Mengatasi burung sesak nafas dan gejala sakit lainnya

Banyak sekali penghobi burung yang mendapatkan burung kesayangan mereka sesak nafas. Tanda-tanda lain yang biasa menyertai sesak nafas adalah burung seperti kedinginan, suara parau atau bahkan hilang, paruh banyak terbuka, ditambah bersin-bersin dan tidak lahap makan tetapi banyak minum. Dalam kondisi seperti ini, jika penanganan tidak benar, seringkali membawa kematian pada si burung. Dalam kondisi seperti ini pula, ada penghobi yang memberikan cairan madu, air gula dan sebagainya. Namun burung tidak membaik atau sembuh, bahkan mati.

Hal ini pernah pula ditanyakan seorang penghobi burung kepada Drh Dharmojono seperti termuat dalam buku “Aneka Permasalahan Burung dan Ayam Hias” (terbitan Penebar Swadaya). Si dokter hewan senior ini menjawab bahwa beliau tidak bisa menentukan secara persis penyebab burung sesak nafas karena diperlukan pengujian-pengujian seperti ingus, feses dan otopsi. Namun demikian, berdasar tanda-tanda yang diceritakan pemilik burung, dokter hewan mengatakan ada kemungkinan burung terkena psitacosis atau bronchitis infeksiosa (radang saluran nafas) atau bisa juga asma paru (asthma bronchiale). Kedua penyakit pertama menular sedangkan yang ketiga tidak menular karena hanya karena alergi.

tanda penyakitJika burung Anda mengalami hal seperti itu, maka coba perhatikan lingkungan Anda akhir-akhir ini, hujan deras, angin kencang, ada renovasi bangunan sehingga banyak debu dan cat, mandi atau dimandikan secara berlama-lama (tidak segera dikeringkan), keadaan udara pengap atau atau panas, serta kurungan digantang terlalu dekat dengan atap dan sebagainya. Semua hal tersebut dapat menyebabkan stres yang kebetulan diperlihatkan sebagai asma.

Dalam kondisi seperti ini, pemberian madu dan sebagainya memang tidak salah karena madu mengandung banyak energi, vitamin dan mineral serta mudah dicerna. Hanya penanganan salah menyebabkan burung mati. Penanganan salah bisa dalam cara memegang burung dan bisa juga waktu pemberiannya. Dalam keadaan susah bernafas, apabila bagian dada didekap atau digenggam, maka kesulitan bernafas akan semakin parah. Di dalam mulut atau jalan nafasnya mungkin terdapat lendir yang menghambat jalan nafasnya.

Dalam keadaan seperti ini, apabila ditetesi madu atau cairan lain yang kental, akan menambah hambatan dalam mulut dan jalan pernafasan. Dengan demikian akan lebih baik jika dilakukan tindakan sebagai berikut:

1. Tutup kurungan pada 3 sisi dengan kain atau kertas koran sebagai selimut untuk melindungi dari angin dan udara dingin. Hangatkan lingkungan dengan lampu atau penghangat ruangan sehingga suhu berada sekitar 32-35 derajat celsius.

2. Ambil cawan berisi air hangat danl letakkan cawan tersebut di sisi kurungan yang tidak tertutup. Tambahkan minyak angin (Eucalyptus oil) ke dalam cawan atau bisa juga memakai Vicks agar uapnya terhisap oleh burung sehingga terjadi pemekaran (dilatasi) saluran nafas.

3. Setelah gejala susah nafas hilang, hisap lendir di celah mulut dan palatumnya (celah di atas mulut) dengan menggunakan kapas (cotton bud, dsb) yang steril, juga di bagian lubang hidung (mostril). Setelah itu baru teteskan madu atau air oralit sehingga burung mendapatkan energi.

Pengobatan

Begitu gejala sakit terlihat, harus segera ditangani

Begitu gejala sakit terlihat, harus segera ditangani

Pengobatan burung sakit dengan gejala sesak nafas dan sebagainya memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu mendatangi dokter hewan. Namun jika memang tidak ada dokter hewan di sekitar Anda, minimal harus dilakukan sejumlah penanganan sesuai sakitnya. Celakanya memang, hampir semua penyakit burung mempunyai gejala-gejala klinis yang sangat mirip atau tidak bersifat khas. Penentuan penyakit yang pasti hanya dapat ditentukan melalui pemeriksaan laboratorium.

Oke… kalau tidak ada dokter hewan juga tidak ada laboratorium, maka yang perlu Anda lakukan adalah memberikan antibiotik. Lantas antibiotik seperti apa yang harus kita berikan?

Sebelum saya berbicara mengenai antibiotik, mohon Anda memahami dulu tulisan saya sebelumnya tentang Ketika antibiotik pun angkat tangan hadapi penyakit burung, Anda mau bilang apa? Dengan membaca artikel itu, Anda bisa mengetahui seberapa jauh manfaat atau efek antibiotik dalam mengatasi burung sakit.

Kalau Anda sedang ogah membacanya, ya saya sebutkan saja langsung antibiotik yang biasanya mudah didapat di manapun dan persiapan umum menangani burung sakit:

1. Isosalikan burung. Lakukan tindakan sanitasi dan higiene kandang serta peralatannya untuk menghindari berulangnya infeksi kuman.

