Bagaimana menjadikan bulu burung berkilau?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Problem bulu burung yang kusut atau keriting memang menjengkelkan. Om Buchori misalnya pernah bertanya tentang tips agar burungnya bisa tampil mengkilap.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Hal utama penyebab bulu kusam pada burung adalah kurangnya minyak/lemak di “muara” kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung. Untuk “menambahnya” beri minyak ikan, dengan cara disuntikkan ke jangkrik dan berikan ke burung.
Tetapi, kadang kala, kusamnya bulu burung bukan karena lemaknya kurang, tetapi lubang kelenjar minyak tertutup kotoran yang mengering ataupun bekas luka yang mengering.

Jika demikian, kita pegang saja burung dan dicek kelenjar minyak di atas pantat burung. Pencet lembut saja bagian itu dan rasakan apakah ada minyak di tangan kita. Kalau tidak ada, berarti ada kotoran yang menutup (sebab meskipun kandungan minyak cuma sedikit, minyak tetap keluar dan terasa di tangan kita).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Selain karena kurangnya lemak, bisa jadi bulu telanjur rusak karena:

1. Burung masih dalam keadaan basah, langsung dijemur (membuat bulu keriting dan karenanya terlihat kusam).

2. Pernah disemprot larutan anti kutu ataupun larutan (yang sebenarnya bertujuan) untuk membuat bulu mengkilap (yang kalau dihentikan dari pemakaian rutin, bulu malah rusak). Pada larutan anti kutu biasanya dicampurkan ke dalamnya suatu zat untuk menghilangkan/merusak lapisan lilin pada bulu burung. Gunanya memang agar larutan bisa menempel pada bulu. Tetapi efeknya, bulu jadi kehilangan pelindung (seperti daun talas atau daun pisang yang kehilangan zat lilin: mudah basah).
Oleh karena itu Anda harus memastikan bahwa obat antikutu yang Anda pakai tidak mengandung zat peluruh zat tanduk atau zat lilin pada bulu burung. Untuk itu saya rekomendasikan untuk penggunaan FreshAves, obat kutu tanpa peluruh zat lilin pada bulu burung.

3. Ketika mabung, burung kekurangan lemak sehingga meskipun saat ini produksi lemak di kelenjar lemak banyak, sudah tidak bisa menolong kondisi bulu yang telanjur rusak. Untuk itu, ada baiknya selama burung mabung Anda memastikan kecukupan vitamin dan mineral dengan BirdMolt, atau minimal dengan pemberian BirdVit untuk rawatan harian.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dengan meneliti kondisi satu-persatu hal di atas, Anda akan bisa menyimpulkan mengapa burung Anda bulunya kusam dan bagaimana mengatasinya. Kalau memang sudah telanjur rusak dan bukan karena kelenjar lemak tertutup atau produksi lemak sedikit, maka tidak akan bisa pulih kecuali setelah melewati masa mabung yang dirawat dengan benar.

Artikel Terkait

1. Produk terbaru: ATP, hormon, anti-snot, perontok dan penumbuh bulu

2. Anis merah macet pasca mabung dan perubahan gaya teler…

3. Rahasia Burung Jawara

4. Bagaimana menjadikan bulu burung berkilau?

5. Mengapa metionin dan sistin perlu diberikan selama burung molting?

6. A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung>

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

8 Comments

  1. Om Dut…ngrepotinnya berlanjut nih sekalian coba Log innya pake HP,utk pemberian mnyk ikan setelah bulu baru dah penuh,smpe berapa lama om ? Trims

  2. Oia lupa om,cara gnt sangkar AM yg baik gmn aq tkt mlh stress? Cm tk gnt t4 makan wae tkt,pa lg tangkringan ma sangkar.mhn dbimbing y! hehehe….

    Jawab:
    Burungnya nggak pernah dimandikan dengan dimasukkan karamba ya? OK, kalau memang begitu ya nggak ada cara lain selain burung itu harus dipindahkan dulu ke kandang lain. Caranya, cari atau pinjam sangkar teman. Hadap2kan kedua pintu, buka, dan dengan digiring sebentar, AM akan pindah sangkar. Saat itulah kita memperbaiki sangkar termasuk tangkringannya.
    Duto Solo

  3. Om,AM ku skrg gi mabung biar bulu baru jd mengkilat gmn? trz baikny diksh pas mabung ato slsei mabung.thxs….

    Jawab:
    Ketika bulu lama sudah rontok semua, sementara bulu baru pas mulai menutup tubuh. Pada saat seperti itu, burung mulai menata bulu. Saat itulah untuk poemberiannya.

  4. tapi setau saya di hutan CI nggak makan pisang kepok tok kan??? malahan di riau ci doyan makan buah pohon ara(seperti beringin) atau buah2an kecil sejenis mas, yah argumen ini asli dari pemikiran saya mas mungkin jauh dari benar mas
    mohon petunjuk
    salam

    Jawab:
    La yang penting kita kan bicara soal hakikatnya toh… pisang = buah, yang di mana-mana ada dalam berbagai bentuk. Kalau voer = pabrikan… Nah

  5. wah, iya juga ya mas, ana ada di hutan ada yang jal voer(siapa tau ada pedagang voer keliling yang berbaik hati) xixii. thanks atas penjelasanya mas. nggak jadi pemikiran yang sesat deh.
    makasih ya
    salam

    Jawab:
    Okey

  6. salam mas duto,
    ada yang bilang kalau CI makan pisang dan tidak bisa makan foor,maka warna bulunya akan kusam
    dan apabila burung CI makan foor tidak makan pisang maka bulunya akan cerah.
    apakah itu masuk akal mas???
    salam

    Jawab:
    Ada yang bilang begitu? Jangan-jangan yang bilang orang yang punya CI kusam dan mau dijual….hehehe.
    Kalau saya bilang malah sebaliknya…..
    Emang di hutan yang CI-nya cerah-cerah itu ada yang jualan voer? Hayo….
    Salam,
    Duto Solo

  7. PAGI OM ,,,,.
    Om Ngkrepotin lagi nh
    Mau Nanya ,, Cucak ijo mungkin ga kena penyakit cacing kalo (ci) cacingan ciri fisik gimana?
    tolong kasih obat nya ya untuk burung cacingan …
    thanxs.

    Jawab
    Ya bisa saja…
    Biasanya nafsu makan kurang, bulu2 mekar tidak rapi, tidak rajin bunyi. Untuk burung cacingan, bisa digunakan obat cacing manusia. Cuma dosisnya kecil saja. Campur 5 tetes obat cacing di dalam wadah minuman burung. Lakukan selama 3 hari.
    Okey?
    Salam,
    Duto Solo

Komentar ditutup.