji bunga matahari.

Jagung atau sayuran nggak perlu dipaksakan kalau dari kecil memang nggak biasa.

Telur nggak bahaya, malahan bagus itu kalau LB suka telor, sebagai penambah protein terutama untuk LB tangkaran. Cuma jangan banyak2 ntar kegemukan dan sulit nelor.

LB nggak akan makan telor sendiri, apalagi kalau di sangkar nggak disiapin kompor dan air untuk ngrebus telor sendiri hehehehehehe.

Selamat menangkar… (Duto)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

5 Comments

  1. Om Duto saya baru beli LB yg udah produksi ,ketika sy beli otomatis sya pindah ke kandang rmh sya…akan tetapi dirmh LB jodohan itu sering bentrok yg jantan tkut ma btnanya kayak LB yg gk jodohan padahal Lb trsbt udah sring produksi…kira2 solusinya apa agar LB trsbt bs kembali jdoh dan produksi…butuh wkt brp lama y om…makasih,..

  2. Om Duto saya baru beli LB yg udah produksi ,ketika sy beli otomatis sya pindah ke kandang rmh sya…akan tetapi dirmh LB jodohan itu sering bentrok yg jantan tkut ma btnanya kayak LB yg gk jodohan padahal Lb trsbt udah sring produksi…kira2 solusinya apa agar LB trsbt bs kembali jdoh dan produksi…butuh wkt brp lama y om…makasih

  3. Ada beberapa pertanyaan nih om:
    1.Data apa saja yg tertera pada Ring yg dipasang pd kaki burung?
    2.Pada 1 burung,pada kaki sebelah mana yg dipasangi ring?
    3.Apakah ring tersebut dijual bebas ataukah hanya boleh dikeluarkan/dipasang oleh peternakan resmi/besar/terdaftar sbg suatu perusahaan saja?
    4.Apakah manfaat dari ring tersebut?berpengaruh ke harga burung kah?
    Terimakasih om….

  4. om duto LBku dah dlm bok terus apa itu tandanya ngeram ya,kawin sih sering liat,he..he…cuman nelure ga tau.soale bikin boknya salah,ga ada lubang kontrol,jadi cuman pintu keluar masuk burung aja,pripun Om.

Komentar ditutup.