Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Jenis kacer, asal dan jenis kelaminnya

Salam kenal Om Duto, saya ingin memeliara kacer om. tapi saya belum pernah pelihara burung sebelumnya jadi NOL tentang dunia burung.yang saya mau tanya.
1. apa saja sich jenis kacer?
2. yang paling bagus tuh jenis apa yah om?
3. bagaimana cara bedain jantan atau betina pada kacer, pa benar kata orang jantan atau betina juga bisa ngoceh?
trims

Jawab
Waduh, pertanyaannnya sedikit tetapi njawabnya yang harus berpanjang lebar. Tetapi singkat kata, kacer apa yang Anda maksud?
Apakah jenis kacer anis atau kacer dalam pengertian kacer seperti kacer hitam?
Untuk jenis anis, ya ada anis merah (di jawa disebut cerbang atau kacer abang), anis kembang, anis cendana, anis macan dsb.
Untuk jenis kacer hitam, ada kacer hitam dan kacer poci.
Kalau Anda betul pemula, saya sarankan beli kacer hitam atau kacer poci saja. Selain mudah perawatannya, cepat bunyi dan gacor, maka untuk membedakan jantan atau betina lebih mudah. Yang jantan, pada warna hitam terlihat berkilau, legam. Untuk cewek, hitamnya kusam dan cenderung berwarna abu-abu.
Beli saja kacer hitam yang sudah bunyi meski belum variatif tetapi berarti dia sudah relatif tidak takut orang. Jangan beli burung bakalan yang takut orang meskipun Anda ditawari dengan harga murah. Malah bikin stress.
Untuk referensi, bisa baca postingan saya. Klik di sini saja.
Begitu Om?
Salam,
Duto

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

41 Comments »

  1. hallo om kicau yg ganteng………………………..?
    mau tanya sy punya kacer kok bulunya ekornya ambrol terus pernah saya coba diwaktu bulu ekor tumbuh tdk rata dan banyak yang patah sy cabut semuanya terus tumbuh lagi komplit tp sekarang banyak yang patah kejadiannya terus seperti itu bagaimana solusinya ya om Kicau yang ganteng………….?
    om kicau bantu ya cari solusinya……..?
    om kicau sy sudah coba berapa cara dari yg katanya kutuan sampai yg katanya kebanyakan suplemen hampir sy mau jual tp sy tetap syng krn tdk pernah mbagong

    Suka

  2. om saya pemain baru dalam burung kicau dan saya mempunyai burung Kacer dan MB yang saya mau tanyakan
    1. kenapa yah kacer saya jd diem aza sesudah saya pindahkan kekandang yang lebih lebar???? apa ada kesalahan pada EFnya skrg saya berikan jangkrik /- 15 ekor & ulet hongkong /- 6 ekor supaya menjadi gacor.
    2. Jarak kandang kacer dengan MB hanya /- 1meter dan kacer saya seolah-olah takut melihat MB saya dikarenakan MB saya sering loncat2 kesana kemari
    3. apakah MB saya tidak mau berkicau dan sering loncat2 dikarenakan melihat kacer
    4. bagaimana solusinya selanjutnya dan burung kicau apa yang pas untuk menjadi penengah antara kacer dan MB saya….

    terima kasih sebelumnya dan mohon penerangannnya

    Suka

  3. Terima kasih Om atas jawabannya. Minggu kemaren kacernya dah bunyi2 terus, tapi sejak saya beli MB yang dah bunyi walau dikit2 aja, kok kacernya malah cuma bunyi ter..ter…doang?
    Bagaimana penempatan keduanya, apakah boleh satu ruangan n saling lihat, ato beda ruangan tapi saling dengar, ato malah harus milih salah satunya aja Om?
    Maturnuwun banget Om.

    Suka

  4. Om, saya penggemar baru di dunia perburungan, mau tanya:
    1. kok kacer saya setelah sampai rumah selama seminggu masih diam aja?
    2. kenapa kacernya mentel banget, sehabis di semprot trus di jemur, eh dia malah ngembangin sayapnya lebar2 sambil miring2 kaya bule lagi berjemur di pantai, sampai 2-3 jam masih begitu aja padahal bulu2nya udah kering semua?
    Thx.

    Suka

    • Om Koesart:
      Ada kemungkinan (1) Belum bisa adaptasi atau masih stress; (2) takut dengan burung fighter lain (kacer lain atau MB atau sulingan/tledekan. Kalau memang tidak ada burung lain, paling ya belum beradaptasi saja.
      Kacer yang mentel alias genit, ya memang begitu Om, terutama kalau jarang/sudah lama tidak dijemur.

      Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.020 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: