Ketika burung tiba-tiba macet bunyi

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak pertanyaan yang disampaikan teman-teman adalah soal burung macet bunyi. Contohnya adalah pertanyaan Om Budi Setiadi

Banyak pertanyaan yang disampaikan teman-teman adalah soal burung macet bunyi. Contohnya adalah pertanyaan Om Budi Setiadi di postingan saya Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang. Om ini bertanya mengapa anis merahnya yag sudah ngeplong menjadi macet.

Nah untuk menemukan solusinya, tentunya kita harus meneliti apa kira2 penyebabnya. Ketika menjawa Om Budi saya mengatakan agar diperiksa “daftar penyebab” tersebut, misalnya:
1. Apakah burung mulai ngurak/mau mabung dengan tanda ada bulu halus mulai jatuh (dimulai 1-2 helai per hari, lama2 menjadi banyak).
2. Apakah ada perubahan meski sedikit pada menu makanan/ pola pemberian pakan.
3. Adakah barang (burung) baru sehingga membuat AM (atau burung lain) tidak nyaman.
4. Apakah ada kemungkinan burung stres karena penyebab yang belum kita ketahui?
Untuk persoalan pakan, memang ada baiknya dicermati lagi tulisan saya “Agar terus suka ngicau, stop pakan sebelum kenyang” itu.
Dalam persoalan Om Budi saya menyarankan jika ada burung baru, jangan didekatkan dulu ke AM-nya.
Jika stres karena penyebab yang belum diketahui, coba diingat2 lagi, apa gerangan yang berubah di rumah kita/lingkungan burung.
Menilik Om Budi bilang “AM saya sudah mulai ngeplong2 tapi…” berarti itu burung itu masih muda. Kalau iya, tidak apa2, karena itu kondisi normal pada AM muda yang belum stabil.
Saya sarankan pula untuk merawat seperti sedia kala, penuhi kebutuhan pakan, mandi dan sinar mataharinya. Harapannya burung normal kembali.
Apakah Anda punya problem sama?

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 158.658 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: