HOT

MB bengkak, luka, nyekukruk, apakah cacingan?

Jika ada orang menyatakan sebagai agen produk Om Kicau dan mau jual burung, pastikan bahwa nomer telepun yang diberikan sama dengan yang tertera di web ini. Jika beda - dengan alasan apapun - tinggalkan saja dari pada menyesal belakangan. Cek dulu nomer telepun agen produk Om Kicau. Klik saja.

MB saya liat bengkak dikaki ada lukanya, trus langkah yg hrs diambil gmn ni om? maklum masih baru dlm dunia burung kicau,mksh sblmé om.

Jawab:

Belikan antibiotik untuk burung. Bisa Trymezin-B (nama merk dagang, kandungan dalam nya preparat sulfa) atau juga Teramycin (merk dagang dari Oksitetrasiklin/ kandungan obat). Secara umum, fungsi keduanya sama, untuk membunuh kuman dan menyembuhkan infeksi penyakit.


Baca aturan pakainya.
Duto

Salam knal om..Mau tanya,MB saya kakinya bengkak+badanya kurus+nafsu makan brkurang+nglungkruk gmn cara ngatasinya biar cpt kembali normal?

Jawab:

Coba pada yang bengkak dilihat, apakah ada luka atau tidak. Kalau aa luka, kemungkinan besar ada infeksi. Kalau tidak ada luka, maka itu tanda-tanda cacingan.
Belikan obat cacing untuk burung. Beli di petshop atau kios pakan burung. Baca aturan pakai secara seksama. Pakai dua hari berturut-turut.
Setelah itu, beri multivitamin juga untuk burung. Pilih yang kandungan vitaminnya komplit. Beri selama 3 hari beturut-turut.

Kalau kesulitan memilih obat2an itu sebaiknya baca tulisan yang ini.
Salam,
Duto

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

11 Comments on MB bengkak, luka, nyekukruk, apakah cacingan?

  1. om..br cb pelihara MB,bli bakalan..kaki klingking kiri agak bengkak,seperti ada benjolan,kadang2 nangkring satu kaki,yg kiri diangkat..pernah coba dioles minyak sayur dicampur dg kunyit,dipanasi..trus ditempelkan pada kaki yg bengkak..stelah 3hri ada perubahan..klo obat medis nya pke opo om…?

    Suka

  2. om, aku mo tanya nih , aku br bl mb bakalan sdh seminggu waktu smp rumah sakit tp msh mau makan skrg aku liat dia ga tahan lama kl nangkring dan buntutnya suka dinaik2an ke atas,jd hrs bagai mana ya .please

    Suka

  3. Normal Om… Enggak apa-apa.

    Suka

  4. sory om duto tambah dikit ya kalau bisa balas keemail saya om akiun_bakau@yahoo.com terima kasih…Tambah sukses ya OM…

    Suka

  5. Om.. saya mau tanya, barusan saya beli murai dipasar… Udah piaraan lama sih (bukan burung bakalan).
    Langsaung nyaut murai yang dirumah. Tapi kok setiap nangkring kebanyakan “ndekem” ya Om (waduh ndekem tu bahasa indonesianya apa??.. he he he).
    Tapi kalo digoda langsung pindah (tidak nyekukruk). Kenapa ya Om, stress apa sakit.. soalnya tak lihat gaka ada luka dikaki.
    Salam.

    Suka

    • Coba pantau saja sementara ini, kan burung baru, sembari dilihat karakternya. Apakah sakit atau bawaan, akan segera terlihat.

      Suka

  6. siang om duto….
    menyambur pertanyaan saya yang kemarin om….
    maaf saya blom coba MB saya kasih AD-plex sebab setelah saya amati ternyata bukan gak lahap…. tapi MB ini pilih-pilih makanan….
    sore setelah saya baca jawaban dari om duto saya lihat dia mau makan krotonya sampai habis…(1 cepuk = 2 sendok makan munjung), trus pas Minggu iseng-iseng saya kasih belalng ijo 4 (kebetulan nemu) juga habis saat itu juga, saya jadi bingung….. tinggal di kota gimana mau nyari blalang tiap hari……. kasihan saya sama MB saya ini OM Kroto maunya yang fresh, ulat juga maunya yang putih, cacing gak mau…(ikan blom di coba sih)… lha itu khan tidak tiap hari ada …. gimana nih om duto mohon bantuannya, saran atau solusi buat MB saya ini… matur suwun…….

    Jawab:
    Ya memang begitu sih Om MB…harus kenceng di EF terutama kroto.. Kalau nggak sempat lagi nglatih MB untuk makan EF sembarang dan akhirnya merepotkan, ya tukarkan saja dengan MB lain yang doyan makan EF sembarang Om… Jangan sampai hobi malah menjadi beban…

    Suka

  7. pagi om duto….
    om saya baru beli MB, minggu kemarin, sampai rumah sebelum saya masukkan kandang saya semprot halus dengan spray kemudian saya kasih semua EF (Kroto, cacing, uh, jangkrik) anehnya waktu saya gantung dia langsung bunyi nretek sambil buka2 sayap dan angkat-angkat ekor dan ngangguk2in kepala sambil ngedeketin saya, tak berapa lama dia ngriwik senengnya hati saya……….. tapi kok makannya gak terlalu lahap ya dari semua RF yang saya kasih cuma jangkriknya saja yang di pasang (saya kasih 5 pcs) sore saya kasih makan semua EF lagi jangkrik cuma di main-mainin sampai paginya…. begitu juga pagi harinya……
    kenapa MB saya ya OM …?? apakah ada obat yang bisa bikin MB makan lahap….
    apakah MB saya MB pancingan… ( tapi waktu saya beli bulu2nya rusak dan banyak bekas lem pikat)…. Mohon bantuannya om duto …… terima kasih sebelumnya

    Jawab:
    Mental MB Om bagus banget tuh. Soal pancingan atau tidak, saya tidak tahu. Cuma kalau burung hasil pancingan, bulunya kebanyakan malah mulus2.
    Untuk penambah nafsu makan, beri 3 tetes AD-Plex (penambah nafsu makan anak) di wadah airnya. Dicoba ya Om.

    Suka

  8. Kt gak tau jelas bang itu isinya nanah atau berupa daging.tp klau seandainya cuma nanah.bagaimana cara operasinya itu om.trs apakah dia nanti akan tumbuh lg gak.

    Jawab:
    Kalau cuma nanah, bisa dibetusuk pelan dengan jarum (disterilkan dengan diolesi alkohol) dan setelah itu dipencet2. Atau bisa juga digores dengan pisau tajam. Setelah dibersihkan, lukanya diberi Betadine.

    Suka

  9. Mlm om duto.om sy lg seneng ama murai temen sy nih.suaranya kenceng mentalnya jg bagus.tp sayangnya dia punya masalah di perut bawah ada kaya semacem ''DAGING TUMBUH''gimana saran untuk menghilangkanya,dan klau pake obat,obat apa namanya om.atau bawa aja yah ke dokter.he.he.he.cuma canda kok om.makasih sebelumnya om.

    Jawab:
    Kalau ada benjolan asal nggak tumbuh terus nggak apa-apa. Kalau itu isinya nanah, bisa saja dioperasi kecil. Tetapl kalau isinya memang jaringan otot (daging tumbuh) wah ya minta ampun deh…heheh.. Perhatikan saja apa itu terus tumbuh apa enggak. Kalau terus tumbuh ya jangan diambil. Begitu saja Om, jangan mereportkan diri sendiri.

    Suka

  10. mas, ada MB temen saya udah cukup tua, cuman mata sebelah kanan seperti katarak(nggak jelas apakah bawaan lahir atau kenapa) kalau soal bunyi nggak ada lawan. yang saya mau tanyakan
    bisakah MB katarak di breeding??
    kalau bisa, apakah akan menurun ke anak-anaknya ??
    makasih mas, salam

    Jawab:
    Bisa saja. Cuma kadang katarak merembet ke mata satunya. Tetapi jg belum tentu. Kalau minat dibeli saja untuk breeding. Nggak menurun ke anak kecuali hal itu disebabkan faktor genetis.

    Suka

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155.989 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: