Perbedaan burung jantan dan betina

Saya mau tanya nih om, tp ini menurut “pandangan” Om Duto sendiri ya, ciri2 AM jantan yg signifikan tuh gmn atau d bagian apa om? Apakah di waktu trotol jg sh keliatan atau justru kalo udah dewasa?

Kata temen saya, yg paling jelas tuh lubang hidungnya yg depan berbentuk lancip atau menyerupai bentuk canary seed, apa benar tuh om? Selain itu apa aja. Mohon penjelasanya ya om.

Salam, Anas

Jawab:

Intinya, selama yang kita bahas adalah burung sexuality monomorphic, maka saya tidak pernah percaya beragam teori tentang jenis kelami burung yang ditilik berdasar penampilan yang terlihat (visibility) tanpa dipegang/diraba atau dibuka di bagian bawah bulu-bulunya.

Jika jantan-betina burung bisa dibedakan berdasar “tampilan yang kelihatan” antara jantan dan betina, maka burung itu disebut dimorphic (a species is dimorphic if the cock is visibly different in color from the hen).

Anis merah

Anis merah burung monomorphic

Sebaliknya, adalah monomorphic. Burung yang termasuk dimorphic ini misalnya cucak ijo, tledekan, MB, kacer, gould amadine dll. Untuk LB misalnya, ada yang dimorphic ada yang mono. LB yang dimorphic adalah species Madagascar, Red-faced, dan Abyssinian.

Contoh burung yang monomorphic adalah AM, AK, CR, CJ, kenari dll. Dengan demikian untuk tampilan fisik lain yang katanya “terlihat lebih panjang, lebih lancip, lebih pipih dsb” itu menurut saya sangat relatif.

Karena relatif, kita tidak bisa menjadikannya sebagai patokan untuk orang lain. Bisa saja saya mengatakan, kalau pilih AM jantan itu ya yang “begini-begitu”. Nah, selama yang namanya “begini-begitu” tidak ada ukurannya yang pasti, maka hal itu tidak bisa menjadi patokan yang dijadikan pegangan orang lain.

Dalam membedakan jenis kelamin burung monomorphic dari tampilan langsung tanpa pegang, biasanya “jam terbang” yang berbicara.

Orang yang sudah lama bergulat dengan burung, dia akan mudah bilang ini jantan atau ini betina karena pengalamannya dalam melihat postur burung dengan proporsi tertentu (proporsi adalah “perbandingan” antara bentuk dan besaran bagian tubuh tertentu dengan bentuk dan besaran tubuh tertentu lainnya; dan bukan besaran satu bagian tubuh tertentu saja, misalnya ya hidung menyerupai canary seed dsb itu).

Jalak

Jalak suren, burung yang susah dibedakan jantan betina berdasar tampilan fisik

Coba tanya ke mereka yang sudah punya jam terbang cukup dalam perburungan, mengenai ciri-ciri yang dia gunakan sebagai patokan menentukan jantan atau betina, maka dia tidak bisa menjelaskannya secara rinci. Mengapa? Ilmu yang belum “terkodifikasikan” di benak dia, memang tidak bisa diomongkan/didefinisikan secara pasti melalui tuturan kata-kata. Maka singkat kata, kalau ditanya mengapa bisa mengatakan jantan atau betina, dia akan bilang, “Ya feeling aja sih.”

Kalaupun dikejar lebih jauh, ya bisa saja dia bilang “kakinya terlihat panjang, hidungnya mancung, kulitnya putih dsb,” hehe.

Nah, dalam kaitan inilah meskipun saya secara sekilas lihat mungkin sudah bisa mengatakan apakah burung tertentu itu jantan atau betina, tetapi karena semua berkaitan dengan masalah “ukuran” yang relatif, lebih baik saya tidak menyampaikannya karena hanya akan membuat bingung.

Kalau memang ingin memastikan apakah burung monomorphic tertentu itu jantan atau betina, kalau “feeling-nya” belum jalan yang bisa dijadikan pegangan ya langsung pegang itu burung.

Untuk burung muda (trotol), di pangkal lidah yang bercabang menghadap ke belakang, kalau jantan berwarna gelap/hitam; kalau warna merah jambu atau terang berarti betina.

Untuk burung dewasa, kalau dua supit urangnya keras dan sela di antara dua supit urang tidak bisa direngganggkan, berarti jantan. Kalau bisa direnggangkan, berarti betina.

Tips mengatasi kenari patah-patah1

Menentukan jenis kelamin kenari relatif mudah

Untuk kenari dan beberapa burung jenis finch tertentu, kalau duburnya menonjol dan membentuk sudut ke arah depan, berarti jantan. Kalau rata atau menonjol tetapi tidak membentuk sudut, berarti betina.

Untuk betina kenari yang dalam kondisi siap kawin (birahi), malah duburnya kelihatan sekali memerah.

Bagaimana Om?

Coba saya menjawab oh kakinya panjang, bulu berwarna gelap, muka putih dan mulus, mata menonjol dsb… maka Om pasti akan bertanya lagi “berapa cm?”, “gelap itu campuran warna hitamnya berapa persen dan putihnya berapa persen?’, “kalau mata menonjol itu, tonjolannya berapa mm?”,  “kalau bulunya  putih dan mulus itu, sama Luna Maya putih dan mulus mana”, waduhhhh kan malah tambah puyeng…

Biar enggak puyeng, ya itulah jawaban saya.

Salam enjoy saja (bukan iklan lho),

Duto Solo

 

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 38 comments

  1. oqsafir

    tanya maning tanya maning……
    om tanya maning om….

    tadi saya liat2 di pasar ngasem (pabu di jogja), coz temen br cr MB.
    Nah pertanyaan saya bgmn membedakan MB jantan dengan betina om, apa bisa dilihat dari tampilan fisiknya saja?? klo bisa yang jantan bgmn om ciri fisiknya??

    klo katane penjual sich jantan (tp kn yg namane penjual bisa saja “kaki dikepala kepala dikaki”)
    betul gak?? coz punya pengalaman buruk beli kacer katane kacer jawa (bulu dada item) e…. setelah bbrp bulan berubah jadi kecer poci lho kok bisa aneh to?? ternyata eh ternyata kacer poci yang bulu dadanya putih disemir entah pake pewarna ato pake semir sepatu (kayak sepatu aja) hehehehehe……. penjual yg pintar (dlm hati : pengen gue tonjok nih penjual)

    kemudian saya tanya ke penjual itu : ktne MB medan, Jantan, Umur 3 bulan, diternak sendiri (dikaki ada ringnya), makan voer, harga cm 275rb
    nah menurut om bgmn kita memastikan klo itu MB medan, jantan, umur 3 bulan, baca ringnya gmn? kemudian harga pasaran MB medan apa emg segitu??
    gitu aja om, thx b4 / terima kasih sebelumnya / matur nuwun sak derenge
    salam cuit..cuit…

  2. jonih

    Mau tanya om..saya punya AM kira umur 7bulanan,klo ngedenger burung AM yg gacor suka nyuit2 panjang gitu.apa AM saya ini betina?
    makasih om.

  3. sofyan

    cara termudah membedakan jantan -betina AM Gampang coy …gacor teler itu jantan .gampang kan …intinya sabar jadi klo ga sabaran jangan beli AM BAKALAN …gita aja repot

  4. ROERY

    Melanjutkan sedikit Om Duto Ada Pengaruhnya tidak dipengang untuk menentukan jantan betina misalnya malah membuat burung makin ndak mau bunyi atau apa soalnya kalau mau bilang burung stress sebagai ukuran stress pun belum jelas antara stress dan takut he he tapi gambaran secara umum sudah saya dapatkan terimakasih atas penjelasannya
    lain waktu nanti saya ingin bertanya lebih banyak lagi soal permanukan dengan om Duto sekalil lagi matur suwun atas komennya

Komentar ditutup.