Golden Eagle memang elang perkasa: Lihat bagaimana cara dia berburu

Sehabis menulis artikel kutipan dari Telegraph berjudul “Golden Eagle tertangkap kamera menggondol kambing“, saya kemudian googling tentang elang ini. Weh ternyata, saya ketemu dengan artikel yang diposting oleh agan Huba di kaskus.us, berjudul “Amazing Animal Series: Golden Eagle, Burung Emas Pemangsa Kambing Gunung.

Memang luar biasa ternyata. Untuk melihat keperkasaan elang ini, ikuti artikel Gan Huba (kalau di forum kaskus, panggilan akrab sobat adalah “Agan” alias “juragan” seperti halnya kalau di dunia burung adalah “Om”) yang saya tulis berikut ini. Tetapi sebelumnya, yuk kita tonton dulu video si elang ketika berburu rusa.

ANY CHARACTER HERE

Golden Eagle menangkap rusa:

ANY CHARACTER HERE

Nah berikut ini foto-foto dengan keterangan gambar sebagai artikel:

The Golden Eagle atau Elang Emas (Aquila chrysaetos) adalah salah satu burung pemangsa (birds of prey) dalam keluarga Accipitridae (elang) yang terdapat di belahan bumi bagian utara yaitu di Eurasia, Amerika Utara dan sebagian Afrika. Lokasi dengan jumlah sarang terbanyak dari burung ini terdapat di Southern Alameda County, California.

Kokoh, kuat mantab
Elang Emas berwarna coklat tua, dengan corak keemasan di bagian kepala dan leher. Burung ini berukuran cukup besar dengan rentang sayap yang dapat mencapai lebih dari 2 meter dan panjang tubuh sekitar 1 meter.
Sebagai burung pemangsa, Elang emas diberi senjata yang hanya dimiliki oleh karnivora dan tentunya berfungsi untuk dapat membunuh dengan efektif. Bangsa elang memiliki kelopak mata yang dapat tertutup saat tidur. Untuk berkedip, mereka memiliki kelopak dalam yang transparan agar mata mereka tetap bersih dan mampu melihat saat terbang. Pandangan mata elang juga berwarna seperti kita dengan ketajaman empat kali lebih baik. Seekor elang dapat melihat kelinci dari jarak 1.5 km. Ini artinya seekor elang yang sedang terbang di ketinggian 300 meter dapat melihat dengan jelas seekor mangsa di wilayah seluas hampir 4.5 km persegi dari lokasinya terbang. Subhanallah… Paruh elang berbentuk sedemikian rupa dengan fungsi untuk mencabik daging dalam ukuran kecil.
Cakarnyapun berbentuk melengkung dengan fungsi untuk mencengkeram mangsanya, sedangkan kaki dan sayapnya sedemikian kuat untuk dapat membawa beban mangsa sambil terbang kembali ke sarang.
Elang emas memiliki daerah perburuan seluas sekitar 155 km persegi. Termasuk burung yang monogami.
Elang emas biasa bersarang di tempat tinggi seperti tebing, pohon, atau bangunan buatan manusia seperti tiang telepon. Mereka membuat sarang (disebut juga Eyrie) berukuran besar dengan ukuran diameter sekitar 2 meter dan tinggi sekitar 1 meter yang biasanya akan digunakan selama bertahun-tahun untuk membesarkan beberapa generasi.
Di dekat ceruk-ceruk tebing seperti ini biasanya Golden Eagle bersarang.
Elang betina biasanya bertelur satu sampai empat butir, dan bersama2 sang jantan akan mengerami telur selama 40 sampai 45 hari secara bergantian untuk mencari makanan. Setelah menetas, biasanya satu atau dua anak akan bertahan dan selama 50 hari akan diberi makan oleh orangtuanya sebelum akhirnya bisa terbang dan berburu sendiri.
ANY CHARACTER HERE

Elang-elang untuk berburu:

Kemampuan elang emas dalam berburu ternyata juga dimanfaatkan oleh manusia. Elang emas bisa dilatih untuk melakukan falconry atau hawking yaitu aktivitas yang melibatkan burung pemangsa yang telah dilatih untuk berburu atau bertanding (mungkin mirip2 seperti melatih burung dara kali ya…). Di Kazakhstan, Kyrgyzstan, Mongolia dan Cina bagian barat, elang ini digunakan untuk berburu oleh manusia.
Para pemburu ini biasanya mengambil elang muda yang berusia beberapa bulan dengan cara menjebaknya dengan burung kecil atau bangkai. Setelah ditangkap sang elang akan dipelihara selama satu sampai dua bulan dengan diberi makan langsung dari tangan tuannya, agar tercipta hubungan antara mereka.

 

Kemudian ada juga fase yang dikenal dengan isitilah “Broken” yaitu saat si elang diikat di sebuah tiang agar saat ia akan terbang ia akan jatuh lagi ke tanah. Selama ini, si elang tidak diberi makan dan setelah beberapa hari akhirnya ia akan menyerah dan menjadi menurut kepada tuannya dan tidak akan kabur.
Untuk melatihnya berburu, si pemburu akan meletakkan si elang di atas tiang kemudian memancingnya dengan umpan kulit binatang yang dikibas2kan. Jika si elang menyerang kulit itu si pemburu akan memberikan hadiah daging kepada si elang.
Pemburu bersama Elang Pemburu di Bayan Olgii Mongolia
Perburuan bersama Golden Eagle
Pada musim dingin, para pemburu ini akan membawa elang mereka yang sudah “jadi” untuk berburu demi persediaan daging dan bulu hewan. Biasanya setelah 10 tahun, elang dilepas lagi ke alam liar.
ANY CHARACTER HERE

Foto-foto lain keperkasaan Golden Eagle:

Kalau cengkeraman sudah merekat, anjing pun tidak berdaya.

 

Cabik-cabik dan makan!!!

 

ANY CHARACTER HERE

Kejar dan kejar, meski tidak kena juga akhirnya (Golden Eagle Berburu Rusa):

Dibidik!!

 

Kejaaar!!

 

Coba diterkam...

 

Nyaris...

Terlepas

Kijang selamat...

ANY CHARACTER HERE

Cara-cara elang membunuh mangsa dengan membenturkan dan melemparkan mangsa dari ketinggian:

 

Kambing gunung ditarik ke tebing

 

Dilemparkan!!

 

Sekuel perburuan kambing gunung...

ANY CHARACTER HERE

Video wajib tonton:

ANY CHARACTER HERE

Elang vs kambing gunung:

ANY CHARACTER HERE

Elang vs rubah:

Luar biasaaaaa!!!

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 10 comments

  1. BOP for earth

    untungnya elang di indonesia sudah termasuk hewan dilindungi,jadi semoga populasi mereka bertambah,menambah daftar populasi bird of prey di indonesia :D

  2. ANGGA LNP

    mantaaaappp,, di smp saya nama Aquila Chrysaetus jadi nama regu anggota pramuka putra dan jadi nama regu utama untuk putra. Ternyata di balik nama itu memang tersimpan kekuatan yang luarrrrr biasaaaa.. hebaaatt… berkat nama itu akhirnya bisa jadi juara tingkat nasional,, dan bisa mengantarkan ke event internasional… God is the greatest creater … Subhanallah…

  3. edy

    Om kalo yg elang Vs kambing gunung tadi elang liar ato elang yg sdh dipelihara spt yg elang vs rubah tadi. krn elang yg vs kambing tadi bener2 luar biasa tuh. cuma kalo yg vs rubah menurutku rubahnya yg oon. thanks om yg jelas luar biasa

Komentar ditutup.