MB nggak ada ekornya dan cara menumbuhkan bulu…

Salam Mas Duto. Kembali ke murai batu saya yang ekor hitamnya hanya satu. kemaren udah saya lihat tapi tidak ada bekas luka pada bekas cabutan tetapi ada bagian kulit yang lebuh keras daripada bagian lain? Pertanyaan?
1. Apakah bagian itu wajar atau haruskah tetap dikorek2? Selain dikorek adakah cara yang lain?
2. Kalau semuanya normal, umur MB itu sampai berapa lama? Dan selama umur itu berapa kali MB akan mengalami mabung? dan rata2 jarak waktu antara mabung ke mabung lagi itu kurang lebih berapa lama?
3. Dapatkah MB dan AM itu diletakkan dlm jarak yang relatif dekat ( kalau kondisi keduanya normal )
4. di solo dimanakah saya bisa mendapatkan trotolan MB yang baik dan kisaran di harga berapa ya Mas?

Terima kasih mas Duto
Salam

Jawab
1. Bagian yang lebih keras itu bisa jadi memang bekas cabutan bulu, terluka, dan kemudian sudah menutup lagi. Tunggu saja sampai masa mabung mendatang.

….. Maaf artikel ini sudah dipindahkan. Lihat daftar artikel selanjutnya di daftar isi.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

43 pemikiran pada “MB nggak ada ekornya dan cara menumbuhkan bulu…

  1. om mau tanya burung kacer saya tu kayak bersin2 trus suaranya tu ndak keras tu kenapa? sakit ato gmana?
    dan obat apa yang cocok untuk burung kacer tersebut?

  2. trimakasih banyak om kicau,
    tebakan saya juga tuh mb ce walau memang suaranya ngerol dan dan saya cukup terhibur.
    tanya lagi ya om, klo memang benar MB ku itu ce saya niat utk membelikan lakinya om walau ngk se kandang biar dia ada temen dan lirik2an…ehheheheheh biar ngk BT…
    pertanyaan saya :
    1. apakah ada pengaruhnya klo mb co selalu berdekatan dengan mb ce tanpa kerodong
    2. tetap rajin buyikah baik tuh conya dan ce nya (yang pada awalnya sama2 gacor waktu sendiri)
    3. boleh /bisa ngk om MB ce ini disatukan dengan MB MH co jantan…biar MB MH belajar makan , sapa tau dengan ada temennya ce dia cepat makan pur dan bisa menghilangkan stress mb liar?
    anggapan saya karena MB liar untuk bertarung/galak kemungkinan kecil….

    trima kasih om atas atensinya..smg makin sukses dalam semua hal
    wassalam

    • Om R-toro
      1. Bisa bikin “gembos” tenaganya karena akan bunyi/terangsang bunyi terus. Jangan didekat2kan.
      2. Ya itu, kalau sudah terbiasa tidak akan terlalu sering bunyi.
      3. JANGAN…
      Cara melatih makan voer tetap dengan cara voer dicampur dengan kroto dan semakin hari kroto dikurangi, diselingi pemberian jangkrik.
      Untuk menjinakkan sering2 dimandikan. Juga baca postingan saya yang lain tentang menjinakkan burung dan melatih makan voer.

  3. salam hangat om ….
    ijin lapor, warga baru nih ommm dan baru newbie pelihara burung, sekalian tanya ya aom duto
    saya pelihara mb dah 1 thn…awal pelihara mb tersebut ekornya patah semua karena giras, karena ngk enak dipandang saya cabuti hingga bukung om..memang sih ada perasaan ng tega, tapi gimana lagi dengan harapan ekor tumbuh rapih dan sehat (seperti burung kutilang yg cepat tumbuh saat bulu tercabut), ehh ternyata beda…sampai setahun bulu ekor ngk kunjung tumbuhh, kondisi sekarang mabung total dan mulai berganti bulu alhamdulillah ekor mulai muncul baru 12 cm terlihat ujungnya, yg jadi pertanyaan saya:
    1. apakah bulu ekor mb jika dicabut sengaja akan tumbuh sampai dia mabung berikutnya??
    2. Mb dirumah cukup rajin berkicau dan fareasinya banyak..cuma suaranya ngk pernah keras/mulut ngk pernah terbuka saat dia berkicau, untuk bulu hitamnya ngk begitu mengkilap (warna hitam saja tidak pudar), dan jika disandingkan dengan mb lain dia cuma menatap dan mencicit..cicit..apakah mb ku itu perempuan?
    3. klo mb perempuan apakah bunyinya fareasi dan cepat menangkap bunyi burung apapun dan juga suara2 penjual mainan…

    walaupun begitu saya cukup puas, sebab selalu berkicau dan siul2 bisa menghilangkan stress sehabis kerja..hehehehe

    • Om R-Toro
      1. Baisanya bulu yang tercabut sebelum waktunya akan tumbuh bersamaan dengan bulu lain ketika mabung. Tetapi juga tidak semua burung berpembawaan begitu. Untuk jenis cucak, begitu tercabut akan segera tumbuh lagi. Untuk burung lain seperti MB ada yang langsung tumbuh ada yang menunggu. Sebabnya kenapa, saya tidak tahu pasti, itu hanya pengalaman selama ini.
      2. Sepertinya cewek Om. Klo jantan bulu mengkilap.
      3. Jantan apa betina sama2 bunyi. Cuma untuk MB cewek bunyinya tidak sekeras jantan. Meski demikian, ada juga MB betina yang ngerol/tidak hanya ngeplong2.

  4. Siang Om,
    saya pny AM dulu nya udah teler karena sebab musibah sangkarnya jatuh dan Am nya jd gk bunyi sm sekali dan udah berjalan 1 th, pdhl set pakan gk saya rubah , gmn Om ada masukan gk biar AM saya mau bunyi lg?
    dan kmren saya udah pernah posting ke Om ttg MB saya yang macet gk pernah bunyi dan diem kyk patung dan selera makan berkurang setelah terkena pilek n pita suaranya. Kata Om suruh kasih AD-plek vitamin dan hasilnya selera makan bertambah tp tetap gk mau keluar suaranya ( ngriwik aja gk ) pokoknya diem ja kyk patung, dan pernah saya kasih untulan tetep gk mau bunyi dan semangat tempurnya jg gk ada. gmna ya Om solusinya?
    Om kq wkt2 ini bnyk burung yg terkena sakit pilek dan pita suaranya punya saya pny 8 burung yang kena 3 (MB 2ekor dan kenari ) dan sekitar lingkungan saya yang hobi kicau kebanyakan burungnya kena jg dan kyk MB jg terkena problem sama yang saya tuliskan diatas, apa ini lg musimya penyakit Om dan bagaimana pencegahan serta pengobatanya atau treatment setelah sembuh agar burung gacor dan nge-fight lg?
    Matur Nuwun . . .

    Jawab:
    Untuk AMnya, coba dicas dengan AM betina Om. Siapa tahu bisa bangkit lagi semangatnya.
    Soal burung yang nggak bunyi sama sekali, jangan2 sudah sampai kena pita suaranya Om. Kalau kena, ya memang sulit untuk bisa keluarkan bunyi lagi.
    Menghadapi musim yang gak tentu (penghujan enggak, kemarau kok masih banyak hujan dsb) yang penting pada malam hari burung2 dikerodong. Untuk pencegahan sakit, sanitasi kandang/sangkar perlu terus dilakukan dengan penyemprotan sepekan sekali dengan rebusan daun sirih.
    Untuk penyembuhan dan bisa gacor lagi, ya tergantung kondisi sakitnya Om. Kalau sampai pita suaranya kena, ya sulit untuk bisa bunyi lagi.

  5. Selamat siang Om Duto.

    Wah terima kasih sekali jika Om Duto punya waktu dan berkenan mampir ketempat bapak saya. Ya saat ini yang penting burung itu hidup dan sehat, dah itu saja tujuan bapak pelihara burung2 itu heheheh. Mau tanya sedikit om kalau love bird yang klep dan udah bunyi lumayan panjang ngekeknya itu di pasar depok di kisaran berapa ya OM? Soalnya Love bird yang dirumah itu betina dan bunyinya pendek2 bgt seperti sepatah sepatah saja, jadi ya menurud saya ya ga baguslah buat masteran MB,CI dan AM. Kira2 Om ada pandangan untuk love bird yang klep dan pantas buat masteran?
    Sekali lagi terima kasih
    Salam hery

    Jawab
    Kalau untuk masteran memang yang utama burung mau bunyi terus. Kalau soal panjang pendek, LB yang bisa bersuara panjang pun cuma kadang2 mengeluarkan suara panjangnya. Cari saja yang gacor begitu.
    Saya di rumah ada LB, belum lama beli di Depok dengan harga yang sudah lumayan tinggai karena yang saya beli LB suara panjang dan keras. Saya beli harga Rp. 800.000. Tetapi kalau mau untuk masteran, nggak perlu beli yang mahal2 Om. Cari saja yang biasa asal gacor paling harga berkisar di seputaran 250-300rb.

  6. Iya om terima kasih, dalam bulan ini 2 ekor MB saya mati dengan cara yang sama, pdahal semua MB yang mati tersebut sudah mulai menunjukkan performen yang sangat bagus dan sudah bisa di trek selama kurang lebih 1 jam tanpa turun tangkringan, tanpa ngebetmen, ngotot dari awal dan sudah 70 % nagen dan ngobra meskipun masih belum banyak variasi yang dikeluarkan, tapi mau dikata apa, ya namanya nyawa dan hewan kecil. hehehe. Kira2 adakah cara yang bisa diupayakan agar hal tersebut tidak menimpa MB yang masih tersisa dirumah?
    Btw, Om Duto punyakah pandangan MB yang prospek buat main2 tahun 2010 pertengahan, tentunya dengan budget yang terjangkau? hehehehhe. Kalau ada tolong kontak ya OM heheheh.
    Sekali lagi terima kasih buat semua tanggapan dan saran2 dari OM Duto.
    Ingin oleh2 apa Om tahun depan dari sini hehehehehe.
    Salam Hery

    Jawab:
    Hmm, soal pencegahan agar MB yang ada tidak bernasib sama dengan MB2 yang dulu, memang harus tahu sebab penyakitnya dulu sih ya. Kapan nanti ada waktu insya Allah saya main ke rumah orang tua Om Hery.
    Soal MB prospek, nanti saja kalau Om sudah pulang Indonesia kita main bareng cari pandangan. Nggak ada MB prospek atau tidak prospek Om sebenarnya, karena meski materi MB bagus, kalau penanganan salah sering kali jadi masalah hehehehe.
    Oleh-oleh ilmu saja ya dan cerita aneh-aneh tentang orang Bule… BTW, saya sedang bikin web tentang hobi yang lebih luas ketimbang burung. Kapan nanti ada waktu, kirim tulisan ya untuk web saya…sebentar ini sedang saya setting websitenya.
    Salam.

  7. Sudah bisa log in lagi om.
    Terima kasih atas bantuannya soal Mb yang kemarin itu Om. BTW tadi sore ( WIB ) MB nya sudah tewas om hehehhehe.
    Saya mau tanya lagi om. dirumah sekarang masih ada 1 lovebird betina, 1 cucak ijo, 1 cucak jenggot, 1 kenari, 1 AM hampir lepas trotol, 1 MB gacor, dan 2 ekor candet.
    Apakah jenis2 burung tersebut bisa digantang secara berdekatan dan saling lihat? Kalau tidak bisa kira2 burung apa yang harus disendirikan?
    Salah satu candet sudah hmpir 10 bulan belum mau bunyi sama sekali, kira2 apa penyababnya dan apa yang bisa dilakukan agar candet tersebut mau bunyi? Candet yang kedua hanya mau bunyi meskipun hanya ngriwik saja jika berada di keramaian dan diluar rumah, tetapi di dalam rumah juga diem saja. candet kedua ini dulu cukup gacor di pemilik lama dan baru 2 minggu dirumah setelah dikirim dari jkt ke solo. Kira2 apa yang perlu dilakukan agar candet yang kedua ini juga mau bunyi jika di dalam rumah, karena tujuannya untuk memaster MB yang masih tersisa di rumah. Semua burung selain MB,AM adalah ditujukan untuk memaster MB dan AM dirumah. Pada jarak berapakah burung2 masteran itu digantungkan di sekitar burung yang dimaster?

    Terima kasih banyak OM
    Salam. Hery

    Jawab:
    Wah ikut sedih deh mendengar MBnya. Sejak awal saya memang sudah waswas nggak akan tertolong…

    Soal burung2 yang di rumah Om, nggak ada yang tidak boleh didekatkan. Tidak ada burung fighter ketemu fighter (MB kan hanya satu ya).
    Untuk cendet perlu dipisah keduanya, minimal nggak saling lihat biar sama-sama mau ngangkat suara. Untuk menambah gacor pentetnya coba sementara ini digelontor kroto saja. Memang akan menjadi sedikit galak, tetapi nggak apa-apa yang penting mau gacor dulu.

  8. Salam Om Duto.
    Langsung saja saya tanya.
    Kalau burung tiba2 ga mau makan tanpa sebab yang jelas padahal kondisi tubuh masih giras seperti biasanya dan masih meu bunyi meski tidak seperti biasanya hanya saat dikaramba tidak mau mandi itu saja yang beda. hal itu dikarenakan apa ya om?
    Jika dalam 1 hari burung tidak mau makan pastilah burung itu lemas dan tidak ada tenaga, maka hal apakah yang harus kita lakukan dengan segera dan menu pakan seperti apakah yang harus segera kita berikan? Sudah 2 kali hal ini terjadi pada MB saya dan kejadian pertama MB saya itu trus mati dengan kondisi tenggorokan membiru. Hal ini kejadian lagi bahwa MB saya tiba2 ga mau makan dan sampai ga kuat berdiri di tangkringan dan sampai saat ini masih hidup. ya semoga masih bisa selamat.

    Salam
    Hery

    Jawab:
    Saya menduga MB itu makan serangga yang tajam kakinya, atau malah lebah dan tersengat di bagian dalam tenggorokan.
    Sementara itu bisa diberikan obat antibiotik untuk burung. Jika tidak mau makan sehingga burung lemas tak bertenaga, berikan air gula agak kental langsung dimasukkan ke paruh sehingga dia tidak kehabisan tenaga.
    BTW, saya tadi pagi (WIB) telepon ke Bapak-nya Om Hery lagi (setelah kemarin saya yang ditelepon). Kondisi MB katanya sedikit membaik cuma belum mau makan. Ya saya sarankan untuk diberi air gula untuk memberi tenaga. Ya kalau manusia, sementara diobati, juga diinfus cairan mineral dsb untuk memberi tenaga.
    Begitu Om…Salam.

  9. salam kicau mania… met siang om duto yang pinter & baek ati, aku mo tanya ttg MB pnyaku yang mabung tapi sedikit-sedikit (jawa “nyulam”) & lama banget.
    MB saya sama sekali ngga’ mau maka kroto, apakah itu berpengaruh pada intensitas gacor si burung tsb. mohon masukanya om!
    suwun… :?

    Jawab:
    Burung yang always-forever nyulam (hehehe) memang menjengkelkan. Tunggu saja, ketika tiba waktunya nanti bisa kok ambrol brulll…
    Kalau EF lain seperti jangkrik juga mau, enggak apa-apa… Tetap bisa gacor juga ketika kondisi fisik sudah OK…

  10. thax u bnyk om..
    saya kira air daun sirih bisa numbuhin bulu,… heee..
    oh ya om.. apa MB botak sy itu bs tumbuh? takutx ndak tumbuh ,kira2 pkai apa ya om buat numbuhinnya? apa pkai neril? Atau HAIR EXTENTION? heeee

    Jawab:
    Mangga untuk pertanyaan seputar burung, ditulis di <a href="http://www.agroburung.com” target=”_blank”>www.agroburung.com ya Om-om yang baik. Salam…

  11. pagi om..
    MB sy udah saya semprot pkai daun sirih dan skr dah g gatel2 lg..atau jarang di garuk2 sndiri sperti seblm sy semprot pakai air daun sirih.. tp dibawah perut te2p botak om..ndak keluar bulu.gmn a cara numbuhinnya dan bolehkah sy LATBERKAN? terimakasih bnyk.

