Lagi-lagi kacer mbagong

Banyak teman yang bertanya mengenai mengapa kacer mereka mbagong (nguda laut) atau berbunyi ciirrr…cirrr…sembari menekuk kepala dan memekarkan bulu.

Pertanyaan itu pernah disampaikan teman kita juga di blog ini:

“Mas,mau tanya lagi dong.. saya baru dapat kacer Jawa Barat , Suara tebel abis,bikin  kuping pengeng. Sering saya umbar. Pagi2 pas saya keluar kan berbarengan dgn AK , kacer langsung ngebagong. Aapakah kacer saya takut pada Anis Kembang? AK-nya memang sudah ngeplong dan ngerol..bagaimana cara menghilangkan ngebagong kacer tersebut?

Jawab saya waktu itu adalah:

Bisa jadi kacer Om mbagong karena ketemu AK. Hanya saja barangkali bukan itu penyebab mutlaknya. Sebab pada dasarnya kacer mbagong atau tidak, itu sangat kondisional.
Sebelum saya tunjukkan mengenai tempat saya pernah membicarakan soal kacer mbagong, saya ingin mengomentari mengenai umbaran untuk kacer…. Selama ini saya masih punya keyakinan berdasar pengalaman bahwa umbaran itu tidak bagus untuk burung lomba.

Soal kacer mbagong, memang rata2 kacer so pasti mbagong. Hanya saja munculnya karakter itu antara satu kacer dengan yang lainnjya berbeda-beda. Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental kacer pada saat itu.

Rata-rata kacer yang jawara pun pernah mbagong. Jadi, harus ada semacam catatan pada kacer kita, dalam kondisi apa dan penyebab apa kacer itu biasanya mbagong dan dalam kondisi seperti yang tidak mbagong jika ketemua kacer lain. Dengan mengetahui itu, kita bisa menekan semaksimal mungkin agar kacer tidak mbagong kalau ditarungkan.

Dalam persoalan mbagong dan tidak mbagong ini, bahkan saya berani mengatakan bahwa “tidak ada kacer yang tidak pernah mbagong”.

Saya sangat setuju dengan tulisan rekan LinduAji di forum kicaumania. Dia menulis seperti ini:

1. Kebanyakan kacer PASTI bagong dan itu tidak dapat dipungkiri karena itu bawaan dari alamnya. Saya berani jamin dah burung-burung kacer yang bagus-bagus di lapangan lomba sepintas memang tidak bagong tapi coba dilihat sehari-harinya mesti dia akan sempat bagong cuman yang terpenting adalah perawatan dan penguncian di lapangan yang harus ekstra ketat.

2. Burung Kacer bagong ada berbagai penyebabnya:
a. Segi bawaan: ada burung memang dari segi bawaan dia sudah sering bagong jadi dari segi ini burung sudah tidak harapan untuk dibuat lomba atau untuk dipoles lagi karena akan menuai hasil yang tidak bagus. Sarannya jual saja ke pasar.

b. Segi perawatan: dari segi ini apakah kita sudah benar dalam hal perawatannya, misalnya mandi, jemur plus ekstra foodingnya. Kebanyakan kacer bagong karena dari segi perawatannya memang sudah salah. Kacer itu burung yang suka panas maka pemberian pakan seperti kroto itu sedikit saja atau kalau tidak sekali selang waktu dua hari; itu bertujuan meredam hawa birahi yang berlebihan karena sifat dari burung kacer adalah fighter, sehingga diharapkan dalam pemberian kroto selang dua hari ini agar burung tetap fit di lapangan alias tidak gembos di tengah jalan. Saran saya, burung kacer itu lebih baiknya difooding jangkrik saja sekitar 10 sampai 20 sehari karena di dalam tubuh jangkrik itu bersifat dingin dan lebih berpotensi untuk menjerihkan suara plus power.

Dapat dibuktikan burung (dalam hal ini kacer) yang kebanyakan ekstra kroto sama jangkrik itu dapat kita lihat jelas sekali perbedaannya. Burung kroto pasti terlalu birahi dan kebanyakan bagong kalo burung jangkrik mesti powernya dahsyat dan burung diam di plangkringan alias anteng tapi kerja dan tidak gembos.

Masalah mandi cukup sehari sekali karena kalau burung kebanyak mandi seperti kacer akan mengundang birahi bagongnya karena si burung akan sering “didis” (merawat bulunya) sewaktu kita jemur.

Penjemuran untuk kacer itu relatif tergantung burungnya. Kalau burung bakalan mau kita jemur lama sih tidak apa-apa karena bertujuaan untuk pembentukan badan dan melatih nafas agar tidak mudah terserang penyakit. Kalau burung jadi, maksimal penjemuran sekitar tiga jam itu sudah sangat cukup, dengan alasan burung jadi itu tidak perlu lama-lama dijemur karena nanti kalau pas di lapangan akan cepat habis tenaganya alias gembos tengah jalan. Makanya kita banyak-banyak kerodong dia agar banyak istirahat. Supaya nantinya fit di lapangan.

Nah begitulah tulisan Om Lindu Aji.

Sekadar tambahan referensi, untuk kacer yang kebanyakan bagong, Anda bisa melakukan terapi mandi pasir. Apa dan bagaimana mandi pasir, bisa dilihat dalam tulisan: Mandi pasir untuk burung, fungsi dan kegunaannya.

Semoga bermanfaat.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

79 pemikiran pada “Lagi-lagi kacer mbagong

  1. lha ya itu om, setelah lomba baru saya diberitau teman saya..ternyata yg juara 1 dari 5 kontestan itu ternyata burung jawara (dlm latber tsb nyeri juara 1-nya 3x).. ya pantas saja om, kayak chris john lawan krisdayanti hik hik..
    1. pasca lomba,kacer tsb saya taruh teras loteng, tiap pagi jam 05.30-06.30 saya dengarkan cd suara2 burung..ternyata dia masih “fight” dan suaranya juga keras..apa itu pertanda mentalnya mulai pulih?
    2. baiknya berapa lama kacer tsb harus istirahat tdk dilatberkan lagi?
    3. saya juga dapat saran dari teman, kalo 2/3 hari sekali kacer dikasih kroto (meski sedikit), padahal saran om duto kalau bisa full jangkrik..?
    4.gmn caranya om agar kacer saya punya volume yg “kristal” dan speed yg rapat/kalo masih bisa diperbaiki mentalnya ?
    mohn petunjuk, maklum om, penghobi yg masih pemula.. jadi saya memang harus lebih banyak belajar nih.. he he trims ya Om Duto !!

    • Om Ferdy
      Kalau mo untuk latberan, burung fighter perlu waktu panjang untuk “istirahat” agar benar2 nge-fight. Minimal sebulan Om. Nggak bisa dipaksakan.
      Soal kroto, kalau menurut saya enggak perlu…Kroto digunakan saja untuk Kacer ketika masa mabung (mempercepat rontok bulu).
      Suara kristal dan speed adalah pembawaan. Khusus untuk speed bisa dilatih dengan masteran2 dengan suara rapat (suara gereja tarung atau suara kenari dg dipilih yang rapat.

  2. Malam Om..
    sebelumnya mohon maaf ya kalo saya “terpaksa” melanggar advise om duto utk tidak menurunkan kacer saya di latber tadi pagi..karena ada seorang teman yg “memaksa” saya ikutan karena dia kebetulan yg jual tiket lomba , jadi ya ewuh pakewuh om.. he.he.
    jujur nih saya gk ada persiapan, cuma tadi pagi jam 7 dikasih jangkrik 5 + siang 3 dan waktu mau turun jam 2 saya tambah 2 ekor lagi..serta sedikit kroto.saya ngerti kenapa tman saya agak maksa,karena tiketnya yg laku utk kelas kacer terakhir cuma 4 gantangan..jadi 5 dg kacer saya.ha ha.
    1. ketika waktu tunggu mainnya, kacer dlm kerodongan ngoceh keras juga.(tapi kerodong gk saya buka sampe lomba/waktu mau naikkan gantangan) bener gak om?apa harus dibuka dulu biar adaptasi waktu lomba?
    2.Waktu pertama saya buka kepala langsung tegak ngoceh, tapi begitu liat musuhnya volumenya juga keras kacer saya dengan kepala tetap tegak/diam di tempat agak terdiam sesaat. tapi sudah dikasih bendera kecil oleh beberapa juri..itu kira2kenapa ya om kok kacernya gak mau nerusin kicauannya ?
    3.jadi jalannya lomba cuma 5 menit sj..kacer saya bunyi paling 2 menit habis itu diam bunyi tapi gk keras..apa itu gara2 kurang di trek ?solusinya biar bisa gacor terus waktu lomba menurut om duto gman?
    trims om..

    • Om Ferdy
      Sama dengan jawaban atas pertanyaan sebelumnya Om. Burung kalo enggak fit ya nggak akan pernah bisa nampil. Salah2 malah drop mentalnya dan selemanya nggak akan nge-fight kalau ketemu burung lain. Itilah Solonya, burung itu sudah “pedhot” (putus). Seperti ayam bangkok yang pernah kalah tarung, maka selamanya nggak akan bisa/berani tarung lagi. Ini juga sama dengan MB yang kalah tarung dan sudah ngebalon…sulit pulihnya lagi.
      Tetapi memang kok ya Om, orang kadang malah memaksakan diri hanya agar terbakar dulu dan baru percaya kalau api itu panas. Bahasa Solo-nya “ngeyel” hahaha. Padahal agroburung ini saya bikin agar pengalaman buruk para penghobi sebelumnya, tidak terulang di masa mendatang. Tetapi ya namanya hobi kok ya…susyaaahh dikandani…peace hehehe.

  3. met pagi Om…..saya pnya kacer yang habis mabung,tapi sayang setiap kali ketemu musuh ataupun denger aja burung saya slalu mbagong,kenapa tuh…….om.?dan gimana biar ga mbagong atau perwatannya
    trims om.

    Jawab:
    Pertama nggak usaha ditemukan dengan burung lain dulu karena kalau kondisi belum fit sama sekali (pasca mabung) mudah mbagong. Kalau diterus-teruskan, nanti mbagongnya sulit sembuhnya Om.
    Jadi sementara ini diisolasi saja dulu. Masalah burung mbagong, coba Om buka2 lagi di kategori “Kacer”. Sudah banyak dibahas di sana. Sambil menunggu pulihnya kondisi kacer, coba sambil dilihat dalam kondisi seperti apa biasanya kacer itu mbagong… Begitu Om..

  4. om sy baru bei kacer jw barat bakalan,dia punya badan besar paruh panjang dan tebal,tapi kaki nya besar tinggi dan hitam sekali,stelah saya rawat 2 hari dia bunyi dan nembak 2 suara keras,gmana tuh om kacer sy bagus ngak?

  5. om, saya ga punya KC jadi pa yang mo q tanyain yah???
    he…3x
    becanda om, maksudnya mo cari momongan kacer, tp bakalannya gimana yang cirinya baik???
    makaseh

    Jawab:

    Untuk pemula jangan terlalu banyak bakalan… nanti gampang stress loh…baik burungnya maupun yang piara, hehehe.

  6. Salam buat om duto,makasih atas kebaikan om,,menanggapi kacer bagong,itu hal yg wajar,krna hampir semua kacer pasti bagong,,klu blm pernah bagong,namanya bukan kacer..he.he.he,bener gk om.yg penting tu kacer enjoi..

    Jawab:
    Om tolong deh, pertanyaan akan saya jawab kalau dikirim ke <a href="http://www.agroburung.com” target=”_blank”>www.agroburung.com. Silakan klik di sini. Saya tunggu.

  7. Maaf,bkn sy sok th ato sok pintar,sy cm bg pengalaman utk mslh kacer mbagong,biasanya saya mengatasi dngn dijauhkan dr brg2 yg warnanya ada hitamnya dominan,kemudian untuk mandi sblm jam 7 pg dan dijemur sampai jam 9 pg aja,kmdian di angin2kan dlu 1 jam,stlh itu dikerodong,dan kemudian jam 3 dijemur lg tp tetap pk kerodong 1/2 jam,kmdian dibuka lg kerodongnya sampai sore sambil beri asupan EF sperti biasa.itu cr saya lho mas,blh dicoba dan blh tdk he2..

    Jawab:
    Top.. terima kasih sharing pengalamannya Om…

  8. Ping-balik: Rezki Ardiansyah

  9. mau nanya mas duto, kacer saya baru tuntas mabung kurang lebih 1 bulan. minggu kmrn saya coba sama sekitar 10 ekor lainnya. kenapa kok cuma jalan sebentar2, trus diam, jln sebentar trus diam lagi. Ada gak caranya supaya dia jalan trus selama beberapa menit?

    • coba sebelum ditarungkan dengan kacer lain, dimandikan malam trus beri jangkrik 5 ekor, trus kerodong. Nah besoknya buka, angin-anginkan, tapi sebelum di tarungkan kasih menu jangkriknya jadi 15 – 20 ekor. Pasti jalannya ok, selamat mencoba.
      thx

      Jawab:
      Trims Om…. Adakah masukan dari teman yang lain?

  10. bicara kacer mbedesi; Mas Duto,
    kalo kita paksa terus untuk latber(tingkat kampung)atau latber apakah mentalnya tambah baik atau tambah rusak? ada teman saya dia titipkan kacernya di pasar burung, sampe lama beberapa bulan supaya mentalnya teruji, tapi kog malah rusak kacernya…..

    • Pertanyaan Om Anto:
      bicara kacer mbedesi; Mas Duto,
      kalo kita paksa terus untuk latber(tingkat kampung)atau latber apakah mentalnya tambah baik atau tambah rusak? ada teman saya dia titipkan kacernya di pasar burung, sampe lama beberapa bulan supaya mentalnya teruji, tapi kog malah rusak kacernya…..

      Jawab:
      Kalau burung mbedesi, ya perlu disendirikan dulu agar mentalnya menjadi OK la kok malah ditrek terus2an… wah ya jadi rusak total dong Om…

  11. mas duto , saya ingin menanyakan kacer saya sudah kelar mabung sudah ada 2 bulan apakah kacer saya ini layak untuk turun di lapangan latber apa tidak , sebab pernah saya trek dengan kacer teman saya kacer saya belum jalan dan apa solusi yg saya harus pakai agar kacer kacer saya bisa kerja denan maksimal ,sebab kacer tidak pernah jinak walau sehariannya saya taruh titempat yg banyak orang lewat.
    terimaksih atas masukannya .

    • Pertanyaan Om Achmad:
      mas duto , saya ingin menanyakan kacer saya sudah kelar mabung sudah ada 2 bulan apakah kacer saya ini layak untuk turun di lapangan latber apa tidak , sebab pernah saya trek dengan kacer teman saya kacer saya belum jalan dan apa solusi yg saya harus pakai agar kacer kacer saya bisa kerja denan maksimal ,sebab kacer tidak pernah jinak walau sehariannya saya taruh titempat yg banyak orang lewat.
      terimaksih atas masukannya .

      Jawab:
      Layak tidaknya ya dilihat ketika sudah gacor, kemudian dilatih mau jalan atau tidak, kita dengar variasi suaranya dan juga ketebalan volume serta gaya tarungnya. Semua bisa dilatih (dimaster, dilatih trek dsb). Cuma semuanya perlu bertahap, tidak ada latihan yang bisa mendatangkan hasil secara instan. Termasuk juga dalam hal penjinakan Om. Mangga dirawat dengan sabar…

  12. sugeng dalu om duto, saya datang lagi malam ini, moga2 tidak ganggu. saya punya kacer hitam ( bag blk. blorok,) kalo saya kerek di gantungan perkutut, begitu kurungannya diam, kacer langsung gacor & ekor ngebyak, volume oke banget. variasi oke ( ga tau apa aja isiannya, tapi selalu ganti2), baru mau diam kalo di turunin (meski dah di jemur 2 jam/lebih). tapi sedihnya dia kadang2 mbagong sendiri. ketemu kacer yang gak gacor pun cuma mau ngoceh dan joget sebentar, sekitar 2 / 3 menit (ekor dan sayap ngebyak juga) abis iti langsung mbagong & ga mau kerja lagi. padahal niatnya aku beli kacer ini dulu buat main2 di latber kampung. tau begitu.. ga jadi deh. malu om ama temen, nanti mereka bilang ” woi.. bedhese sopo ikhu…ko ucol nang kene, gedange ta-gedangeta ndag kekno, jo di pangan dewe cekne gak pencolotan”. saya beli udah kondisi begitu om, apa masih bisa di perbaiki..? mohon petunjuk. swn.

    Jawab:
    Hehehe, kan sudah saya tulis panjang lebar itu Om. Masalahnya Om bisa melihat sendiri, dalam kondisi apa kacer itu mbagong atau tidak, coba diteliti satu persatu dan cara mengatasi ya sebagaimana saya tulis itu. Juga perhatikan tanya jawab pada postingan ini, sebelum pertanyaan Om ini.

  13. om duto mo tanya lagi nih jadi penasaran
    apa bener klu kacer digantang sehari harinya dekat dengan mb bisa bikin kacer ga fighter lagi, seberapa besar sih tingkat ketidak fighternya??? Trims.

    Jawab:
    Betul Om. Bisa drop malah. Atau kalau kacernya yang sudah mental bagus, MBnya yang ngedrop.

  14. mas, saya minta petunjuk kpd mas,pada waktu permulaan di adu suara kacer saya besar,tapi kira2 10 menit suaranya menjadi sangat kecil nyaris tak terdengar,padahal sudah saya jemur setiap hari sampe 3 jam,tp kacer saya tidak perneh mbagong,mohon petunjuk mas agar kacer saya dapa berubah,sekian dan terima kasih.
    Jawab:
    Yuk Om ditulis di http://www.agroburung.com saja..

  15. Apakah kasus seperti saya pernah ditemukan pada burung2 jawara…?

    Atau burung2 tersebut, tdk akan pernah moncer seperti yang diharapkan (tidak pernah maksiml)…?

    Jawab:
    Kalau soal tampilnya ya tetap bisa maksimal Om. Soalnya main burung kan pakai gaya dan suaranya Om. Bahkan tarian kacer yang sayapnya turun, jadi lebih asyik hehehe.

  16. Kalo memang tidak normal, bgm spy dia normal kemnali…

    Saya mendapatkan KC ini sdh dlm kondisi begini…Ada yang bilang tidak fit namun KC ini gacor…Saya jemur sampe jam 11 dengan Jangkrik 3 p/s+kroto sejumput 2X seminggu…
    Terimakasih

    Jawab:
    Posisi begitu nggak bisa dipulihkan. Karena bisa jadi itu sejak anakan atau juga pernah kena totelo atau ND dalam taraf nggak parah. Efeknya ketika sembuh, ada bagian tubuh yang sarafnya nggak kenceng lagi Om.

  17. om duto, kacer saya yang tempo hari matokin alas sangkarnya kemarin sya trek dengan kacer milik temen yang udah berumur dan cukup prestasi dan alhamdulillah kacer saya tidak mbagong cuma masih rada grabakan mainya dan satu lagi om yang mau saya tanya, seberapa rutin kacer tersebut harus saya trek maksudnya bekali seminggu, trus klu sedang ngeriwik kacer tersebut banyak isiannya antara lain lb, cililin, kenari, cj dan k. tembak tapi waktu saya trek kemarin isianya belum keluar cuma suara alam dang ngeplong2 doang sambil ngeluarin crecetan alami aja

    Jawab:
    Jangan sering2 diadu. Sebulan sekali saja, Kalau seseringan, nanti kurang “fight” kalau tempur.
    Sial grabagan, ya belum mapan saja.
    Untuk isian, dengan bertambah usia dan mental, biasanya langsung keluar kalau diadu.

  18. Dear M’Duto,
    saya punya KC Poci dengan tongkrongan seperti pada gambar KC di artikel ini.
    Maksudnya, keseharian KC tersebut sayapnya turun kiri & kanannya.
    Namun, dia sudah gacor & sangat mau diadu…
    Apakah ini normal…?
    Btw, MB pesanan apa kabarnya…?
    Terimakasih banyak.

    Jawab:
    Saya turun di gambar itu bisa jadi memang sedang action loh Om hehehe.
    Sebenanrnya juga nggak normal, cuma kalau nggak ngganggu performa nggak masalah.
    Senin nanti saya ambil Om soalnya ini hari masih agak repot karena yang ngrawat burung di rumah belum datang dari mudik. Nanti saya kabari.

  19. sy punya kacer tapi bulu sayapnya turun kebawah perawatan mandi sehari 1x pagi jemur 3 jam jangkrik pagi sore 2 gimana bos biar sayapnya ga turun ada solusinya ga apa emang dah bawaan..

    Jawab:
    Bulunya atau sayapnya Om?
    Kalau sayap yang terlihat “jatuh” (baik satu atau dua sayap sekaligus) biasanya karena pernah sakit semacam ND atai totelo meski dalam kadar tidak parah. Namun hal itu cukup memperngaruhi syaraf dan biasanya menjadi permanen sifatnya (sayap turun).

  20. om duto dan om-om yang lain, saya punya kacer kira – kira 3-4 bulan yang lalu lepas mabung trotol, dan sekarang udah sering mbekar-mbeker sendiri karena usianya saya anggap masih terlalu muda maka belum pernah saya trek dengan kacer lain alhasil belakangan ini kacer saya sering matokin alas dasar sangkar, yang ingin saya tanya apakah denga perilaku belakangan ini berarti kacer saya over birahi hingga matokin alas sangkarnya, apa yang harus saya lakukan klu untuk mengatasi masalah tersebut, trims sebelumnya , sekedar refernsinya rawatan harian ef jangkrik 3/3 p/s, kroto setiap sabtu doang, mandi dua hari sekali.

    Jawab:
    Ya coba sesekali ditrek dengan kacer lain nggak apa-apa. Cuma sebentar saja untuk melepas naiknya libodo menjelang usia dewasa.
    Nggak masalah matukin dasar sangkar asal nggak mematuki bulu sayap atau ekor. Kalau mematuki bulu sayap atau ekor, biasanya karena stress berat itu Om.

  21. Saya mau share, sehabis mandi-jemur, keseharian bisa juga ditaruh di lantai atau kalo memungkinkan, pada saat jemurnya juga bagus TAPI ditempat yang sering dilalui orang rumah…Ntar lama2 dia akan lebih kalem.

    Kalo takut disemuti, olesi kakinya dengan kapur bagus anti semut.

    Mudah2an membantu.

    Komentar:
    Nah ini ada nasihat dari jawara burung juga. Pantas diperhatikan.
    Trims Om Firli.

  22. Mas mau nanya ni,ada cara ngga biar burung kacer saya lebih jinak ?
    terus yang kedua mas, kerena belum jinak itu bulunya jadi rusak mas terutama bulu ekornya, yg mau saya tanyakan adakah cara agar burung kacer saya ini mau ngurag mas? agar bulunya bisa bagus kembali.
    terima kasih mas. mohon sarannya..

    Jawab:
    Untuk menjinakkan burung caranya kan sudah saya tulis di sini Om.
    Untuk mempercepat ngurak nggak ada caranya karena semua sudah ada fasenya. Coba dilihat tulisan saya yang ini.
    Kalau disegerakan dengan segala macam, obat perontok, jadinya malah nggak akan kebeneran Om. Kalau sudah mulai rontok saja diterapi secara enar dengan cara seperti ini.

  23. Dear Mas Duto, berdasarkan penjelasan mengenai Kacer Mbagong diatas, bahwa faktor terbesar yang membuat Kacer Mbagong adalah ketakutan terhadap sesuatu bukan OB… Berarti bisa dikatakan bahwa Kacer Mbagong memiliki mental kurang stabil terutama terhadap sesuatu tersebut.

    Yang jadi pertanyaan saya, kenapa pada umumnya treatmentn yang diterapkan adalah memandikan malam & mengurangi/tdk diberikan EFnya…? Yang berarti menurunkan tingkat birahi dari Kacer tersebut.
    Terimakasih

    Jawab:
    Berbagai treatment dilakukan tetapi tidak signifikan untuk mengurangi mbagong Om. Kalau ada pengurangan, tidak menghilangkan faktor utamanya. Coba saja ditreatmen pakai apa saja, maka kacer yang takut sama AK, pasti akan tetap mbagong kalau ketemu AK.

    • Lalu mengapa treatment2 yang dilakukan, termasuk para pemilik KC Jawara, sebagian besar mengarah pada penurunan Birahi…?
      Seperti, mandi malam, mandi malam pakai air es, peminiman EF, umbar, jemur kuat, mandi pasir dll…
      Terimakasih

      Jawab:
      Ya namanya usaha keras itu Om. Dan biasanya keinginan keras dari pemilik burung atas burung mereka, mam;pu memberikan "sugesti" (atau entah apa namanya yang secara ilmiah ya tidak ilmiah sama sekali; secara nalar ya enggak nalar sekali) kepada burung sehingga burung berperilaku sebagaimana dikehendaki si pemiliknya.
      Dalam perburungan yang namanya "hubungan batin (atau apa ya) antara majikan dan burung kadang bisa mengalir dan saling mempengaruhi. Percaya enggak percaya, yah ada cerita panjang tentang ini, tetapi kapan nanti kalau ada waktu saya mau cerita…

  24. hai om, saya punya burung kacer punya kacer dada hitam, tapi di ekor nya ga ada bulu putih nya. itu jenis kacer apa ya om? dari daerah apa?

    Jawab:;
    Kebanyakan itu kacer kalimantan Om. Untuk kualitas, sama dengan kacer lain tergantung perawatan dan pemasteran.

  25. Dear mas Duto,

    Hal ini mengenai mandi pada burung.

    1. Ada yang bilang kalo KC kebanyakan mandi akan menaikkan birahi (spt tulisan diatas) tetapi banyak juga yang bilang kalo jarang mandi bikin birahi (misalnya burung mau dikonteskan disarankan H-2 tdk mandi spy ngedur). Bgm tentang hal ini…?

    2. Burung2 apa saja yang Jarang dimandikan akan menaikkan Birahi & begitu pula sebaliknya…?

    3. Kalo membaca tulisan diatas, KC Mbagong ada penyebab takut akan sesuatu & ada penyebab OB, treatment seperti apa yang baik untuk menghilangkan/meminimalisir masing2 penyebab Mbagong tersebut…?
    Terimakasih

    Jawab:
    Sebaiknya tidak selalu dikaitkan antara mbagong dan birahi. Pesepsi yang berkembang selama ini bahwa kacer mbagong = kacer terlalu birahi, itu pasti tidak betul. Sebab, burung yang birahi adalah burung yang sehat secara fisik, sementara mbagong adalah kondisi tidak sehat secara mental yakni adanya kondisi lingkungan yang menyebabkan kacer berperilaku demikian.
    Bisa jadi kacer mbagong karena ada burung lain yang gacor sehingga ngeper; burung manja (misalnya banyak kok kacer yang nggak ada apa-apa lantas mbagong begitu ketemu yang empunya dsb); ketemua anis kembang (AK merupakan salah satu jenis burung yang bisa membuat banyak kacer gacor jadi mbagong, atau AM gacor jadi membisu; hati-hati…); melihat benda atau barang tertentu; dsb.
    Jadi, kalau untuk mentreatmen kacer mbagong, jangan dilihat semata-mata dari bagaimana asupan pakannya, cara mandinya, cara jemurnya dsb, tetapi lebih harus diperhatikan faktor lingkungan yang sering menyebabkan kacer mbagong.
    Para pemilik kacer seharusnya "punya track record" atas kacer mereka; jadi pemilik kacer harus paham betul ketika dalam kondisi bagaimana biasanya kacer mereka tiba-tiba mbagong dan bagaimana kacer mereka tidak mbagong. Artinya apa, yang bisa menetralisir ya si empunya sendiri katena dialah yang seharusnys "hapal" dalam kondisi seperti apa kacer mereka mbagong dan bagaimana menghindarkan kacer mereka agar tidak bertemu dengan suasana/barang penyebab kacer mereka mbagong.
    Jadi begitu Om , jawaban saya sekaligus merupakan jawaban atas ketiga pertanyaan karena pertanyaan no 1 dan 2 menurut saya berlandaskan pada sebuah asumsi atau persepsi yang salah. Sedangkan untuk jawaban nomor 3, ya hanya pemilik kacer bersangkutan yang "hapal" mengenai karakter kacer mereka dan bagaimana seharusnya meminimalisasi penyebab mbagong.
    Pernahj ada kasus menarik soal kacer mbagong. Seorang teman di Solo pernah punya kacer yang begitu ditrek dia akan langsung mbagong; nah si kacer akan segera bangkit untuk nglawan musuh begitu si pemiliknya melambai-lambaikan kain (baju, kaos atau yang lainnya) sehingga si kacer melihat si majikan dan segera saja kacer tersebut berhenti mbagong. Kalau kondisi seperti itu terjadi, biasanya kacernya kerja bagus sampai tuntas. Nah anehnya lagi, kalau kacer tersebut begitu mulai ditarungkan tidak mbagong, maka bisa dipastikan tidak bakal kerja dengan bagus dan selama ditrek hanya ngeplong2 tanpa menari dan biasanya malah turun dari tangkringan, makan dsb.
    Banyak cerita miirip dengan hal itu pernah terjadi. Kesimpulan saya, treatmen atas kacer mbagong hanya bisa dilakukan oleh si pemilik dengan membuat semacam "mentally track record" atau apalah namanya. Begitu Om.

Komentar ditutup.