Burung, sejarah dan kontroversinya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tulisan berikut ini sekadar referensi dan merupakan terjemahan bebas dari “Bird” di Wikipedia-ensiklopedia, dengan fasilitas translate google dan melalui editing ala kadarnya. Pada bagian tengah tulisan ini yang dimulai dengan sub judul “Kontroversi Teori Evolusi dan Harun Yahya”, berasal dari sumber yang berbeda. Sedangkan pada tulisan berikutnya, dimulai dengan sub judul “Orde Burung modern: Klasifikasi”, belum dilakukan editing dan merupakan terjemahan murni dengan google tool dari tema “Bird” pada wikipidia versi bahasa Inggris.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

External anatomy of a bird: 1 Beak, 2 Head, 3 Iris, 4 Pupil, 5 Mantle, 6 Lesser coverts, 7 Scapulars, 8 Median coverts, 9 Tertials, 10 Rump, 11 Primaries, 12 Vent, 13 Thigh, 14 Tibio-tarsal articulation, 15 Tarsus, 16 Foot, 17 Tibia, 18 Belly, 19 Flanks, 20 Breast, 21 Throat, 22 Wattle

Burung (kelas Aves) adalah binatang bersayap, berkaki dua, endotermik (berdarah panas), bertelur, dan merupakan hewan vertebrata. Ada sekitar 10.000 spesies yang hidup di dunia, menjadikan mereka sebagai hewan vertebrata tetrapod yang paling banyak. Burung mendiami ekosistem di seluruh dunia, dari Kutub Utara ke Antartika. Saat ini masih ditemukan burung berukuran dari 5 cm (2 inci) yakni Bee Hummingbird (kolibri lebah) dan berukuran 3 m (10 kaki) yakni Ostrich.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Catatan fosil menunjukkan burung berevolusi dari dinosaurus theropoda selama periode Jurassic, sekitar 150-200 juta tahun yang lalu, dan burung diketahui paling awal adalah Archaeopteryx pada periode akhir era Jurasik, sekitar masa 150-145 juta tahun lalu. Kebanyakan ahli paleontologi menganggap burung sebagai satu-satunya clade dinosaurus yang selamat dari kepunahan pada jaman Cretaceous-Tersier sekitar 65,5 juta tahun lalu.

Burung modern dicirikan oleh adanya bulu, paruh tanpa gigi, telur bercangkang keras, tingkat metabolisme yang tinggi, memiliki empat bilik jantung, dan tubuh yang ringan tapi berkarangka kuat. Semua burung memiliki forelimbs yang diubah fungsi sebagai sayap dan dapat terbang dengan beberapa pengecualian termasuk ratites, penguin, dan sejumlah spesies endemik berbagai tempat di dunia. Burung juga memiliki pencernaan yang unik dan sistem pernapasan yang disesuaikan untuk kegiatan terbang. Beberapa jenis burung, terutama corvids dan beo, adalah salah satu spesies hewan paling cerdas; beberapa jenis burung yang telah diamati manufaktur dan menggunakan alat-alat, dan banyak spesies sosial budaya menunjukkan transmisi pengetahuan di seluruh generasi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Banyak spesies burung melakukan migrasi tahunan jarak jauh, dan sebagian lainnya melakukan perjalanan yang tidak teratur dengan jarak lebih pendek. Burung bersifat sosial, mereka berkomunikasi menggunakan sinyal visual dan melalui panggilan dan lagu, dan berpartisipasi dalam perilaku sosial termasuk membuat koloni untuk berkembang biak, berburu, berkelompok, dan menghindarkan diri dari predator atau hewan pemangsa. Sebagian besar spesies burung secara sosial monogami, biasanya untuk satu musim kawin pada satu waktu, kadang-kadang selama bertahun-tahun, tapi jarang sekali untuk seumur hidup. Pada perkembangbiakan spesies tertentu memiliki sistem poligini ( “banyak betina”) dan jarang polyandrous ( “banyak pejantan”). Telur biasanya diletakkan di dalam sarang dan diinkubasi oleh induk. Kebanyakan burung menjalani periode pengasuhan setelah menetaskan anak.

Banyak spesies yang memiliki nilai ekonomi (bagi manusia), terutama sebagai sumber pangan yang diperoleh melalui berburu atau beternak. Beberapa spesies, khususnya burung penyanyi dan beo, populer sebagai hewan peliharaan. Kegunaan lain dari burung bagi manusia adalah menghasilkan guano (kotoran) untuk digunakan sebagai pupuk. Burung sangat berperan dalam semua aspek kebudayaan manusia yang tergambar dari riwayat (kitab) agama, puisi sampai ke musik populer. Sekitar 120-130 spesies burung telah punah sebagai akibat dari aktivitas manusia sejak abad ke-17, dan ratusan lagi sebelum jaman itu. Saat ini sekitar 1.200 jenis burung terancam punah oleh kegiatan manusia, meskipun ada pula upaya yang dilakukan untuk melindungi kelestarian mereka. Berlanjut ke halaman 2.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.