Road to Bali 2: Awas AM ring palsu

Sebenarnya saya pengin menuliskan hasil perjalanan ke Bali ini secara kronologis. Namun karena ada beberapa data yang perlu saya konfirmasikan lagi, jadinya ya saya tulis apa yang saya ingat terlebih dahulu.

Rencananya saya mau main sejumlah pengepul anis merah (AM) pada hari kedua saya berada di Bali, Senin (27/4/2009). Namun karena ada acara asyik menonton kebun bunga Jegeg Nursery-nya Mas Hidayat, perjalanan ke pusat trotolan anis merah itu tertunda.

Tetapi akhirnya jadilah saya main ke rumah salah satu pengepul AM, Mas Zaenal di Pupuan, Tabanan, Bali.

Bersama Mas Hidayat, kami meluncur dari Singaraja. Sesampai di Pupuan, kami disambut hujan yang cukup deras.

Banyak hal yang kami bicarakan. Ya biasalah ketemuan antar penghobi burung pasti ramai. Namun dari banyak hal yang kami bicarakan, ada beberapa topik yang relevan untuk saya sampaikan di sini. Antara lain: soal perbedaan harga AM trotolan, beredarnya AM trotolan dengan ring Zaenal palsu, masalah jantan betina AM dan keuntungan pengepul AM seperti Mas Zaenal.

Perbedaan harga trotolan

Harga AM trotolan pertama-tama ditentukan oleh jenis kelamin. Harga dasar trotolan AM jantan saat ini (lebih mahal ketimbang harga beberapa bulan lalu) yakni Rp. 375.000. Sedangkan betina Rp. 265.000.

Untuk Mas Zaenal, semua AM jantan langsung dia beri ring “Zaenal”. Sedangkan yang betina, dijual tanpa ring.

Harga dasar itu adalah harga AM umur sekitar 3 pekan, belum makan sendiri.

Sedangkan untuk AM jantan yang sudah makan sendiri (voer basah) harga Rp. 550.000. Untuk betina, tetap kisaran Rp. 265.000 meski sudah makan sendiri bahkan sudah makan voer kering.

Harga AM jantan bergerak semakin mahal seiring dengan bertambahnya umur burung tersebut. Di tempat Mas Zaenal, tersedia stok mulai dari usia 3 pekan.

Harga jantan dimulai dari Rp. 375.000 (belum makan sendiri), Rp. 550.000 (makan sendiri voer basah, masih trotol); Rp. 600.000 (mulai berganti bulu menjadi merah); Rp. 700.000 (warna merah semua), Rp. 750.000 (merah semua dan mulai terlihat performanya, terutama mental dan volume suara; usia sekitar 4-5 bulan).

Meski demikian, ada juga AM usia 5 bulan yang harganya sudah mencapai jutaan rupiah. Mas Zaenal menyimpan dua ekor yang keduanya ditawarkan dengan harga paket Rp. 8 juta hehehehe. Satu punya gaya teler doyong volume kencang; satunya lagi dengan keistimewaan teler (klasik) tetapi bantingannya kanan-kiri terhitung super cepat.

Maaf karena alasan teknis foto-foto sedang dialihkan! Segera akan diupload lagi.

Banyak “jantan palsu”

Dari semua pembicaraan, ada hal yang menarik bahwa banyak pembeli AM betina dari Maz Zaenal dengan harga di bawah Rp. 300.000 yang dijual dengan ring Zaenal palsu. Memang ring bertuliskan “Zaenal” namun ada tanda khusus yang tidak diketahui orang lain. Dia bercerita tentang tanda khusus itu.

“Umumnya AM itu yang dijual dengan dikatakan sebagai jantan. Tetapi kalau ada yang komplain ke saya, ketahuan kok mana ring asli mana yang palsu,” katanya.

Mau ikuti lanjutan ceritanya? Ikuti sambungannya nanti ya….

(Bersambung)

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 20 comments

  1. goenaone fadzar poernomo

    kalau bisa saya minta alamat dan no. Hp serta namanya customer yg di jakarta, apabila om ngirim ke jakarta. Saya tunggu balasannya yach om secepatnya. Thank’s

  2. goenaone fadzar poernomo

    om saya mo gabung dong, sebelumnya saya dah membaca semua artikel2 mengenai burung anis merah dari anakan, dewasa, cara perawatan dllnya. dan saya sdh bisa membedakan mana anis jantan & Betina Tp klo informasi yg di muat di artikel itu benar n akurat mengenai jenis jantan dan betina. maaf nich om saya juga penggemar burung kicauan terutama anis merah , kembang dan murai B. saya mo tanya nich om. saya minat anis merah anakan yang baru bisa makan sendiri tp yg bulunya msh trotolan yang harganya 750.000,- grade bagus N yang pasti jantan. basa ga om pengirimannya di barengin dengan langganan om yg di jkt. nanti sy tinggal ambil n sy minta alamat langganan om apabila om ngirim ke jakarta. Thank’s

  3. iwan

    anis merah itu sebenarnya burung dilindung ato bukan sih ? saya kok masih was2 kalo mau bawa lewat pelabuhan, takut kena razia. kalo pun benar tidak termasuk burung yang dilindungi, bisa jadi kan ada oknum yang coba “main-main” berlagak memeras kita.
    mungkin ada yang bisa posting payung hukumnya perihal anis merah tsb.

  4. dadik

    OM DUTO “KALO AM RING ZAENAL SAMA WWN” UNTUK KATEGORI PENGEPUL LEBIH SENIOR MANA ? DAN LEBIH JELASNYA PROSPEK LEBIH BAGUS MANA YA? KARNA KOK ADA YANG CARI TROTOL SAMPAI SUGESTI BANGET KLO GAK RING WWN GAK MAU GITU. MAKASIH

  5. mujiono

    oh ya mas kalo naik pesawat boleh ndak apa syaratnya? sebaliknya kalo naik bus/kapal juga gimana syaratnya? sebab aq ngiler liat merah sebanyak itu khan bisa di seleksi mana yang berkompeten

    1. Om Kicau

      Om mujiono
      Paling akurat tanya ke bandara atau pelabuhan terdekat mengenai prosedur pengiriman/penerimaan burung karena masing2 bandar udara atau pelabuhan ada “kiat’2-nya tersendiri. Tahu kan? Hehehe..

  6. indra

    ikutan nanya ne soal anis merah
    pa bnr anis merah yg dah dilempar di pasar burung qta g bs dapat yg bagus y om???
    om sy pernah baca da jual AM tp dy tw indukannya, pdhl klo dari pengepul kan qta g b liat indukannya yg ky gmn
    mohon pencerahannya.

    Jawab:
    Kalau soal baik dan jelek, enggak mungkin ada yang berani jamin. Kalau jantan dan betina tergantung ada jaminan apa enggak. Soalnya banyak juga pedagang di pasar yang berani menjamin karena dia juga mendapat jaminan dari pengepul. Tentu harganya bisa 2 kali lipat dari harga AM “umum”.

  7. Bram

    Alamat komplit Zaenal boleh minta gak mas..??…..jadi pingin dateng nich

    JawaB:
    Saya tahunya ya Pupuan begitu saja. Kota kecamatan itu Om. Tanya di sana banyak yang kenal. Atau coba ditelepon saja biar lebih afdol.
    Mas Zaenal 081805470200

  8. danto

    Om,sy mau pesen bisa ga?
    tapi sekalian pengiriman kejakarta?
    untuk stok yg 600rb aja Om.
    Sekalian minta No tlpnya mas jaenal y Om.
    Terimakasih banyak y Om.
    danto

    Jawab:
    Weh la saya sudah di rumah kok Om…
    Telepon Mas Zaenal 081805470200.

  9. Rajabi

    Om Kalau di tempat mas Zainal harganya nett yah
    trus kalau mau bawanya ke jkt gimana yah …….
    kalau naik bis kuat ngak yah tuh burung
    oh yah kalau naik pesawat gmn prosedurnya
    Trims

    Jawab:
    Harga net. Naik bus ya kuat saja Om asal bawanya pakai sangkar yang di dalamnya disediakan pakan. Cuma kalau untuk burung yang belum bisa makan sendiri, Om harus repot ketika bus berhenti ya ngasih AMnya suapan voer basah. Pakai pesawat agak susah ngurus surat karantinanya Om.

Komentar ditutup.