Bulu kusam pada burung dan cara mengatasinya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak kicaumania menghadapi masalah bulu burung yang kusam. Bagaimana duduk perkaranya?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Hal utama penyebab bulu kusam pada burung adalah kurangnya minyak / lemak di “muara” kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung (istilahnya tepat enggak ya?). Untuk “menambahnya” beri minyak ikan, dengan cara disuntikkan ke jangkrik dan berikan ke burung.

Tetapi, kadang kala, bulu kusam pada burung bukan karena lemaknya kurang, tetapi lubang kelenjar minyak tertutup kotoran yang mengering ataupun bekas luka yang mengering.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Baca artikel lengkap perawatan burung

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. Salam om,
    wah ngebahas tentang lemak dan minyak pada burung, saya jadi ingat burung yang di rumah.
    Gini om, kebetulan saya punya AM yang perutnya agak buncit ( ada benjolan agak besar, jadi kelihatannya perutnya gendut), setelah saya periksa dan saya tekan-tekan pada bagian benjolannya mirip gumpalan lemak gitu. Semenjak beli, 1 bualan yang lalu, kondisinya memang sudah seperti ini. Tapi burung nya lincah, gacor, dan mudah teler, namun saat teler kelihatannya tidak optimal (mungkin terganggu dengan kondisi perutnya itu ya?!).

    Ada rekan-rekan yang ngasih masukan tuk diterapi ama tomat sampe perutnya nggak bucit lagi, saya coba selama 7 hari dikasih makan tomat, tapi burungnya malah mencret terus.

    Ada juga rekan yang ngasih saran agar lemak diperutnya disedok aja pake suntikan. Nah klo yang ini saya belum berani, kayaknya resikonya besar.
    Klo menurut om duto ada gak terapi lainnya yang dapat diterapkan untuk menurunkan lemaknya ?

    Rawatan dari pemilik lama
    setiap hari dikasih EF cacing 2 ekor, mandi tidak menentu.

    Rawatan harian saat ini :
    1. Buka krodong jam 6, trus Mandi pagi aja, jemur ampe jam 9 trus kredong lagi. jam 5 sore buka krodong dan diberi ef.
    2. Ef buah gantian tiap hari ( Apel, pepaya, peer, sawo kalo ada), jangkrik pagi 2 sore 2.

    Makasih sebelumnya om.

    • Untuk perawatan sudah betul. Soal sedot lemak, bukan hal yang mudah dan juga apa sudah pasti itu lemak dan bukan daging tumbuh? Pastikan saja Om. Minta bantuan dokter hewan untuk menyayat (secara benar) bagian itu dan melihat apa isinya. Konsultasikan ke dokter hewan tersebut bagaimana baiknya (bisa saja sih dioperasi, tentunya dengan peralatan yang memadai).

      • oh .. bisa juga kemungkinannya daging jadi ya om. Klo seandainya memang itu adalah lemak, apakah treatmen banyak mandi dan pengurangan EF hewani bisa juga mempercepat proses pembakaran lemak ?
        apakah apabila treatmen ini saya terapkan dapat mempengaruhi performa burung secara drastis ?

        makasih banyak om.

  2. Om, saya punya kacer yang habis mabung bulunya jadi tipis..
    Apa cara2 yg dpt ditempuh utk menebalkan bulunya kmbl? Makasih…

    Jawab:
    Apakah semua bulu sudah tumbuh? Ya aneh memang kalau ada bulu jadi tipis, artinya ada banyak bulu yang nggak tumbuh kan? Menurut saya, kok itu mabungnya belum/nggak tuntas saja Om. Coba lihat dulu apa ada bulu yang masih negbung (jarum) atau enggak.

  3. untuk kacer, kalau melihat kondisi g nya gimana om? udah pernah saya gandeng tapi burungnya kurang agresif om. gak seperti punya temen2 ketemu langsung ngebyak. kalau AMku teler gaya lama om… ktany temen2 sih kurang kenceng, carany ngencengin dengan cara gimana om? perawatan yg saya terapkan sekarang, jangkrik 4/3 pagi sore, mandi 2x sehari jemur jm 6-8 tiap hari, kroto jum'at saja. tolong bantuannya om… saya tanya lagi om, kalau disolo harga love bird sepasang brapa om? tank's.

    Jawab:
    Untuk kacer, bisa tambah jagkriknya dan jangan dikroto.
    Untruk AM coba beri cacing dua hari sekali (masing2 2 ekor) selama 15 hari, coba lihat ada perubahan apa enggak.

  4. om, mau tanya nih. aku punya kacer jenis nias cara mengkondisikannya gimana? jangkrik saya beri 8pagi 8sore, mandi sehari 2x, jemur jam 7-9 tp kok belum tampak perubahannya ya. kira2 apany yang kurang om? AMku klo diadu sering ndongak telerny tuh gimana? tank's.

    Jawab:
    Maksudnya perubahan yang seperti apa Om? Ok, saya kira kalau mau makan jangkrik sampai 8/8 ekor pagi sore burungnya sehat banget tuh. Mandinya juga sudah sempurna. Coba, perubahan yang seperti apa yang diinginkan? Apakah pernah ditarungkan dengan kacer lain? Bagaimana tarungnya sekarang?
    Nah soal AM yang teler ndongak ini (bukan cuma ngeplong kan?) malah bagus loh, soalnya dia akan cenderung bergaya mbebek (seperti nyosor). Itu AM bagus malah…. bukan teler gaya klasik yang cuma nunduk dengan kepala melekat di leher…

    • kulonuwun Om Duto. saya mau nanggapin postingannya micko,boleh ya.. salam kenal Om Micko, AM yg telernya dongak mau ditukar sama AM saya yg telernya nunduk ngga'? he..he..he.. ato kalo ngga' misalnya sudah bosan tolong kontak saya ya. saya siap tampung. thx.

  5. Ini adalah pertanyaan Om Trio Fabianto lewat email:

    Selamat sore Pak Duto, saya pengunjung baru yang nggak sengaja tersambung dengan situs Bapak! Dan saya amati pemberian solusinya kepada rekan rekan sangat manjur sekali.Dan Saya ingin meminta solusi pada Pak Duto.
    Pak saya punya kacer hitam yang sekarang udah 6 tahun saya rawat dari bayi. Semenjak 4 bulan ini kacer saya mengalami masalah pada bulu dengan ciri :
    1. Bulu sobek – sobek (saking parahnya sampai ada yang tinggal tulang bulunya saja), 2. Kusut, 3.Kasar sekali, 4.Klo dimandikan gampang basah dan sesudah itu kumel sekali sehingga terkesan tak bergairah. Padahal brg tsbt tidak dalam kondisi mabung. Klo dilihat kotorannya dan nafsu makan biasa saja. Dulu pernah saya pakai produk pembasmi kutu sprti Rodalon dan Phoenix. Tapi hasilnya nihil dan ada yang kasih saran disuruh memberi pakan jangkrik, kroto, ulat hongkong dengan porsi los tanpa henti tp kok belum ada perubahan(sudah berjalan 1 blan lebih ). apakah saya harus memakai perontok burung seperti zenka ? Trus apa efeknya? Menurut analisa Pak Duto sakit apa kacer saya ? Kira – kira obatnya apa? Mohon dibantu Pak Duto, Trimakasih Banyak

    Jawab:
    Ya namanya saja memang belum waktunya Om, nggak usah digege mangsa ya. Bulu rusak, bisa jadi disebabkan oleh pernah digunakannya obat2an di waktu yang lalu yang berkaitan dengan perawatan bulu. Entah itu dulu bertujuan untuk mengilapkan, menghilangkan kutu dan sebagainya.
    Untuk diketahui, obat2an semprot pada burunulug (untuk tujuan apapun) kebanyakan diberi zat penghancur lapisan lilin pada bulu. Tujuannya, agar obat yang disemprotkan itu bisa menempel pada bulu.
    Pengaruh buruknya, ya itu, bulu jadi tidak bisa menahan air. Kena air sedikit saja, pada masuk ke pori-pori. Ya, akhirnya membuat bulu rusak karena lapuk. Bulu adalah bagian yang sudah mati pada burung. Ketika sudah rusak, tidak ada pengobatan yang bisa dilakukan dari dalam. Untuk memulihkan kondisi bagus pada bulu burung, ya harus menunggu mabung lagi. Pada saat mabung, lakukan terapi minyak ikan seperti yang saya sampaikan dalam tulisan di atas.
    Meskipun bulu kacer Om Trio sudah kelihatan tua dan amburadul, kalau belum waktunya moulting ya susuah mau dipaksakan, sebab kulti burung masih mencengkeram erat pangkal bulu.
    Kalau sekarang mau dipaksa2 pakai zenka segala, nanti malah berefek buruk pada burung secara keseluruhan.
    Nah ketika nanti memasuki masa mabung, gunakan terapi mabung dikombinasi dengan terapi minyak ikan ini.
    Untuk terapi mabung, bisa gunakan terapi yang juga digunakan untuk anis kembang. Bisa di-klik di sini.

    Salam,
    Duto Solo

Komentar ditutup.