Musim kenari yorkshire tiba, cermatlah dalam memilih

Menurut informasi yang saya terima, dalam waktu dekat ini akan datang kenari Yorkshire (selanjutnya saya singkat YS) impor ke Indonesia. Berkaitan dengan itu, saya turunkan beberapa tips memilih kenari YS, sekadar sebagai pengingat saja. Sebab, tulisan mengenai YS bisa kita temukan dalam banyak referensi yang sudah ada sebelumnya.

Yorkshire 1 (Sumber foto: yorkshirecanary.com)

Sebagaimana ditulis dalam yorkshirecanary.com, YS dianggap sebagai salah satu kenari yang terbesar dan tertua dari semua jenis burung kenari, dan hal itu tercatat sejak 1894.

Di Inggris, tempat Yorkshire berasal dan berkembang biak, lomba penampilan YS diikuti banyak banyak peserta dan bahkan sering mencapai 1.000 burung per kontes.

Kenari Yorkshire dikenal sebagai “Gentleman of the Bird Fancy”. Jika Anda memiliki ketajaman dan pengalaman penglihatan atas kenari, mala Anda akan tahu mengapa Yorkshire disebut “Gentleman of the Bird Fancy”.

Mr SR Golding dari Middlesex, Inggris, memaparkan bagaimana memilih karakteristik YS yang bagus. Berikut ini adalah deskripsi dari fitur Yorkshire yang bagus menurut kriterianya. Penjelasan ini dikutip dari “Standard of Excellence”.

Kepala

Pilih yang berstruktur penuh, bulat, bersih. Tengkorak belakang harus dalam dan menyembul sejajar dengan bahu.

Mata
Pilih yang sedekat mungkin dengan pusat muka, dan tidak terlalu dekat dengan bagian atas kepala. Karakter ini memberikan ekspresi yang berani dari YS tersebut.

Bahu

Pilih YS dengan bahu lebar proporsional, bulat dan secara kompak kedua sisi menyatu ke arah/dalam kepala.

Leher

Pilih yang pendek dan penuh dan memberi kesan berani.

Paruh

Harus rapi, halus, dan belum dipangkas.

Tubuh

Bodi merupakan bagian terpenting dari struktur Yorkshire. Pilih yang punya penampang bulat dan terus mengecil hingga pangkal ekor (seperti bentuk wortel).

Penampilan YS secara umum harus memberi kesan keberanian, dan itulah mengapa YS mendapat julukan sebagai burung “Penjaga manusia”.Ini pula sebabnya mengapa YS dikenal sebagai “Gentleman of the Bird Fancy”.

Kaki

Pilih yang panjang namun tidak terkesan kaku. Ini membantu membentuk posisi gagah pada YS. YS yang bagus tidak terkesan jongkok atau juga mendongak tapi berdiri tegak.

Bulu

Harus kompak, tipis dan ketat menempel tubuh.

Sayap

Seharusnya tidak terlalu panjang tapi proporsional dan merata sampai di tengah-tengah bagian belakang, terlipat simetris dan kompak.

Ekor

Pilih yang menyatu dan tidak menyebar dengan panjang proporsional.

Kesehatan

Pilih yang bersih, bebas kotoran pada bagian dekat dubur dan bebas dari penyakit pernafasan. (Catatan saya: Pegang raba dan dengarkan suarantya ke dekat telinga kita. Jika ada suara ngik atau terengah2, jangan dipilih).

Berlawanan dengan beberapa pendapat bahwa YS sulit untuk diternakkan, sebenarnya YS mudah diternak dan semuanya tergantung pada pengkondisian (kesehatan, lingkungan dsb) YS itu sendiri.

Sebagai tambahan, berikut ini saya sampaikan tips yang diberikan kawan kita yang dimuat di burungkenari.wordpress.com.

Untuk memilih YS, perlu dipilih YS yang (1) Lincah dan banyak bergerak; (2)  Rajin makan; (3)  Sorot mata tajam; (4) Tidak ada kotoran yang menempel di pantat atau pangkal ekor; (5) mata cerah, tajam.

Disarankan pula kita bisa minta ijin kepada penjualnya untuk boleh memegang kenari. Hal itu bertujuan untuk meraba tulang dadanya. Jika badanya kurus (dada menonjol dan teraba tipis keras) jangan dipilih. Sebab dikhawatirkan burung tersebut tidak terawat atau terkena penyakit.

Untuk memilih YS, disarankan disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau ingin yang cepat berproduksi/diternak ambil YS ring tahun 2008, 2007 atau paling lama 2006. Sebab, kalau usianya lebih 3 tahun dikhawatirkan YS tersebut adalah induk afkirkan.
Jika ingin YS untuk dimaster, disarankan ambil yang muda. Kelemahannya, YS muda memerlukan waktu lama untuk didengarkan suaranya.

Sedangkan untuk mengetahui umur YS dapat dilihat dari ring di kakinya:
-   Biru kelahiran 2008.
-   Hitam kelahiran 2007.
-   Merah kelahiran 2006.
-   Hijau kelahiran 2005.

Sementara itu untuk perawatan lainnya, sama dengan perawatan burung pada umumnya, dengan menjaga kebersihan kandang, penerangan, dan manajemen pakan dan minum yang bagus.

Salam…

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

9 pemikiran pada “Musim kenari yorkshire tiba, cermatlah dalam memilih

  1. YS dateng bulan 10-11…kisaran harga 1.500 – 2000 ….hati2 pilihnya udah dikasih wejangan ama suhunya neh…YS import masih perlu adaptasi yang intensif…klo belum berpengalaman ati2 aja…

  2. wah,,, banyak om ys nya yang mau dateng??…
    beberapa bulan yang lalu bawa ys juga dari jogja,,, disini mabung abadi dan nggak mau bunyi dan nggak mau birahi,,,
    perawatan sama seperti kenari lainnya.. canary seed,, buah,, apel,timu,sayuran,, grid,,
    mandi setiap pagi/sore (sehari sekali)… jadi apatis je pakde,,, apa memang susah nggih perawatan ys,, sampai sampai tak lego dengan harga teman sekarang…

Komentar ditutup.