Pentet mbagong dan galak, bagaimana?

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Saya punya pentet Gsal gresik umur sekitar 2 tahun,  sedang ganti bulu,   kondisi normal, bulu ekor tak cabuti habis.. Yang kurang normal mbagong kalau ada orang yang mendekat. Dia langsung mengejar, nabrak-nabrak kurungan… Bagaimana baiknya, apa disembilih saja….

Sison

Jawab

Jangan disembelih. Disate pun dagingya kecil, kalau setelah disembelih lalu dibuang, juga bikin tong sampah bau, hehehehehe. Kalaupun mau disembelih dan diawetkan juga nggak bagus karena kondisi bulu nggak bagus ya khan, heheheheh.

Ya rawat saja karena kondisi sepeti itu banyak terjadi pada burung yang tidak fit karena sedang mabung.

Coba beri pakan full protein, seperti kroto atau jangkrik. Beri pakan sampai nggak mau makan lagi. Kemungkinan sudah nggak nabrak2 lagi.

Salam,
Duto

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

65 Comments on Pentet mbagong dan galak, bagaimana?

  1. bos,gw pemula nyoba pelihara burung,murai aceh jenisnya kecil.kebetulan lg mabung and gmn cara ngerawatnya.makasih

    Suka

  2. untuk pentet ini mandi kan sesering mungkin dengan cara semprot spray lalu kerodong terus walau kondisi basah untuk pakan kurangi hanya jangkrik aja 1 ekor tanpa kroto at hongkong berikan voor aja.cobalh selama 1 bulan terapi ini mudah2an pentet anda bisa nancep

    Suka

    • Terima kasih masukannya Om…

      Suka

  3. brow gua aji ingin lebih paham tentang burung pentet yang bagus dan berkualitas………………………………………………………….

    Suka

  4. Om…mw tanya tentang cendet mbagong tapi kalo bunyi sambil nabrak2.terus klo bulu ekor udah terlanjur rusak apa boleh di cabuti om???????thanks

    Suka

    • Ya boleh saja asal hati2 dan nggak sampai keluar darah. Soalnya kalau keluar darah dan darah mengering menutup lubang bekas buku, maka nantinya sulit numbuh bulu dan perlu dioperasi kecil.

      Suka

  5. tapi klo bulu ekornya rusak berat apa boleh di cabuti

    Suka

  6. om salam kenal;
    aq beli pentet mabung, di kios burung galak, agresif, ga mw diem. tapi setelah aq bw pulang dirumah jadi pendiam, malah banyak makan. oia mohon penjelasannya apa itu EF ? CI? ma’lum Pemula om. Thx

    Suka

  7. Salam Kenal Om
    Saya baru dapat pentet dari adik di surabaya, tadinya udah bagus n gacor, eh stress gara2 selalu dibuat maianan ma keponakan, sekarang jadi suka salto n udah ngambek gak mo bunyi lagi, biar kembali seperti semula gmn caranya, terima kasih..

    Suka

    • Banyakin mandi dan coba diberi kroto rutin yang relatif banyak (sekitar 1 sendok makan sehari), coba setelah sepekan dilihat perkembangannya.

      Suka

  8. Om Kicau mau tanya lagi nih, tentang pentet kalau pentet umur sdh dewasa umur kurang lebih sdh 3thn suara isiannya untuk pentet tsb masih bisa ngisi suara burung lain lagi tidak,

    Rgd’s
    Maryo Bks.,

    Suka

  9. Sedikit sharing, hari ini ane beli juga pentet madura (perbedaan signifikan pada warna bulu dada dan kepala ternyata).

    Mohon pencerahan om, pentet saya sesekali bunyi sambil mengepak-ngepakan sayapnya. Kira” kenapa ya ? Solusinya gimana ya ?
    Trims b4..

    Suka

  10. wah jangan ampe macet om…hehhehehe. makasih sebelumnya.maksudnya pendapat tentang EFnya. ada yang bilang dikurangi, ada yang bilang di tambah. mohon bimbingannya SUHU……hehehehe

    Suka

    • Nggak perlu diubah2. baca saja tips tentang perawatan:
      http://omkicau.com/2008/11/02/kunci-utama-perawatan-burung/

      Suka

  11. salam kicau…om…saya mau tanya neh masalah cendet yang sedang mabung. ada pendapat yaF. Saya jadi bingung?????

    yang kedua(maat yang banyk tnya,maklum saya anak baru), saya kemarin dapt cendet yang sedang mabung tapi walaupun dikerodong dan suasana sepi, ttp nggacor gk berhenti2. minta pendapatnya ya OM…. PLEASE

    Suka

    • – Pendapat soal mabung maksudnya bagaimana Om? Kalau soal rawatan sudah banyak saya tulis di bagian perawatan/mabung.
      – Masalah bunyi terus ya tidak apa2. Santai saja, lha atau malah berharao pentetnya tidak bunyi? Hayo…

      Suka

  12. Om burung centdet saya sekarang kok galak , setiap saya ambil tempat makannya selalu di patoknya dan setiap saya goda dengan tangan darui luar kurungan selalu ingin di sambar dan tidak bunyi gmana cara mengatasinya om biar setiap di goda dengan tangan langsung bunyi.Makasih

    Suka

    • Terapi mandi malam dan biasa dikerodong saja.
      Mandikan malam hari (semprot atau dikaramba kalau mau), angin2kan sampai kering, kemudian dikerodong. Lakukan selama sekitar sepekan.

      Suka

  13. Mau tanya OM Kicau Mania saya baru beli Pentet anakan Jawa Timur di Pramuka harga 30 rb rupiah, kalau untuk makanan anakan pentet jenis poor yg merek apa, selama ini saya kasih banyak makan Jangkrik dan Ulet ongkong,,sampai burung itu kenyang dan tdk mau makan lagi, tp lama kelamaan ko boros juga kalau saya kasih makanan jangkrik tsb.,pertanyaan saya bagaimana jenis poor apa yg cocok untuk pentet anakan..

    Suka

    • Merek apa sajalah Om yang biasa dipakai teman2 lainnya.
      Memang kalau tanpa voer, biasanya akan merepotkan kita dan juga boros.

      Suka

  14. Apa sudah ada ulasan yg signifikan ttg perbedaan pentet Madura dengan Jawa Barat or Jawa?

    Suka

    • Saya sudah pernah menuliskannya Om. Tetapi seiingat sahay itu jawaban atas pertanyaan teman dan bukan judul tersendiri.

      Suka

  15. Mlm om duto apa bener pentet dan CI jika sedang dorong sayap atau buntut jika dijemur tidak masala dgn pertumbuhan bulunya, apakah akan berhenti numbuhnya. Krn saya baru ambil pentet yg sedang dorong sayap, kata pemiliknya tdk masalh jika dijemur. Dan setingan burung ini full krodong, pada saat selesai mandi lgs dikrodong dan dijemur. Krodongnya dibuka pada saat kontes saja. Saya jadi bingung. Thx

    Suka

  16. IMHO Kok commentnya ga saling bertautan ya, jadi bingung bacanya Om

    Suka

    • @Om Denymon: Iya nih Om, pluginnya nggak betul… Coba nanti kita perbaiki dulu ya….

      Suka

  17. om salam nal,
    om aku maun nanya bagaiman caranya burung sirdung/sirtu cpt ngoceh…????? aku punya lum ngoceh2 dah lama aku plihara je piye om???

    Suka

  18. om, bedakan cendet jantan/betina masih bakalan gmn??
    posri makannya gmn?
    thanxs

    Suka

  19. berhasil om,,,dua dua nya dah yang satu dah netes,, yang satu lagi masih ngerem om,,,yang pertama itu,,sebelum saya tanya mas om,, saya dah coba d kandang 45x70x120,, dia g mau,, saya baca artikel penangkaran alam am,, saya ikutin om,, akhir nya membuahkan hasil om,,satu pasang dah netes,,satu pasang lagi masih ngerem,,dari 3 telur yang da2,,yang cit,cuit,,masud nya penakaran alam ya ga luas banget saya pake lahan 2mx3m,,,mzlzh sekarang bingung lolohin nya,,saya lolohin pake tahu putih tuhh tak campur voer,,moga moga idup ya om,,,

    Suka

1 2

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159.557 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: