Jangan tergiur harga murah: Waspadai lovebird semiran (3) © Om Kicau

Kalau pada artikel pertama dan kedua di beberapa daerah sudah terdengar berita kemunculan lovebird aspal, sampai sekitar sebulanan yang lalu belum banyak pemain dan pedagang di Bali yang mengetahui hal itu. Padahal di Bali kini banyak kicau mania yang beralih sebagai peternak love bird. Tidak saja yang berorientasi lomba tetapi juga menernakkan yang warna-warna spesial.

Di antaranya adalah IRA BF di Jembrana yang khusus mengembangbiakkan jenis lutino (warna kuning kepala merah). Sementara di Tunggul Ametung BF selain lutino, juga ada warna olive, albino dan beberapa burung import. Sedangkan di Sakti BF di Jalan Supratman, dikembangkan jenis warna hitam, kuning kepala merah, dan warna-warna antiklainnya.

“Saya membeli dari teman yang sudah saya kenal dekat dan sering ke Jawa,” kata Haryanto, pemilik Tunggul Ametung BF yang kini beternak love bird berbagai warna sebanyak 40 pasang.

Hal yang sama juga dikatakan Tri Widodo yang membuka stan lovebird di Pasar Sanglah. Pedagang yang juga juri P2BS ini menandaskan, burung-burung yang dijual di stannya merupakan hasil seleksi yang sudah dilakukan di beberapa peternak`di Jawa dan dari latberan-latberan di Jateng sehingga burung-burung yang datang tidak saja siap untuk diternak untuk indukan tetapi juga ada yang siap untuk diturunkan di lomba.

Namun berkaitan dengan informasi yang disampaikan bahwa di Jawa sudah mulai ada penipuan menjual lovebird antik tapi palsu, sebagian besar peternak dan pemain mengaku bersyukur karena berlum pernah mengalaminya dan kini lebih waspada.

Selama ini, sebagian besar dari mereka membeli burung dari orang-orang yang sudah benar-benar dipercaya dan dikenal. “Dengan info yang berharga ini saya bisa lebih hati-hati lagi jika ada orang menjajakan burung, burung apalagi kalau orangnya belum dikenal,” kata Tri Widodo.

Jangan tergiur “murah”

Meskipun sudah banyak informasi mengenai peredaran lovebird antik tetapi palsu, beberapa pedangan di area Pasar Burung Lembang, Ciledug Tangerang, mengaku belum mendengar atau mendapatkan kabar lovebird warna antik aspal beredar di sana.

”Saya baru dengar sekarang ada lovebird wama antik tapi palus beredar ke kios-kios pedagang baik di pasar maupun rumahan,” ujar Edo.

Menurutnya, para pedagang di area pasar burung Lembang belum ada yang menjajakan lovebird warna antik tapi palsu. Mungkin yang banyak jadi korban lovebird warna antik aspal ini pedagang-pedagang yang mangkal kios perumahan atau pinggir jalan.

Edo pun menekankan perlunya kehati-hatian dalam membeli burung. Dia mengatakan, banyak distributor burung yang menawarkan ke pedagang-pedagang di seputaran pasar burung tentunya dengan harga yang cukup murah.

Tetapi, selama ini para distributor burung tersebut cukup jujur dan tidak pernah berbuat macam-macam karena umumnya sudah dikenal meski baru dalam hitungan bulan. Yang perlu diperhatikan dan diwaspadai, menurut Edo, orang yang baru kenal membawa sejumlah burung lovebird dengan beraneka warna yang cantik namun dengan harga jauh di bawah harga para disributor dan peternak lainnya. (Agrobis Burung – Bersambung)

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

3 pemikiran pada “Jangan tergiur harga murah: Waspadai lovebird semiran (3) © Om Kicau

  1. Maaf numpang lapak pak…bagi teman2 yg pengen beli love bird di daerah Bali bisa langsung hub 081236154222 langsung pilih sendiri di peternekan kami,mau yg indukan yg sda jodoh atau anakan usia 5 bulan sampai 7 bulan keatas,yg belum Jodoh jga boleh.Di Jamin kwalitasnya….

  2. Maaf numpang lapak pak…bagi teman2 yg pengen beli love bird di daerah Bali bisa langsung hub 081236154222 langsung pilih sendiri di peternekan kami,mau yg indukan yg sda jodoh atau anakan usia 5 bulan sampai 7 bulan keatas yg belum Jodoh jga boleh.Di Jamin kwalitasnya….

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s