Obrolan burung di fan page facebook.com (2)

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya. Sebagaimana saya sampaikan pada bagian pertama tulisan ini, Hobi Burung Kicauan dan Penangkaran di Facebook.com merupakan halaman yang saya buat sebagai halaman penggemar burung kicauan di facebook.com (fan page). Saya merasa perlu membuat halaman ini karena fakta menunjukkan bahwa banyak sekali penggemar burung dan khususnya penggemar omkicau.com yang suka FB-an. (Pada tulisan di bawah ini yang menggunakan nama HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN adalah saya/ Om Kicau). Silakan disimak.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

(1)

Budiyono Yono mohon penjelasan/info, masalah pejantan kenari saya sudah tidak mau dijodohkan apa karena usia produksinya sudah habis, makasih sebelumnya

Mumuh Muchlasin

@Mas Budiyono, Sepengalaman saya kenari sampai usia 4 tahun masih produktip, asal kondisi sehat, Ditandai dengan suara tetap nyaring, Pen/Kelaminnya tidak bengkak. fisiknya tidak gemuk, tidak sedang meranggas.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Bisa sampai 7-8 tahun bahkan jika kondisi kesehatan terawat dengan baik.

(2)

Endra Susila orang thailand konon suka kicaumania juga tetapi ternyata di pinggir2 jalan raya banyak burung bersarang dengan amannya sampai anaknya pergi dari sarangnya, walaupun tinggi sarang kadang tidak lebih dari 2 m dari tanah bahkan ada yang lebih rendah lagi, bahkan burung sri gunting yang sebesar itupun bisa pada nyarang di… pinggir2 jalan……bisakah di sini seperti itu……kenapa kita tidak bisa seperti itu ya….. apanya yang salah????

Hadhi Btg

Bs aja mas klo tingkat ekonomi dan kesadaram akan pentingnya keseimbangan alam masyarakat kt sudah maju, dan tentunya jg aturan yg jelas dr pemrth. Tingkat eknmi maju tentu masyarakat tdk perlu lg mencari sumber pdpt dari ngambil brg dr alam, krn bnyk kesemptan kerja dan berusaha, kesdran akan ptgnya keseimbgan alam muncul bl tkt penddkn sdg tinggi, tgkt pendk. Tentu berbandg lurus dg kemjuan ekonomi.

Endra Susila

@hadhi: setuju mas

Yudi Susanto

ada kebiasaan buruk orang disini, saya pernah melihat orang menembaki burung2 berkicau hanya untuk senang2 saja.jadi burung2 pada takut manusia karena naluri..

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

@Yudi Susanti: Betul Om…

(3)

Bimbo Gaskins sya penangkar MB,sya mau tny gimana cara merawat anakan MB yg umur 1 minggu???

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Maaf baru balas. Yang penting rajin menyuapinya, sekitar 1 jam sekali Om, plus gunakan asupan yang gaya vitamin dan mineral untuk pembentukan bulu. Jangan lupa jaga kondisi suhu lingkungan terutama pas malam hari.

(4)

William Alford Thomas Salam kenal,mau numpang tanya sesama KM. Skr saya lagi coba ternak lovebird,baru nyoba 4 pasang. Mau cari indukan albino… Ada info tentang harga lovebird Albino?? Kl sepasang brp,kl per ekor brp ?? Saya di kalimantan timur,samarinda… Terima kasih atas info nya…. salam KM…..

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Untuk lovebird Albino memang jarang Om. Juga, indukan albino belum tentu anakannya albino. Ada kondisi tertentu LB albino malah infertil. LB albino sendiri umumnya dihasilkan bukan oleh indukan albino.

William Alford Thomas

Owh… Kl silsilah gen nya saya jg belum tau,ini jg br tau kl albino bkn di hasilkan dari albino sendiri…. Ok,terima kasih banyak untuk info nya om…

(5)

Andrew Budiono salam kenal, saya penghobi burung glatik dr sidoarjo, mau tanya, ada brapa macam sich warna glatik slain glatik jawa n putih?sebutkan.bedakan jantan betinany gmn sich??trima kasih sblmnya

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Sexing gelatik memang rumit Om, coba ini referenisinya:
https://omkicau.com/2009/04/sulitnya-menentukan-jenis-kelamin-gelatik/

(6)

Riko Gunawan sy punya AM sdh lama blm bunyi2, pg jangkrik 2 sore 2, sy minta sarannya dr rekan2 semua..thanks

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Jangan-jangan kena air sac mite (kutu/tungau kantung udara) Om. Banyak kasus seperti itu.
Coba dilihat tanya jawab di sini Om:
https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/bird-top-product/comment-page-1/#comments

Dino Pramono

AM nya cewe atau cowo?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Hahaha, AM cewek pun ada yang bisa ngicau juga teler loh Om…

(7)

Om Broto Sudi Ningrat Om branjangan cw bsa bunyi pa gk? Gmn bedaain brnjngn cw ma cwo,.tx ya om

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Bedakan dengan melihat warna paruh dan bulu. Betina, paruh bawah umumnya gelap/hitam dan warna bulu kurang cerah. Begitu Om.

Om Broto Sudi Ningrat

branjangan kandangnya harus panjang ya mas,,pengen jajal maen branjangan ni mas..
kalo colibri biar gacor gmana mas??makannya apa..pnya sy d kasi air gula aja,,bener gak mas??

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

@Om Broto: Colibri sebaiknya nggak usaha dipiara Om karena masuk dalam binatang yang dilindungi dan karenanya kalaupun piara sebaiknya untuk ditangkar: SEBUAH TANTANGAN!

(8)

Lukman Maulana mo tanya ni,gmn cara’y biar kacer ga salto?pdhl dah dikurangin EF’y,mohon sarannya dari teman2 sekalian

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Kacer dan juga pentet ada yang punya kebiasaan begitu Om. Pernah ada tanya jawab begitu. Bisa dilihat di sini:
https://omkicau.com/2008/11/burung-saya-suka-salto/

(9)

Zaki Muhammad kenari saya sudah lama serak nggak sembuh-sembuh, obat yang bagus apa ya?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikan sayurnya daun mengkudu muda, beri larutan penyegar rasa orange dan kalau masih nggak mempan, pakai BirdFresh bisa Om:
https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/bird-top-product/

(10)

Friyanto Adhi salam KM semua >>>trutama ke BOS DUTO ”’om saya mau tnya AM saya udah bunyi hampir lot om<knp ya kalau bunyi trus aku kudang ngak mau teler>>>>mohon resepnya?trim”s……salam FRIYAN.

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Sebaiknya jangan dibiasakan dikudang Om, soalnya kalau terbiasa dikudang maka nggak akan mau teler dengan sendirinya.
Kalau memang mau ngudang, justru jangan ketika ngeplong-ngeplong. Sebab biasanya malah berhenti ngeplongnya dan melihat tangan kita. Lain kalau sudah mulai menunduk, biasanya mau dikudang dan langsung teler kanan-kiri.

(11)

Sariyadi S Kewood AM saya suka loncat turun naik(nakal) ujung2nya startnya lambat ada yg beri saran EFnya dikurangin udh malah sdh pernah sampe nol, ada jg yg beri saran klu ngetrek harus lama tp msh tetap nakal. Teman2 tolong minta solusinya tkx . . .

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Kurang fit Om:
https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

(12)

Adit Untuk Rakyat Bedain MB trotol jantan/ betina gimana ya boss…

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

MB anakan jantan dan betina akan mudah dibedakan kalau ada perbandingan dari satu sarang. Kalau sudah satu2 biasanya menyulitkan. Kalau ada perbandingannya, maka yang jantan lebih gelap warna hitamnya dan juga suaranya (ciap) lebih besar, suara membulat. Kalau tidak ada perbandingannya, maka bisa dilihat dari cabang lidah yang menghadap ke belakang… Lihat Selengkapnya (alat untuk menekan makanan agar masuk ke kerongokongan). Kalau hitam atau gelap (meski sedikit) jantan, kalau putih atau merah jamu, betina.

Hal di atas itu saya tulis dari sini Om:
https://omkicau.com/curhat/comment-page-25/#comments

(13)

Eko Alstonia Scholari AM saya abis kena air hujan kok enggak mau bunyi, apa sakit?, kalo memeng sakit apa obat yg tepat om, Mohon minta solusinya……

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Sementara ini banyak jemurnya saja dulu atau diletakkan di ruangan yang hangat. Hanya saja, kalau kondisi drop jangan dijemur tetapi diobati. Bisa menggunakan obat antibiotik untuk burung yang terseddia di pasaran (sesuaikan kondisi burung dengan “indikasi” yang ada di label obat).
Atau kalau mau pisang/buah, lulurkan sedikit madu di permukaan buah biar dimakan,

(14)

Agoes Riyanto tl om burung anis merah saya kok nganibal . bulunya dicabutin terus sampai botak di bagian leher ngatasinya gimana biar bulunya tumbuh&tidak di cabutu lagi

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Gunakan antiparasit Om. Itu paling kena serangan air sac mite (tungau kantung udara). Parasit ini tidak kasat mata. Untuk referensinya bisa baca di sini:
https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

(15)

Abdul Rahman Asdi mau cari kenari isian…ada yang sale egk ya..?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Coba kontak Om Ivan Sadewa.

(16)

Ifoenk Poerwo Adi Om,mau tanya nih.aku pny cucak rowo 2 psng.yg satu tlr cm 1,apa bs tlr 2?yg stnya brngnya takut sm orang,bgmn cr mengatasinya.trims

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Coba baca referensinya di sini:
https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

(17)

Davi Ari Saya punya kenari.. dulu bunyi bisa panjang… tapi habis mabung jadi putus2 bunyinya..kadang2 mulutnya buka padahal tidak saya jemur.
apa kena penyakit. obat yang cocok apa?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Coba Om baca yang ini:
https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

(18)

Agung Endry Om, kl brung kna air sic mite/tungau, ada tanda2ny ga? Thx

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Nggak terlihat Om, cuma burung selalu bermasalah. kalau enggak mabung belum waktunya, kalau kicau nggak pernah tuntas atau maksimal dan sebagainya. Ini lain dengan kutu burung yang sering tampak itu atau juga lain dengan gurem Om.

Agung Endry

Mengatasinya gmn om?

HOBI BURUNG KICAUAN DAN PENANGKARAN

Coba cek ini Om: https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/bird-top-product/

(Bersambung)

https://omkicau.com/category/artikel-burung/kacerpoci/

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. om,am saya bulunya uda rusak parah,tp kenapa rontoknya uda hampir 6bln ga tuntas2 ya.yg paling parah bulu pada sayapnya om,uda ampe kayak lidi,sekarang kondisi ngeriwik aja,dan masih agak giras ama orang.

Komentar ditutup.