Warna anakan kenari hasil silangan

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Foto ilustrasi dari http://prasetya.brawijaya.ac.id

Di halaman Hobi Burung Kicauan dan Penangkaran, Om Sahbudin Nyanyang bertanya apa bisa kenari abu-abu dikawinkan dengan kenari kuning, dan bagaimana anakannya? Pertanyaan ini dijawab "bisa" oleh Om Irvan Sadewa, salah satu admin halaman tersebut. Bagaimana penjelasannya?

Seekor burung Kenari terdiri dari 42 kromosom. 21 kromosom berasal dari induk jantan dan 21 kromosom lainnya berasal dari induk betina.Kromosom ini membawa kode-kode gen informasi dari masing-masing induk, seperti jenis, warna, karakter lagu, karakter dasar, postur, bentuk dan lain-lain....


Di samping itu juga dalam dunia breeeding, kita mengenal hukum Mendle yang memungkinkan adanya banyak variasi keturunan karena suatu sifat yang menonjol atau tidak tampak, misalnya:
1. Dominan,
2. Intermedier
3. Resesif

Menjawab pertanyaan om Sahbudin Nyanyang di atas, apabila burung kenari berwarna abu-abu dikawinkan dengan burung kenari berwarna kuning akan menghasilkan kenari berwarna apa?
Ini akan menghasilkan warna yang sulit ditebak, karena di dunia burung kenari kita mengenal juga faktor warna lipochrome dan warna melanin. Di samping faktor hukum Mendle yang disebutkan di atas.
Bisa jadi hasil keturunannya akan berwarna:
1. Kuning (Lipochrome dominan atau Berlaku hukum Mendle)
2. Bon Kuning (Berlaku hukum Mendle)
3. Bon Hijau (Berlaku hukum Mendle)
4. Putih (Berlaku hukum Mendle)
5. Issabel (Berlaku hukum Mendle)
6. Mozaik (Berlaku hukum Mendle)
7. Abu-abu (Melanin atau Berlaku hukum Mendle)
8. Mutasi menjadi warna yang baru
9. Dan lain-lain.
Inilah daya tarik tersendiri dari breeding burung Kenari, karena kita tidak bisa menebak dengan pasti bagaimana warna dari anak keturunannya. (Irvan Sadewa)

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 157.904 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: