Memaster burung cucak ijo, si burung pin-pin-bo, jangan lupa sempritan…

Burung cucak hijau atau cucak ijo (Chloropsis sonnerati) terkenal sebagai burung pin-pin-bo alias pintar – pintar – bodo. Mengapa disebut demikian? Sebab burung ini cepat sekali dimaster tetapi cepat pula lupa. Oleh karena itu, burung ini harus selalu ditempel suara masteran yang kita inginkan.

Sama halnya dengan cara memaster burung murai batu dan burung cendet atau pentet, ketika memaster burung cucak ijo perlu diperdengarkan semua suara burung dan aneka suara lainnya. Misalnya, Anda bisa mendownload suara-suara isian yang tersedia di kategori download suara di blog ini.

Sebagaimana memaster burung untuk tujuan lomba burung kicauan, maka kita hanya perlu memasternya dengan satu-dua suara sebagai suara dominan.

Suara dominan yang bagus untuk cucak hijau yang ditujukan bagi keperluan lomba burung model sekarang ini antara lain adalah:

1. Suara trrriiiiiiiiiit peluit yang melengking, ngetril, panjang. Suara ini, kalau bisa menjadi suara dominan pada burung cucak hijau, maka dia akan menjadi sangat menonjol di arena lomba. Nah makanya, jangan lupa memaster burung ini dengan sempritan atau peluit. Cuma ingat saja, orang serumah bakal marah-marah kalau Anda terus-terusan memperdengarkan suara peluit hehehe.

2. Suara burung cililin

3. Suara burung lovebird

4. Suara lain yang sifatnya tajam, ngetril (suara paling ngetril paling bagus saat ini, menurut saya adalah suara jangkrik). Untuk suara jangkrik ini, Anda bisa mendownloadnya di blog ini. Silakan dilihat di artikel Suara jangkrik, Suara jangkrik model 2, Suara jangkrik model 3, Suara jangkrik model 4.

Catatan khusus untuk pemasteran burung cucak ijo:

1. Jangan  pernah memperdengarkan suara siulan Anda (atau teman atau orang serumah) atau suara siulan manusia yang biasanya pendek-pendek. Dengan demikian, jangan pernah menyiuli burung cucak ijo dengan siulan umumnya  suara orang bersiul. Kalau burung cucak ijo Anda terbiasa mendengar suara siulan Anda, maka dia akan hafal dan berisiko diperdengarkan di arena lomba (suara jelek karena pendek-pendek dengan frekuensi rendah yang sangat membosankan).

2. Selalu ditempel satu SATU SUARA masteran dominan, setiap hari setiap ada kesempatan.

Bagaimana halnya agar burung cucak ijo bisa ngentrok dan ngotot ketika dilombakan?

Ada beberapa hal yang mempengaruhi ngentrok tidaknya burung cucak ijo ketika dilombakan. Pertama, bakat. Kedua, kondisi fisik dan stamina secara umum.

Mengenai masalah bakat, tentu tidak bisa kita ubah-ubah. Cuma, siapa yang tahu burung kita punya bakat ngentrok atau tidak kalau kita belum membuktikannya dalam pengamatan yang lama? Nah kalau  Anda pengin tahu apakah burung Anda punya bakat ngentrok atau tidak, pastikan kondisi fisiknya benar-benar fit. Sekali lagi, untuk memastikannya, Anda perlu membaca artikel yang satu ini.

Setelah kondisi benar-benar fit dan sudah beberapa kali Anda coba burung Anda untuk di trek di arena, baik dengan burung sedikit atau burung banyak, ketika kondisi panas atau mendung, dan beberapa kondisi yang berbeda (sebelum mabung, sesudah mabung dan melalui masa rekondisi), dsb-dsb tetapi burung tetap tidak ngentrok, ya relakan saja. Bisa Anda pelihara terus, bisa segera dibarter dengan burung lain.

Perlu sekali lagi saya ingatkan bahwa membuat burung bagus adalah tidak sederhana dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Kalau semua burung mudah dijadikan bagus dalam waktu singkat, maka tidak ada burung yang harganya murah dan mahal. Kalau semua burung mudah dijadikan bagus, maka tidak ada lagi seninya lomba burung. Tidak ada lagi seninya memaster burung dan sebagainya.

Oke. Salam cicit cuit.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

42 pemikiran pada “Memaster burung cucak ijo, si burung pin-pin-bo, jangan lupa sempritan…

  1. om, kalau ci saya ini awalnya normal sayap kirinya, tapi lama2 sayapnya kok turun ,jadi agak pincang sayapnya, gimana cara mengatasinya?mohon jawabannya ,suwun.

  2. om mau nanya knapa ci aq klu di lap loading lama banget..aq pgn begitu burung dicantol ada musuh lgsung buka suara..mhn info dan petunjuknya..matur nuwun

  3. om kic mau nanya..knapa CI aq klu di lapangan loading lama bgt,aq pgn bgtu burung dicantol lgsung buka suara.mohon petunjuk dan infonya om…matur nuwun

  4. Salam kenal om, saya punya CI Body besar swara ngebass(kyakny sic banyuwangi) tp suara yg kluar cuma cililin, tak master jalau suren dll, udah agak masuk,.. Tp ga pernah kluar…
    Pertanyaan saya,! Bagaimana agar mau mbongkar lagu,.. Coz waktu di trek cuma kluar cililin dan suara aslinya… Trims

  5. Mau nanya nih…
    saya punya CI dan MB apakah CI dan MB bisa berdampingan om? soalnya saya takut nanti MB saya kalah pengaruh om. maklum CI ya Gacor.

  6. om duto…saya sedang memaster ci saya dengan sound yaitu gereja tarung, love bird, cililin ,dan belalang raja…durasinya masing2 satu jam dan ber ulang2..apakah memaster dengan 4 suara sekaligus seperti sya akan efektif? atau lebih efektif dengan satu suara dominan? saya agak sedikit bingung..mengingat ci itu pin-pin-bo td…kira 2 baiknya bagai mana om duto?

  7. ciri2 cucak ijo yang ngentrok seperti apa om?
    soalnya aku punya CI dua, yang satu dah lumayan lah klo suara, yang satunya dah mulai belajar bunyi, setelah tak hadapkan yg pertama gayang agresif, bukan hanya dengan sesama CI dihadapkan burung lain (MB, Kacer, cendet)jg agresif ,tp belum tau seperti apa CI yang ngentrok itu mohon petunjuknya…..makasih sebelumnya Om…

  8. masalahnya om, kalo di banyuwangi suara peluit gak masuk penilaian juri, susah jadinya. suara lovebird ngekekek yang tinggi nilainya ama cucak rawis

  9. hakakakakakakakaka untung perumahan aku tigal dket ama pasar jd burung dah kebiasaan dngerin suara sempritan orang palkir ama keluar masukin kendaraan jd yahut dah tembus

  10. Hallo Om Duto,
    Mengenai permintaan suara semprit yng melengking itu serius lho Om beneran…
    Suara Pabrik, supermarket, hutan Om kan bisa. usahain Om ya

    Ni minta tapi kok rada2 maksa ya…
    Ngga pa2lah Om Duto kan baik and Loman

    Just kiding and Salam Om
    Edy

  11. sebagai spesialis ci aku setuju ama om duto, tapi masih ada beberapa hal yang bisa jadi patokan memilih ci yang bagus and mo nampil dilomba, tapi rahasia he..he..he.. sorry merk dagang

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s