    Jawab:
    Hehehe, ya daun sirih memang bukan untuk menumbuhkan Om, yang penting nggak rontok berkelanjutan. Untuk tumbuhnya, ya pelan2 pastilah. Kalau nggak tumbuh saat ini, pasti setelah mabung tumbuh lagi. Kalau kondisi sudah fit, bisa saja dilatberkan meski botak di bagian perut.

  12. mas aq punya mb n baru beli
    dia tu diam aj n cuek dan mb nya jarang bunyi gimana mas cranya biar mb saya jd gacor ????

    Jawab:

    Tetapi nggak giras/nglbrak kan?
    Kalau sudah jinak tetapi nggak bunyi, ya tunggu penyesuaian saja. Diperbanyak EFnya dulu (tambah porsi kroto atau jangkriknya).

  13. Selamat Siang Om Duto

    Saya mau tanya, suara dan irama dari CI dan pentet itu secara umum baguskah jika terekam dan dibawakan oleh MB dan AM?
    Terima Kasih
    Hery

    Jawab:
    Untuk cucak ijo (CI) suara aselinya nggak bagus untuk isian burung lain, Begitu juga suara aseli pentet, karena banyak toet2nya. Kalau keduanya sudahkena masteran suara2 isian bagus sih enggak apa-apa. Tetapi CI-nya itu nanti malah yang kemaster MB dan pentet Om hehe.

  14. mas aq punya mb n baru beli
    dia tu diam aj n cuek dan mb nya jarang bunyi gimana mas cranya biar mb saya jd gacor ????

    Jawab:
    Tetapi nggak giras/nglbrak kan?
    Kalau sudah jinak tetapi nggak bunyi, ya tunggu penyesuaian saja. Diperbanyak EFnya dulu (tambah porsi kroto atau jangkriknya).
    ————————–
    SEKADAR PEMBERITAHUAN, UNTUK SELANJUTNYA, MOHON PERTANYAAN DAN SEBAGAINYA BISA DIISIKAN DI SINI KARENA SAYA SEDANG MELAKUKAN UJI COBA TAMPILAN WEBSITE DAN JUGA MOHON KRITIK DAN SARAN. TERIMA KASIH. SALAM.

  15. Selamat Siang Om Duto

    Saya mau tanya, suara dan irama dari CI dan pentet itu secara umum baguskah jika terekam dan dibawakan oleh MB dan AM?
    Terima Kasih
    Hery

    Jawab:
    Untuk cucak ijo (CI) suara aselinya nggak bagus untuk isian burung lain, Begitu juga suara aseli pentet, karena banyak toet2nya. Kalau keduanya sudahkena masteran suara2 isian bagus sih enggak apa-apa. Tetapi CI-nya itu nanti malah yang kemaster MB dan pentet Om hehe.
    ————————
    SEKADAR PEMBERITAHUAN, UNTUK SELANJUTNYA, MOHON PERTANYAAN DAN SEBAGAINYA BISA DIISIKAN DI SINI KARENA SAYA SEDANG MELAKUKAN UJI COBA TAMPILAN WEBSITE DAN JUGA MOHON KRITIK DAN SARAN. TERIMA KASIH. SALAM.

  16. pagi. om..sy pingin tau cara merawat murai medan agar nanti bisa dilombakan.. mengingat sy ini juga pemula dlm pemeliharaan burung,, mohon petunjuknya..
    oh iya daun sirih dimasak dulu at0 gimana om? agar bulu dibagian perut tumbuh(pertanyaan sy yg sebelumnya)… he he… thax u

    Jawab:
    Rawat biasa saja Om. Kalau sudah menerapkan tips2 yang catatannya ada di halaman depan paling atas blog ini, sudah bagus sekali. Yang jelas, baca juga postingan mengenai Grafik Performa Burung.
    Soal sirih itu digunakan kalau burung sudah dipastikan ke kutu. 5-7 helai direbus dengan 3 gelas air sampai air berwarna kuning/gelap. Dinginkan dan semprotkan ke burung.

  17. om saya mau tanya…
    1.MB saya di bagian perut botak/ga muncul bulu,,(cm dibagian itu)
    2,gimana cara perawatan yg benar ttg MB.

    Jawab:
    Biasanya karena ada kutu Om. Coba disemprot air sirih untuk menghilangkan kutunya.
    Perawatan MB yang benar secara umum sama dengan burung lain. Coba lihat postingan ini Om.

  18. Selamat malam Om Duto.
    Langsung saja saya mau tanya Om.
    Bagaimana mengatasi MB kegemukan? Yang jelas MB2 saya tidah mengenal umbaran sama sekali.
    Terima kasih Om
    Salam Hery.

    Jawab:
    Resepnya gampang Om, dibanyak mandi-jemurkan. Saya ketika mentreatmen burung gemuk bahkan saya mandikan sehari tiga kali dengan berlama-2 di karamba dan setiap mulai kering, saya isengi semprot lagi sampai 2-3 kali Om.
    Nggak sampai seminggu mulai singset biasanya.
    Burung itu paling banyak mengeluarkan tenaga adalah ketika mandi dan merapikan bulu. Nah itu kuncinya Om (di umbaran pun. burung juga nggak cepet langsing kalau cuma loncat2. Mau diubyak? ya bisa stress). Banyak mandi jeur saja.

  19. Sugeng Enjang Om Duto,
    Saya punya MB tipe ngerol wkt itu pernah saya latber ber-kali2 kerja Mb tsb bagus banget dari sisi peforma fisik o.k n suara ngerolnya panjang, volume o.k n kerja terus tp gk pernah dpt nomor ktnya org2 isian-nya kurang, lha yang saya tanyakan MB tsb akan saya terapi mabung extream dan akan saya master dgn obat yang dijual di berupa cairan yang dicampurkan ke air trus disemprotkan atau dicampur di karamba, apakah itu aman bagi burung dan apabila sudah mabung dan tumbuh bulu lagi apa bulu tsb akan tumbuh bagus? apa mungkin Om Duto ada saran lain tentang treatment mabung extream dan masteran apa yang gampang masuk dan cocok u/ MB tipe Ngerol ? . . . . . Matur sembah nuwun. . .

    Jawab:
    Lakukan saja treatmen mabungnya seperti saya sarankan. Nggak usah disemprot pakai apa segala, nanti malah nggak kebeneran….
    Untuk masteran bisa pakai sonicmaster atau putarkan CD smartmastering, atau dari kaset. Irit dan tidak perlu repot seperti halnya kalau kita memelihara burung2 isian. Baca juga Om tulisan saya tentang cara memaster yang efektif.

  20. Selamat Malam Om Duto

    Wah Keliatannya saya punya halaman sendiri nih, hehehehhe
    MB saya yang bulu ekornya rontok habis ( tanpa diikuti rontoknya bulu2 pada bagian tubuh yang lain ) hari ini tadi dipegang dan dilihat dibagian pantatnya dan ternyata sudah tumbuh tunas2 bulu pada bagian ekor ini ya kurang lebih sudah tumbuh 1 cm. Pertanyaan saya, haruskah atau perlukah dilakukan tread mabung secara extrim pada MB ini, total krodong, tanpa mandi dan tanpa jemur? masalahnya, 2 minggu ini MB-2 saya termasuk MB ini baru dalam masa tread pengurangan EF dan Kroto. Perawatan harian untuk MB ini :
    Dulu jangkrik 5/5 pagi sore dan sekarang dicoba jadi 3/3 pagi sore.
    Dulu kroto 1 SDM tiap hari dan sekarang dicoba 2-3 kali seminggu saja
    Dulu 5 UH setiap minggu dan sekarang tanpa UH dan diganti cacing 2 ekor / minggu.

    Tolong Om beri saya informasi untuk MB saya ini dgn kondisi tumbuhnya tunas bulu ekor saat ini.
    1. Perlukah treadment mabung extrem?
    2. setingan EF yang seperti apakah yang cocok dgn kondisi MB saya ini saat ini?

    satu lagi ya om, saya pengen punya AM nih Om, kira2 suara apa saja yang sering dipakai untuk masteran AM?

    Terima kasih banyak Om Duto
    Salam Hery

    Jawab:

    Yang penting jangan mandi jemur dulu.
    Suara isian untuk Am ada banyak pilihan. Pakai sonicmaster atau kaset/CD. Bisa pilih suara LB, CJ, cililin dan jangkrik.

  21. Wah terima kasih langsung direspon om. Jujur saya juga baru kali ini menjumpai hal seperti MB saya ini om dan saya tanya om Duto heheh

    Riwayat MB itu sekitar bln juni saya beli di PB depok, itu MB MH. lalu saya bawa ke jkt dgn saya masukkan kotak kayu, kmdian bln juli 2 helai ekor hitamnya patah dan saya cabut dgb bagian pantat masuk ke air. Bln agustus MB itu saya bawa lagi ke solo karena harus pindah. Bln desember kemaren semua ekornya rontok semua termasuk ekor2 yang putih juga. Pokoknya rontok abis ga tersisa sama sekali ekornya ( sebelumnya ekor putihnya masih utuh semua ) dan skarang ga punya ekor sama sekali MB itu. Heran saya kok sampai sekarang blm ada bulu2 yang lain yang rontok dan juga belum ada tanda2 bulu ekor itu kelihatan tumbuh. Burung itu ga pernah di trek lo Om. Harus diapakan itu burung OM? Disate apa ya OM jd sate Murai, dijualpun jg tidak ada harganya hehehe. Tapi burung masih mau bunyi lo OM meskipun ga gacor hehhehe.
    Tolong OM carikan jawabannya? dan dari historis waktunya itu kira2 berapa lama lagi MB itu akan mabung taruh kata mungkin berapa bulan lagi MB itu mabung dari waktu pertama saya beli dgn asumsi kondisi normal, Foto2 MB ini sudah saya email ke email Om Duto, mohon dilihat ya om

    Terima kasih OM
    Salam
    Hery

    Jawab:
    Coba disempatkan untuk dipegang dan dilihat bagian tempat tumbuh bulu ekor, masih terlihat berlubang ataukah bagian itu tertutup darah kering (menghitam) atau bagaimana biar tahu kondisi pastinya Om…

  22. waduh, kalau Om yang udah tahunan aja bingung apalagi saya. jelas lebih ga tau hehe. Kalaupun saya pegang, saya juga tidak tau kondisi normalnya kaya apa Om, kalau saya sendiri di solo pastilah MB itu langsung saya bawa ke tempat Om Duto untuk didiaknosa.
    Ya udah OM, biar tetep saya rawat aja seperti biasanya, bagaimanapun juga itu juga mahluk hidup, kalaupun laku saya jual pasti juga akan disia2kan orang/pedagang.
    Terima Kasih Om Duto
    Salam Hery

    Jawab:
    O…jadi MB dan Om “berjauhan” ya hehehehe. Maksud saya, memang harus dipastikan dulu kondisi di mana ekor itu tumbuh. Soalnya, kalau telanjur ketutup darah kering, bulu nggak akan bisa tumbuh lagi. Kalaupun tumbuh lagi maka arahnya tidak bisa tertata rapi.

    Om kalau misalnya tenpay ekor sudah nutup, bisa dirawat sebagaimana pernah saya sampaikan di postingan ketika menjawab pertanyaan Om Noeroel:

    Kalo bulu ekor yang udah putus, dan selaput lilinnya kering, solusinya: pegangi burung dan masukkan bagian ekor ke air hangat sekitar 2-3 menit.
    Setelah itu, pencet2 pelan, kalau kelihatan ada hitam2 sisa ekor, maka ambil saja dan gunakan pinset untuk alat bantu. Jangan dikorek2 sebab bisa berdarah. Kalau berdarah, darahnya bisa menutup lagi lubang yang sudah dibuka.

  23. Selamat sore om Duto
    Maaf saya mau tanya om. Saya ada MB yang sekitar 2 bln yang lalu bulu ekornya rontok abis, tapi tidak diikuti rontoknya bulu pada bagian yang lain, dan sampai skrang bulu2 dibagian lain selain ekor masih saja utuh dan blm terlihat sama sekali ada gejala2 mau mabung.
    Perawatan biasa : mandi 1x sehari, jemur 1/2 sampai 1 jam, tidak pernah ditrek, jangkrik 3/3 pagi sore, kroto 2-3 x seminggu, cacing 2 ekor seminggu. dirumah ada 1 MB yang gacor dan 1 MB lagi yang lumayan gacor, dan MB ini yang lumayan bunyi ngriwik dan ngeplong. Penempatan beda ruang dan berjarak kurang lebih 8 meter dan tidak saling liat.
    Yang saya mau tanyakan :
    1. kira2 rontok abis pada bulu ekor dan tidak diikuti rontok bulu pada bagian tubuh yang lain itu sering dijumpai pada MB / burung2 lain?
    2. kira2 penyebabnya apa?
    Saya udah coba tanyakan hal ini ke OM Duto via Email beserta foto2nya, tapi tak kunjung ada jawaban hehehehe.

    Saya sebenarnya pengen memiliki MB yang mental bagus, Vol keras, dengan ekor super panjang sekitar 30 cm, atau trotolan yang kedua induknya ekor super panajang, sehingga jaminan kalau besar ekornya juga panjang 30 cm
    Kira2 dimana saya bisa mendapatkannya dan di kisaran harga berapa yo Om kalau di daerah sekitar solo?
    Terima kasih OM Duto

    Salam
    Hery

    Jawab:
    1. Setahu saya nggak normal itu Om, soalnya rontok ekor itu malah yang giliran terakhir (barengan sama sayap) ketika bulu tubuh sudah 50%-an rontok (hampir habis dan sudah mulai tumbuh).
    2. Untuk penyebabnya terus terang saya tidak tahu karena tidak tahu riwayat burung itu sebelumnya Om.
    Kalau kirim vai email wah saya malah jarang buka kecuali ke folder tertentu seperti dari hostingan dsb.

    Untuk MB ekor panjang nggak ada di Solo…malah kalau nanti asa saya dikabari ya…hehehe…saya juga nyari kok..

  24. Salam Mas Duto.
    Maaf saya nanya lagi mas. Dari banyak literatur dan tanya jawab seputaran jenis MB dan nama2 yang diberikan orang atau penjual mengenai MB yang telah saya baca cukup membuat saya bingung juga. ada yg mengatakan MB lampung atau lahat atau medan dgn ciri2 masing2, ada lagi kombinasi ekor 4-2( 4 pasang putih, 2 pasang hitam ) dsb. langsung saja saya mau tanya Mas:
    Saya punya MB. MB-1 ciri2: Badan besar, panjang ekor hitamnya kisaran 20-24 cm, jumlah ekor hitamnya ada 3 helai. MB-2 ciri2: Badan lebih kecil dr MB-1, panjang ekor hitamnya kisaran 20-24cm, jumlah ekor hitamnya 4 helai.
    1. Dari ciri2 fisik yang saya sebutkan tadi, itu jenis murai batu apa atau apa nama pasar yang biasa diberikan orang untuk kedua MB tadi?
    2. Kalau hanya melihat fisiknya saja, dr ciri2 yang saya sebutkan tadi, Mas Duto sebagai pakar perburungan lebih memilih yang mana dan dikarenakan alasan apa? ( misalnya masuk kriteria lomba atau banyak diminati orang atau apa? )
    3. MB saya ada yang sama sekali tidak mau makan kroto ( makan hanya voor & serangga saja )dan saya sudah coba kasih kroto tp sama sekali tidak disentuh. tetapi semunya normal ( mabung ya sukses dan ya menurut saya fitlah ), Apakah dgn tidak makan kroto akan mempengaruhi performa MB tersebut?

    Maaf ya mas kalau pertanyaan saya cukup banyak yang ga bermutu. hehehe
    Mohon bantuannya mas Duto.

    Terima kasih

    Jawab:

    Ok om tunggu ya, ini saya masih OTW.

Komentar ditutup.