Ciblek clebok, speed rapat suara berdengung

Berikut ini adalah artikel kiriman Om Tony Alamsyah alias Om Bajak Laut, majikan Black Bird Keeping Cilacap. Dia bertutur tentang jenis ciblek yang disebut ciblek clebok. Apa itu? Simak saja tulisannya.
Oke. Untuk sahabat semua yang berkenan menulis apapun seputar dunia burung, silakan kirim ke email OmKicau. Salam.

CIBLEK CLEBOK

Majikan ciblek clebok...

CLEBOK….? Sebuah kata yang aneh, apalagi ketika didepan kata tersebut ada kata “ciblek”. Memang aneh, apalagi untuk penggemar burung yang selama ini hanya mengenal ciblek sawah dan ciblek gunung.

CLEBOK adalah daratan di sepanjang laguna Segara Anakan dan sekelilingnya merupakan wilayah perairan di Kabupaten Cilacap. Letaknya dapat dikatakan terisolasi dari daratan. Untuk mencapai daratan tersebut dapat menggunakan kapal compreng atau kapal mesin menyusuri hutan mangrove dan Pulau Nusakambangan.

Berawal dari keinginan untuk memelihara ciblek istimewa, segera saja saya mengajak Om Duto dan Om Dwi Love Bird menuju ke rumah Om “WARTIM KATHINK” (Facebook id), salah satu spesialis ciblek di Kabupaten Cilacap.

Awalnya kami sendiri sebenarnya belum tahu jenis dari ciblek tersebut. Yang ada di otak kami, bahwa ciblek tersebut paling jenis ciblek sawah atau ciblek gunung. Setelah mendapat penjelasan dari Om Wartim bahwa ciblek tersebut dari CLEBOK, terbersit sebuah pertanyaan, “Apa mungkin ada habitat ciblek di daerah tersebut?”

Pertanyaan tersebut terbersit mengingat daerah tersebut (dan juga airnya) sangat payau, panas dan dengan kondisi angin yang kencang.

Apa dan bagaimana ciblek clebok?

Ciblek clebok mempunyai ciri bulu yang lebih legam daripada ciblek kebanyakan. Hal ini mungkin disebabkan kondisi habitatnya yang ekstrim.

Ciri istimewa dari clebok adalah memiliki kerapatan (speed) suara yang tinggi (sekitar 150% lebih rapat dari ciblek daratan pada umumnya). Selain itu, ada suara tembakan yang berdengung.

Pada saat Om Dwi Love Bird membeli ciblek tersebut dan mendengar suara tembakannya, saya mempunyai niatan untuk membeli satu lagi di waktu yang berbeda. Hal ini saya lakukan untuk membuktikan, apakah ada perbedaan dari kualitas suara antara ciblek dalam satu habitat. Akhirnya Minggu lalu saya diberitahu Om Wartim, bahwa dia sudah mendapatkan ciblek clebok lagi. Tanpa pikir panjang saya segera meluncur dan membeli ciblek clebok tersebut.

Sesampai di rumah, ciblek yang masih muda tersebut ternyata memang tidak berbeda dengan yang Om Dwi bawa ke Jogja.

Speed tinggi dan tembakan berdengung, berulangkali dia bawakan.

Asyeek!!!

Catatan Om Kicau:

Berikut ini beberapa gambar jenis-jenis ciblek dan prenjak (keluarga prinia, sumber: Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan, terbitan LIPI dan Burung Indonesia):

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

About these ads

There are 57 comments

  1. Dwi

    om saya punya ciblek kapas(kristal) gacor banget ketrekan, jinak & lincah banget, sering di duetkan dengan ciblek lain dan selalu menang tapi sayangnya burung saya sering turun ke bawah dan mengembangkan bulu saat di duetkan. nah om bagaimana cara mengatasinya? sedangkan diperlombaan peraturannya ketat.
    makasih om

  2. rhully jhelek

    Sdh lama sy kpingn
    punya momongan
    bru ya itU CIBLEK.
    Ciblek jenis
    ini sdikit sulit
    di dptkan…
    Bru 2 hari
    ini sy bru bs
    punya ciblek
    laut..
    Yg masih
    di loloh
    umurx bru
    1 bulan lbh.
    Meskipun udah
    pinter nuTul
    sendiri.
    Tp msh tetap
    suap.
    TUJUAN AGAr
    smakin jinak
    g takuT Sm manusia.

    1. rhully jhelek

      Ciblek sawah
      kalo g slh
      hampir sm dngn
      ciblek gunung
      kpalax coklat
      kemerah2an
      kalo ciblek
      lauT/empang.
      Warnax cokLATx
      puTih
      dadax puTih
      brSIH.
      Suarax
      muantep..
      Ngerol,tinggi.
      Dan rapat2.
      Mampu
      meniru beberapa suara
      burung lain.

  3. bayu

    om,, gni om, kmaren sya dapat burung, gak tau apa nmanya,,,
    gambarnya mirip yng nmor 11,, apa namanya tuh om???
    trus klau di pegang ganas bnget,, trus klw di letakin di sangkar diam aj,, gak loncat2,,
    trima kasih..

  4. batu malang

    om sy mo tany mengenai lomba ciblek
    klo sy prhtkan darena lomba kebanyakan ciblek putih yg dilombakan sedangkan ciblek kuning sy prhatkan tdk prnh ada darena lomba
    apa ciblek kuning tdk blh dikut sertakan dlm lomba alasny knp om sy dr jakarta
    maklum om sy orang br dl perburungan
    sblum dan ssdahy sy ucpkan trmksh

  5. zanuar bahari

    om.menurut anda pa brung sya nich bgus gk,dy msih muda tpi mentalx bgus bnget stiap da brung bnyi sllu dy ngerol ngebrent…………..lo body c sedang n dadax lom putih tpi agk ke kuning-kuningan

  6. Dent Riio

    om sya punya ciblek udah gacor dan mau kerja di lapang’
    sbulan yang lalu kandang sama burung nyd jatoh
    permasalahan nya burung ga mau lagi kerja di lapang tapi di rumah burung tetp gacor
    tolong dng kasih solusi nya……….

  7. rambo

    minta solusi dong.saya pnya ciblek jawa,dah 1th saya rawat,namanya rambo,sumpah dia gacor abis,kacer sama kenari di rumah ampe gak bs keluar suaranya,gara2 di sikat si rambo.tapi minggu kemaren si rambo ikut lomba,sampe arena diam seribu bahasa,sampe skrng,gak mau gacor lg.kira2 kenapa ya?dan cara penanganannya gmn?sumpah sayang banget mau di jualnya?dah kayak anak sendiri.tolooong…..

Komentar ditutup.