Penyebab burung “membisu”

Banyak sekali pertanyaan tentang mengapa burung cuma ngeriwik, atau bunyi cuma pagi hari, atau hanya gacor kalau di rumah tetapi tidak gacor di lapangan, atau sebaliknya cuma gacor di lapangan tetapi tidak gacor di rumah.

Sekali lagi ingin saya tekankan bahwa burung apapun yang gacor dalam “segala cuaca” adalah burung yang tidak sakit secara fisik ataupun mental. Berikut ini saya sebutkan sejumlah kondisi burung yang hanya ngeriwik atau hanya bunyi pada waktu dan tempat tertentu.

1. Burung hanya ngeriwik terus.
Burung yang hanya ngeriwik biasanya adalah:
= Burung tua atau pun muda terutama tangkapan hutan. Sebab, meski muda, burung hasil tangkaran biasanya mau gacor. Mengapa? Burung hasil tangkaran besar di lingkungan manusia dan karenanya dia tidak ada kendala takut kepada manusia dan lingkungannya. Sedangkan burung tangkapan hutan, perlu penyesuaian yang lama dengan lingkungan manusia. Dia harus melalui proses penjinakan sehingga cepat beradaptasi.

Murai batu Natuna

Murai batu Natuna.

Kalau Anda memelihara burung tangkapan hutan, kadang perlu waktu berbulan-bulan untuk membuat dia tidak takut lagi dengan manusia. Biasanya, setelah masa mabung barulah dia bisa beradaptasi. Syaratnya, selama waktu itu pula dia ditempatkan di tempat yang relatif ramai, dekat orang rumah berlalu lalang.

Jadi Anda jangan terlalu berharap bahwa burung hasil tangkapan hutan mau gacor dalam waktu singkat sekitar 1-2 bulan. Perlu berbulan-bulan sampai benar-benar tidak takut dengan lingkungan manusia. Dengan demikian, burung yang ngeriwik terus sebenarnya adalah burung yang tidak sehat secara mental, atau mentalnya masih tertekan, dalam hal ini oleh lingkungan yang sama sekali asing bagi dia.

= Burung memasuki masa mabung. Burung mabung biasanya hanya ngeriwik-ngeriwik atau bahkan hanya diam sama sekali. Cek saja kalau burung Anda tiba-tiba tidak gacor, ada kemungkinan memasuki masa mabung. Ada bulu-bulu halus mulai berjatuhan.

= Burung habis mabung, biasanya juga cuma ngeriwik. Dia tidak mau gacor sebagaimana ketika bekum mabung. Hal itu disebabkan, masa rekondisi pasca mabung memang memerlukan waktu sekitar 1-2 bulan. Tentu hal ini tidak berlaku untuk burung-burung tertentu, yang bahkan dalam kondisi mabung masih tetap gacor. Artinya, secara umum, burung yang baru saja mabung sebenarnya adalah burung yang tidak atau belum sehat secara fisik. Untuk mempercepat kesehatannya pulih, pastikan saja kecukupan nutrisinya.

= Burung yang kalah setelah diadu, biasanya juga hanya ngeriwik-ngeriwik terus tidak mau lagi gacor. Kalau hal itu terjadi pada burung Anda, maka burung Anda perlu dikarantina. Sampai kapan? Kadang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk memulihkannya, atau biasanya setelah melewati lagi masa mabung. Selama perawatan, Anda jugta perlu memperhatikan kecukupan pakan dan gizinya.

2. Burung hanya gacor pada waktu tertentu.
=
Ada burung tertentu yang hanya gacor pada pagi hari sementara sisa waktu selanjutnya hanya ngeriwik, atau gacor hanya malam hari, dan sebagainya. Hal itu biasanya berlaku pada burung-burung yang sebenarnya sudah tidak takut lingkungan tetapi belum fit secara fisik, dan bisa juga karena tidak atau belum birahi sepenuhnya. Burung yang birahi, biasanya gacor sepanjang hari. Tentu dalam hal ini Anda harus mengusahakan bagaimana agar burung tersebut bisa birahi.

= Burung-burung muda juga punya kebiasaan hanya gacor pada waktu tertentu. Dengan demikian, ini hanya masalah waktu yang menuntut Anda untuk bersabar.

Murai batu Samkok3. Burung hanya gacor di tempat tertentu.
=
Burung yang hanya gacor di rumah tetapi tidak di arena lomba biasanya disebabkan oleh kondisi tidak fit atau bisa juga karena tidak terbiasa diadu dalam keramaian. Dengan demikian, perlu dilihat dan dikondisikan fisiknya sehingga benar-benar fit dan sementara itu juga dilatih secara rutin tetapi terukur kalau Anda memang pengin punya burung yang mau dan terbiasa gacor di arena lomba atau di keramaian.

= Burung yang hanya gacor di arena lomba tetapi tidak gacor di rumah. Burung seperti ini biasanya disebabkan oleh kondisi kurang birahi. Dalam kondisi seperti itu, burung hanya birahi ketika dirangsang oleh datangnya “musuh” atau “pesaing” yakni burung lain. Semetara kalau di rumah, di mana tidak ada musuh, dia tidak bersemangat untuk bersuara. Tingkatkan birahinya, itu salah satu kuncinya.

Namun demikian, ada juga burung yang memang sudah punya karakter seperti itu, yakni hanya mau bunyi kalau ada lawannya. Kalau sudah berbicara mengenai karakter, maka tidak ada obat apapun yang manjur.

Yang pasti, dalam kondisi seperti apa burung Anda saat ini, Anda tetap perlu membaca artikel  Rahasia Burung Jawara dan Hormon testosteron pemicu revolusi perawatan burung kicauan.

Oke? Salam!

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 271 comments

  1. sapto

    salam kenal om duto
    saya mau tanya… saya beli cendet gacor dr solo saya bawa ke smg..tiba2 sampai rumah cuma diem aja…gag mau bunyi blasss…dan skrng udah mabung n udah mau selesai mabung nya.. gimana om supaya cendet sy gacor lagi om….??

    om.. mau tanya? om duto rumah nya di ngabeyan ktosuro deket bengkel deket sarehan.. bener gak om…?
    klo saya rumah nya belakang polsek kts,,, salam kenal om…

    maaf ya om klo nanya nya kebanyakan…hehe…

  2. fajaru

    om mau tanya , saya punya kenari af, baru saya beli seminggu yang lalu ,,,ko suaranya cuma cuit..cuit..ter , and blom ngriwik…yang sy mau tanya umur ngriwik itu berapa bulan and mulai gacor umur berapa /

  3. mulyo

    aslm.sya ni pemula om tuk kelas AM,mau tanya nih,seminggu yg lalu sya beli AM ktnya sih jantan,msh muda usia sktr 10 bulanan dan udah mulai ngeriwik,tapi stlh sya beli hampir seminggu lebih di rumah gak da tanda2 bunyinya om,cm cit…cirr…tpi ga panjang.minta solusinya om…ma ksh.

  4. eko solo

    slam kenal om….
    sbagai pemula sy bingung jodohin kenari,bl dcmpur kayak brantem pdahal dah 2 minggu saya deketin kedua kenari ini tp jk dpsah saling bersuara kayak saling mencari psangannya,gman solusinya om?perlakuan pa yang bisa tuk mningkatkan birahi dan mnjodohkan keduanya

  5. yoyok

    maaf om mo tanya neh
    saya punya KC sebelum mabung dulu selalu gacor ga ada abisnya gandengannya ama MB, tapi sekarang setelah mabung selesai si KC gak mau bunyi blas… kira” kenapa ya om pakar mohon pencerahannya tp anehnya om saking capeknya saya coba trek ama KC temen yang udah gak karuan gacornya malah dia mau tancep ampe abis….gimana om cara ngembaliinnya biar main hariannya bagus,… dan treknya juga bagus….

    maaf klu kepanjangan …..
    terimakasih….

    1. ibnoe

      maaf om kicau,saya punya kacer poci,jarang bunyi tapi kalau mendengar suara kacer lain langsung saut-sautan mohon pencerahan……terima kasih

  6. didot

    bagaimana cara merawat anis merah supaya biar tetap gacor ? dan tidak ngriwik terus atau supaya mau dikaramba ?

    mohon bantuanya……..

    terima kasih

  7. Puput

    Om, saya mau tanya nih tentang artikel om di:

    http://omkicau.com/2009/02/04/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/

    Burung MB saya ternyata sedang mabung, saya mau coba tips dari om, yang saya mau tanyakan;

    1. Berapa suhu ruangan yang dibutuhkan MB pada saat mabung?
    2. Jika saya kasih kapur dan katul di bawah MB saya, tapi dengan komposisi katul/dedak-kapur-dedak lagi gmn om? apakah berpengaruh ke MB, maksud saya biar kapur tersebut tidak berpengaruh ke pernafasan saya.

    Thanks & Best regards

  8. Puput

    om sayamau tanya….
    1. Agar murai saya bisa tampil pada kontes yang banyak teriakannya, murai saya tidak mau bunyi jika diteriaki orang om….
    2. murai saya bunyi dan nembak2 jika dikontesin di lomba yang benar2 non-teriak, tapi masalahnya ada ngetemnya, bentar2 istirahat baru nembak lagi…

    Tolong om kicau kasih solusi. terima kasih

  9. Chamonk

    Om saya punya anis merah baru seminggu, kta yg punya y bru ngriwik doang . Mang bener tapi cuma mlm dan pagi doang, siang y aku gantung d bengkel tapi cuma bunyi criit criit doang. Trs g mna cara merawatnya spya bisa bunyi.? Brg nya dah jinak.

  10. bhayu

    om gmn ya,kok burung kacer dan kenari saya kok susah baget bunyi,,,hampir gak prnh bunyi,padahal makanan udah bagus,jemur jg…trus apa obatnya ya om,,,,,,mohon dibalas,,ok om

  11. deny

    aku pny anis merah yg tadinya gacor,skg g bunyi sama sekali.apa mau mabung,tp g ada yg rontok bulunya.kalo aku liat kyk drop.penanggulan gmn? trims n slm kenal

Komentar ditutup.