Mengatasi cacar, benjolan seperti kutil dan tumor pada burung dan merpati

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Benjolan seperti daging tumbuh, baik besar atau kecil, kasar (berkeropeng) maupun halus, sering kita jumpai pada bagian tubuh burung dan merpati. Kalau Anda menemui hal seperti, baik di ruas kaki, muka, dekat paruh, dan beberapa bagian lain yang terbuka, atau bahkan di dalam mulut burung, tidak perlu panik meski harus segera melakukan tindakan pengobatan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pada burung kenari misalnya, sering tumbuh daging sebesar jewawut di sekitar paruh dan atau sekitar matanya. Pada burung merpati misalnya, sering kita jumpai bejolan daging tumbuh di dekat dubur, di sekitar paruh bahkan di dalam mulutnya.

Cacar

Untuk benjolan kecil seperti yang tumbuh pada burung kenari, itulah yang sering disebut pox (cacar burung). Karena tumbuh di kenari, maka disebut canary pox. Kalau dia tumbuh pada burung merpati, disebut pigeon pox. Gejala lain yang muncul bisa berupa kutil di sudut mulut dan kaki, tetapi paling fatal akibatnya adalah jika tumbuh di saluran pernafasan (dipteri).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penyakit ini disebabkan oleh virus cacar (avian poxvirus).

Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan hal-hal  sebagai berikut:

1. Karena canary pox disebabkan oleh virus dan dapat ditularkan oleh nyamuk, maka kurungan perlu diselimuti dan diisolasi.

2. Olesi benjolan-benjolan tersebut dengan BirdCream sehari sekali selama sepakan.

Tumor

Ada juga benjolan, bahkan bisa berada di dalam mulut, yang bukan disebabkan oleh cacar, tetapi oleh adanya papilomatosis atau tumor tidak ganas pada kulit. Pada kasus lain, bisa jadi itu disebabkan oleh adanya infeksi sejenis jamur yang disebut Candida albicans.

Potongan hasil operasi papilomatosis. Foto dari www.myoops.org.

Dalam kasus-kasus tersebut,  perlu dilakukan:

1. Bagian yang mati atau membusuk dipotong (hati-hati apabila ada pendarahan), kemudian ditotol-totol dengan BirdCream. Lakukan pengolesan setiap hari sampai sembuh.

2. Bila luka ada di dalam mulut, berikan obat BirdBlown. BirdBlown adalah anti parasit dalam bentuk powder untuk dijadikan larutan oral dengan fungsi menghilangkan sesak nafas pada burung, gejala snot (mata bengkak) dan gangguan pencernaan akibat airsac mite (kutu kantung udara) dan parasit lain serta bakteri yang menyerang saluran pernafasan dan/atau alat pencernaan burung serta bagian dalam mulut.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

3. Burung sebaiknya dipisahkan untuk keperluan perawatan dan pemberian pakan bergizi baik, dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Jika burung kesulitan makan, maka pakan bisa kita lolohkan.

Candida Albicans

Seperti disebutkan di atas, infeksi pada mulut atau juga saluran pencernaan lain hingga sampai dubur, bisa disebabkan oleh adanya infeksi Candida Albicans. Candida albicans adalah jamur yang biasa tumbuh pada lingkungan yang memungkinkan dan pada burung bisa mempengaruhi saluran pencernaan.

Saluran pencernaan, daerah rawan serangan candida albicans.

Seperti disebutkan dalam pethealthna.lifelearn.com, hal itu merupakan penyebab umum dari apa yang disebut “sour crop” atau “crop infection” (ingluvitis), terutama pada burung muda. Penyebaran bisa melalui burung dewasa, air, lingkungan yang terkontaminasi dan tangan manusia yang memberikan pakan. Bahkan pemelihara burung, bisa sudah terinfeksi jamur ini, yang dikenal sebagai infeksi ragi atau jamur.

Candida dapat menjadi penyebab primer atau sekunder dari terjadinya infeksi. Candida dalam jumlah kecil, biasanya dianggap sebagai penghuni umum/normal pada saluran pencernaan burung. Gangguan atau ketidakseimbangan populasi bakteri di saluran pencernaan bisa menyebabkan pertumbuhan cepat dari Candida.

Menangani infeksi candida dapat digunakan obat antijamur. Atau lakukan pengobatan dengan mycostatin. Namun demikian akan labih baik jika hal itu dilakukan pula dengan melakukan sanitasi memakai FreshAves, menjaga kebersihan kebersihan makanan dan lingkungan burung Anda.

Salam sehat burung Indonesia.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

28 Comments

  1. om, kenari ku di salah satu ujung kuku ada bengkak dan diatasnya seperti nanah kering sudah dioles birdcream 1minggu tapi tak ada perubahan, mohon solusinya,sebelumnya pake minyak tawon dan direndam air hangat garam juga tak ada perubahan kurang lebih sudah 1 bulan nih om..

