Ketika burung tiba-tiba macet bunyi

Banyak pertanyaan yang disampaikan teman-teman adalah soal burung macet bunyi. Contohnya adalah pertanyaan Om Budi Setiadi di postingan saya Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang. Om ini bertanya mengapa anis merahnya yag sudah ngeplong menjadi macet.

Nah untuk menemukan solusinya, tentunya kita harus meneliti apa kira2 penyebabnya. Ketika menjawa Om Budi saya mengatakan agar diperiksa “daftar penyebab” tersebut, misalnya:
1. Apakah burung mulai ngurak/mau mabung dengan tanda ada bulu halus mulai jatuh (dimulai 1-2 helai per hari, lama2 menjadi banyak).
2. Apakah ada perubahan meski sedikit pada menu makanan/ pola pemberian pakan.
3. Adakah barang (burung) baru sehingga membuat AM (atau burung lain) tidak nyaman.
4. Apakah ada kemungkinan burung stres karena penyebab yang belum kita ketahui?
Untuk persoalan pakan, memang ada baiknya dicermati lagi tulisan saya “Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang” itu.
Dalam persoalan Om Budi saya menyarankan jika ada burung baru, jangan didekatkan dulu ke AM-nya.
Jika stres karena penyebab yang belum diketahui, coba diingat2 lagi, apa gerangan yang berubah di rumah kita/lingkungan burung.
Menilik Om Budi bilang “AM saya sudah mulai ngeplong2 tapi…” berarti itu burung itu masih muda. Kalau iya, tidak apa2, karena itu kondisi normal pada AM muda yang belum stabil.
Saya sarankan pula untuk merawat seperti sedia kala, penuhi kebutuhan pakan, mandi dan sinar mataharinya. Harapannya burung normal kembali.
Apakah Anda punya problem sama?

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 25 comments

  1. AKHMAD FAUZI

    OM… saya punya AM sudah selesai mabung, bulu2 nya dah bagus …saat ini belum nge-plong2 cuma suara tengahan aja dan birahi
    kiat saya : jam 4 pagi saya embun sampai jam 7 pagi trus saya kasi EF (2 jangkrik dan kroto 1/2 sendok ) sore hari (EF cacing 1 ekor) trus jam 9 malam saya mandikan ( keramba) EF jangrik 1 ekor kemudian diangin anginkan sampai jam 11 malam , apa salah om mengenai perawatan ini.. trima kasih sebelumnya

  2. iwan

    om,DUTO saya punya murai yg gacor trs smpai dirmh kug macet gt om…
    ktanya gak blh dkchi kroto kulkasan om..
    drmh tak kch kroto kulkasan om..
    trs drmh pny murai yg tua..ap tkt dgn murai ya tua tu ta om…
    saya juga bingung…
    moga” om DUTO bsa membntu saya…
    mksh om

  3. andi

    om met kenal .
    saya mau tanya tentang AM saya. kemarin saya beli Am udah bunyi tetapi sekarang macet. soalnya sangkarnya jatuh solusinya gimna om? biar kembali bunyi? trims sebelumnya.

  4. ardi

    om duto sy punya muray batu lampung sy adu ama tman dia ngelawan ky cobra tp tidak mo bunyi ke esokan hari nya sy adu dia ngelawan dan bunyi tp jarang2 tiap satu minggu sy spring biar jadi,kira2 mkn waktu lm ngak tuh biar gacor

  5. resibisma

    saya memelihara 3 kacer yang sdh ribut dan satu MB yang baru selesai mabung. masalahnya MBnya kok malas sekali bunyi. . kadang2 malam hari ngeplong cuma dua kali, gimana ni Om, makanannya udah kroto, voor dan jangkrik, . . apa takut sama kacer ya. trims

    1. Om Kicau

      Bisa jadi MBnya keserang suara2 kacer yang gacor Om. Saya berkali2 menyatakan bahwa memelihara burung fighter lebih dari satu, akan menyebabkan yang lainnya ngedrop. Itu bukan masalah pakan atau perawatan. Itu masalah mental MB yang tidak bisa berkembang karena pengaruh suara2 kacer gacor.

  6. Indrajr

    Halo om duto…salam kenal yach…
    Om masih inget masalah saya tentang ANAKAN LB HILANG DI gLODOK di KM
    Om karna saya penasaran kenapa anakan LB saya pada ilang…akhir nya sekarang tiap anakan berumur 2 minggu langsung saya angkat lalu saya loloh sendiri…dan ada kasus yg saya temui…5 anakan yg saya angkat dalam 1 indukan hanya 3 yg bs hidup…kenapa? Ternyata 2 anakan LB Yg tewas karena tdk bs menyerap makanan dalam arti makan lancar tp makanan itu tdk jd daging…nah mungkin karna anakan tdk bs menyerap makanan akhirnya sang induk membunuh/memakan anaknya…apa mungkin ya om?

