Ciri cucak ijo yang bagus

OM. AKU PENGIN BURUNG CUCAK IJO (CI)

CIRI CIRI BURUNG CI YG BAGUS GIMANA , TRUS YG ASALNYA DARI MANA .

APA SEMUA BURUNG CI. PADA SAYAP NYA ADA BULU YG WARNANYA KAYA PELANGI APA JENIS TERTENTU TOK?

BILA CI SERING TURUN KEBAWAH KANDANG, ITU PENYEBABNYA APA & BISA DISEMBUHKAN PA GA? CARA PENYEMBUHANYA GI MANA ?

MOHON PENJELASAN NYA, THNKS

BUCHORI

Jawab:

Masing-masing CI ada kelebihan dan kekurangannya. Dari segi warna, memang lebih menarik yang ada warna pelangi di sayap (kepala agak kekuning-kuningan). Cuma CI yang ini banyak yang tidak suka karena kurang mau kerja ngotot kalau dilombakan.

CI sendiri merupakan burung dengan wilayah penyebaran terbatas, yaitu di lingkungan Asia Tenggara saja. Di Indonesia, ia hanya dijumpai dijumpai di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Postur tubuh cucak hijau dari Jawa lebih kecil ketimbang dari Sumatera, tetapi lebih besar daripada cucak hijau dari Kalimantan. Yang disebut terakhir ini dikenal pula sebagai cucak hijau mini.

Yang biasa dipilih adalah CI besar yang berasal dari daerah Blora dan Jember/Banyuwangi.

Beberapa jenis CI yang terdapat di Indonesia, selain CI yang besar:

1. Cica-daun kecil (C. cyanopogon)

sangat mirip cica-daun besar, hanya ukurannya lebih kecil (17 cm) dan tidak punya bercak biru di bahu.

2. Cica-daun sayap-biru (C. cochinchinensis) sayap dan ekor tersaput warna biru. 17 cm.

3. Cica-daun dahi-emas (C. aurifrons)

dahi kekuningan pada yang jantan. 19 cm.

4. Cica-daun sumatra (C. venusta)

paling kecil, 14 cm. Dahi dan sisi kepala biru terang (jantan), tenggorokan biru terang (betina).

Soal CI suka turun ke bawah, itu bisa jadi karena kebiasaan makan makanan yang jatuh dsb. Pastikan tidak ada pakan yang kececer setiap saat.

Untuk mengatasi kebiasaan itu coba bagian dasar sangkar diberi karet pentil yang ditalikan bersilang-silang (jangan terlalu kencang). Kalau CI turun, dia akan segera naik lagi begitu menginjak karet yang dipentang bersilang itu. Hal itu bisa dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Dan lakukan hal yang sama jika mau ditrek / diadu dengan CI lain.

Tetapi melakukan hal ini jangan didadak ketika akan lomba/ ditrek. Minimal ada “pengenalan” selama perawatan harian sehingga meskipun dia tidak berani turun karena menginjak karet, dia sudah tidak takut terhadap keberadaan karet sebagaimana ketika kali pertama dipasang.

Salam,

Duto Solo

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

132 pemikiran pada “Ciri cucak ijo yang bagus

  1. om mw nanya nih,……………

    ci punya saya,kl pas posisi dirumah kyk udah siap tarung tp kl pas dilapangan kok cma diem yaaaaaaa………………….

    trs ,kl pas dtiup i2 mangap trs kyk ngeball…….
    ap i2 tandanya dy g tarung om???
    trs posisi burung baru sekali nyulam.

  2. aku suka banget , tp gimana caranya kalo ci saya lg turun bulu tp lama banget tumbuhnya apalagi di bagian ekor masih awut awutan mohon penjelasan nya

    • kalau saya utk mengatasi burung yg ssh di jinak in..mandikan aja setiap pagi di semprot..dan ganti air minum dan makanan nya setiap hari..insya allah kalau rutin sebulan udah jinak.

  3. om, kemarin saya beli burung cucak hijau dari pasar burung di jogja, dibagian wajah dan leher ada warna hitam menyerupai topeng pada cucak hijau jantan, tetapi di lingkar luar matanya berwarna kuning kecil, kata teman saya itu CI betina yang disemir apa betul seperti itu..? sampai saya tidak bisa membedakan itu warna hitam bulu asli atau bukan.. mohon di berikan informasi bagaimana ciri CI jantan dan betina selain dilihat dari warna hitam pada wajah… trus apakah CI betina bisa berkicau…? dan berapa kira2 harga pasaran CI bakalan jantan dan betina.. terimakasih sebelumnya…

  4. Saya baru pertama kali ini membuka web Club Bird, dan menurut saya situs ini sangat lengkap dan memudahkan kami dalam mencari info tentang jenis burung.
    Trima kasih

  5. met sre om..mau tnya cra plih CI jantan yg msih ber wrna kning di lher.pa da cra lain yg jtu tuk dpat CI yg jantan.sri om msih pmula tpi sya kpengen bner pnya CI om…mkasih……………om..

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s