Kepodang saya tua atau muda, jantan apa betina?

Salam kenal om Dutö. Saya pemula pd dunia perburungan.. saya punya burung kepodang pemberian teman dari jogja.. burungnya bagus om tapi belum jinak. yang saya mau tanyakan kenpa koq kepodang saya belum bisa bunyi yah.. palagi gacor.. truz gmana yah om caranya agar kpodang saya bisa gacor? apa dia terlalu muda atau ketuaan? dan gmana caranya bedain tua atau mudanya? apa mungkin juga dia betina? trimakasih sblumnya.

Anank

Jawab:

Untuk mengetahui apakah kepodang sudah tua atau muda, coba lihat tampilan fisiknya:
– Kepodang tua:
Kaki sudah terlihat kering (kalau peliharaan lama, terlihat ngerak).
Untuk kepodang dengan warna paruh merah/jambon, maka yang tua kelihatan merah tajam/tua sedang yang muda terlihat pink/jambon. Untuk kepodang paruh hitam, yang tua kelihatan hitam banget, yang muda abu-abu.
Untuk bulu, yang tua sudah terlihat benar batas warna kuning dan hitam, terutama bisa dilihat di kepala. Yang muda, terlihat bergradasi.
Kepodang betina juga bunyi kok. Cuma, kalau sama-sama birahi, kepodang jantan lebih gacor/ suka ngicau.
Coba jinakkan dulu. Caranya, sama seperti saran yang saya sampaikan kepada Om Iman. Setelah jinak/ tidak takut orang, dia akan bunyi. Untuk lebih menggacorkannya, ya tetap diberi buah dengan tambahan jangkrik 5/5 (atau lebih) pagi sore.
Salam,
Duto

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 7 comments

  1. wahyu

    akhirnya dibls juga sama si om..hehehe…trimaksih bnyk om…gak tau saya om,yang jual blg nya udah jinak..maklum saya pemula jadi kurang paham…..kalo ternyata podang yang saya beli udah tua apa msih bisa bunyi?

  2. wahyu

    om mau tanya….saya baru beli kepodang, kok kepodang nya begitu di taro di dAlam sangkar seperti stress, kalo di dekatin seperti ketakutan?knp itu om ya?trus tidak mau makan juga,padahal saya udah taro pisang dan pepaya?oh iy om saya pemula nih jd blum tau bnyk,mohon petunjuk nya om duto..trimakasih

  3. heri

    OM klo kepodang bisa di tangkar tidak….?
    klo bisa caranya gimana om…..? saya punya jantan dah siap,,, tinggal cari betina nya,,,, klo om punya betina podang yng sudah siap,,, boleh tu omm…. :)

    1. duto

      Waduh saya belum pernah tahu penangkaran kepodang. Kalau mereka yang dipiara di kandang besar seperti di kebun binatang memang ada sih yang berkembang biak. Anehnya kepodang ini, kalau mau kawin harus kejar2an di udara dan (konon) terjadinya perkawinan di udara. Nah kalau di kandang kecil bisa apa enggak saya kurang paham Om. Atau coba ditangkar seperti burung lain saja, siapa tahu bisa.

Komentar ditutup.