Beda murai batu borneo dan murai batu “medan” ketika beraksi, bandingkan via video

Masih banyak kawan-kawan penghobi burung yang sering bingung membedakan burung murai batu borneo atau murai kalimantan dan burung murai batu dari kawasan Pulau Sumatera pada umumnya. Nah apalagi kalau sudah masuk juga ke ranah apa itu murai batu medan, murai batu medan super dan semacamnya. Untuk referensi soal istilah murai batu medan, silakan dilihat artikel “Murai batu medan, ada enggak sih?”.

Nah berikut ini ada contoh video burung murai batu kalimantan dan burung murai batu sumatera di youtube.com yang diupload oleh penghobi berusername “homescholarship” di youtube.

Persis di bawah ini adalah video burung murai batu borneo (yang terlihat jelas adalah dua burung di bagian kiri) dengan ciri khas badan menggelembung ketika tarung. Dan inilah hebatnya murai batu borneo, sangat ngotot ketika tarung dan agresif. Saya suka meskipun banyak penghobi burung di Jawa dan Sumatera yang tidak suka. Yah semua itu kembali ke masalah selera. Tidak ada yang salah, tidak ada yang benar.

ANY CHARACTER HERE
ANY CHARACTER HERE

Sementara di bawah ini adalah video murai batu sumatera. Kalau dilihat panjang ekor dan kelenturannya, secara umum murai batu ini bisa diklasifikasikan sebagai burung murai batu medan.

ANY CHARACTER HERE

Nah kalau di bawah ini adalah foto burung murai batu borneo:

ANY CHARACTER HERE

MURAI BATU BORNEO

ANY CHARACTER HERE

Bagaimana dengan murai batu Anda?

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 80 comments

  1. Bengbeng

    om, kenapa MB Borneo selalu dipandang sebelah mata…?adakah MB borneo yang sehebat seruling raja ato nathalia…?mhon lebih dijelaskan tentang MB borneo agar para kicau mania tidak mendiskriminasi MB tersebut….terima kasih.

  2. Masbowo Kicau Mania

    Boleh juga ìnfonya, tp repot juga klo yg kejebak beli murai salah. trnyata yg di punya borneo yah sahabat kicau mania…
    sebaiknya
    murai borneo
    diangkat ke dunia lomba agar tetap lestari dan tidak di hilang dr perèdaran Kalau dìsiasiakan,..

Komentar ditutup.