Lihat pasangan lain kawin, memicu birahi burung lovebird di penangkaran – © Om Kicau

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ini adalah cerita tentang penangkaran burung dengan menggunakan kadang minimalis, kandang yang dibuat di lahan sempit. Yang unik dari cerita di sini adalah bahwa untuk memacu birahi pasangan lovebird tertentu, perlu dibuat kandang berhadap-hadapan sehingga pasangan yang belum mau kawin akan terpacu birahinya oleh pasangan lain yang sedang kawin.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Dalam menangkar burung lovebird, Iwan Fitriadi dari Cisadane BF Tangerang Banten, punya kiat praktis khususnya untuk menghemat tempat dan ruang. Guna menyiasati lahan yang tersedia, dia membuat kandang model battery dengan masing-masing petak dibatasi penyekat dari sebilah seng yang bisa dibuka tutup antara petak kandang satu dengan yang lainnya.

Ukuran setiap petaknya terbilang minimalis, lebar tidak lebih dari 30 cm tapi memanjang 50cm dan tinggi 90 tm. Dengan model kandang seperti ini dia bisa memanfaatkan lahan yang terbatas. Yang penting tinggi dan menjadikan suasana kandang terkesan lapang.

“Jadi kandang tersebut multfungsi, kalau setiap penyekatnya dibuka, berubah fungsi jadi kandang umbar yang bisa dimanfaatkan sebagai penangkaran model masal,” katanya.

Biasanya, Iwan memanfaatkan model kandang ini bilamana memulai penjodohan awal. Agar burung bisa saling memilih pasangannya sendiri, dibiarkan jadi satu kandang tanpa penyekat. Nah, setelah beberapa pasang menemukan pasangannya, masing-masing petak yang sudah dilengkapi dengan glodok sarang tinggal ditutup dengan sekat seng.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Masing-masing menempati petak kandang. Hanya bagian atas sampingnya tampak saling melihat antarpasangan satu dengan yang lain. Sementara bagian bawahnya tertutup seng penyekat.
“Karena lovebird akan cepat kawin bila melihat pasangan lain sedang kawin, makanya satu petak dengan petakan lainnya tampak kelihatan,” jelasnya.

Dengan kandang battery seperti ini produktivitas akan lebih cepat ketimbang model kandang masal.

Untuk memacu produktivitas, eksfood sangat berpengaruh. Agar burung cepat birahi dan kawin misalnya, kebutuhan kangkungnya diperbanyak. Pemberian kangkung bagi lwan perlu selektif. Harus yang segar dan dipetik dari rawa bebas pestisida.

“Kalau beli di pasar takut kena obat pestisida, rawan terutama bagi anakan,” ujar Iwan.

Untuk kebutuhan indukan yang sedang bawa anakan, kebutuhan jagung muda diperbanyak. Karena konsumsi anakan yang diberikan sang induk lebih mudah dan aman dengan jagung muda. Biasanya anakan diasuh sendiri oleh indukannya hingga bisa makan sendiri.

Jadi, menurutnya, bagi pemilik lahan terbatas, tidak perlu berkecil hati.

Dikatakannya, sebenarnya mudah saja menangkar segala jenis burung seperti halnya lovebird. Ini bisa disiasati dari memodifikasi kandang. Yang penting kandang bersih dan nyaman, burung pasti berproduksi. Dan itu sudah dibuktikannya. (Dari Agrobis Burung Edisi 566 Maret 2011)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

15 Comments

  1. om apa beda usia lovebird ( jantan leboh muda ) tidak dapat menetas, yang sya alami seperti itu. mohon sarannya

  2. Om Duto….., numpang nanya nih.. Apakah pasangan lovebird yg gemar kawin itu bs juga digunakan unt merangsang pasangan MB agar cepat kawin ya ?? Mtr swn.

  3. Om, saya pemula untuk breeding love bird…om punya refrensi, saya harus beli dimana love bird yg sudah siap kawin..munkin om bisa kasih alamat breeding love bird…mksh banyak sebelumnya om

  4. om mu tanya..kalo nyapih anakan love bird kira2 berapa bualan,punya saya bulunya dah beres cuma anaknya belum mau keluar kotak!mohon sarannya..

Komentar ditutup.