    Jawab:
    Soal yang terakhir, saya kurang yakin Om. Yang jelas, kalau penyerapan makanan tidak bagus, itu karena bahan pakannya tidak pas. Untuk anakan, beri saja bubur instan untuk bayi. Ini mudah diserap alat pencernaan.
    Untuk LB yang sedang meloloh, juga beri pakan ekstra terutama jagung manis muda (masih berair dalamnya).

  7. abidama

    Bos mau tanya,AMku dulu dah ngriwik tpi trus aq ambil cucak rowo,setelah CRku bunyi AMku macet skr anisku cuman bunyi kraaaaaakceek…ceeeek kencengitu klau dgr hujan apa love bird bunyi,gimana cara ngatasinya Bos thanks.

    Jawab:
    Ngriwik? Sekarang usia berapa dan kondisinya seperti apa? Bisa jadi bukan karena CRnya. Coba deh dicek lagi, sebagaimana saya sampaikan dalam postingan itu.

  8. AbuNajiyah

    gampang nanganin burung macet, kasih aja laba-laba kecil yang suka ada di rumah-rumah. komposisi : 2 ekor laba-laba kecil setiap 1 minggu 2 kali. cobain deh.tok cer..

    Jawab:
    Ide bagus, asal tidak keliru dengan laba-laba yang beracun saja ya…

    1. rullyeta

      maaf..saya mau bertanya pada mas abu najiyah….. apakah anda pernah membuktikannya dan hasilnya bagai mana…. sudah terbuktikah….????….. karena saya di rumah juga ada AM macetan…. klo sudah terbukti akan saya terapkan pada AM saya….nuwun….

  9. fiedh

    oM…Saya pemula,lg seneng MB ni! Gmana tips n trik wat MB JADI BUNYI,..APA LG KALO SAMPE NGEPLONG he he…dtnggu ya.

    Jawab:
    Memang kondisi saat ini belum bunyi? Cerita dulu soal kondisi saat ini, perawatan hariannya dan sebagainya sehingga bisa menjadi bahan rujukan untuk kita obrolkan.

  10. endrik satrini

    salam,om tlg minta tips aniss merah & cepet teler terima kasih.

    Jawab:
    Tips trik saya beri kan tergantung bagaimana kondisi burungnya. Kalau secara umum kan postingannya sudah banyak dan bisa diklik di sini.

  11. MARDI

    Met siang Om Duto….
    Saya pemula, Saya baru 1minggu memelihara AM Trotol yang bulu trotolnya dah lepas ganti bulu dewasa…
    Cuman tinggal bulu di kepala & leher yang masih agak botak…
    Rawatan hariannya pagi jam 04.30 saya embunkan sampai jam 07.00 trs mandi keramba, malem jam 21.00 selalu saya mandikan juga, stlh itu ksh Jangkrik p/s=2ekor, Cacing 2ekor, Ulat Bambu 1ekor…
    Ini Pict.nya OM..
    [IMG]http://i472.photobucket.com/albums/rr83/mardi_speed/AMMUDA.jpg[/IMG]
    Kondisi saat ini udah ngeriwik pelan trs ama bunyi crit2…om
    Skrg saya tempatkan didalam kamar mandi, trs tanpa krodong, krn selalu nabrak2 klo di krodong…..
    Pertanyaan saya :
    1. Klo menurut Om duto, AM saya ini co/cew???
    2. Pola rawatan harian saya gmn Om…dah bener gak??
    3. Apakah AM saya boleh dijemur klo kondisi seperti itu, krn saat ini gak saya jemur takut bulunya rusak???
    4. Gmn ya om…dan kpn AM supaya cepet bunyi ngeplong2…trs apa klo dah ngeplong masih tetep saya taruh di kamar mandi???
    Mohon pencerahannya Om duto…..
    Maaf pertanyaan saya banyak bgt om…
    Terimakasih.