  2. mau nanya om kenari saya ada luka kayak mau numbuh daging di kelopak matanya obat yang cocok dan aman apa ya om? trima kasih

  3. Om@ anis merah sy ada benjolan di sekitar pelipis di bwah mata /belahan pangkal paruh..bgmn cara mengatasinya…? Di tunggu jwbn’y mkash!!

    • Ada kemungkinan terserang scaly face, karena penyakit ini selalu menyerang pada bagian pangkal paruh, yang kemungkinan akan membesar ke bagian mata dan atas kepala. Penyebabnya tungau Knemidokoptes spp. Om Kicau pernah membuat panduan pencegahan dan pengobatannya di sini.

  4. om kenari saya ada benjolan bulat sebesar kacang tanah di bagian atas sayap deket tengkuk leher.,lhah itu masuk cacar apa tumor om?maksudnya cukup iolesi apa harus dibedah.

  5. om mau nanya kenari saya tumbuh daging di badane kya tumor.g cma 1 tpi 3.dipunggung dan dadane.bgaimana cara mengobatinya.trima ksh smoga saya dpt pence
    rahan

  6. Pada bawah paruh kacer terdapat benjolan kering,smakin lama benjolan tsb smakin membesar trus,akhirx lepas skrng sdah kering pi kyakx da benjolan lg d tempat yg sma om,gmn cra mengatasix . . Mohon pencerahanya N trims

  7. om cendet saya ada benjolan seperti lemak di kepala, katanya karena kebanyakan UH.. apa bisa pake bird cream om,.. makasih

    • bisa om, benjolan tersebut tidak disebabkan UH melainkan faktor lain seperti terserang snot sehingga terjadi penyumbatan pada kelenjar didalam atau cendet kaget lalu nabrak sangkar. coba cek kondisi dan gejalanya lalu samakan Penyakit Burung.

  8. Sore. Om aq pnya burung cicak ijo, belum lama ini tiba2 tumbuh benjolan dipersendian kakinya…. burung punya potensi Gacor abis, cuman sayang juga kakinya ada benjolan jd agak pincang napaknya kakinya, ada solusi soal penyakit ini om….??? Atau ada obat burung yg aku mau beli….???

  9. om, saya punya burung love bird, ada benjolan di bawah duburnya, gimana cara menmghilangkannya om? di bedah atau gimana trims

  10. om saya yoyok dari lampung,
    saya mau tanya kalau penyakit jagungan pada burung merpati pengobatannya pake apa ya om,
    apa lagi gejalanya ada di dekat mata,
    mohon bantuannya om 🙁
    trima kasih 😀

  11. diselaput mata kenari saya ada benjolan kaya kutil. dulu nya kenari saya rajin bgt kicw. skrg jdi jarang ngerol. klo kutil nya di beda, kira2 burung nya mati ga om!?
    ditunggu jwb n ny. mhn mf sblm ny & terimakasi

  12. Om duto sy mau ty ni.
    Branjangan saya ada benjolan di jambul,tp rada keras om. Dan di dlm mulut bagian atas jg ada wrnya kuning.
    Yg sy mau ty kan.gmn om penanganannya?
    Apkh perlu dioperasi kecil.?

  13. Om js saya ada benjolannya diatas dubur,itu emg organ aslinya atau daging tumbuh atau gmn om?
    cara penanganannya gmn om? Mohon bntuannya. Thx

  14. mlm om duto..
    Kenari sy ad bejolan d paruh atas dekat hidung..bagaimana cara ngobatinnya y om? dan apa bisa d obatin dgn birdcream?
    Thk om

  15. Om Kicau :

    Berair enggak ya. Kalau berair, coba dioperasi kecil pakai ditusuk dengan jarum yang disterilkan. Setelah itu keluarkan cairannya dan bersihkan lalu ditetesi antiseptik biar tidak terjadi infeksi.

    saya lihat enga berair om kelihatan nya.maksudnya berair itu apakah benjolan nya lunak ? seperti cacar ya om.

  16. om Duto kalo benjolan disayap apakah sama penangannan nya. karena BT saya ada yg terkena benjolan tetapi di sayap dan saat ini tidak bisa terbang.. nuhun jawaban nya

    • Berair enggak ya. Kalau berair, coba dioperasi kecil pakai ditusuk dengan jarum yang disterilkan. Setelah itu keluarkan cairannya dan bersihkan lalu ditetesi antiseptik biar tidak terjadi infeksi.

  17. As,,,
    sya mau tnya, dmna ya sya bisa beli BIRDCREAM tersebut?
    soal’ya burung kenari saya banyak yang tumbuh benjolan seperti itu.

Komentar ditutup.