Menangani karakter aneh burung anis merah muda

Burung anis merah atau punglor merah bisa dikatakan memiliki “karakter” yang aneh selama masa pertumbuhan. Tentu saja ini tidak berlaku untuk semua jenis burung anis merah. Tetapi dibanding burung lain seperti murai batu, burung cucak ijo, kacer, cucakrowo atau jenis-jenis finch seperti kenari atau burung kecil lain seperti ciblek atau prenjak, burung anis merah relatif sering menyimpang.

Keanehan yang saya maksud di sini adalah banyak sekali burung anis merah yang macet total setelah masa rekondisi sehabis mabung, khususnya mabung pertama sampai mabung kedua atau burung masih di bawah usia 1,5 tahun. Padahal di antara burung itu ada yang sudah ngeplong bahkan teler sebelum mabung pertama atau bahkan ketika masih trotolan.

Jika Anda mengalami hal demikian, maka itu bukan monopoli Anda. Banyak penghobi yang mengalami hal sama. Jika Anda mendapati anis merah muda seperti itu, maka langkah-langkah yang diperlukan hanyalah menunggu dan merawatnya secara baik, meski untuk pencegahan sebenarnya bisa dilakukan.

Pastikan bebas gangguan

Pastikan dia kecukupan asupan gizi dan bebas gangguan segala macam parasit, mulai dari kutu, jamur sampai cacing. Anis merah adalah burung yang sangat rawan gangguan. Sedikit saja mengalami ketidakseimbangan gizi atau asupan pakan, sedikit saja kena serangan kutu atau cacing, maka dia akan segera meresponse dengan perilaku yang tidak bisa kita prediksi.

Selain masalah asupan gizi dan gangguan parasit, anis merah juga sangat rawan dengan perubahan settingan pakan, sekaligus rawan terhadap perubahan/suasana lingkungan.

Banyak sekali anis merah yang awalnya adalah lolohan (ketika masih trotolan), sangat mudah gerabakan seperti ketakutan setelah sekian pekan kita pelihara. Bahkan tidak sedikit yang sampai berdarah-darah pangkal paruhnya atau bertaburan bulunya yang lepas.

Jangan terlalu dimanja

Jika hal itu Anda alami, maka mau tidak mau Anda harus “memulai proses penjinakan”. Tetap gantang burung di dekat keramaian, banyak dimandikan dan jaga burung jangan sampai kekenyangan.

Perlu diperhatikan pula, burung perlu dikondisikan tahan menghadapi perlakuan yang beragam. Burung jangan terlalu dimanja misalnya kita terlalu hati-hati ketika mau mengganti pakan atau air minum. Biasakan juga tangan kita masukkan sehingga dia tidak akan gerabakan kalau suatu ketika kita memang perlu memasukkan tangan ke sangkar.

Latihlah hal itu sejak dini pada burung-burung anakan. Bahkan kalau perlu, sejak anakan Anda sering mengusap-usap kepalanya, atau sesekali Anda pegang. Tentu saja semuanya perlu dilakukan dengan hati-hati, apalagi pada masa-masa awal “latihan”.

Salam anis merah, salam dari Om Kicau.

Menangani karakter aneh burung anis merah muda

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 22 comments

  1. Afif

    Bos. ane punya anis merah yang ciri-ciri umumnya udah pasti jantan, tapi masalahnya ukuran badannya agak kecil tapi gak pendek. kira-kira anis ane jantan apa betina ya???? makasih sebelumnya bos..

  2. orox mix

    om d gantang di tmpat k’ramaian dngan posi2 full krodong pa terbuka?
    Saya punya anis selalu di gantang tempat ramai sudah berbulan2 gak bunyi juga akhrnya sya gantang di kmar mandi langsung ngriwik.kalo kasus seperti ini gimana om treatmenya?

  3. Guns

    Minta tipsny dong buat wk wk pecinta punglor merah, biar am q cepet ngeplongny, umur brp am biasany ngeplong, kl ngerwk, bunyi criiit, kek kek kek tanda brg co pa ce, salam kenal. Guns. Tks

  4. agus

    Bung Anis Merah Saya kok ngacir melulu
    Kadang bunci kayak tritit-tritit
    emg beli masih anakan
    jenis ini perrepuan atau laki
    trim” s atas info nya

  5. bung ebi

    bung, am saya kok beberapa waktu ini sulit sekali untuk masuk keramba. selain di pancing pake EF ada solusi lain gak? identifikasi lain juga bulunya ada beberapa yang rontok, baru dua minggu saya boyong kerumah, sebelumnya kata penjualnya sudah melalui masa ngurak.
    ada solusi?

    1. Jatmico

      Merawat Burung ANis merah sama juga dengan merawat anak kecil, Salah didik akan fatal akibatnya, itulah fakta kehidupan hehehe…

      Burung Anis merah Anda Sulit masuk keramba ?… itu dikarenakan Anis merah sampean itu Nakal mas. Jangan terlalu takut mengajari burung itu takut setres mas, biasa saja dan ketok agak keras dikit sangkarnya agar mau masuk keramba. Anis merah saya dulu juga begitu mas tapi pas saya perlakukan agak keras dikit ahirnya dia mau juga masuk keramba mas.

      Rawat saja yg baik dan konsisten namun begitu sewaktu2 kita harus ngasih tindakan agak kasar dikit guna menumbuhkan sifat disiplin yg baik pada Anis merah kita maupun burung kicauan lainnya.
      Jika kita selalu takut mengajari dan berlaku sedikit kasar maka Anis merah momongan kita akan manja yg gak ketolongan.
      Dan terbukti semua burung Anis merah saya tetap gacor dan mau teler meski melihat saya yg telah merawat sehari2nya,

  6. adamsirodjudin

    mat malam om Kicau, AM saya saat ini lg macet bunyi hanya mengeluarkan bunyi “Cit” pendek terus menerus badan mengembung padahal sering saya jemur max 3 jam 7-9 pagi, saat ini saya sedang menggunakan obat metabolis. dan anti jamur apa yg saya lakukan sudah benar cara penanganannya buat AM saya. mohon bantuannya om , thanks

  7. julio obiora

    om,lam kenal.aku pnya anis,dulu aku beli itu brung dlm keadaan bunyi,smpai rumah nggu sebulan bru aja bunyi setelah tu da kgk mau bnyi lg mpe skrng da hmpir 4 bln??
    knpa dan gmn ya byr bunyi lgi??/
    mksh n aku tunggu blsnya…..

Komentar ditutup.