Perbedaan burung pentet jawa timur dan jawa barat

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Perbedaan burung pentet jawa timur dan jawa barat – Dalam membedakan asal burung pentet sebenarnya lebih pas kalau bicara soal beda antara cendet cokelat, cendet loreng dan cendet kelabu. Mengapa demikian? Sebab perbedaan lebih jelas bisa dilihat dari sisi morfologi dan bukan geografis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sering kali penghobi burung membedakan jenis kelamin burung cendet atau pentet atau bentet kelabu (Lanius schach) dengan melihat warna di kepala.

Kalau hitam dianggap jantan dan kalau abu-abu adalah betina.  Hal ini tentunya salah kaprah. Sebab, warna hitam di kepala bukan pembeda antara burung berjenis kelamin jantan dan betina pada burung cendet.

Ada sub-spesies cendet yang memang berkepala hitam dan ada yang abu-abu. Lihat gambar di bawah ini:

perbedaan burung pentet jawa timur dan jawa barat

Nah untuk diketahui, bahwa keduanya adalah cendet kelabu dari habitat yang berbeda. Menurut buku “Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan” terbitan LIPI dan Burung Indonesia, gambar atas (a) adalah Lanius schach nasutus. Sedangkan yang bawah (b) adalah Lanius schach bentet. Bentet dengan kepala warna hitam punya habitat aseli di Kalimantan. Sedangkan yang abu-abu ada di tempat lain.

Catatan: Luasnya warna hitam bisa bervariasi antar ras dan individu burung.

Meskipun Lanius schach nasutus berhabitat aseli Kalimantan, saat ini juga menyebar ke berbagai pulau di wilayah Indonesia. Demikian pula untuk Lanius schach bentet, sudah ada juga di Kalimantan.

Sementara itu soal jenis kelamin burung cendet atau bentet, silakan Anda simak Halaman Cendet.

Usia remaja dan dewasa

Pada saat sama, seringkali ada penghobi yang menganggap bahwa cendet yang berwarna loreng adalah cendet yang masih muda. Memang, untuk Lanius schach nasutus dan Lanius schach bentet yang masih muda, berwarna dominan loreng cokelat. Tetapi ada sub-spesies dari Lanius schach yang pada dasarnya berwarna loreng.

Lihat gambar di bawah ini:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Gambar 737 adalah cendet coklat atau Lanius cristatus. Yang atas remaja, yang bawah dewasa. Gambar 738 adalah Lanius triginus dewasa (atas) dan remaja (bawah).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Gambar 737 adalah cendet coklat atau Lanius cristatus. Ketika dewasa bercirikan: alis putih, punggung tidak bergaris-garis; untuk beberapa ras, warna bisa lebih merah bat. Untuk burung remaja (immature/imm) punya ciri: bagian atas dan bawah bergaris-garis tipis.

Gambar 738 adalah Lanius triginus dewasa (atas) dan remaja (bawah). Dewasa: jantan bermahkota dan tengkuk berwarna abu-abu, tidak ada alis putih, punggung bergaris-garis. Remaja: setrip hitam pada mata tidak jelas.

Perbedaan burung pentet jawa timur dan jawa barat: Pentet jatim

Kalau berbicara tentang perbedaan burung pentet jawa timur dan jawa barat sebenarnya hanya jelas terlihat setelah dewasa, meski secara umum pentet atau cendet jawa timur dan juga jawa tengah lebih gagah (lurus). Secara bulu, jika sudah dewasa, bagian warna hitam lebih gelap dan warna terang lebih terang (mendekati putih).

Ciri cendet atau pentet jawa timur menyerupai ciri-ciri cendet madura atau sumenep. Bedanya warna hitam cendet jawa timur sampai bagaian belakang kepalanya saja, sedang cendet madura sampai bahu atau pangkal sayapnya.

Cendet atau pentet jawa timur / madura secara umum dikenal punya mental petarung, jarang ngolok atau miyik dan mudah dikendalikan birahinya.

Sedangkan cendet jawa tengah, hampir serupa dengan cendet jatim tetapi postur lebih kecil dan warnanya sedikit lebih kusam.

Perbedaan burung pentet jawa timur dan jawa barat: Pentet jabar

Pentet jawa barat terkenal dengan sebutan cendet zoro gegara warna hitam yang menutupi wajahnya. Secara postur, cendet jawa barat memiliki lebih kecil di bandingkan cendet jawa timur, madura dan jateng.

Warna bulu putih di dada pada cendet jawa barat lebih kecoklatan dan tidak seputih cendet jatim, madura atau jawa tengah. Sedangkan warna coklatnya juga cenderung redup.

 

Nah itulah perbedaan burung pentet jawa timur dan jawa barat sekaligus pembahasan perbedaan cendet hitam dan cendet kelabu.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. Burung saya ekornya pdhal sudah panjang tp kok blm berkicau,pdhl burung saya lincah dan sehat,gimana cara penangannya y bos?

  2. numpang tanya boss. Kalau ekor rusak (patah) dicabut tumbuhnya berapa lama ya?? Kalu nggak dicabut mungkin balik normal nggak ekornya? TRIM’s

    • ada yang bisa tumbuh langsung, namun ada pula yang baru tumbuh saat mabung. kalau om ragu sebaiknya tunggu mabung saja om.

Komentar ditutup.