Tips mempercepat proses kawin burung kenari

Anda sedang menangkarkan kenari? Kesulitan dalam proses perkawinannya? Atau tidak juga mau kawin meski jantan betina sudah sama-sama terlihat birahi? Jangan bingung, nih ada beberapa tips untuk Anda yang Om Kicau serap dari sejumlah penangkaran burung, terutama penangkaran Mas Kuwat di kawasan Klewer Sukoharjo.

Syaratnya utamanya mudah, yakni selain kita punya kenari jantan yang siap kelamin dan akan kita jadikan pejantan, kita juga harus punya kenari jantan lainnya yang juga sudah gacor.

Tips dan langkah-langkah mengawinkan kenari

1. Tidak pernah mencampur jantan betina dalam waktu lama. Artinya, selama penjodohan hingga mau kawin, jangan pernah dicampur dalam satu sangkar.

2. Ketika kenari jantan sudah benar-benar gacor dalam kesehariannya, dan betina sudah matang kelamin (kloaka terlihat bengkak memerah) dan sudah menyusun sarang di sangkar lainnya, proses mengawinkan baru dimulai.

3. Jika kondisi sudah seperti yang saya sebutkan di atas, maka pilihlah waktu pagi hari setelah kita selesai bersih-bersih dan memberi pakan semua momongan, masukkan jantan kenari yang sudah siap itu ke sangkar kenari betina.

4. Jika setelah dimasukkan si kenari jantan tidak juga segera mau naik mengawini si betina, ambillah kenari gacor kita yang lainnya, dan dekatkan ke sangkar jantan-betina yang sedang akan kita kawinkan.

5. Begitu melihat pesaing datang, biasanya kenari jantan akan segera “naik” ke atas betina dan terjadilah perkawinan.

6. Biarkan jantan dan betina kenari berduaan sampai sekitar 1 jam. Dalam rentang waktu itu, biasanya terjadi 2-3 kali perkawinan atau lebih.

7. Setelah poin 6 terlampaui, pisahkan jantan dan betina kenari sehingga keduanya tidak saling lihat.

8. Ulangi kesemua langkah di atas selama 3 hari berikutnya. Nah, setelah lewat 4 hari masa perkawinan, kenari jantan dan betina tidak perlu dicampur lagi. Betina akan bertelur dan mengerami sendiri telur-telurnya.

Tips dan info lain:

1. Jika kita mengawinkan kenari jantan dan betina pada pagi hari, maka setelah sekitar 6 jam atau sore harinya, si jantan bisa untuk mengawini kenari betina yang lain, dengan proses sama dengan tips yang saya sebutkan di atas.

2. Jika kenari jantan tidak juga segera gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau kenari betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor kenari tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja untuk melihat profil Bird Mature).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

3. Jika burung-burung kenari anakan kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral. (klik saja untuk melihat profil Bird Mineral)

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

4. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar kenari yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

Tulisan terkait penangkaran:

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 203 comments

  1. Lana

    Permisi om..numpang numpang mohon pencerahannya om…saya pemula belajar menjodohkan kenari sebelum dijodohkan saya menggunakan birdmature,dan sekarang bertelur 2,pertanyaan saya 1.kenari tsb bertelur 2hari sekali,apakah itu termasuk normal?…2.jika YA apakah dalam penetasan nanti berselisih hari juga?..3.adakah tips agar bertelur 1hri 1x agar umur anakannya tidak berbeda jauh?..trmakash

  2. budi

    om saya mau tanya kenari saya sdh bertelur tp gagal menetas, setelah gagl menetas tapi indukan masih mengerami sarang yang kosong. Apakah sarang harus dibongkar? jika dibongkar apakah betinanya akan stres? tks sebelumnya

  3. bapake alif

    gan…plisss help me..
    spasang KN saya dlam proses pnjodohan….!
    KN jantan sll gacor dan sll mngejar betina…!tpi betina sll lari2…
    sblumnya kandang sdh saya taruh brdampingan..
    kapan saat yg benar tuk mnjadjikan satu dlm 1kandang gan?
    trimssssss…

  4. deni

    mlm om kicau saya mautanya saya punya babon kenari yg bertelur n netas 3 tp setelah umur 1minggu anakya mati g tau knp n setelah itu saya kondisikan selama3minggu n saya kawin kan bhinga bertelur 2 tp malah adul2 sarang terus n setelah 1 mingu telur saya terawang g ngisi terus saya buang n saya kondisi kan tp udh 3 bln up kok malah macet produksi lg napa ya om n jg saya punya kenari betina baru pertama nelur 3 tp g mau angrem trs saya buang udh 4 bln kok g mau bunderin lg knp ya om n pejantanya 5 g ada yg mau gawin pokok ya macet produksi sampe saat ini solusinya gmn ya om

  5. intan purwanto

    om aku punya kenari ce umur 9 bulan udah mbunderi tp kloaka blm merah apakah bisa langsung dikawinkan.
    trus betina ku itu bulunya ngembang trus dari kecil jadi bentuknya malah bulet padahal dulu cuma silangan f1xaf,bulunya itu bisa berubah normal ga ya om?
    makasih

  6. Ubet

    Om mau tanya,
    Apa kn betina yang kawin secara normal itu diam ketika di pacek atau malah jalan bahkan lari-lari ya? Soalnya kn betina Sy malah jalan bahkan lari, khawatir sperma jantannya gak masuk.
    Nb. Betina udah bikin sangkar, kloaka memerah dan membesar, sudah saling loloh, ketika betina di sangkar si jantan suka ikut nindih seperti mau kawin. Mksh

    1. redaksiomkicau

      Lama proses penjodohannya tergantung kondisi birahi kedua calon indukan, jika keduanya sudah sama-sama birahi dalam 2-3 hari sudah jodoh om.

  7. Rudy Soglan

    apa kabar Om..
    gmN kbar’y oM.
    oh iya Om..
    biasanya
    indukan kenari
    kali prtama
    brtelur alias
    (prawan & prjaka)
    menetas ga ya telurnya.. trz seumpanya netas
    anaknya bsa brthan
    hdup ga om..? :-)
    {Matur Suwun Om}

  8. agus

    om mau nanya
    sya punya kenari betina siapan sayap sudah klemper kalau d dkatka dg kn jantan
    sudah mau menyusun sarang

    tp sa.at kn jantan mau mengawini kn betinanya owk gk mau y
    pdahal sudah suap2.an..
    hahaha ma.af om bru pemula
    tlong d jawb om..?

    1. aep

      semuanya butuh proses pak ,,, setiap jalan gak selalu lurus ,,, ada yg brliku juga ,, begitu jugak denggan penjodohan kenari,,,,,intinya sabaar dan tetap berusaha,, kalo sepengalaman saya itu tiap indukan berbeda karakter nya,,,, jadi itu lah seni di dalam peternakan kenari ,,, memiliki karakter indukan yg berbeda lebih meningkatkan sensasi dalam peternakan ,, dan tentunya menambah ilmu pengetahuan kita,, tmksh

  9. Jonny

    Mau nanya om… mohon pencerahannya…

    Tips dan langkah-langkah mengawinkan kenari
    “””1. Tidak pernah mencampur jantan betina dalam waktu lama. Artinya, selama penjodohan hingga mau kawin, jangan pernah dicampur dalam satu sangkar.””””

    Pertanyaan:
    – alasannya kenapa pak?
    – kalo sudah jodoh, apakah juga sebaiknya tidak dicampur dlm waktu yg lama?
    thx

  10. Lukman

    omkicau, numpang nanya. pemula banget.
    awalnya KN jantan saya gacor tiap hari (dari subuh hingga maghrib). trus saya pikir jantannya bagus, saya carikan KN betina, trus saya jejerkan keduanya setiap hari. mandi pagi dan sore hari juga berdekatan.

    hari1 si jantan berhenti berkicau, cuman 2-3 kali sehari. trus hari ke 2,3,4, mulai terjadi peningkatan gacornya (meski ga se gacor sebelum ada betinanya). dan saat si jantan gacor saya perhatikan si betina sudah mulai mengejar hinggap di jeruji, karena saya pikir si betina udah tertarik (kloaka belum memerah/membengkak), dan si jantan udah mulai ada peningkatan gacor, saya satukan keduanya di hari ke 4.

    hari pertama setelah disatukan, keduanya terlihat malu2 kucing, sesekali mereka saling cium dan saling berbagi makanan (istilahnya loloh2an ya?). nah trus anehnya, hari kedua dan hari ketiga (hari ini), si jantan kayaknya ga suka dideketin si betina. si betina selalu mengejar si jantan. saat si jantan makan, si betina seolah minta disuapin, tapi si jantan malah matuk paruh si betina. terkadang bulu si betina juga dipatuk hingga tercabut. saya perhatikan memang keduanya tidak bertengkar, hanya saat si jantan merasa ‘terganggu’ itu saja.

    *saya juga uda siapin sarang dan bahannya tapi masih blm dirajut sama betinanya.

    pertanyaan saya:
    1. apa langkah saya menjodohkan dua kenari tersebut sudah benar?
    2. meski kloaka blm memerah, apa ada kemungkinan bisa segera birahi dan memerah?
    3. kenapa si jantan seolah jadi berubah sikap?
    4. apa yang harus saya lakukan? dipisah lagi (diulang perjodohannya) atau ganti betinanya?

    makasih banget om :)

  11. wahyu

    Om mau tnya dong. Aku punya kN jantan gacor bnget.. Tdinya mau aku coba u/ ternak & aku sdh belikan cweannya. Tp setelah aku dekatkan dg betinanya. kN jantanku diam saja/tdk gacor lagi.. Tp kalo aku pisahkan/tdk didekatkan dg betinanya,dia te2p gacor.. apa itu blm siapp kawin om? Mohon pencerahannya om.. Mksih

  12. taufiq

    om mau tanya,
    saya punya kenari betina yang sudah bertelur, kira-kira perlu waktu berapa hari yaa buat kenari betina siap dikawinkan lagi setelah bertelur itu??

  13. irfan

    selamat mlm om nichq pengikut baru,,,mau tanya om maslh pengkanran kenari.q punya spasang KN yg usianya skrt 7bln(cwe+cwok) qpengen nangkarkn Kn q tp da mslh waktu prss prjdhan si cwe nya msh takut kalau q campur dalm 1sangkar dngan cwo tp kalau tak pisahin si cwnya nyari2 cow dan pernah q coba kedua sangkarnya q taruh berdkatan reaksi si cewnya kyak udah berani ma si cwo tp waktu q jadikn 1 blm berani itu gimana solusinya om? byar proses prkawinanya cepat terjadi,,,tlg om kash tau/saran k q cz q lm pernh ternak om….maaf bahasanya agak rumit om.makasih banget sebelumnya.

    1. redaksiomkicau

      kemungkinan betinanya belum birahi, naikkan birahi betinanya hingga ngleper saat ketemu kenari jantan atau sudah mbunderi sarang, berikan ef telur puyuh dan selada air setiap hari.

      1. irfan

        makasih om sdh bls,tp sekarang KN q ganti sicowoknya yg g berani m cweke ngejar2 trs tp waktu q ksh sarang kok malh di acak2 n low tdr mlm g mau berdekatan.tu gman solusinyA?pa da kemungknan mslh sangkarnya cz q pakai sangkar gantung tp g q gantung,q tempelin dindng,pdhal q lihat kelaminnya udh berwrna merah n lo q pish/q jauhn sma2 nyari gt,

        1. redaksiomkicau

          beternak butuh kesabaran serta keuletan, sebaiknya satukan kedua calon indukan jika memang sudah benar2 birahi dan cukup umur.

          1. irfan

            makash om atas sarnya,om q mau tanya lgi nich!!!buat KN jantan blm ngaor full tp udah ngwik2 n cukp umur pa bs buat pejantan?ters biasnya Kn jantn yg udh mulai ngacor tu umur berap???dan atu lg obt tau maknan pa yg bs bt ningkatin birahi Kn jantan n betina.maksh banget seblmnya……

            1. redaksiomkicau

              salah satu sarat mutlak untuk jadi indukan, pejantan harus gacor, birahi stabil, tujuannya untuk menarik minat betinanya. kn jantan umur 8 bulan idealnya sudah gacor serta siap diternak, namun tetap lebih bagus kalau diternak ketika usia 10 bulan. Penstabilitasan hormon reproduksi burung jantan bisa gunakan terapi Testo bird om.

      1. irfan

        om numpng tanya lg bt peternak sekaligus jual beli knari wilayah pandaan pasuruan tu ndk mana?n ma mintak resep bt kenari jantan byr cept ngacor tu gmn?kan umur kn q udh sktr 8bln.makash sblmnya.met sore.

  14. Yanto

    Om . Saya lagi coba ternak kenari di rumah .. Permasalahan nya, pertama saat penjodohan, bertelur, dan mengerami, saya tempatkan di luar rumah, tapi saat telur menetas saya pindah kan ke dalam ruangan rumah, karena kalau di taruh di luar, kalau siang hari udara panas sekali. Pas malam nya udara dingin sekali, kasihan bayi kenari yang baru menetas itu om. Makanya saya taruh di dalam ruang tamu, tapi kondisi gantangan nya percis di tempat lalu lalang keluarga dan kadang-kadang lingkungan sering bising, dan kadang ada pertemuan di ruangan menjadi sangat berisik om. Apakah kondisi seperti itu indukan akan tetap meloloh anakan yang baru menetas itu om ? Minta pencerahan nya om !

    1. redaksiomkicau

      tergantung karakter indukannya ada yang tetap merawatan anakannya namun adapula yang enggan karena merasa terganggu, terutama indukan berkarakter sensitif. Sebaiknya om pantau dulu apakah indukan mau merawat piyikan atau tidak dan tutup 3 sisi sangkar supaya indukan lebih nyaman.

  15. Cahyo

    Om saya mau nanya ,.. Saya punya kenari sudah bertelur tiga butir, telur sudah umur seminggu om . Apakah jantan nya bisa langsung di pisah saat telur umur seminggu, saya takut , pas kenari betina mengerami telur nya , terganggu oleh jantan nya. Apakah boleh di pisah om ?

    Tolong di jawab om ..

    Trimakasih..

  16. Rangga

    Om sangat aneh sekali om..
    Saya punya kenari betina, kemarin habis saya kawinkan dengan mozambik terus dia nelur empat butir langsung saya pisahkan mozambik nya dan, itu telur netas semua sampai umur dua minggu, tapi naas anakan mati semua karena semut..
    .karena itu saya buang anakan nya semua. Terus saya diam kan betina nya dikandang ternak selama tiga hari dan langsung saya satukan dengan kenari jantan tapi kok saya satukan empat hari kemudian langsung nelor lagi, kan dia belum melakukan peroses perkawinan, atau sebenar nya sudah kawin, tapi saya tidak melihat nya. Apakah telur telur tersebut bisa menetas om.

    Tolong pencerahan nya om Kicau.

Komentar ditutup.