Tips mempercepat proses kawin burung kenari

Anda sedang menangkarkan kenari? Kesulitan dalam proses perkawinannya? Atau tidak juga mau kawin meski jantan betina sudah sama-sama terlihat birahi? Jangan bingung, nih ada beberapa tips untuk Anda yang Om Kicau serap dari sejumlah penangkaran burung, terutama penangkaran Mas Kuwat di kawasan Klewer Sukoharjo.

Syaratnya utamanya mudah, yakni selain kita punya kenari jantan yang siap kelamin dan akan kita jadikan pejantan, kita juga harus punya kenari jantan lainnya yang juga sudah gacor.

Tips dan langkah-langkah mengawinkan kenari

1. Tidak pernah mencampur jantan betina dalam waktu lama. Artinya, selama penjodohan hingga mau kawin, jangan pernah dicampur dalam satu sangkar.

2. Ketika kenari jantan sudah benar-benar gacor dalam kesehariannya, dan betina sudah matang kelamin (kloaka terlihat bengkak memerah) dan sudah menyusun sarang di sangkar lainnya, proses mengawinkan baru dimulai.

3. Jika kondisi sudah seperti yang saya sebutkan di atas, maka pilihlah waktu pagi hari setelah kita selesai bersih-bersih dan memberi pakan semua momongan, masukkan jantan kenari yang sudah siap itu ke sangkar kenari betina.

4. Jika setelah dimasukkan si kenari jantan tidak juga segera mau naik mengawini si betina, ambillah kenari gacor kita yang lainnya, dan dekatkan ke sangkar jantan-betina yang sedang akan kita kawinkan.

5. Begitu melihat pesaing datang, biasanya kenari jantan akan segera “naik” ke atas betina dan terjadilah perkawinan.

6. Biarkan jantan dan betina kenari berduaan sampai sekitar 1 jam. Dalam rentang waktu itu, biasanya terjadi 2-3 kali perkawinan atau lebih.

7. Setelah poin 6 terlampaui, pisahkan jantan dan betina kenari sehingga keduanya tidak saling lihat.

8. Ulangi kesemua langkah di atas selama 3 hari berikutnya. Nah, setelah lewat 4 hari masa perkawinan, kenari jantan dan betina tidak perlu dicampur lagi. Betina akan bertelur dan mengerami sendiri telur-telurnya.

Tips dan info lain:

1. Jika kita mengawinkan kenari jantan dan betina pada pagi hari, maka setelah sekitar 6 jam atau sore harinya, si jantan bisa untuk mengawini kenari betina yang lain, dengan proses sama dengan tips yang saya sebutkan di atas.

2. Jika kenari jantan tidak juga segera gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau kenari betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor kenari tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja untuk melihat profil Bird Mature).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

3. Jika burung-burung kenari anakan kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral. (klik saja untuk melihat profil Bird Mineral)

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

4. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar kenari yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

Tulisan terkait penangkaran:

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 203 comments

  1. Mr Chen

    Informasi yang bagus om kicau… baru mau belajar breeding kenari sehingga info ini sangat berguna untuk saya. pengalaman breeding saya masih sangat kurang karena selalu gagal dalam proses mengeram.

  2. heri

    om kicau sya punya indukan betina dah siap,ketika pejantan bunyi betina sudah mengepakan sayapnya tapi setelah saya jodohkan selalu bertengkar gimana solusinya trims.

    1. Om Kicau

      Biasanya karena justru jantannya yg belum siap Om. Burung jantan bunyi gacor belum tentu birahi.
      Ada pula kemungkinannya si betina adalah tipe pilih-pilih (ada memang burung yg begini), maunya dengan pasangan yg berwarna dominan gelap, ada yang senang dengan jantan warna dominan terang/ putih/ kuning.

    1. Om Kicau

      Memamg ada betina kenari yang lantas nggak mau ngerami telur jika ditinggal jantannya dan jantan masih berada di sekitar dia. Untruk betina yang begini, si jantan harus benar2 dijauhkan sampai betina tidak dengar suara jantan. Atau, mau tidak mau, tetap dicampur.

  3. Tungklik

    Mau tanya boz..?
    Kenari ane udah bertelor 4, tu betina ane truh dlm rumah mksdnya angremnya biar tenang ga stres gt tp tiap berada dlm rumah tu betina ga mau angrem, kmrn ane cb truh luar eh lngsng angrem bgtu ane balikin dlm rmh lg tu betina lngsung trun ga mau angrem.
    Mohon solusinya boz..
    Trim’s sblmnya..?

  4. juni chandra

    pagi smu gan…maaf numpang tny nih…!!!
    sy mau coba mjodohkan knari sy,yg jantan sih sdh siap tuh…
    cm yg betinax ini lho,,sprtix malu2 gitu…
    apa blm saatx kawin kali ya???
    trs gmn cara melihat tanda2 yg betina sdh siap utk kawin/dikawinkn???
    maklum pemula sih..mohon pencerahanx+wawsan yg benar.
    sms jg ga pa2..malah sy berharap.
    083831109479 chandra-spnjang
    makasih buuaaanyaakk semuax.

      1. bagus_jogja

        Bukanya kebalik om??he3…maap langsung nimbrung aja,biasanya jantan udah birahi,tapi betina belum,ini dikarenakan betina biasanya masih perawan “ting-ting”(maap om kalo salah),menurut pengalaman saya,biasanya untuk menjodohkan kenari dengan situasi seperti ini butuh waktu cukup lama om 3-4minggu bahkan lebih,coba EF nya harus rutin,terutama telur puyuh,minumnya di tambah multivitamin ombisa pake birdmature nya om duto,jika sudah tampak jodoh tapi betina belum mau kawin,coba di “embunkan” om,sekitar jam5.15 an pagi,kenari di keluarkan(jantan betina dalam satu sangkar), jika rutin dilakukan,biasanya pagi2 akan terjadi perkawinan (ini dari pengalaman saya om)….semoga membantu om,kalo ada salah mohon di koreksi(masih pemula ne om)…matur nuwun om duto…..

  5. Wangsa

    Om lam kenal,,q Mw NNya,.q pnya kenari yg rewel,gk mw kawin,.awalnx sih lncar2 az,ud mnetas 2x,.eh tiba2 kyk strez,gk mw kwin m psngan biasanx,mlah brtngkar,.truz tlurnya dmkan sendri gk mw mengerami.,dgnti jntan laen,.te2p ae brtngkar.,gmNa solusinya om,..Matur nuwun..

  6. dede aping sukmana

    om… saya baru buka artikl ini dan saya tertark dngan brung knari,, dan saya mau tanya berapa mdal awal untuk mlai bddya brng knari yang sdah siap kawin… 085224233068..ni No HP saya.

  7. Tungklik

    Mau tanya om, jantan kenari ane dlm masa perkawinan kl dicmpur sm betina ga mau bunyi pdhl kl ga dicampur bunyinya gacor..? Udah 4 hr ane jadikan satu tp betina blm bertelur tp ga pd berantem tu kenari, malah serat yang ad disarang ditumplek semua. Mhn solusinya om..?
    Terima kasih sebelumnya..!!

  8. antodian

    malam om saya hanya mau titip lapak ,saya menyediakan mesin tetas untuk kenari isi 60 butir yang full otomatis hub saya 085230437283 trims ya om

  9. dimas chaby

    Om kenari betina saya sudah berumur 1thn tapi masih setatus dara,trus saya coba kawinin eh malah galak sama jagonya.Trus Om apa masih bisa bertelur …tolong penjelasannya om trimakasih.

    1. Om Kicau

      Masih bisa Om. Soal galak, umumnya karena jantannya belum birahi saja. jangan dicampur2 dulu Om kalau si jantan belum benar-benar gacor. Juga, jantan dan betina tidak mesti dicampur karena kebanyakan penangkar kenari menggunakan sistem “kawin cabut”. Dicampur ketika sedang dikawinkan.

  10. puzie

    salam kenal ..saya mau tanya kenari betina saya belum bertelur,padahal sudah 3minggu semenjak perkawinan.memang sijantan selama 3minggu masih satu sarang semenjak perkawinan …mohon infonya om..(puji_8886@yahoo.com)

  11. moel

    i mau tanya g mana klo kenari yg tadinya rajin bunyi tapi skarang malah macet g mana tuh solusinya, emang sih lagi mbrodol bulunya.sblum nya i banyak trim’s

  12. petrik

    loha om, mau nanya ni…..
    q kan jodoin kenari n dah nelor 3 biji,.waktu pejantan na di pisah kok si betina kok gk mau ngerami telur na ya?gi mana tu solusi na om

    1. smart canary

      salam kenal mas…
      saya coba jawab sepengalaman saya soalnya saya juga pernah mengalami seperti itu mudah-mudahan jadi solusi…
      masalah kenapa kenari betina tidak mau mengerami telurnya ketika pejantan di pisah itu wajar-wajar aja soalnya kenari betina merasa kehilangan akan pasangannya, nanti juga betina akan mengerami lagi telurnya,
      supaya betina cepat mengerami telur lagi usakan betina jangan mendengar suara kenari jantan jadi jauhkan kenari jantan untuk beberapa waktu…
      mudah-mudahan kenarinya cepat mengerami lagi
      maaf kalau salah soalnya saya juga masih belajar juga…..

  13. heru

    Lam kenal,

    Um saya pengen mencoba menangkarkan kenari, dan juga pengen nanya yang berkaitan dengan proses birahi dan juga biar cepat nelor, dan bagaimana untuk perawatan anaknya…

    makasih

    1. smart canary

      menurut saya sih body kenari yang seperti WORTEL
      yang bagus peranakannya selain itu yang lehernya padat berisi, lincah, nafsu makan bagus

  14. ari

    om saya mau tanya.
    1.Kalo betina dan jantan yang siap kawin kira-kira umurnya berapa?
    2.Kalo mengawinkan kenari,disatuin dalam satu sangkar apakah bisa? Apa bedanya bila mengawinkannya dengan cara yang di atas?

    Terima kasih.

    1. SMART canary

      Seandainya boleh saya jawab, mudah2n om duto tidak marah dan mudah2n benar :
      1. betina biasanya sudah siap kawin pada umur 8 bln itu tergantung pada kesehatan sistem produksi betina soalnya ada beberapa kasus ada betina yang sudah umur 1 tahun tapi tidak menunjukan ciri birahi (loncat kesana kemari sambil bunyi cit cit dan membawa bahan sarang ketika mndengar suara jantan atau tidak membuat sarang) itu berarti betina gagal birahi,
      2. bisa juga di satukan antara jantan dan betina sampai indukan menetaskan telur atau anakan, tetepi kendalanya :
      a. biaya yang dikeluarkan relatif besar karena setiap indukan/betina harus ada jantan andai punya betina 10 jantan pun harus 10 coba bayangkan berapa uang yang di keluarkan untuk biaya ternak 10 kandang,
      b. andai menggunakan kandang ukuran kecil kenari kurang sehat
      c. jantan dan betina tidak ada waktu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh setelah kawin,
      andai menggunakan sistem yang di atas menurut saya lebih bagus karena :
      a. biaya yang di keluarkan relatif sedikit
      b. kenari ada peluang untuk beristirahat walau pun itu cuma 1 atau 2 jam,
      kita aja manusia seandainya sudah melakukan perkawinan kan tubuh terasa lemas bukan apalagi burung yang pakannya kita jatah he.he.he.
      maaf seandainya kurang jelas dan maaf seandainya salah…..
      cuma itu yang saya tahu sepengalaman saya beternak kenari
      salam kicau mania….

  15. Eko

    Salam kenal Om Duto……
    saya punya kenari F1 yg biasa saya pakai lomba & suaranya lumayanlah.
    saat ini pingin sy ambil keturunanya….
    Dimana saya bs beli indukanx..
    terus ciri-ciri fisik indukan yg bagus itu gimana….
    Atau dr Om Duto ada jual indukan jg….

Komentar ditutup.