Ketika BnR disorot

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Saya kadang tidak bisa mendefinisikan secara jernih apa itu BnR. Apakah ini sekadar nama tabloid tentang burung, sekadar nama yayasan, ataukah sekadar event organizer (EO) lomba burung. Tetapi apapun definisi BnR di sini, nama itu sudah terbranding sebagai “pemain baru” di dunia perburungan yang namanya cepat sekali meroket.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Seringkali teman-teman meminta saya untuk menulis tentang BnR ini, namun saya menolaknya. Mengapa? Saya takut terjebak menjadi tidak obyektif. Apalagi saya pernah kirim pesan ke Om Boy, salah satu bos BnR, agar BnR menyeponsori  web Om Kicau ketika saya masih memfokuskan pada penggarapan website omkicau.com. Dan saat itu, saya diminta menghubungi sesorang di BnR tetapi tidak saya lakukan karena saya rasakan tanggapan Om Boy kurang antusias. Nah, dalam konteks itulah saya takut menjadi tidak obyektif.

Namun mau tidak mau, saya akhirnya menulis mengenai BnR, saat ini. Tetapi sekali lagi, untuk menjaga obyektivitas, saya sengaja hanya membatasi diri membahas apa yang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan kicaumania.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Forum terbesar untuk kicaumania Indonesia saat ini, tentu saja kicaumania.or.id (siapa belum daftar ke KM? ayo daftar dong…).  Nah dari sanalah saya  memulai tulisan berjudul “Ketika BnR menjadi sorotan” ini. Saya tidak akan menginterprestasikannya dan juga tidak akan memberikan penilaian karena saya kebetulan juga ikut ngobrol di forum itu.

Silakan Anda mengikuti sendiri obrolan di bawah ini. Harapan saya pribadi, hendaknya hal ini menjadi perhatian petinggi BnR untuk kembali menengok perjalanannya selama bergaul di dunia perburungan. Tetapi kalaupun tidak sempta menanggapinya, ya tidak apa-apa karena setiap orang mempunyai kesibukan sendiri-sendiri dan juga kepentingan sendiri=sendiri.

Obrolan di forum kicaumania.or.id itu dimulai dengan thread oleh:

Om FREDY TJA: Barusan baca Koran BnR ,hal 40, Diberitakan Bahwa mulai sekarang sangkar BnR harus pakai yg Logo nya PLAT BESI, berarti yg model lama kita beli sudah tdk bisa terpakai lagi untuk even-even wajib kandang BnR! Belum 1 thn sudah harus ganti kandang baru lagi,!!! *Dulu kan misi BnR pakai sangkar BnR supaya juri tidak pandang dari sangkar nya , walaupun ada palsu kan mirip2 juga ! Mereka tidak bilang ; kalau ada yg palsu in sangkar nya kita akan ganti lagi” musti nya pas mau masuk lomba ada beberapa orang petugas untuk mantau sangkar yg asli yg boleh masuk! Jadi kita tdk usah beli2 sangkar lagi ! tanya Mengapa!!! cappee Deehhh.

Tanggapan berikutnya yang relevan dengan tretment awal itu adalah sebegai berikut:

Ndoro Agung: Nanti berikutnye yg logonye pake Besi ga kepake ganti pake Tembaga… terus Timah..terus… seng.. serusssssssssss… EMAS kale yeeeeeeeee… walahhhhhhhhhhhh… .niat Jualan kandang kale yeeeeeeeeeee.. eh eh eh eh eh eh eh ..ane jg ikutan Mumet ..Ya sdh lah Latberan aje ahhhh..ga Lomba2 dari pada Lomba jadi mumet??..ta iyeeeeeeeeee

Boss Babbe: wah….kalau terus begini …bisa runyam juga ya…. setiap tahun harus ganti.. sebaiknya si BNR memberikan tukar aja logonya yang fiber menjadi yang besi…. tetapi harus membawa kandangnya kali ya…… prediksi sih supaya tidak ada yang meniru… atau mungkin kini sudah banyak bnr bajakan kali ya….

Sasha: Kadang saya jadi bingung sendiri, sebetulnya mau lomba burung atau pamer kandang. Untuk mencari burung yang layak dilombakan saja sudah susah, sekarang ditambah lagi ada kewajiban memakai kandang tertentu. besok-besok akan muncul lagi harus memakai kerodong merk tertentu. lama-lama lomba burung menjadi monopoli semata. Betul kata Om Fredy TJA, saya juga ikut capeeek deeehhhh ……..

Fredy Tja menanggapi Sasha: benar, dulu waktu beli kandang ,ber cita2 supaya tdk beli kandang lomba lagi, jadi pakai kandang BnR saja bisa universal di bawa2 ke lomba mana pun, eh ternyata sekarang sudah tdk ber laku lagi, jadi lah kandang harian dengan harga di atas rata2, maaf hanya share dan curhat, tdk lebih.

Kindef_united: walah ada2 aja….. sabar om….. resiko lomba dikelas kakap…

zrf: Kecurigaan saya dari awal terbukti. UUD – Ujung-Ujungnye Duit.

iray06′: ada2 aja peraturanya… blom lagi penyusuain burung dengan kandang baru…

Kc: Sbnrnya, pakai kandang apapun gk mslh wkt perlombaan, yg penting layak dan enak dilihat… Ada-ada aja peraturan skr ini…

DC: hehe..ane dah nebak bakal kayak gini…ada2 aja…

Subianto: Memang yg suruh ikut lomba BnR itu siapa?

bay arena: dr awal motifnya udah keliatan kok om..

oni andoko: yah mending suruh beli plat besi BNR saja donk.. Bijimana seh nih orang BnR? Cara-cara begini ini yang bakal bikin pamor BNR surut dgn perlahan sendirinya dan lomba2nya sepi peminat, walau…hadiahnya lomba BnR memang paling menggiurkan semua orang. Lets wait & see lah, waktu yang akan membuktikan.

jenggotah: sama sama om….. ane berpikir bak “mono poli tapi tidak berusaha dari mulai biji, akar sampai tumbuh tinggi pohonnya” yang ada berusaha diatas “pepohonan” orang lain…..yang mana pepohonannya udah pada tinggi janganlah begitu……jalankan usaha yang biasa-biasa aja , ntar lama-lama tumbuh dan berkembang dengan sendirinya.

Subianto menanggapi Oni Andoko: Awal BnR mulai bikin lomba , orang2 jg bilang wait & see lah, kenyataannya sekarang yg pada lemes yg mana ? Batas waktu nunggunya mau sampai kapan. Ane gak pro Bnr tp pro KM.

FREDY TJA: *Dulu kan misi BnR pakai sangkar BnR supaya juri tidak pandang dari sangkar nya , walaupun ada palsu kan mirip2 juga ! Mereka tidak bilang ; kalau ada yg palsu in sangkar nya kita akan ganti lagi” musti nya pas mau masuk lomba ada beberapa orang petugas untuk mantau sangkar yg asli yg boleh masuk! Jadi kita tdk usah beli2 sangkar lagi ! kalau setiap 4 bulan ganti sangkar RP 450 X 3 ( 1 tahun ) = 1.2 jt lebih, mending beli kandang ukir yg murah meriah.

arkum2x: ngapain jadi susah… dari pada susah.. wesh gak usah ikut lomba.. breeding aja deh…hik…hik…hik

ione_bagja: Kontes burung sekarang mah jadi ajang lomba sangkar,..dgn dalih agar lbh objektive dalam penilaian he he, Ujung2 EO membuat ketergantungan thd pelomba utk mdnggunakan produk tertentu. Ekonomi kapitalis berlaku juga di dunia burung ,he he Kalo ane cenderung tdk menggunakan sangkar dgn brand tertentu,toh ..masih banyak EO bergengsi yg membebaskan pake sangkar tanpa label produk

Um Pe: ..Dilema .. Kontes Burung apa kontes sangkar ?

ping62: wah saya mendengarnya aja udah bingung nih pdhl setahu saya pihak bnr berniat supaya orang tidak bingung…

harry: Biar aja bro, bukannya untung nanti mereka malah buntungko.

sabian_08: yap….. setuju ma semuanya… itulah sistem perdagangan yg baru… kan dri awal emang mo dagang…

gus git: yap….. setuju ma semuanya… itulah sistem perdagangan yg baru… kan dri awal emang mo dagang… setuju juga om, ane jd binun kl mau lomba beli tiket tunjukan bekas bungkus pakan dari BnR,kandang BnR, lama2 burung jg harus dari BnR nih…heheheee..

CJ: Tujuan BNR mungkin untuk mengantisipasi Sangkar PALSU kali……. Pada hal saya beli sangkar BNR harus nabung nih ….

jhony Cries: Yaaaa klw gitu ngak usah ikut lomba BnR aza knp pusing hehehe

]ione_bagja: Rumors nya lagi,sebagian besar AM asal bali di borong oleh BnR.

firman haz: yang saya dengar malah sdh dari 2 musim yang lalu sdh diborong om

FREDY TJA: Tadi sy telp Herry ip, sy tanya ,menurut dia si kata nya,masih boleh, dan plat nya bisa di ganti, tapi belum tau kepastian tepat nya si,

Kc: Msh bnyk lomba2 dan latber2 yg bkn BNR om… Np musti hrs ikut lombanya BNR… Udah cpk bnyk peraturan lg… Mungkn sklgus promosi sangkar dia x yg gk bgt laku, wkwkwkwk……………..

kindef_united: wah..bisa2 ntar muncul lomba AM khusus ring BnR….

ndoro agung: Entu jg dah Diwacanakan Om..ane pernah Baca di tabloidnye malah nanti dng Hadiah Guede spesial Ring die aje…

firman haz: dengar2 isunya memang demikian om, nasib oh… nasib….

gatot sutanto: ya …, mungkin kalau diganti platkan bisa dicek pake metal detector, mana yang asli/palsu, sejujurnya ini adalah tantangan para juri apapun sangkarnya kalau nilai dengan tulus hasilnya akan terbaik, emangnya yang punya duit yang mampu beli sangkar bagus? kasihan pengrajin kecil hanya dijadikan kambing hitam, kreativitas karya sangkar harusnya dihargai bukannnya hanya dijadikan kambing hitam!! saya buat sangkar sudah 10 tahun tidak ada bos gede yang beli sangkar kok, jadi jangan terkecoh dengn trik2 dari bos besar yg seolah-olah bantu pengrajin kecil yach ujung-ujungnya rekan kicau mania tau sendiri kan????? Saya usul yang jadi juri sebaiknya para bos2 besar aja, bisa fair atau tidak ??

dody_jb: wah.. wah..wah.. kok jadi libet gitu yak..?

dian_76: yach begitulah ..katanya buat bikin inovasi tapi apa …???? bilang ja klao mau jualan ….!! he3x

Andysurya: Ujung2nya pecinta burung kicau dengan kantong cekak seperti ane kayanya ga bakal bisa ikut lomba dah!!!

Rudi Jambi: wkwkwkkkkk… iya nih…seperti saya…. ngk ikut lomba lg… mending breeding aja… kadang kalo lagi kepengen….ikut latberan lokalan aja… kalo masuk sukur… kalo ngk ya… kondangan… he he he he he ….. santai aja…lagee…dont worry be happy…. wkwkwkwkkkk….

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

indra: bila hobi udah dicampur kepentingan sendiri jadi mls2an buat hobi burung lg he3

ivanparis: ONO ONO BAEK yaaa…”opo maneh iki jiiiahhh”….. Seharusnya yang diberantas yang palsu yakk… bukannya yang asli diganti sama yang “baru akan dipalsu”… lah… kepribeeen.. to kiye…KEMREMYESSS

pambakau: Ya namanya bisnis, ya gitulah

myxomatosis menanggapi zrf: Yang ini TOP Markotob bangat saya suka deh om.

tjia.lionghay: begitulah kalo tujuannya bisnis………. dari awal saya udah baca tujuannnya kemana, sempat saya beli tabloidnya 2 edisi….. abis itu saya putusin ngga akan pake produk tsb….. karena adanya wajib inilah…. wajib itulah…… beda khan dengan KM yang tujuannya untuk hobbies……. ngga ada suatu keharusan….. semua didasarkan solidaritas dan persaudaraan….. mudah2an KM ngga terkontaminasi ama hal-hal begituan….. CMIIW.

dedy_utomo: Yang malas hobi piara burung apa hobi lomba burung nih om…he he he

pitagoras: semoga saja aspirasi dari kawan2 semua dapat tanggapan positif dari pihak terkait. jadikan hobi utk sebatas kesenangan saja, jika merasa terbeban jangan dilakukan….enjoy saja.

zrf: Lucu bnr warningnya. Hik hiks.. Emang nya klo sangkarnya Palsu knp. Ga jadi untung krn duitnya masuk ke penjual sangkar yg laen yah. Apalagi klo baca isi tabloidnya Bhsnya penuh intimidasi & pamer.

IJHOEL_YULIANT: asal jangan nantinya burung yg ikut lomba harus ada tatonya BnR..capeeeeee dehhhh.

Arda Pandawa: Gak usah dibikin mummet om…. Kalau kita mau ikut even dia ya…. ikuti aja aturannya dan just enjoy…. Kalau ribet…. ya leave it…. Sekali lagi kita dari kalangan penghobi om, jangan bikin tersiksa oleh keadaan….

Bustomi: Tambahan info mungkin sudah terlupakan. Sebenarnya ganti kandang made in bnr ini sudah yang ke 2 kali dan kalau rencana baru ini berjalan berarti yang ke 3. Ingat tidak waktu pertama kali lomba besar bnr yang mewajibkan pakai kandang harian mereka yang tanpa logo (polos) ?? Kalau tidak salah di Taman Bunga Wiladika – Cibubur dan event ini mendapat penghargaan rekor MURI dari Om Jaya S. Tapi benar seperti yang dikatakan Om AP, buat apa di pusingin khan lomba masih banyak yang diadain oleh EO lainnya. Contohnya minggu ini ada lomba besar di Jakarta di 3 titik. Mau pilih PBI, silahkan ke Deptan. Mau pilih BNR, silahkan ke Kemayoran. Dan mau pilih yg lain, ada di Kelapa Gading. Nah yang terakhir ini altenatif terbaik karena disponsori beberapa anggota KM loh. Uppss malah promosi…

ayiebatam: gak usah pusing,kalo diikutin malah kita yang mumet… lah wong yang lomba burung, bukan sangkarnya… kalo saya gak bisa ikut lomba bnr gak apa2… biar ikut lomba yang lain nya masih banyak…. kalo boleh ikut ya ikut kalo gak boleh yo weeessss….

CJ: Ya santai saja bro … Yang kita harapkan sih semoga BNR ada Team Pengecek Sangkar Palsu, sehingga kalau ketahuan langsung di blacklist dari Lomba BNR, atau tidak boleh pada saat mengikuti lomba. Atau kalau itu kewajiban BNR (karena emang Hak nya BNR), maka yang mau mengikuti Lomba nya BNR kita juga Harus mengikuti Peraturannya BNR. Kalau tidak mau mengikuti lomba ya tdk perlu beli lag sangkar BNR …

cak_silo: Lomba Manuk tha dodolan kurungan…..

bhonie: tik tak tik tak tik tak tik taktik tiktak,, , menerima kandang bekas pakai tanpa di pungut biaya hanya di do’a kan masuk surga aja,, , siap terima jemput ke rumah 1 x 24 jam,7 hari seminggu,, , maaf tidak terima marahan atau makian,, ,100% guyuu,, ,he he he

FREDY TJA menanggapi CJ: untuk lomba di bali, kayak nya musti beli, karna hadiah nya besar ,menang kan kepulangan uang sangak nya (ngarep menang) he he he.

CJ: Gini aja om semua .. Bang Boy selaku big bos BNR kan baik hati …. siapa tahu salah satu pengurus BNR membaca thread ini sehingga ada kebijakan buat warga KM misal begini: “KHUSUS WARGA KM maka KANDANG LAMA TIDAK MASALAH” asal tidak palsu ya …

Aragorn: 1. BnR versi-1 (Cibubur) : Polos, made in Solo. 2. BnR versi-2 (Presiden Cup) : Logo plastik, made in Bandung. 3. BnR versi-3 (………) : Plat, made in ?? ~ Harga dinaikin + Kualitas diturunin = Untung Gede (Udah Gue Pikirin). ~ Model baru keluar, model lama ga berlaku lagi = Pemain Bingung (Emang Gue Pikirin). Belom lagi iuran anggota … kemana tuh nasibnya?

henry kenari: untung sy selalu pake kdg lovebird utk kenari saya.. KUAT TAHAN BONCENG TAHAN PATAH. TAHAN DIRI gak IKUT LOMBA BNR tapi gak tahan liat kicaumania dipermainkan… plat BNR….??? apa sih susahnya dipalsukan??? sy yakin bentar lg ada kdg BnR dgn plat yg palsu beredar kalo sdh beredar mk kandang BnR harus pake yg dipahat lgsg di kayu nya…tanpa tempelan plat lg.. itu sdh diperkirakan.

Subianto: Kalo memang niat malsu biar dipahat tetep aja bisa .
suwarno71: Efek dari kapitalisme global, monopoli pasar (lewat kontes), atau marketing strategy yang brillian? wallahu alam.

bhonie: wadoooohh klo begitu kaya’a mending beli kandang BnR yg ada pelat’a aja,, ,itu juga klo harga’a sebanding dgn kwlitas’a,, ,klo ngak mending beli yg ……. aj

Dende: jelek Kandang BNR !!! Harga mahal… kwalitas RENDAHAN… jual paksa logo BNR… Punya burung bagus… Ga perlu pusing ngikut lomba BNR…. Kandang harus BNR… Pakan harus BNR… Pemenang orang orang BNR..

liverpooldian: sama dari awal saya juga begitu curiganya .. akhirnya terbukti, Kalo di sby BNR banyak kisruhnya kalo ada event, mudah2an kedepannya sih gak.. selain kurangnya sosialisasi proses penjurian BNR. apa lagi dengan adanya wajib pake sangkar BNR sekarang malah ganti pake sangkar yang bener2″wajib” (plat besi), makin terlihat kalo UUD. lama lama nanti di sangkarnya ada foto jabat tangan pembeli sama pemilik bnr, biar bener2 valid tu keaslian sangkar.. karena kalo plat besi aja, masih bisa di palsu oknum tertentu (kalou pun itu di palsukan??!, karena beda asli ama palsu sebelum plat besi ini. saya blom denger dan lihat sendiiri,) kalo yang plastik atau viber aja bisa di palsukan apa lagi plat besi??!!. Keris aja bisa di bikin mirip kok heheheheh.

Duto Sri Cahyono (Om Kicau) menanggapi Dende:
Untuk poin kandang, pakan, bahkan burung “merk BnR” dan sebagainya memang itu hak BnR untuk menerapkan aturan main, tinggal kita mau ikut atau tidak.

Tetapi kalau “pemenangnya orang-orang BnR” itu memang baru sebatas kecurigaan. Hendaknya tidak dibesar-besarkan karena bisa menimbulkan ketidaksenangan orang.

Ini sekadar cerita, tentang cara main “LOMBA BESAR, HADIAH BESAR” pada lomba mancing di berbagai kolam ikan jaman “dahulu kala” (sekarang sudah fair kaleeee….):

Alkisah, ada lomba besar mancing ikan tombro di sebuah kolam negeri antah berantah…

Pada kolam dengan 150 lapak, tiket yang dijual sebanyak 125 lapak. Sisanya yang 25 lapak, digunakan oleh orang-orangnya panitia lomba mancing. Siapa 25 orang yang diberi tiket gratis itu? Ya para maniak mancing yang bisa membawa ikan hasil pancingan secara gratis, tetapi jika dapat hadiah, maka hadiah dikembalikan ke panitia dengan ya.. sedikit potongan sebagai uang gula-gula… (Saya dulu suka banget jadi “pemancing” model beginian…).

