Muray Batu (3): MB bersifat Teritorial

Pemikat burung muray batu biasanya akan mencari muray, dgn berbekal seekor MB pemikat yang sudah ngerol.
Sampai di lokasi yang dia tuju, maka MB pemikat langsung diletakkan di tempat yang dia tentukan dan MB pemikat langsung akan berbunyi. Biasanya tidak beberapa lama akan datang seekor MB betina menghampiri MB pemikat. Dalam hitungan detik MB betina ini langsung lari mendengar MB pemikat berbunyi.
Tak lebih dari 2 menit setelah itu, datang MB jantan dan MB betina yang tadi lari dan langsung berusaha menghajar MB pemikat.
Setelah itu, terperangkaplah sepasang MB tsb.

Inti sari dari episode tsb di atas adalah:
1. MB sangat sensitif sekali menjaga wilayah teritorialnya, baik yang Co maupun Ce.
2. MB adalah jenis burung yang mempunyai sifat monogami.
Begitu MB pemikat menyusup ke wilayahnya, MB betina langsung melaporkan kejadian ini pada sang Jantan.

TIPS MEMILIH MURAY BATU BAKALAN
Diasumsikan MB bakalan adalah MB tangkapan hutan yang belum makan voer dan harganya juga relatif murah.
Yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan ini adalah:
1. Mata
Hindari membeli MB yang pada matanya sudah kelihatan tanda adanya katarak, yaitu selaput berwarna putih pada bola mata. Jika MB sudah katarak, resiko MB tsb menjadi buta sangat tinggi sekali.
2. Kaki.
Usahakan cari kaki MB yang berwarna hitam, karena MB yang memiliki warna hitam pada kakinya, diyakini punya mental berani. Tapi ingat, bukan berarti kaki berwarna lain tidak bagus.
Hindari memilih MB yang memiliki kuku kaki bagian belakang (kelingking) berwarna tidak sejenis, yaitu satu hitam satu lagi putih.
Kami menyebut kuku yang seperti ini dgn sebutan kuku ******.
MB yang memiliki kuku seperti ini sangat diyakini memiliki mental yang tidak stabil, artinya kalau lagi on fire dia bisa hebat, tapi juga sering down.
3. Ekor.
Cari MB yang memiliki ekor rapat dan tidak terlalu tebal. Ekor yang seperti ini selain enak dipandang, juga akan membuat MB memainkan ekornya pada saat ditrek.
Hindari membeli MB dengan ekor bercabang atau menggunting. MB ini diyakini memiliki mental tidak stabil.
Hindari juga membeli MB yang tidak punya ekor, karena kita tidak bakalan tahu bagaimana bentuk dan jenis ekor dari MB tsb, jika ekornya sudah tumbuh kembali.
4. Bulu Dada.
Kebayakan MB memiliki bulu dada berwarna coklat, tapi jika anda mendapatkan MB dgn bulu dada cenderung berwarna kekuningan, maka itu rezeki anda. MB bakalan dengan warna bulu dada seperti ini, biasanya cepat berbunyi dan cepat juga jadi.
5. Usia
Jangan pernah menilai usia MB hanya berdasarkan pengamatan pada kaki, ini bisa menipu calon pembeli.
Tipsnya, tangkap MB tersebut, buka mulutnya dan perhatikan rongga mulutnya. Jika masih berwarna putih atau sedikit cerah, maka MB tersebut masih muda, jika sudah berwarna hitam berarti MB tsb sudah tua dan semakin pekat warna hitamnya, semakin tua usia MB tsb.
MB bakalan muda juga mempunyai tanda bulu yang masih berbintik cokelat dibagian sayap sebelah luar maupun sayap sebelah dalam.
6. Tingkah.
Jika ada MB bakalan yang pada saat kita pegang dia menjerit kencang dan berusaha mematuk-matuk jari tangan kita, inilah MB dengan mental berani.
MB seperti ini adalah MB yang menjadi rebutan bagi para hobbies di BNA.
(Postingan Tim Editorial Kicaumania.or.id di kicaumania.org)

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 4 comments

  1. buto

    makasih om,,jadi bingung nich om..jadi cara yg tepat untuk mengatasi murai tersebut gmn ya om..soalnya klo mabung dari hutan saya baru mengalaminya..tolong di share perawatannya om..soalnya sudah seminggu ini dirumah saya mandikan dan dijemur seperti biasa..

  2. buto

    om saya baru beli momongan murai bakalan hutan dengan hrga 600..kondisi burung sehat walafiat dan sdh mulai mau ngeriwik walaupun masih jarang…yg igin sy tanyakan ke om duto..
    1. di tempat saya tinggal/ tetangga banyak yg punya murai dan ada sebagian yg sdh ngemplong2..apa ada efek sampingnya ke murai bakalan saya bila terus2an mendengar suara mb lain.
    2. murai tsb seperti habis mabung hutan karna di kepala masih ada rebung dan di sayap masih ada bulu bintik2 coklat..bagaimna menurut om duto.apa bisa dikatakan habis mabung atau masih trotol/muda..
    3. bagaimana memberikan ef uh yang benar kepada mb saya..dan brp jumlah ideal yg disarankan untuk pemberian dan apa harus setiap hari…

    trims om duto..minta tolong agar bisa diberikan pencerahannya…

    1. Om Kicau

      Om buto
      1. Pengaruh tetap ada. Tetapi itu ya risiko bertetangga dengan orang yang sama2 juga senang burung. Dibikin asyik saja Om. Kalau mental MBnya bagus, ya nggak masalah.
      2. Waduh, yang jelas itu masih belum selesai masa mabungnya. Soal muda atau tua, dilihat ciri lainnya Om. Mulai dari kaki dan juga model ngriwik ngeplongnya.
      3. Saya jarang memberikan UH untuk MB saya Om. Kalau memang adanya UH ya enggak apa2. Berikan saja 5-8 butir sehari (diatur saja pagi berapa -sore berapa). Tetapi kalau ada EF lain, UHnya paling ya 4-5 butir saja atau tidak sama sekali juga tidak apa-apa.

Komentar ditutup.