    Jawab:
    1. Aduh Om, saya tidak bisa melihat AM jantan atau betina kalau hanya dari penglihatan via foto seperti itu Om. Lha yang langsung melihat saja kadang meleset kok. Kecuali kalau boleh saya pegang, nah nggak usah nunggu jam-jaman, semenit saja sudah tahu heheheh. Coba deh baca soal itu lagi di sini.
    2. Betul. Hanya saja karena itu masih trotol belum genap bulunya, biasakan dengan penanganan yang “enjoy”… nggak usah mandi malam segala. Kalau sudah menjadi kebiasaan, Om sendiri yang repot punya burung manja.
    Ngasih makan jangan malam berangkat tidur. Bikin burung nggak sehat karena makanan tidak tercerna dengan baik. Berikan di lebih banyak sarapan pagi ketimbang makan malam ya Om hehehe.
    3. Jangan, bahkan untuk mandi cukup semprot embun sedikit saja. Kalau dimasukkan karamba dan dia “ciblon” berisiko bulu rusak.
    4. Ngeplong ya nantilah nunggu fisik sehat. Kalau bisa dibiasakan ditempatkan di tempat ramai sejak kecil sehingga burungnya bandel.
    Oke?

  12. wawan

    Wah koq cepet yah commentnya?begadang juga to om…po sambil liat MU-Inter???hee…kalo gitu nanya lagi yah biar om duto gak bisa bobok…hi3x……
    kalo saya tambah EF cacing 1x/hr….lebih bagus atau malah jelek om?apa malah bikin AM jadi endut…trus males bunyi???
    suwuun….

    Jawab:
    Sehabis menanggapi itu saya berangkat nonton TV. Di depan teve, lihat komentator bla..bla.. sampai saat Ronaldo meng-heading bola yang ditepis kiper Inter..terusss lessss tahu-tahu sudah bubaran hehehehe….
    Kalaui AM mau diberi cacing sehari sekali juga nggak apa-apa cuma EF lain dikurangi porsinya, misalnya jagkrik dikurangi satu begitu…kecuali kalo terlihat penigkatan power AM atau makin teler, yang lain nggak usah dikurangi.

  13. wawan

    Om…saya punya AM 2ekor saya rawat sudah 3minggu dan keduanya sudah selesai mabung
    AM-1 sudah mulai ngeplong kalo pagi tetapi ngeplongnya koq volumenya nggak full ya om???apakah ini normal untuk AM yang habis mabung???
    AM-2 sudah mulai rajin ngriwik tapi belum ngeplong..
    Rawatan harian untuk keduanya sama yaitu jangkrik 3/3, buah pepaya/sawo selang-seling, maen embun tiap hari cuma unuk AM-2 belum saya mandi/jemurkan…
    Mohon dikoreksi om biar AM-AM saya tersebut cepat gacor….?????tks om

    Jawab:
    Wah la rawatan sudah betul bin ngetop begitu kok. Mandi jemurnya kalau benar2 bulu sudah lengkap.
    Sabarlah soal gacornya. Habis mabung sudah mau ngeplong saja seharusnya sudah bersyukur loh hehehe…

  14. AbuNajiyah

    saya dapatkan ilmuanya dari bapak “x” punya penangkaran cucak rawa di Bandung, dan bapak “x” tersebut salah satu anggota perhimpunan cucak rawa se-jawa barat. kata dia bilang jangan dibilang kesemua orang,ini adalah rahasia..:)

    Jawab:
    Terima kasih informasinya. Saya nggak bilang ke siapa-siapa deh, cuma saya kita tulis di blog saja kok ya hehehehe…

  15. subur sumadih

    AM saya baru beli dari teman dan baru ngeriwik kira kira nunggu berapa lama lagi ya omm… untuk sampai ngeplong and teler mohon dikasih pencerahan … karena saya pendatang baru. makasi sebelumnya ya ommm…

    Jawab:
    Untuk mengetahui garfik performa burung, bisa dilohat di sini Om.

  16. Indrajr

    Saya meloloh anakan pake milet yg sudah di blender lalu saya saring ambil yg paling halus dan di campur bubur bayi om….
    Apa pakan nya sudah benar om?
    Karna saya meloloh sendiri jd saya tdk memberi jagung manis om…

    Jawab:
    Betul Om, sudah betul.

  17. abidama

    Om Duto,ngebahas yg AM ngriwik dulu,usia AMku 1th,dia ga takut orang,he..he.. mksutku klu ada org dia tetep mo bunyi lirih,cuman smp skr kok ga ngeplong,apa mungkin dia perlu dibawa dokter hewan? matur suwun sak derengipun!

    Jawab:
    Kalau ngriwik terus dan belum ngeplong itu masalah rawatan dan kondisi lingkungan Om, jadi enggak perlu dibawa ke dokter segala. Lain kalau masalah macet karena kondisi metabolisme yang enggak betul dan sejenisnya.
    AM memang gampang2 susah. Ada teman punya AM, dirawat sampai 2 tahunan baru mau bunyi. Dan banyak AM macet yang cuma ngriwik2 sampai 2 tahunan. Jadi penanganannya sangat2 kondisional.

Komentar ditutup.