Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Kenari Mr Green ditransfer Rp. 30 juta, tembus rekor Papburi Solo

 

Nuansa Batik: Papburi Solo 10 Oktober 2010

Hampir bersamaan waktunya kabar itu datang. Om Puguh Laropstar, Ketua Papburi Solo,  mengirimi saya email hasil lomba kenari Papburi Q-Maxs 10 Oktober 2010 dengan bonus “info hangat” adanya transaksi kenari jawara Papburi Solo. Sekitar 10 menit sebelumnya, sang pemilik burung yang  mentransfer kenarinya menelepun saya. “Sedang apa ini Om? Ini Wenas…,” kata orang di seberang sana.

Ya, itu telepun dari Om Wenas, salah satu “suhu” pemasteran kenari di kawasan Soloraya. Setelah mengobrol soal HP-nya yang hilang sampai cerita “gegap gempitanya” lomba burung Owen Award, Om Wenas  mengabarkan bahwa salah satu kenarinya, Mr Green sudah ditransfer pemain kenari Kediri, Om Ferry.

“Ya kisaran Rp 30 juta Om untuk Mr Green dan blacktroath Panjul,” kata Om Wenas sambil menambahkan bahwa untuk harga Rp 30 juta itu, Om Wenas memberi bonus salah satu blacktroath andalannya selama ini yang diberi nama Panjul.

Sayangnya, karena setelah itu Om Wenas minta agar saya segera mengirim produk untuk stamina burung, saya malah lupa minta traktir untuk keberhasilan transfer Mr Green dan Panjul hehehe…. Nilai transfer itu, menurut Om Wenas merupakan rekor tertinggi burung Papburi Solo hingga saat ini. “Ya, sementara ini adalah rekor Papburi Om,” katanya.

Konfirmasi mengenai transfer Mr Green dan Panjul datang dari Om Puguh Laropstar. ” Berita lapangan tetapi  perlu konfirmasi dulu…. Kenari Pak Wenas diboyong ke Kediri oleh Ferry. Saya dengar nilainya sampai 30 juta tetapi rinciannya belum ada. Jagoan campuran impor, Panjul, kelihatannya juga diboyong Ferry,” kata Om Puguh via email.

Huaduh-huaduh… melayang lagi nih jagoan Solo ke kota lain. Siapa Mr Green? Siapa  Panjul atau siapa Om Wenas? Ya sekilas lihat bisa disimak lagi artikel saya yang satu ini (klik saja).

Om Puguh (kedua dari kiri) sepertinya habis "menikahkan" Om Wenas (jaket coklat) dengan Om Ferry (kaos putih) diamini oleh Om Wimpie (baju katok-katok eh.... kotak-kotak)

Membludak

Lomba Pabburi Solo, Minggu 10 Oktober 2010, di Ndalem Ngabean Baluwarti sendiri sudah bisa ditebak, sukses tiada halangan sesuatu apapun dan malah selalu menunjukkan peningkatan peserta. Untuk lomba semua kelas Q-Maxs misalnya, peserta membludak dan bahkan untuk anis merah terpaksa menolak peserta karena mengingat waktu.

Karena penonton juga membludak, sampai-sampai panitia harus menggelar tikar cadangan. Ya harap dimaklumi, bahwa lomba Papburi adalah lomba burung gaya lesehan dan menurut saya memang inilah lomba nyaman senyaman-nyamannya lomba burung. “Range sistem penjurian Papburi ditempel dan dibagikan pada pengunjung. Sejumlah teman yang bertugas juga menerangkan penerapan sistem penjurian dan semua peserta bisa menerimanya,” kata Om Puguh.

Lomba kali ini juga tergolong istimewa karena penuh nuansa batik selaras dengan pencanangan salah satu identitas baru Solo sebagai Kota Batik.

Paguyuban Penggemar Burung Kenari (Papburi) Solo dan Q-Maxs sukses menggelar lomba burung bertajuk Olimpiade Kenari di Ndalem Ngabeyan Kalitan Solo, Minggu 10 Oktober 2010.

Full tetapi tetap nyaman....

Kenari Olimpiade

Dalam lomba kali ini, juga diterapkan penggabungan kelas pada kenari. Yakni penggabungan kelas kenari Kalitan dan Reguler menjadi Olimpiade Kenari. Sistem ini dimaksudkan sebagai penyatuan kelas kenari di lomba Papburi Solo yang sebelumnya ada pembedaan antara kenari besar dan kenari kecil.

“Ini merupakan proses evaluasi… berbagai pendapat sebelumnya memang sudah mengarah ke tujuan itu. Pertimbangan  lainnya  adalah sebagai reaksi akan asumsi sebagian penggemar yang menilai besarnya postur kenari mempengaruhi kualitas suara secara keseluruhan, pada kenyataannya tidaklah demikian. Hal ini dibuktikan dengan maraknya berbagai persilangan kenari yang ternyata banyak juga kenari kenari kecil dan tanggung yang berprestasi,” kata Om Puguh.

Secara sepintas, lanjutnya, postur jenis besar memang lebih gagah dan mantab. Tetapi kenyataan di penggemar sebenarnya postur tanggunglah yang sering terlihat diminati karena dianggap sebagai standard ideal. “Pernyataan ini sebenarnya bisa diterima logika mengingat kenari besar kalah dalam kuantitas sedangkan kenari kecil kadang tidak begitu diperhatikan terkait dengan nilai jual.”

Lalu bagaimana jika dihubungkan dengan lomba? Lomba memerlukan beberapa kriteria kepantasan yang semuanya bisa didapatkan pada semua jenis kenari. Hanya saja hal ini memang perlu sebuah analogi yang tidak terpengaruh pada pendapat kebanyakan. “Semua perlu diuji dan dicobakan, dan semua punya peluang yang sama untuk menang.”

Sebagai reaksi pendapat di atas, menurut  Om Puguh, perlu kiranya ada sharing pendapat yang bisa menjelaskan bahwa sebenarnya kenari yang baik tentu mempunyai modal dasar untuk bisa bersuara panjang. Sedangkan isi variasi lagu dan kemampuan memaksimalkan volume, tegas Ketua Papburi Solo, merupakan proses dari usaha pemilik untuk memberikan kesempurnaan pada kenarinya.

JUARA KONTES BURUNG, PAPBURI SOLO- Q-MAX, 10 OKTOBER 2010

KELAS KACER
JUARA NAMA BURUNG PEMILIK ALAMAT
1 KETIPUNG PRIYO S NGUTER
2 REM ANGIN IRWANSAH ACEH
3 YAKUSA KOKO PAPBURI SUKOHARJO
4 LEKA-LEKA KUKUH SOLO
5 RONCE YUS WONOGIRI
6 KERE HORE HENDRI SOLO
7 BANYU BIRU BUDI SUN GONILAN
8 BERKAT ADI GROGOL
9 HITAM MANIS THOMAS SOLO
10 METEOR SARMIN NGUTER
KELAS ANIS MERAH
JUARA NAMA BURUNG PEMILIK ALAMAT
1 HERCULES HUSEN SOLO
2 BCL JAROT WONOSARI KLATEN
3 GLADIATOR FAJAR PAPBURI SUKOHARJO
4 AVATAR DITA SOLO
5 JALU LUKMAN SOLO
6 EENG KRISWANTO PALUR
7 ONE DOLLAR FERRY KEDIRI  JATIM
8 DOLLAR ZAZA SOLO
9 SAKRAL LOLIK BOYOLALI
10 KANCIL YOYON PALUR
KELAS COCAK HIJAU
JUARA NAMA BURUNG PEMILIK ALAMAT
1 MAHA MERU LUKMAN SOLO
2 GREEN TEA DEDY SALATIGA
3 KUNCEN SETO UNS SOLO
4 ALTERI LUDI BOYOLALI
5 RONGGO LAWE ARI KARTOSURO
6 ANDOID ANTON KLATEN
7 TOP GRENN MASTER JANTO KARTOSURO
8 SAFIRA BUDI SUN GONILAN
9 LOWO IJO DR AGUS SOLO
10 BUTO IJO DR. AGUS SOLO
KELAS CAMP. IMPORT
JUARA NAMA BURUNG PEMILIK ALAMAT
1 KALKULATOR HANDI HOHO SOLO
2 CAHAYA FERRY KEDIRI JATIM
3 SUPERSTARS BAYU GN KIDUL
4 MOTIFATOR MR ANDI SOLO BARU
5 BERKAT ADI GROGOL
6 BANGKIT LEJEN SOLO
7 SPARTAN MR ANDI SOLO BARU
8 GENDON ADI COLOMADU
9 GLADIATOR YOTTO KARANGASEM SOLO
10 GNT GENTUR GN KIDUL
KELAS EBOD CANARY
JUARA NAMA BURUNG PEMILIK ALAMAT
1 JABULANI REZA KLATEN
2 FREND  2 SUSILO KLATEN
3 ANGEL  2 ANDRI SOLO
4 BOM WAKTU BAYU GN KIDUL
5 RODA MAS TOTOK PJA JOGJA
6 HELLBOY DUA DEWI KLATEN
7 PANGERAN TARI KLATEN
8 GRACIA 2 ANDRI SOLO
9 MR. GREEN FERRY KEDIRI  JATIM
10 MR. BOND WENAS SOLO
KELAS  OLYMPIADE CANARY
JUARA NAMA BURUNG PEMILIK ALAMAT
1 ANGEL  2 ANDRI SOLO
2 MR. BOND WENAS SOLO
3 MR. GREEN FERRY KEDIRI  JATIM
4 PANGERAN TARI KLATEN
5 RAJA KAYANGAN MENDEM KLATEN
6 SILVER QUEEN NEJING JOGJA
7 BOM WAKTU BAYU GN KIDUL
8 CASANOVA ANDIKA GN KIDUL
9 RODA MAS V TOTOK PJA JOGJA
10 PAJERO BIYANTO BOYOLALI

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

6 Comments »

  1. jadi rindu lomba yang seperti PABBURI yang tanpa teriak, cos kalo smua teriak jadine yang ngoceh pemilik burung kan burunge gk kdengeran ocehane….he……he……..he…………

    Suka

  2. Salam kemesraan kepada semua teman2 pencinta burung.sya punya usul jika ada dikalangan teman2 semua yang mau berbisnis burung seperti kenari,c.h.dan yang lain nya di negeri saya.disini memang langka kedai burungnya sedangkan pencinta banyak sekali.biasanya sya memesan burung melalui teman sya dipontianak kalimantan indonesia.kepada om kicau hubungi sya +0168917115.terima kasih.

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.025 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: