Burung kolibri harus konsumsi bahan pangan 5 kali berat badannya

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Burung colibri atau kolibri (Foto: http://www.shutterstock.com)

Banyak orang akan sepakat bahwa kolibri adalah salah satu jenis burung yang indah dan menarik. Burung kolibri ini masih banyak terdapat di berbagai pelosok Indonesia, termasuk di dekat rumah saya di Kartasura. Sayangnya, saat ini kolibri banyak diburu untuk diperjualbelikan untuk tujuan hobi dan lomba. Padahal burung ini bisa menjadikan halaman rumah atau kebun kita lebih asri ketika dia datang dan mencari madu di tetumbuhan dekat rumah.

Di beberapa negara Eropa, banyak orang menyediakan makanan untuk kolibri atau mereka sebut hummingbird di halaman belakang rumah. Dan hal ini pun bisa Anda lakukan.

Seperti Anda mungkin sudah tahu, mereka tidak makan biji seperti kebanyakan burung lainnya. Ada tiga cara yang berbeda yang dapat Anda lakukan untuk memberi makan kolibri: tanaman bunga dengan jenis yang tepat atau disukai burung di kebun Anda, membelikan pakan jadi, atau membuat sendiri.

Jika Anda punya kebun dan ingin menarik kedatangan kolibri, maka beberapa jenis tanaman yang baik untuk ditanam adalah jenis yang merambat berbau harum. Atau bahkan Anda bisa membuatkan wadah pakan untuk mencoba-coba siapa tahu kolibri mau mendkat ke wadah pakan yang Anda sediakan dan mau memakan/ meminumnya.

Makanan yang perlu Anda siapkan untuk kolibri adalah campuran air gula dengan perbandingan 1 bagian gula dan 4 bagian air. Didihkan saja air dan perlahan-lahan tambahkan gula. Biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dari kompor dan biarkan sampai dingin. Air gula seperti ini bisa disimpan di dalam lemari es.

Jangan tambahkan bahan makanan lain ke dalamnya, apalagi jenis-jenis larutan atau makanan berpewarna makanan. Ini tidak baik untuk burung. Juga jangan tambahkan pemanis lain. Pakai gula pasir biasa sudah cukup dan baik. Kalau Anda menggunakan madu, maka bisa terfermentasi dan tidak bagus untuk kolibri.

Jika Anda menggunakan feeder (wadah pakan burung untuk diberikan kepada burung-burung di kebun), pastikan Anda mencucinya setiap beberapa hari untuk mencegah tumbuhnya jamur. Jika Anda menciptakan kondisi yang tepat, maka Anda sudah menciptakan sebuah surga untuk burung yang indah itu.

Burung kecil yang kuat makan
Kolibri seperti ditulis di  http://www.for-the-birds.info, termasuk burung yang menghabiskan jumlah energi yang luar biasa setiap hari. Kolibri yang sangat kecil, biasanya dengan berat antara 3 dan 7 gram, tetapi energi yang mereka butuhkan untuk hidup cukup besar.

Hal ini karena tingkat aktivitas mereka sangat tinggi, dan jam biologis mereka berjalan sangat cepat. Laju denyut jantung dalam kolibri terbang dapat mencapai hingga lebih dari 1200 kali per menit.

Dan inilah mengapa mereka harus makan sangat sering, terbang dari bunga ke bunga mengumpulkan nektar, yang merupakan sumber utama energi mereka. Di samping mengandung air, nektar juga mengandung sukrosa, glukosa dan fruktosa, yang semuanya adalah bentuk berbeda dari gula. Jadi kalau Anda mau memberikan makanan yang tepat untuk kolibri adalah air gula, bentuk makanan yang paling dekat dengan jenis pakan harian mereka.

Kolibri adalah pemakan yang rakus, dan mereka harus makan antara 5 sampai 14 kali setiap jam. Kapasitas perut mereka kecil, dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus. Itulah sebabnya mengapa mereka harus makan sangat sering agar tidak kelaparan.

Pada suatu waktu tertentu selama periode aktivitas mereka, burung ini sangat dekat kematian jik mereka mengalami kelaparan. Jadi persoalan makanan adalah masalah kelangsungan hidup utama bagi mereka, terutama dalam masa sekarang di mana hutan beton terus bertumbuhan memusnahkan hutan, pohon-pohon dan bunga.

Manusia biasanya makan sekitar 2% hingga 4% dari berat badan mereka sendiri setiap hari. Bandingkan dengan makan dari burung kolibri, yang dalam keadaan normal harus makan lebih dari 500% berat badan sendiri setiap hari hanya untuk bisa bertahan hidup. Untuk alasan ini, memberikan energi yang tinggi berupa air gula dalam makanan mereka adalah salah satu hal terbaik.
Salam lestari burung Kolibri….
Om Kicau

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.939 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: