Lagi, beda anis merah jantan-betina dan foto-foto anis merah trotolan Om Jayanz

Dalam berbagai kesempatan selalu saja muncul perbincangan tentang bentuk tubuh atau tanda-tanda fisik yang terlihat dari anis merah sebagai penanda jenis kelamin. Perbincangan terakhir adalah di dalam pesan facebook.com antara saya dan om-om Jayanz Suwitra, Arda Primanto Masdani, Badai Anis Merah Teler, Yogi Sugiono, Anis Merah Satu, dan Om Ebonk Doank.

Pertanyaan kali pertama dilontarkan Om Ebonk Doang “apa jenis kelamin anis merah ini” dengan mengirim foto seperti di bawah ini:

Anis merah Om Ebonk

Om Badai Anis Merah Teler  membalas pertanyaan itu dengan mengatakan harusnya sudah mulai bunyi Mas tapi ada AM yang telat bunyi, sekali bunyi langsung ngeplong. Paruhnya bagus volume pasti kenceng, matanya juga bagus sayang kaki tidak item. AM susah ditebak Mas yang sabar saja yang penting diurus.

Om Arda pun menimpali, “Sampai sekarang setahu ane belum ada metode yang akurat utk menentukan kelamin AM jika sudah merah. Asal tidak aktif ngeleper, sabar aja ngerawatnya.”

Komentar itu disusul komentar Om Jayanz: “Setuju Om, rawatlah dulu dengan maksimal, jika anis merahnya cowok, pasti dengan kondisi yang sangat fit dia akan mau ngeplong-ngeplong.

Saya tidak berkomentar karena saya sepenuhnya setuju dengan dengan tanggapan-tanggapan di atas. Memang banyak sekali “mitos” yang menyebutkan bahwa ciri fisik tertentu adalah menandakan jenis kelamin anis merah. Semua itu sudah saya tulis komplit di artikel berjudul “Perbedaan burung jantan dan betina” dan Road to Bali 3: Beda Anis merah jantan dan betina.

Dalam kasus anis merah sudah dewasa, kita sangat sulit menentukan jenis kelamin anis merah. Yang bisa menentukan kadang malah feeling kita. Dan semuanya didasarkan pada “jam terbang” kita.

Om Arda misalnya, dia akan mudah bilang ini jantan atau ini betina karena pengalamannya dalam melihat postur burung dengan proporsi tertentu (proporsi adalah “perbandingan” antara bentuk dan besaran bagian tubuh tertentu dengan bentuk dan besaran tubuh tertentu lainnya; dan bukan besaran satu bagian tubuh tertentu saja, misalnya ya hidung menyerupai canary seed dsb itu).

Tetapi coba tanyakan, mengenai ciri-ciri yang Om Arda gunakan sebagai patokan menentukan jantan atau betina, maka dipastikan Om Arda tidak bisa menjelaskannya secara rinci. Mengapa? Ilmu yang belum “terkodifikasikan” di dalam pemikiran Om Arda memang tidak bisa diomongkan/didefinisikan secara pasti melalui tuturan kata-kata. Maka singkat kata, kalau ditanya mengapa bisa mengatakan jantan atau betina, Om Arda hanya akan bilang, “Ya feeling aja sih.”

Kalaupun dikejar lebih jauh, ya bisa saja bilang “kakinya terlihat panjang, hidungnya mancung, kulitnya putih dsb,” hehe. Nah, dalam kaitan inilah meskipun secara sekilas lihat mungkin Om Arda sudah bisa mengatakan apakah burung tertentu itu jantan atau betina, tetapi karena semua berkaitan dengan masalah “ukuran” yang relatif, lebih baik Om Arda tidak menyampaikannya karena hanya akan membuat orang lain bingung atau akan menimbulkan kontroversi.

Kalau memang ingin memastikan apakah burung monomorphic tertentu itu jantan atau betina, kalau “feeling-nya” belum jalan yang bisa dijadikan pegangan ya langsung pegang itu burung.  Untuk burung dewasa, kalau dua supit urangnya keras dan sela di antara dua supit urang tidak bisa direngganggkan, berarti jantan. Kalau bisa direnggangkan, berarti betina.

Beda anis merah trotolan jantan dan betina

Mumpung berbicara tentang jenis kelamin anis merah, kiranya perlu saya sharing tulisan Om Jayanz Suwitra di Forum kicaumania.or.id (jangan lupa gabung di forum ini ya…).  Om Jayanz yang juga yang moderator anis merah dan jenis anis lainnya di forum KM itu menulis artikel berjudul Cara Membedakan Trotolan AM Jantan/Betina.

Untuk menanggapi pertanyaan yang sering muncul di Forum AM ini, dan sekaligus sebagai PR buat saya, sekarang saya akan mengulasnya lebih jauh lagi dan lengkap dengan fotonya.

Seperti yang pernah saya ulas sebelumnya, untuk membedakan trotolan AM jantan/betina, cara yang paling gampang untuk membedakannya ialah melalui warna sayapnya.

Untuk yang Betina
Trotolan AM betina biasanya warna sayapnya agak kusam, dan ada warna-warna kuning di bagian sayapnya. Warna-warna kuning ini terdapat pada bulu sayap dari yang paling kecil sampai yang paling besar, biasanya jumlah warna kuning pada sayapnya sebanyak 5-6 helai.

Contoh 1: Trotolan AM betina dalam posisi sayap terbuka (Foto: Jayanz)

Contoh 2: Trotolan AM betina dalam posisi sayap terbuka (Foto: Jayanz)

Trotolan AM betina dalam posisi sayap tertutup (Foto: Jayanz)

Cewek anis merah yang warna kuning di sayapnya agak samar2, dan Hampir Kamera saya tidak bisa menangkap warna kuning tersebut. Padahal kamera yang digunakan Om Jayanz berkekuatan 8MP dan cuaca saat itu agak sedikit mendung. Coba perhatikan warna kuning2 di pingir-pinggir sayapnya, warna kuningnya agak samar2. (Foto: Jayanz)

FOTO ANIS MERAH TROTOLAN JANTAN

Trotolan anis merah jantan sayap terbuka (Foto: Jayanz)

Trotolan anis merah jantan sayap tertutup (Foto: Jayanz)

FOTO ANIS MERAH BETINA YANG DISEMIR AGAR TERLIHAT SEPERTI JANTAN

Trotolan AM Betina yang disulap menjadi AM Jantan alias disemir (Foto: Jayanz)

Kalau kita perhatikan gambar yang di atas ini, warna bulu-bulunya memang agak sedikit kusam, kelihatan seperti trotolan AM yang habis mandi. Padahal yang menyebabkan bulunya jadi kusam karena trotolan tersebut disemir pake semir rambut. Jika kita sudah berpengalaman, hal-hal yang seperti ini tetap saja kelihatan karena sangatlah gampang untuk membedakan antara trotolan yang disemir dan yang orisinil. Coba aja perhatikan foto-foto yang di atas, warnanya beda kan?

Untuk membedakan trotolan AM jantan/betina dengan melihat warna di sayapnya, cara ini hanya bisa kita bedakan di saat trotolan tersebut masih ada bulu-bulu trotolnya kira-kira umur di bawah 3 bulan. Jika sudah ganti bulu dewasa atau dah full merah, kita jadi sulit untuk mebedakannya.
Untuk yang betina: Warna kuning pada bagian sayapnya akan hilang secara perlahan-lahan dan warna sayapnya jadi hitam polos. Untuk yang jantan warna sayapnya akan semakin mengkilap dan terkadang jika sudah birahi, anis merah trotolan tersebut akan mulai ngeplong.

Ya demikianlah paparan tentang beda jenis kelamin anis merah. Semoga bermanfaat.(Om Kicau)


Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

89 pemikiran pada “Lagi, beda anis merah jantan-betina dan foto-foto anis merah trotolan Om Jayanz

  1. om mau tanya tentang AK trotol apa pangkal lidah bagian dalam berwarna hitam juga. saya pernah lihat anis macan emang berwarna hitam pangkal lidahnya. kalau AK dewasa juga berwarna hitam yang co terima kasih

  2. Selamat gini hari Om..semoga Om selalu diberikan kesehatan…saya sangat pemula tentang AM, rasa2nya kepingin sekali punya AM. tetapi budget saya terbatas, hanya bisa beli trotolan. tapi, teman2 menyarankan jangan beli trotolan, apalagi di pasar2 burung biasa,bisa2 ketipu beli AM ce. saya minta saran saja,sebaiknya lebih baik mana antara beli trotol tapi sudah jamin co (versi pasar burung), atau beli yg sudah ngeplong walau belum teler dengan resiko macet karena saya belum tau rawatan harian AM. Terima kasih sebelumnya, semoga Om selalu diberikan berkah pada setiap langkah.

    salam kicau

    • Cari teman dekat yang hobi burung dan paham burung Om.
      Secara umum, survei dulu ke pasar terdekat dan sering2n saja main ke sana untuk kenal secara dekat dengan penjual yang mau memberi jaminan jantan dan kalau terbukti betina bisa dikembalikan lagi dengan tukar jantan yang seusai burung yang kita kembalikan.
      Yang penting ada komitmen dari dia dan tanya juga ke teman2 lain yang sering ke pasar burung, pedagang mana lengganan mereka yang bisa dipercaya.
      Begitu Om.
      Terima kasih atas doanya.
      Salam.

  3. OM SAYA PUNYA AK TROTOL BUKA NUTUP PARUHNYA SEBERAPA LEBAR DAN SEBERAPA CEPAT SESUAI LAGU NGRIWIKNYA. PUNYA SAYA TEMPO BUKA TUTUP PARUHNYA LAMA SEDANG NGERIWIKNYA CEPAT. APA JANTAN JUGA GLEMBUNGKAN LEHER JUGA KALAU NGRIWIK. TOLONG DI JAWAB OM YA? TRIM’S

  4. @OM Ali:

    sama-sama om,sepertinya untuk membedakan jenis kelamin trotolan AK (Anis Kembang) sangat berbeda dengan metode yang saya gunakan untuk Anis merah,karena jika saya perhatikan warna sayap AK baik yang jantan/betina sama2 memiliki semburat2 kuning pada bagian sayapnya.

    Trims

  5. kepada saudara Ronny,

    terima kasih atas infonya. Jadi maksud bung Ronny kalau punglor kembang Jantan dilihat juga dari warna sayapnya seperti yang ada pada punglor merah yang telah dijelaskan oleh Om Kicau?.

  6. Maaf bagi Om para master, saya wayan dari Bali. tapi ternyata nggak semua lho seperti itu saya dapat 2 ekor dalam satu sarang dari petani dan kedua2 na bulu sayap persis sprt di foto tapi setelah saya perhatikan dari suara waktu ngeloloh kok yang satuna keras dan serak bukan bening, karena bodyna bagus saya keep dan 7 bln kemudian kok teler doyong habis dan laku 2 jtan

  7. salam kenal Om Kicau dan Jayanz,

    Wah….keterangan anda sangat bermanfaat bagi saya untuk burung anis, khususnya penggemar anis merah trotolan yang dimana saya biasanya beli dengan sistem gambling dan pada umumnya saya tertipu. Saya ingin menanyakan mengenai anis kembang trotolan jantan dan anis kembang betina dilihat dari bentuk fisiknya atau warna bulu( seperti yang anda terangkan pada anis merah). Terima kasih banyak.

      • hallo Pak Ronny,

        salam kenal pak. Apa iya yang bapak beri informasi mengenai trotolan anis kembang itu juga dilihat bulu sayapnya seperti anis merah?. Kalau iya, tolong dijelaskan pak karena saya sering beli trotolan, tapi nggak pernah jadi waktu dewasanya, cuman ngeriwik pelan aja. Terima kasih.

  8. Om, sedikit masukan soal hasil photonya…mungkin perlu disesuaikan (saya ga ngerti istilah pastinya utk photografi) cuman dari photonya tambak backgroundnya yang jelas sedang Objek (burung) nge blur, fokusnya mungkin perlu disesuaikan Saya yakin akan lebih jelas. Soalnya dengan kondisi blur saya sulit membedakan warnanya. Terimakasih

  9. Waaah, ternyata ada diskusi antara para master AM (Jayanz Suwitra, Arda Primanto Masdani, Badai Anis Merah Teler, Yogi Sugiono, Anis Merah Satu, dan Om Ebonk Doank) dengan Om Duto alias Om Kicau sebagai Super Moderator nya…
    Hmmmm.gk kbayang gmn serunya diskusi tersebut:)
    SUKSES selalu Om Duto.
    Wassalam…

  10. tanya om…. apakah benar kata om duto AM trotolan di lihat dari paruh dibuka lidah pangkal warna hitam itu jantan… trimakasih om… salam kicau mania….

  11. Bli Jayanz,
    Salam kenal
    Kebetulan saya baru ambil sebulan lalu dari teman di daerah Madenan Buleleng 2 AM, yang satu kaki hitam pekat dan ciri fisik dan kelakuannya saya yakin ini AM Jantan.
    tapi setelah baca thread ini dan di perhatiian warna kuning ada cuman 1 di ujung bulu sayap yang paling kecil apa juga di ragukan jenis jantannya? Pls comment … AM umur kira2 sekarang 2-3 bulanan dan nggak pernah ngeleper …
    rgds,
    Ary KT

  12. Untuk lebih jelas lagi, tolong kasih lingkaran pada daerah sayap yang berwarna kuning (untuk yang jenis betina). Makasih Om atas perhatiannya.

  13. @ Om Agung:

    Coba Om perhatikan secara seksama poto2 trotolan AM cewek diatas,jika yang cewek warna kuning2 disekitaran bulu sayap besarnya sangat jelas sekali kelihatan.

    dan untuk yang Cowok
    Warna sayapnya agak hitam mengkilap dan warna sayapnya tidak ada semburat kuning2nya.

    Salam Jayanz

    • Anakan anis kembang bisa dilihat dari cara ngeriwiknya. Kalau anis kembang jantan pas ngeriwik, meski ngeriwiknya terdengar pelan, selama ngeriwik akan dibarengi dengan membuka nutup paruh. Sedangkan betina, meski terdengar keras ngeriwiknya, dia hanya menggelembung2kan leher.

  14. Om ko slit ya bdainya jantan sma btina di syapnya sma2 pnya wrna kuning jntan sma btina.om mksih ya dah mau mantau prkembangan jadwal ltihan latberan ponorogo.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s