Adakah hubungan antara ekor dan performa MB di arena lomba?

Salam Mas Duto.

Maaf saya nanya lagi mas. Dari banyak literatur dan tanya jawab seputaran jenis MB dan nama2 yang diberikan orang atau penjual mengenai MB yang telah saya baca cukup membuat saya bingung juga. ada yg mengatakan MB lampung atau lahat atau medan dgn ciri2 masing2, ada lagi kombinasi ekor 4-2( 4 pasang putih, 2 pasang hitam ) dsb. langsung saja saya mau tanya Mas:

Saya punya MB. MB-1 ciri2: Badan besar, panjang ekor hitamnya kisaran 20-24 cm, jumlah ekor hitamnya ada 3 helai. MB-2 ciri2: Badan lebih kecil dr MB-1, panjang ekor hitamnya kisaran 20-24cm, jumlah ekor hitamnya 4 helai.

1. Dari ciri2 fisik yang saya sebutkan tadi, itu jenis murai batu apa atau apa nama pasar yang biasa diberikan orang untuk kedua MB tadi?

2. Kalau hanya melihat fisiknya saja, dr ciri2 yang saya sebutkan tadi, Mas Duto sebagai pakar perburungan lebih memilih yang mana dan dikarenakan alasan apa? ( misalnya masuk kriteria lomba atau banyak diminati orang atau apa? )

3. MB saya ada yang sama sekali tidak mau makan kroto ( makan hanya voor & serangga saja )dan saya sudah coba kasih kroto tp sama sekali tidak disentuh. tetapi semunya normal ( mabung ya sukses dan ya menurut saya fitlah ), Apakah dgn tidak makan kroto akan mempengaruhi performa MB tersebut?

Maaf ya mas kalau pertanyaan saya cukup banyak yang ga bermutu. hehehe

Mohon bantuannya mas Duto.

Terima kasih

Hery

Jawab:

Waduh, masalah prediksi antara performa fisik dan performa tarung di lapangan memang “lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya sih”. Maksud saya, masing-masing orang punya pandangan sendiri-sendiri berdasar pengalaman. Hal itu masih saya sebut sebagai pengalaman karena memang belum ada yang terkodifikasikan sebagai ilmu yang harus memenuhi kaidah-kaidah keilmuan.

Berdasar pengamatan saya selama ini, belum ada ciri fisik MB tertentu yang berkaitan langsung secara signifikan dengan performa tempur. Hanya saja secara umum, MB kalimantan (Borneo) dikenal sebagai burung yang penuh gaya dan variasi lagunya bisa banyak. Cuma, dia memiliki “kekurangan” (dalam konteks persepsi dan lomba burung saat ini) pada tampilan bodinya yang memblendungkan bulu dada dan perut ketika bertanding (mbalon; berpenampilan seperti balon). Meskipun dia punya gaya tarung menaik-turunkan tubuh secara cepat sembari nembak-nembak, dia tidak memperlihatkan “keindahan” (versi penggemar MB dari daerah lain) secara umum karena ekornya relatif pendek.

Sebaliknya, MB sumatera, memang rata-rata berekor relatif lebih panjang ketimbang MB kalimantan (meski ada juga MB lahat ekor pendek yang panjang ekornya lebih pendek ketimbang MB kalimantan). Jenis2 MB dari Sumatera sendiri punya kekhasan masing-masing. Ada MB dari kawasan tertentu di Aceh dikenal sebagai bertipe suara ngerol (dengan ciri kepala pipih dan paruh kecil dan tipis) sementara di daerah tertentu lainnya cenderung punya tipe suara nembak-nembak keras.

Dengan ciri masing-masing itu, MB akan menampilkan performa (di lomba) secara maksimal jika perawatan dan pemasterannya sesuai dengan karakter tiap MB tersebut. MB dengan paruh tebal-panjang misalnya, akan lebih pas kalau dimaster dengan cililin atau ciblek; sementara yang tipe ngerol dan bersap, lebih pas dimaster dengan cucak jenggot dan/atau kenari.

Sementara soal ekor, belum ada patokan baku. Masing-masing orang punya pendapat berdasar pengalaman sendiri-sendiri. Untuk saya, saya katakan hingga saat ini belum ada hubungan yang jelas antara jumlah helai bulu ekor atau panjang-pendek ekor dengan performa di arena lomba.

Meskipun demikian, ada juga yang mengatakan “ada hubungannya”. Sebagai contoh adalah pendapat seorang penangkar MB yang dulu terkenal di Jakarta, Abun (almarhum), sebagaimana di tulis di blog kawan saya yakni Om CJ (muraibatucj.blogspot.com). Menurut dia, untuk MB medan yang terbaik adalah MB yang memiliki ekor LURUS dan RAPAT!

Apa yang dimaksud lurus dan rapat? Om CJ di blognya itu menuliskan bahwa berdasar tipe ekor, ekor beberapa MB dapat digolongkan menjadi:

1. UKuran di pangkal SEDANG, di tengah BESAR, di ujung SEMAKIN BESAR

2. Ukuran di pangkal SEDANG, di tengah BESAR, di ujung SEDANG

3. Ukuran di pangkal SEDANG, di tengah BESAR, di ujung KECIL

4. Ukuran di pangkal SEDANG, di tengah BESAR, di ujung BESAR

Disebutkannya bahwa MB Lampung biasanya mempunyai type ekor SEDANG-BESAR-BESAR. Kemampuan ini mengakibatkan MB Lampung dapat leluasa menggerakkan ekornya saat berkicau. Makanya banyak juga MB Lampung yang prestasi.

Sebaliknya MB Medan tidak dapat menggerakkan ekornya kala berkicau sebab ekornya yang panjang dan tebal, (SEDANG-BESAR-SEMAKIN BESAR).

Ekor MB, katanya, menentukan daya tempur saat berlaga. Saat berkicau MB akan menggerak-gerakan ekor ke atas dan ke bawah. Ekor yg terlalu besar dan panjang membuatnya cepat lelah kala berkicau. Untuk menyiasati itu, terutama MB Medan, disarankan memilih yang bertipe sedang di dipangkal, besar di ujung, dan besar di tengah (SEDANG-BESAR-BESAR). Hindari ekor yang bercabang dan memiliki tipe SEDANG-BESAR-SEMAKIN BESAR.

Nah berdasar uraian tersebut, Anda bisa mencermati MB Anda sendiri; termasuk tipe yang mana.

Hanya saja karena Anda meminta pendapat saya, maka saya tegaskan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara jumlah serta panjang pendeknya ekor MB dengan penampilan di lomba.

Hanya saja pada suatu waktu ada teman saya, Mas Samino, pernah memotong ekor MBnya yang panjang dengan harapan bisa kerja lebih nge-fight. Kenyataannya, MB tersebut memang bisa tarung lebih ngedan. Untuk kasus ini, nanti akan saya tuliskan di kesempatan lain.

Terlepas dari pengalaman Mas Samino, Anda tidak perlu merisaukan bentuk dan jumlah ekor MB Anda. Selama dia dirawat dan dimaster dengan baik, maka dia akan menjadi MB yang baik.

Salam,

Duto Solo

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 46 comments

  1. natabe

    mau nanya lagi nih om,kok murai saya pas saya pindahin ke sangkar bulat,jadi diem saja dan agak lemes,kira2 knapa ya om?maaf ya om saya banyak tanya..makasih om..

  2. natabe

    kalau burung tsb blum mkan voor dan masih gesit,apa boleh om saya pindahin ke sangkar bulat?sudah 1 minggu saya taro di sangkar kotak.makasih om.

  3. natabe

    om saya mau tanya lagi,saya punya murai bahan blum makan voor,masih gesit..gimana cara nya biar jinak dan supaya makan voor?1 lagi,sudah 1 mingguan saya taro di sangkar kotak,apa boleh om saya pindahin ke sangkar bulat? makasih ya om.

        1. natabe

          makasih banyak ya om.maaf om,1 lg saya mau tanya,murai bahan apa harus di kerodong terus?dan berapa lama?dan kapan boleh di mandikan?makasih ya om..

  4. Abbas

    Om Duto emang top dah, saya belum nanya udah kejawab semua nih
    semoga om Duto diberi kesehatan biar bisa sharing terus sama kita kita
    yang masih pemula, amiiiiiiiin

  5. Anfir's

    Mas Duto, bagaimana setingan pakan untuk MB baru ku supaya cepet bisa makan voor, kira-kira waktunya lama ga untuk bisa makan voor, untuk saat ini aku kasih MB ku kroto + voor + UH dicampur jadi satu dan diselingi jangkrik 4 ekor, apakah ga berlebihan ngasih EF nya , tolong ya Mas informasinya, maklum MB ku terdahulu keburu tewas sebelum makan voor ( jadi ga mau terulang tuk ke 2 kalinya ) he he he, …… sori nih mas nanyanya belepotan .. TQ

    1. Om Kicau

      Selama masa terapi voer, jangan diberi UH, jangkrik dsb. Beri saja voer campur kroto dengan jumlah kroto hari-demi- hari dikuangi sedikit demi sedikit smapai dia doyan voer.

      1. Anfir's

        Oke mas !! tapi saat ini untuk rawatan, aku belum berani mandiin, jemur dan buka kerodong soalnya MB nya masih giras …. takut stress kalo ga dikerodong ( ntar makin susah untuk makan voernya ) tolong lagi nih mas cara rawatannya !! maaf ya kebanyakan minta tolong he he he … maklum masih pemula mas !!!…. hatur nuhun !!!

  6. Endank

    Lam kenal om,sy pny MB bakalan uda hampir 2 mggu sm saya,MB sy knp skr ngga mau mkn kroto lg om
    2.gmn ciri kotoran kl MB uda bs mkn voer
    3.Brp lama om MB uda bs bunyi trus.4,emang skali2 tp cm wkt subuh doang trus ngga bnyi2

  7. dulo

    met malem om…. 1 minggu ini saya baru beli MB dilihat dari segi fisik secara keseluruhan sih udah lumayan, tapi ada 1 yg mengganjal MB tersebut kelebihan berat badan… yg saya ingin tanyakan EF yg bikin MB gemuk itu apa yah ?? kroto atau jangkrik.. tratmentnya apa nih biar cepet langsing singset MB saya hehehe… trimakasih sebelumnya

  8. john

    salam kenal om, saya punya murai lampung kemaren sempat serak setelah saya obatin sembuh. Cuman sekarang malas bunyi, kadang2 cuman ngriwik. Hari ini saya lihat ada 1 bulu yang jatuh.menu harian EF saya beri 4 jangkrik dan kroto 1sd pagi dan sore.
    1.pengaruh dari apa ya om, sakitnya atau mau mabung?
    2.apa kalah mental dengan burung lain (tidak sejenis) ?

      1. john

        bener om ternyata mabung, sekarang jangkrik saya kurangi(3 perhari). Kroto saya tambahin dari biasanya, Yang harus dilakukan untuk terapi mabung apa aja om? Sekarang saya tempel jalak, sanger, bt, kenari. Matur nuwun.

  9. diat

    om duto,
    saya mau belimurai batu yang bagus untuk kontes
    kasih referensi dong om, beli dimana untuk kualitas yang bagus, sekalian nomorkontaknya untuk wilayah jakarta,dan harganya kisaran berapa?
    thx ats semua infonya yang selalu bermanfaat.
    salam

    1. Om Kicau

      Saya tidak bisa beri rekomendasi seperti itu Om kecuali saya pernah tahu sendiri hasil penangkaran tersebut. Yang saya tahu bagus, saat ini adalah punya Om Didiks Gresik. Cuma biasanya harus inden. Didiks Gresik 0811323272. Juga ada penangkar di Kalioso, tetapi saat ini kosong…

    1. Om Kicau

      Om arif pintoko
      Enggak Om. Vektor tokso itu kutu kucing dan sejenisnya.
      Kalau perawatan ya biasa saja Om, yang penting jangan sampai kotoran beterbangan. Jaga kebersihannya dan jangan lupa rutin mandi jemurnya.

  10. danto

    Om tanya lageehh,ga pa2 kan?.kemari MB saya di lombakan.gaya sudah oke banget,tapi sempet turun kedasar tangkringan,biasanya ga pernah,Mb saya kenapa Om?
    dari di rumah sampe digantangkan itu bunyi terus jeda waktunya kira2 5 jam,tapi pas di gantangkan ngotot tapi kaya kecapean sampe mangap gitu,saran Om Mb saya harus diapakan fisiknya?sebelum lomba.
    terimakasih lagi Om.jgn bosen y

  11. mamatrifai

    pagi om sy mau tanya lagi tetang c.ijo 1 minggu yg lalu kan nyulam bulu badan nya aja tapi
    4hari yg lalu ga nyulam lagi / berhenti nyulam
    1. apa boleh di madikan dan di jemur lagi om?
    2. apa boleh perawatan harian nya di kembalikan seperti semula?

    Jawab:
    Tunggu seminggu. Kalau nggak ada bulu jatuh lagi, kembalikan settingan awal.

  12. ardi

    malam om duto? sy mo tanya lagi nih kalo anakan muray batu ring yg ber umur 2bln yg di jual di psar burung ring kira2 brapa yach? kl hrg nya miring kan kt bisa beli………tanks om duto.

    Jawab:
    Wah saya kurang tahu Om. Bisa ditanyakan ke pengelolanya, bisa ke Om Budi Manuk atau ke Om Mac… (Telp Om Budi 085725175333).
    Oh iya Om. Mohon kalau menulis nama email yang valid. Soalnya kalau ada sesuatu hal yang penting tentang informasi burung, saya sering kirim ke semua pengunjung ke email masing-masing. Kalau email nggak valid, ya nggak akan sampai.
    Imbauan ini berlaku untuk semua pengunjung.

  13. hardi

    ass. saya pecinta murai batu dari aceh. tolong informasinya bagai mana sih caraya untuk membudayakan biar murai bisa kawin dan bertelur. sekarian ukuran tempat untuk penagkarannya.

  14. farhan marunduri

    halo om…moga sehat2 aja nih…aku mau nanya nih, aku punya MB yang udah punya mental.koq suara isian pas di latber gak keluar hanya suara ciblek saja,tapi di rumah ngeluarin suara ciblek , jalak dan love bird..tolong dibantu ya om solusinya, trims.

    Jawab:
    Kurang fit saja atau semangat tempurnya belum muncul ketika ditandingkan. Coba disimpan barang sebulanan jangan ditrek2 dulu, baik di rumah atau di lapangan. Sambil terus dimaster. Nanti sebulan kemudian ditrek, dan biasanya kalau lama nggak ketemu musuh dan kondisi fit, suara isiannya akan muncul…

  15. Farih

    Om, saya pny murai yg ngebalon..meski awalnya saya kira murai lampung super, sesuai kata penjualnya,he2.. maklum sy msh awam..
    Pertanyaanya Masteran apa yg mudah ditiru dan bagus utk jenis murai saya itu om, biar bisa tampil nembak2?

    Jawab:
    Pertanyaan saya pindah dan sudah saya jawab di halaman Curhat, <a href="http://www.agroburung.com” target=”_blank”>www.agroburung.com. Trims.

  16. yozieA

    malem om duto..ikut nimbrung tanya neh..klo mb ekor pdk dgn mb ekor pjg mental,vokal, bw lgnya sama2 bagus di lomba. om duto pilih yg mana? kenapa om?

    Jawab:
    Hahahahaha…. Ngetes nih ya… Kalau sama-sama bagus ya pilih semuanya hahaha.
    Ya sudah, kalau sama-sama bagus tetapi hanya boleh pilih satu, pasti yang panjang dong. Asyik saja sih kalau melihat dia pas bergaya. Ekor melambai-lambai.
    Kalau di luar masalah MB, ya semuanya jangan pakai “terlalu”. Kalau terlalu panjang ya kasihan ibu-ibu, kalau terlalu lebar kasihan Bapak-bapak, hahahaha… Sorry just intermezzzoooo…

  17. delan

    mas duto……………..
    aku mau tanya………..
    aku punya MB.
    ekor hitam ada 3.
    ekor putih ada 3 pasang = 6 helai
    saat ini sedang mabung.
    belum bersisik,kaki masih putih.cetrekan kadang 2, kadang 3, kadang 4 rapet (rople).
    yang membingungkan mb belum pernah ngeplong hanya ngriwik aja tapi lama sekitar 1/2 jam. lanjut lagi ngeriwiknya. cetrekan besar besar.
    yang aku tanyain :
    mb itu dari mana mas?? karena kata orang yang dulu pegang kota agung lampung dia ngerawat dari trotol. apakah kota agung lampung ekor hitamnya ada 3 dan ekor putihnya ada 3 pasang (6 helai)???
    terima kasih

    Jawab:
    Jumlah ekor hitam/putih tidak menunjukkan asal MB. Yang jelas itu bukan MB pesisir yang biasanya hanya hitam saja ekornya (tidak ada putihnya, atau kalau ada hanya sdikit2 bagian pucuk dan ini biasanya dari pesisir Aceh).
    Untuk suara, juga tidak bisa jadi patokan.
    Kalau masih hanya ngriwik, beratti itu memang belum mapan saja. Apalagi sekarang sedang mabung Om. Tunggu kalau sudah pulih dan fit.

  18. yozieA

    om duto gue salut dengan petuah-petuah yg om berikan pada semua pecinta kicauburung…oh yah om sekalian sy mau nanya mb-ku kok nda mau makan kroto pernah seharian nda sy kasih EF & voer cuman air & kroto tetep aja kroto utuh…mohon petunjuk om duto yg baek ati…

  19. Hery

    Selamat Pagi Mas Duto. Maaf saya mau tanya lagi Mas. Saya ada MB yang sama sekali ga mau makan kroto. sudah saya coba kasih dia kroto tp ya ga disentuh.
    1.Apakah tanpa makan kroto kecukupan gizinya terpenuhi dan apakah berpengaruh dgn kejernihan suara ? saat ini dia makan voor, jangkrik 6/6 tiap hari dan UH 5 ekor tiap bulan.
    2.Apakah MB bisa merekam suara mesin jahit karena dirumah dari pagi hingga malam setiap hari ada suara mesin jahit.Jika bisa terekam, suara itu baik apa buruk untuk MB?
    3.Gimana membedakan pentet jantan atau betina?
    Terima kasih Mas
    Salam

    Jawab:
    1. Nggak mau kroto tidak apa-apa. Jangkrik 6/6 sudah cukup. Tidak perlu ulat hongkongj. Malah kalau suatu saat diberi cacing mau, dicoba saja beri sepekan dua kali dua ekor cacing.
    2. Ya bisa, tetapi namanya mesin jahit kan suaranya "campur baur" ada "ngebas" ada suara "njerit". Kalau kira-kira mana yang masuk, ya referensinya kan yang ada di sini.
    3. Untuk membedakan jenis kelamin pentet gampang-gampang susah. Gampang untuk yang sudah terbiasa, dan susah untuk para pemula.
    Sebagai patokan umum saja, coba amati warna bulu di bagian samping kiri dan kanan. Untuk yang jantan, warna hitam terlihat mencolok di dekat mata sampai mendekati paruh. Warna hitam yang menyolok di bagian “pipi” menunjukkan kalau dia pentet jantan.
    Sedangkan betina, warna hitam tidak terlihat jelas (abu-abu saja) dan biasanya kepala agak bulat menggelembung. Sedangkan untuk jantan, bentuk kepalan cenderung pipih mendatar.
    Okey Om?

    Salam,
    Duto Solo

  20. Hery

    Baik, terima kasih sekali Mas infonya. Maaf lo Mas kalau pertanyaannya ga bermutu jadi malah butuh jawaban panjang sekali.

    Sekali lagi Terima Kasih Mas Duto

    Salam.

    Jawab:

    Enjoy aja Bro…

    Tq kembali.

    Salam,

    Duto Solo

Komentar ditutup.