Kandang penangkaran burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI πŸ‘‡πŸΏ SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Memenuhi permintaan sejumlah teman, berikut ini saya sajikan gambaran kasar kandang penangkaran. Model kadang penangkaran ini bisa digunakan untuk kandang berbagai macam burung, tinggal disesuaikan ukurannya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tetapi sesungguhnya kandang penangkaran tidak ada yang ideal sebab semuanya diawali dengan kondisi yang ada saja. Bisa jadi Anda punya bekas kamar mandi, kamar kost-kostan dsb yang bisa disulap jadi kandang penangkaran. Yang penting, sirkulasi udara cukup dan syukur2 dapat sinar matahari pagi.

BAGIAN DALAMkandang-bagian-dalam1

Keterangan:

A + B = lokasi untuk penempatan sarang; dalam satu kandang bisa diberi dua atau tiga tempat biar burung memilih sendiri mau bersarang di mana.

C = Atap tertutup

D= Atap terbuka (digunakan kawat strimin)

E= Wadah air (untuk mandi)

F= Lokasi/wadah pakan/air untuk minum

G=Tangkringan

Panjang x lebar x tinggi:

1. Untuk murai batu, anis merah, anis kembang dll burung ukuran sedang, disesuaikan dengan lebar kawat strimin di pasaran sehingga tidak repot mengerjakannya ==> panjangΒ  dan lebar = 90 cm; tinggi 180 cm.

2. Untuk cucak rowo, jalak bali dsb ukuran bisa dua kali dari ukuran di atas.

3. Kandang untuk penangkaran secara koloni spt LB, gelatik, parkit dll disesuaikan.

Bahan:

Sebenarnya bahan bisa dari apa saja asal kuat.

Batas samping kanan-kiri dan belakangΒ  =Β  dinding/ tembokΒ  atau papan yang tahan lama dsb.

Atas = bagian yang tertutup bisa langsung di atasnya adalah gentingΒ  dengan semua bagian kandang sudah tertutup kawat strimin.

Tangkringan = kayu asem, kayu jati serutan dll yang penting keras, dengan diameter sekitar 2 – 3 cm.

Papan tempat pakan (F) kayu yang kuat.

TAMPAK DEPAN

kandang-bagian-luar

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Keterangan:

A. Kawat strimin sehingga burung bisa terlihat dari luar untuk pengecekan.

B. Jendela untuk keluar masuk tangan mengganti air minum dan pakan.

C. Papan/tembok tertutup

D. Pintu untuk keluar masukΒ  orang.

KOTAK SARANG

Berikut ini adalah kotak sarang, khususnya untuk burung seperti JS atau MB (kalau MB dengan ukuran lebih pendek). Bahan dari kayu yang kuat:

kotak-sarang-js1

Untuk kotak seperti itu, jika digunakan untuk MB atauΒ  AK misalnya, ukuran bisa lebih kecil. Tetapi, untuk MB, AK dsb, dia lebih suka kalau untuk wadah sarang adalah yang menggunakan bambu dengan diameter 15 cm-an, seperti di bawah ini:

wadah-sarang-dari-bambu

Keterangan:

Untuk diameter bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pemasangan, bisa dipakukan ke tembok/dinding. Dalam satu kandang bisa diberi dua atau tiga buah agar burung milih mau tinggal bersarang di yang sebelah mana.

Sementara itu untuk wadah sarang CR atau jalak bali , bisa digunakan wadah sarang seperti di bawah ini:

wadah-sarang-untuk-cr

Selain itu ada wadah sarang alternatif yang juga disukai cucar rowo (CR) yang terbuat dari kelapa tua yang dibelah jadi dua dan diambil dagungnya dan tempurungnya, seperti di bawah ini:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

wadah sarang-kulit-kelapa

KERANGKA SARANG DAN PAKAN ANTI-SEMUT

Untuk tempat sarang dan juga tempat pakan anti-semut, bisa dibuatkan kerangka tersendiri seperti di bawah ini:

rangka-wadah-pakan

BAHAN PENYUSUN SARANG:

Di dalam kandang juga perlu disiapkan bahan penyusun sarang berupa merang atau daun cemara/pinus. Sebagian dimasukkan ke kotak wadah sarang untuk merangsang burung membikin sarang dan sebagian besar lainnya diletakkan di lanyai kandang di tempat yang kering.

PENUTUP

Demikian serba sedikit mengenai gambaran kandang penangkaran yang bisa saya sampaikan.

Hal detail bisa kita diskusikan.

Tips dan info lain:

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang β€œberisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja).

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

Penting:Β Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

22 Comments

  1. om,sy bth anakan cucakrowo sepasang kr2 carinya dmn y?sy domisili d daerah
    solo-purworejo…mgkn om pny knalan yg mngkn jual?klo bs si yg F1… maturnwun…

  2. Om Duta, saya mau nanya……kalau cara pengambilan anakan cucakrowonya lewat man? apa harus masuk kedalam kandang,karena kalau dulu saya ternak AK saya ambil dari luar karena ada lubang dekat sarang,kalau saya lihat di gambar utuk cucakrowo gak ada lubang dekat sarang, kalau masuk kedalam apa gak stress burungnya?

    salam kicau

  3. om” tlng bantuan n jwbnya donk! saya pemula pengen ternak burung kira2 yang cocok burung apa ya’? saya punya AM,AK, LB tapi masih satuan blm ada jdhnya sama skali. tlng ya om……………

  4. Mas numpang nanya kalo mau beli LB anakan di daerah jogja dimana yach, n kira2 harganya berapa per pasang. Matur thank you

  5. om kalau sarang LB perlu di kasih kotak tertutup atau cukup terbuka ??bahan utuk sarang bagus apa ya ? apa cemara,rumput atau sabut kelapa atau lainnya?? maklum br mau coba ternak lB. trims atas bantuannya..