Nah pada sepekan sebelumnya, ikan2 besar nominasi (yang kalau kena orang dapat hadiah), sudah ditebar di kolam itu. Ikan2 ini juga sudah dipelajari dulu kebiasaan makanannya, jenis pakannya dan sebagainya. Ketika dia ditebar, pemilik kolam mempelajari juga di sisi mana saja ikan2 besar itu suka bergerombol. Ketika diketahui temoat ikan bergerombol, di situ pula pakan ikan selalu ditebar.

Jadi selama sepekan itu, ikan juga mempelajari bahwa dia tidak perlu pergi kemana-mana untuk mencari pakan dan kalaupun dia diangkat lagi sebelum waktu lomba kemudian ditebar lagi ketika lomba berlangsung, dia hapal untuk kembali lagi ke tempat dimana dia merasa nyaman sekaligus mudah mendapatkan pakan.

Nah di titik-titik ikan suka bergerombol inilah lapak yang disediakan untuk 25 orang “pemancing bayaran” pihak panitia. Bahkan di titik-titik itu pula air dari luar dirembeskan masuk ke kolam sehingga terjadi gelembung2 udara ketika lomba berlangsung. Tentu saja ikan paling suka dengan tempat seperti itu. Alhasil, siapakah yang mendapat peluang besar mendapatkan ikan nominasi? Ya bisa dipastikan orang-orang panitia.

Nah itu cerita tentang LOMBA BESAR HADIAH BESAR di kolam pemancingan yang secara teknis lebih rumit ketimbang lomba burung karena untuk makan atau tidak makan, ikan besar atau ikan kecil, bukan juri yang menetukan tetapi ikan itu sendiri dan kepiawaian para “pemancing bayaran”. Toh demikian, semua bisa disetting yang penting jangan sampai hadiah mobil atau uang jutaan rupiah melayang ke peserta luar (di lomba mancing besar, uang pendaftaran bisa sampai 2 jutaan, dengan hadiah mobil dan uang jutaan juga).
Kalau di Lomba Besar Hadiah Besar di dunia burung, saya kok nggak yakin kalau ada setting kecurangan seperti itu. Enggak tahulah bagaimana pendapat teman-teman semua.

Apalagi kalau panitianya sekelas BnR, apa ya mungkin mereka melakukan usaha dengan cara seperti itu? Semoga tidak dan tidak akan….

===

Demkiianlah sekelumit sorotan terhadap BnR yang tentu saja sorotan tersebut bersifat pribadi member kicaumania.or.id dan bukan mencerminkan sikap kicaumania.or.id sebagai sebuah komunitas kicaumania.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. Saya pemula, baru niat beli bnr, tau gini jadi anti produk BnR. Sebenernya suka suka kita pake sangkar yg penting tampilan burungnya. Satu produk belum tentu naik untuk semua pengguna

  2. Pada prinsipnya siapa yg mau rugi.kalo manusia2 seperti anda2 ini ga ikut lomba bnr ga pa2 bnr akan semakin meroket.apakah km ga jualan juga apa?trus km mau ga rugi.kariawan km mau ga titak dibayar?jd tidak usah menjelek2kan merasa sok hebat.kalo mau ikut lomba bnr silakan kalo tudak ya ga pa2.

  3. Dari dulu sebelom ada bnr lomba sebesar apapun g wajib seragam sangkar yg penting layak burung ok koq sekarang jadi wajib sangkar ya ini mau kontes burung atau kontes sangkar cuape deh kl gini terus kasian ♈ªπğ bermodal pas2an tapipunya burung bagus cuapek deh

  4. Om ingin berlangganan artikel dan berita2 serta tulisan2 terbaru dr om kicau via email gmn om, email dah saya masukin.. Tp saya cek inbox email tdk ada apa2 om..mksi om tlong dibantu maaf pemula..

Komentar ditutup.