Tips percepat penjodohan murai batu ala Wak Haji Padepokan Gamprit

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Bagaimana cara cepat menjodohkan murai batu? Banyak tips banyak cara. Salah satu cara cepat menjodohkan burung murai batu adalah dengan “main semprot” ke burung pejantan. Bagaimana maksudnya? Bagaimana langkah-langkah operasionalnya? Sabaarrr…

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Di bawah ini saya turunkan artikel dari H Ari Suprawadi S Kom yang di pergaulan dunia burung sering saya sapa Wak Haji atau Om Arkum. Sudah lama sebenarnya saya mesan artikel dari Wak Haji, dan baru kesampaian hari ini terkirim.

H Ari Suprawadi

Selain artikel ini, ada juga artikel Wak Haji yang lain, yakni Cara Mudah Menjodohkan Anis Merah dan Beternak Branjangan ala Padepokan Gamprit. Oke kita mulai saja…

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ini nih:

  • Pilih indukan murai batu jantan yang sudah gacor dan sudah siap ditangkarkan (sebaiknya usia lebih dari 2 tahun).
  • Siapkan indukan betina murai batu yang sudah siap.
  • Siapkan kandang dengan perlengkapan yang diperlukan (bahan sarang letakkan di dasar kandang, glodokan atau kotak buat sarang dll, maaf tidak dibahas satu-persatu karena diasumsikan sudah memahami dan bisa dibaca di artikel Kandang penangkaran burung).
  • Untuk penjodohan sebaiknya dilakukan hari libur (Sabtu/Minggu) dengan pemikiran kita bisa memantau kondisi burung bila belum berjodoh dan burung berkelahi.
  • Masukkan indukan betina ke kandang breeding, usahakan pagi hari. Dengan tujuan agar betina murai batu bisa mengenal lingkungan terlebih dahulu dan bisa mencari perlindungan bila disatukan dengan indukan jantan. Jangan lupa beri makanan dulu supaya tidak kelaparan jika dikejar-kejar yang jantan.
  • Siapkan alat penyemprot yang sudah diisi air  (seperti alat semprot yang biasa untuk menyemprot memandikan burung).
  • Sekitar 2 jam kemudian baru masukkan indukan jantannya, dan perhatikan dengan seksama. Biasanya si jantan akan segera menyerang si betina dan saling mencekram, bila hal ini terjadi semprot si jantan dengan semprotan yang sudah kita sediakan sampai kuyup. Lakukan hal ini bila si jantan mulai menyerang lagi. Biasanya untuk jantan yang galak akan selalu menyerang betinanya ketika betinanya bergerak dan sebaliknya ketika betinanya diam si jantan juga akan diam. Nah untuk itu perhatikan dengan seksama dan semprot jantannya bila si jantan menyerang betina. Kuncinya adalah ketika jantannya basah kuyup dia akan sibuk merapihkan bulunya dan tidak akan galak lagi seperti ketika dia dalam keadaan kering. Lakukan hal tersebut secara sabar dan berulang sampai jantan tidak menyerang lagi, untuk hal ini kemungkinan anda akan beruntung karena kurang dari 5 menit kadang si jantan berubah tidak menjadi galak lagi dan bisa ditinggal.
  • Terkait trik nomor 7 yang merupakan trik kunci tersebut adalah, biasanya kedua pasangan belum jadi itu akan tetap berkelahi ketika berebut makanan, untuk hal tersebut mohon tetap waspada dan berikan porsi makanan terutama jangkrik dengan porsi yang lebih banyak.
  • Jika point No. 7 dan No. 8 tidak berhasil, maka sebaiknya indukan dipisah kembali dan bisa dicoba 1 minggu kemudian dengan menambah EF masing-masing agar cepat birahi.

Trik ini tidak dapat menjadi acuan baku dan butuh kreativitas dan kesabaran, namun trik ini juga sudah teruji untuk menjodohkan beberapa murai batu dan anis kembang, anis merah dan kacer di Padepokan Gamprit.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bila kita beruntung maka jangan heran bila Anda mendapati burung sudah jodoh tidak lebih dari 5 menit saja.

Pacu dengan BirdMineral dan BirdMature 

Nah begitulah, kalau suhu dari Padepokan Gamprit sudah turun gunung. Singkat, padat, ringkas, tidak bertele-tele. Sekadar tambahan tips untuk penutup ya, jika Anda pengin burung di penangkaran segera beranak pinak, maka saya sarankan menggunakan BirdMature (BMR) dan BirdMineral. Soal keampuhan BirdMineral dan BirdMature dalam memacu sukses penangkaran ini bisa Anda baca di artikel Manteb benar penangkaran jalak bali dan murai batu “besutan” BirdMature dan artikel Om Budi Herianto: Agen produk Om Kicau di Pekanbaru sukses beternak murai batu. Untuk penangkaran cucakrowo yang sukses dengan ramuan itu bisa dibaca di artikel Sutoto GRD Bird Farm Balikpapan: BirdMature dongkrak produktivitas cucakrowo lebih dari 75%.

Hehehe, bukannya berpromo, tetapi baru saja tadi pagi saya dapat SMS dari Om Beny Budhi (Kodim Blora) yang isinya sangat padat dan ringkas: “BMR Jely 1 botol 1 paket serbuk untuk 4 pasang jalak bali hasilnya cespleng. 14 telur 100% jadi. BMR saya habis sisa testo/estro.”

Setelah saya jawab, dia SMS lagi: “Saya mau pesan lagi BMR serbuk 2 paket dengan ongkir jadi brapa Om? Pulang kantor saya transfer”. Alhamdulillah…

DATA PRIBADI OM ARKUM

Nama : H. Ari Suprawadi S.Kom.

Nama alias : arkum2x

Email: arkum2x@yahoo.com

Alamat : Jl. Masjid Al-Ikhlas No. 23A Rt.003/01 Kampung Bojong Tua Jatimakmur Pondok Gede, Bekasi 17413

Alamat Alias : ” Padepokan Gamprit

Hobby : Sepak Bola dan Kicaumania

Pengalaman Penangkaran : Anis kembang, Anis Merah, Kacer, Branjangan, Hwamei,   Love Bird, Murai Batu dan Kenari.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

3 Comments

  1. mau nanya lg..he..kandang indukan kacer satu lokasi dgn kandang indukan lb g mana trganggu tdk utk kacer?
    2.rencana sy pgn beli indukan mb dan bikin kandang satu lokasi dgn kandang kacer (bersebelahan)apakah keduanya tdk trganggu?thx om..erik equality

    • 1. tidak masalah, malah bagus sekaligus untuk masteran bagi kacer.
      2. sebaiknya dihindari jika belum paham betul karakter masing-masing indukan, karena kacer dan murai batu burung yang bersifat teritorial.

Komentar ditutup.