    Jawab:
    Terbuka lubangnya. Bahan biasanya LB membuat sendiri dari sayuran yang kita berikan, terutam,a kangkung….
    Beri saja sayurnya sayur kangkung, nanti akan dibuat sarang sama LB. Untuk bahan kering, biasanya malah cuma dieker-eker saja sama LB.

  6. salam kenal om.
    om saya mau nyoba nangkar cucak jenggot, apa kandang penangkarannya sama kaya di atas? untuk jenis sarang pake yang mana ya om? trims

    Jawab:
    Sama Om, pakai sarang yang biasa digunakan untuk murai batu saja. Begitu Om…

  7. Maaf Mas Duto saya ini pemula, saya mau tanya utk ukuran kandang (panjang, lebar dan tinggi) yg ideal masing2 utk CR, MB dan AK itu berapa ya Mas? Maturnuwun….

    Jawab:
    Tidak ada ukuran yang ideal. Makin luas makin baik. Untuk ukuran standar, bisa dilihat ukuran yang saya sampaikan di tulisan di atas itu Om.
    Salam.

  8. Nice info…mantap.
    Mas, untuk kandang berukuran 90x90x180; pada atap kandang, bagian atap yang tertutup (gambar Bagian Dalam, point C) dan yang terbuka (D) perbandingan panjangnya kira-kira berapa banding berapa?
    Makasih mas…

    Jawab:
    Nggak mutlak ukurannya Om. Fungsinya kan agar sinar matahari (kalau memungkinkan) bisa masuk dan untuk sirkulasi udara. Kalau tempat kita sangat berangin, ya kecil saja. Kalau di tempat sempit kurang angin, lebarkan. Yang penting burung nggak merasakan sumpek begitu saja kok Om.

  9. Ini adalah foto-foto kandang penangkaran teman Om Aryoudha, dan saya dimintai komentar. Gambar-gambar itu bisa diklik di sini:
    http://i709.photobucket.com/albums/ww94/Bayurizka
    http://i709.photobucket.com/albums/ww94/Bayurizka
    http://i709.photobucket.com/albums/ww94/Bayurizka
    http://i709.photobucket.com/albums/ww94/Bayurizka
    http://i709.photobucket.com/albums/ww94/Bayurizka
    http://i709.photobucket.com/albums/ww94/Bayurizka
    http://i709.photobucket.com/albums/ww94/Bayurizka

    Komentar saya, secara fisik sudah bagus, cuma ada hal mendasar yang menurut saya perlu diperbaiki, yakni kurangnya lubang untuk sirkulasi udara.
    Minimal, di salah satu didingnya, dilobang saja seukuran 100 cm X 50 cm dan dipasangi ram kawat lubang kecil (13 mm x 13 mm).
    Mangga…

  10. makasih banyak sharingnya mas,
    nanti saya coba kirim gambar kandang ternak saya mas, tapi keliatannya di KM aja mas, kalo di sini gimana ya ??? hiks gaptek abis πŸ˜‰ πŸ˜‰
    hobi bola juga nih si mas,
    nge fans dengan team mana mas ????
    wakakkakakak πŸ˜‰ πŸ˜‰ πŸ˜‰ πŸ˜‰
    denger kabar cristiano ronaldo mau cari burung MB dan CR ke indonesia mas, katanya kemaren waktu ke aceh nggak sempet keliling wakakkakka πŸ˜‰ πŸ˜‰
    makasih
    salam

    Jawab:
    Kalau mau kirim gambar, simpan saja fotonya pakai photobucket dan kodenya dikirim…
    Saya suka tim (bul) tenggalam hehehehehe…

    • kok pict yg saya kirim nggak kebuka di sahreing ini mas ???(seperti di KM bisa)
      sama-sama di photobucket loh,
      gimana nih mas caranya ???
      makasih
      salam

      Jawab:
      Kirim kode URL-nya saja, nanti saya uploadkan.

  11. Tampak atasnya gimana om?trus untuk lantai apakah harus tanah asli?
    Mengenai faktor kebutuhan sinar matahari gimana om?
    maa nanya-nanya terus…he…hee

    Jawab:
    Untuk tampak atasnya, kira-kira apa yang kurang jelas. Bisa ditanyakan. Sementara faktor kebutuhan sinar matahari diusahakan tetap ada meski hanya terkena 30 menit misalnya… untuk yang lainnya adalah…waduh, ini Intermilan vs MU dah mau main…. saya nonton dulu ya hehehe maap buanget…dilanjut besok (ketika ini saya tulis, jam menunjukkan pukul 02.36).

    • Walah si om ini….wong saya juga nyambi nonton mu-inter he…heee…maklum modal ngeblognya cuma hp doank om jadi bisa digegem sambil liat tv…y udah monggo dilanjut nontonnya…(saat saya tulis ini pertandingan sudah menit 82" skor masih 0-0)…

      bravo MU…

Komentar ditutup.