2. Dalam minuman atau makanan bubuhkan BirdBlown atau BirdTwitter selama 7-10 hari, dengan dosis dan cara pemakaiannya mengikuti petunjuk pemakaian obat yang Anda pakai.

3. Tambahkan vitamin dan mineral dalam makanan atau air minumnya (misalnya BirdVit).

Jika tindakan tersebut sudah Anda lakukan tetapi burung Anda tidak tertolong, maka kita harus merelakannya. Yang penting kita sudah melakukan hal terbaik untuk burung-burung kita.

Salam sehat burung Indonesia.

Tulisan terkait

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 30 comments

  1. ilham yogja

    Paaagiiii ooooommm,,,,,,,,,
    Salam kicau mania,,,,,,,,,,!!!!!!
    Sebelumnya mohon maaf om,,,
    Saya mohon petunjuknya,,
    Begini om,,,kenari pejantan saya sepertinya paruh yg bagian atas rusak om,,bentuknya seperti kuku pada manusia yg mau terkelupas dan warnanya pun agak merah kehitam hitaman,,tidak seperti paruh yg bawah berwarna cerah halnya kenari lain om
    Apakah kenari juga mengalami pergantian paruh/memperbarui paruhnya sehingga paruh lama terganti oleh yg baru,,
    Jika tidak,,bagaimana cara mengobati dan apa nama obatnya om,,
    Maklum,,soalnya saya pemula di dunia kenari om,,terimakasih dan salam kicau mania,,smoga ∫üƙşëş ∫èƖάƖü!! ,,,,,

  2. idhi

    om saya baru beli burung kolibri ninja kemudian saya taruh dikurungan yang baru 1 hari dicat, ahirnya ke esokan harinya burung saya lemas dan kayaknya tidak akan bertahan lama
    bagamana cara menanganinya dan bagaimana cara mengobatinya ya om
    makasih atas bantuannya

    1. redaksiomkicau

      kemungkinan kena bau cat dan thinner, segera pindahkan ke sangkar lain berikan asupan madu murni. lain kali sangkar yang baru dicat keringkan dulu 3-4 hari dan cuci dengan air bersih untuk menghilangkan aroma cat dan thinernya.

  3. arief

    om minta pencerahannya. Kalau kenari suara serak trus kalau dimsukkan kandang besar engos-engosan. Itu bisa disembuhkan gak om. Dan apa obatnya,..terimakasih sblmnya

  4. ronaldy

    Salam Kicau Mania,, saya dikasih teman, MB dengan kondisi habis berantem sama tikus.. burung tidak terluka parah, namun sering gemeter dan kondisi berdiri agak miring kekiri ( kondisi kaki kiri normal, kaki kanan yang terserang tikus. ) saya sudah melakukan perawatan kroto pagi sore, sudah diolesi minyak tawon dikaki yang terluka, dan terakhir saya coba gunakan Super N ( maaf sebut merk ) namun kondisi burung masih gemeter.. mohon pencerahan. Salam kenal. THX

    1. redaksiomkicau

      kemungkinan mb masih stress om, coba full krodong gantang ditempat aman periksa apakah ada bagian yang bengkak pada paha atau sekitar kaki. untuk pemulihan stress bisa gunakan birdvit om.

  5. mohammad reza ali

    Selamat Pagi menjelang siang..
    Saya Reza seorang wartawan di tabloid Agronomic. Saya ingin meminta izin kepada bapak untuk menulis tips dan saran dalam merawat burung.
    mohon bantuannya pak

  6. om harno

    mau nanya om, akhir2 ini indukan murai saya banyak yang tidak menetas, apakah hal tersebut karena pengaruh cuaca panas atau hal lain, perlu om duto ketahui bahwa murai jantan saya apabila akan kawin bulunya mengkorok (kata orang over birahi) yang saya tanyakan …………..bagaimana hasil dari telurnya nanti apabila pada saat kawin jantanya selalu mengkorok (over birahi), mhn pencerahan dan trims sebelumnya

  7. white hair

    Om lha kalau megap2nya/ buka paruhnya sering seperti burung kepanasan atau kecapaian, dan tidak mengeluarkan lendir tuh kenapa ya ??? Kadang2 mengeluarkan suara ngik…ngik pada kenari.???? Makasih om.

  8. yola

    wah, membantu skali sarannya..cmn saya masi agak binggung..
    saya pnya burung kakatua, dia muntah” dan td pas saya perhatiin lobang hidungnya salah satunya sepertinya kesumbat..
    harus bagaimana yah??

    regards,
    yola

  9. sofyan

    Akhirnya apa yang menjadi kendala dalam beternak kenari selama ini terpecahkan juga hehe…. terimakasih om atas pencerahannya… sebagai informasi kandang ternak kenari (kandang soliter) saya tempatkan deket plafon dengan harapan indukannya bisa mengeram dan mengasuh anak dengan tenang, kejadian yang saya temukan sering terjadi indukan pada saat ngeram mati mendadak dengan ciri-ciri patuknya kehitaman seperti tidak bisa bernapas, mungkin akibat dari posisi kandang terlalu dekat dengan plafon gambar bisa dilihat di link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/07/13/pengalaman-ternak-burung-kenari , sekali lagi saya haturkan terimakasih atas pencerahannya…

    salam
    sofyan

    http://burungkenari.wordpress.com

    the colour full and beautiful song

Komentar ditutup.