Branjangan, jantan atau betina?

Saya ada pertanyaan lagi nih. kemarin saya baru beli branjangan bahan. masih giras banget (nabrak2 sangkar). gimana caranya supaya cepat jinak dan mau bernyanyi.ada trik khusus ga?lihat jantan/betinanya darimana ya om? trimakasih banyak.

Jawab:

Kalau untuk mau nyanyinya, ya nanti setelah nggak takut sama orang/sudah relatif jinak/mapan.
Untuk menandai jantan apa betina, kalau guyonan maka jawabnya adalah yang betina bisa nelor, yang jantan enggak… wakakakaka…
Untuk branjangan, mudahnya begini saja: lihat warna bulu di bagian bawah paruh dan paruh bagian bawah. Kalau putih/cerah jantan. Kalau gelap betina.
Okey, Om?
Salam,
Duto

TULISAN TERKAIT:

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 27 comments

  1. sulaeman

    om sy punya br branjangan baru beli katanya selesai mabung bulu yang ada di bawah paruh tidak warna putih bersih dan cuma ngeriwik tidak takut sekalipun sy dekatin ktnya laki
    yg saya mau tnya warna putih di bawah paruh burung selesai mabung tidak putih bersih apa pengaruh selesai mabung ya om.usia sekita 2 tahunan burung jinak.makasih ya om mohon pencerahannya om.

  2. kuro

    oom saya punya 2 branjangan keduanya bunyi tapi pelan dua duanya berjambul apa itu jantan atau betina kalau yang betina berjambul ngak oom trimakasih yaa oom

  3. dadik

    Mat Siang Om Duto, Mau Tanya Nich aku punya 3 ekor Branjangan Lokal dari PATI om yang saya tanyakan kalau di jemur bareng pengaruh sama mental yang lainnya gak ? maksudnya yang satu ada yang kalah gak om? MAKASIH…..

  4. yosepsugono

    om sy ada momongan bru branjangan bahan nich om gmn cranya supaya ngeplong soalnya bru 1 minggu dirumah tp sdh berani nangkring diapung sambil ngeriwik dan suka ngepakin sayap sambil lompat2 itupun sy lihatnya smbil intip2 mslhnya klo dideketin mlh turun kbawah n lari sana-sini? om ciri khusus/kreteria branjangan yg bagus itu gmna ya om,ada ga krodong utk kandang branjangan T.1M dikios burung ya om?matur suwun sanget ge om.

  5. anto

    malam om, saya punya branjangan hobinya kok ndekem dibawah terus jarang mau nangkring diatas batu karang kenapa ya om?mohon di bantu untuk solusi pemecahannya?makasih ya om..

    1. Om Kicau

      Bisa jadi karena tidak terbiasa jemur lama. Apakah kalau di tempat teduh juga suka mendekam di bawah?
      Bisa juga dicek baagaimana tangkringannya, apakah sudah dipilih batu apung yang bagus untuk tangkringannya. Kadang batu apung yang terlalu halus nggak disukai branjangan karena biasanya dia akan cenderung terpeleset, dan trauma.

  6. mugtea

    mlm om…temenin eike donk he..(bercanda bikin awet muda) Btw mau tnya ni, usia berapa bulan ya branjangan udah mau bunyi? makasih ya om…ditunggu jwbne

  7. jen2

    putih susu gt, org yg punya nya bilang udah pelihara kurang lebih lima taun an, rcn minggu besok saya foto. ntar kalau udah ada fofo nya saya langsung kirim yah om. thanks…

  8. jen2

    met sore om,,,
    om mau tanya nih, aku ditawari beranjangan kepala putih, apa memang jenis beranjangan itu ada? atau memang kelainan?
    putih nya sampe ke leher leher om,,,thanks,…salam.

  9. suono

    mo tanya om………
    aq pnya bakalan burung branjangan br netas 7 hari sebanyak 3 ekor………
    di kasih pakan apa ya om?
    gimana perawatanya?
    aku takut ntar burungnya mati om…….
    soalnya masih kecil bnget

  10. dulo

    met malam om.. mo tanya lagi nih, saya lagi coba piara baranjangan nih om. yg ingin saya tanyakan branjangan betina bisa bunyi / gacor seperti branjangan jantan gak yah om ?? soalnya saya dapat jawaban simpang siur om ada yg bilang bisa bunyi ada yg bilang juga gak bisa bunyi… trimakasih om atas jawabannya

    1. Om Kicau

      Om gudien
      Bakalan hovering? Hovering (terbang di tempat di atas batu tangkringan) sambil bunyi itu baru ketahuan setelah kita piara BR bertahun2 Om. Kalau masih bakalan, kita nggak akan tahu apakah itu nanti bisa hovering atau tidak.

  11. kris

    Om Duta….mau nanya lagi. bolehkan??

    tadi pagi saya mampir di pedagang burung langganan saya. ternyata ada 4 ekor trotolan branjangan lokal dgn harga 150rb, tp sayangnya tanda hitam di lidah yang menandakan jantan sudah hilang. pedagangnya sendiri gak berani jamin laki perempuannya.
    bagaimana cara membedakan branjangan trotolan jantan jika tanda hitam di lidahnya sudah hilang?

    terima kasih banyak

  12. Dwi

    Oom Oom, mau tanya nih!
    Aku kan lagi pengin branjangan. Berapa kisaran harga untuk bakalan dan kisaran harga yang sudah jadi?
    Thanks,… salam.

    Jawab:
    Bakalan bervariasi, mulai 200rb sampai 400rb. Kalau yang sudah jadi, ya tergantung jadinya seperti apa. Kalau mau hovering (bunyi sambil terbang di tempat) apalagi sambil muter2, ya bsa sampai 3-4 jutaan (tetapi juga sudah langka sekarang). Kalau jadi asal gacor, njambul, dan sayap kejer (bergetar) ya kisaran 1 juta sudah dapat.

Komentar ditutup.