Kalau anis kembang dan anis merah dikawinkan, maka hasilnya…

Anis kembang jantan dan anis merah betina, akur dan kawin...

Ya, kalau anis kembang dan anis merah dikawinkan, hasilnya apa? Hasilnya adalah cerita yang saat ini mulai Anda baca, hehee. Oke, ini memang cerita proyek penangkaran eksperimennya Om Moch Taufik yang beralamat di Kunden, Karanganom, Klaten.

Penangkaran eksperimen ini awalnya memang bukan suatu kesengajaan. Karena kebetulan saja Om Taufik punya anis merah betina yang sudah birahi dan anis kembang yang ngerol.

Mulanya dia menjodohkan anis merah betina dan anis kembang pejantan itu sebagaimana menjodohkan burung lainnya. Untuk diketahui, selain mencoba penangkaran eksperimen ini, Om Taufik selama ini sudah punya penangkaran cucakrowo dan murai batu. Ketika kali pertama main ke rumah Om Kicau dalam rangka membeli BirdHormone untuk cucakrowonya. Saat itulah dia bercerita tentang pasangan anis kembang dan anis merah di rumahnya.

“Setelah saya jodohkan, saya campurkan, sekarang ini keduanya berperilaku seperti apa ya, yah pokoknya mesra seperti halnya kalau burung sudah berjodoh. Setiap hari si anis kembang meloloh si betina dengan kroto dan mereka juga melakukan perkawinan,” kata dia.

Karena sangat tertarik, saya pun minta Om Taufik untuk membawakan foto-foto pasangan itu, baik ketika saling meloloh ataupun sedang kawin. “Sayang, saya tidak pernah sempat memotret ketika burung sedang kawin. Besuk saya bawakan videonya ya,” kata Om Taufik.

Nah datanglah lagi suatu ketika Om Taufik ke rumah membawa rekaman video, tetapi ukuran filenya besar sekali sampai 75-an GB (masih ada di dalam laptop Om Taufik). Maunya Om Kicau nyimpan file itu untuk diedit, tetapi tidak ada lagi space di PC yang muat data 75 GB.

Akhirnya, saya hanya bisa mengambil foto dari tayangan video yang diputar di rumah. Hanya saja video ketika anis kembang dan anis mewah kawin, tidak sempat terlacak dan kalau terlihat sangat kabur. Yang jelas, dalam kesehariannya, kedua burung ini sudah sangat berjodoh.

Hanya saja, menurut Om Taufik, si betinanya suka nakal. Kadang malah ngamuk kalau mau disuapi si jantan. Tetapi secara umum, keduanya sangat akur dan bahkan mau kawin. Cuma kapan bertelurnya dan seperti apa anaknya kalau bisa menetas, wallahu’alam.

Apapun, ini sebuah eksperimen yang menarik.

Berikut ini foto-foto pasangan anis kembang dan anis merah punya Om Taufik Kunden, Karanganom, Klaten.

This slideshow requires JavaScript.


Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

32 pemikiran pada “Kalau anis kembang dan anis merah dikawinkan, maka hasilnya…

  1. gak bakalan bertelor lah……kan udah ada kodratnya sendiri2…..
    kayak ayam jantan ma bebek betina…pernah kah lihat tu bebek bertelor dan menetas….

    • kta siapa om ga bsa bertelor? temsn breder dipalembang secara tidak sengaja mengawinkan jalak putih dgn jalak kebo. hasilnya anakan umur dua bulan dengan warna abu2 seperti jalak kapur.skarang sdh mengeram dan aku pesan…

      • Om Habib, apakah bisa kirim artikel tentang persilangan itu? Juga kalau ada dengan foto-foto indukan di penangkaran dan juga anakan2nya. Sungguh menghebohkan deh kalau bisa…. Terima kasih sebelumnya.

  2. wah jd apa ya klau sukses beranak..?mungkin anis batakem alias anis bata kembang ..hhe.he.he smgoa sukses ya mas taufik salut atas experimennya

  3. Ini anis Kembangnya lagi melakukan KDRT om, gmn pemecahannya lapor ke komnas HAM apa ke Densus 88 nih…….. Tp kalau ke komnas paling penyelesaiannya molor…… Kalau Densus takut ditembak mati……..kembangnya GMN dong solusinya biar akur lagi. Thanks ya OM

  4. Tu Anis Merahny lg teler kl.,.jd g bs bedain pasangannya,Anis Kembangny ganjen,maen sikat ajj.,tp kasihan ankny klo jd,dikira tmn2ny ortuny prnh selingkuh.,.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s