Harga lovebird, realistiskah?

Di milis infoburung@yahoohroups.com, ada pertanyaan yang cukup menarik untuk didiskusikan. Pertanyaan yang disampaikan oleh sobat Heryanto W itu berkisar masalah perkembangan harga lovebird yang membumbung akhir-akhir ini. Ada empat hal yang ditanyakan dan dua di antaranya saya sampaikan di sini, yakni (1) Apakah yang menyebabkan harga lovebird sedemikian membumbung?; (2) Faktor apakah yang dominan mempengaruhi harga lovebird (warna, jenis, suara atau lainnya)?

Jawaban atas pertanyaan itu disampaikan oleh Om Endar Wardhana. Dia menjawab, antara lain, (1) karena lovebird digemari oleh segala kalangan, kecil, muda, tua, laki, perempuan, hal ini selain warna yang cantik juga mudah perawatannya; (2) harga tergantung warna dan kualitas suaranya.

Saya memang tidak menjawab pertanyaan di milis itu. Tetapi, kira-kira apa pendapat saya tentang itu? Saya tidak akan bercerita panjang lebar karena jawaban saya tentunya sangat-sangat bersifat pribadi. Kalau jawaban obyektifnya, barangkali akan saya sampaikan dsalam 3-4 hari mendatang.

SMS Om Endro

Nah berikut ini adalah sekilas pendapat pribadi saya dan itu sekadar menanggapi SMS dari Om Endro Rajabasa Lampung.

Om Endro: “Apa kabar Om? Mau tanya Om kalau di Solo harga lovebird kacamata yang warna lutino kisaran berapa Om?”

Saya: “Harga sedang gila-gilaan Om. Harga anakan per ekor sudah dimulai dari harga 1,25 juta.”

Om Endro: “Bener-bener sudah menguras kantong penghobi lovebird sekarang ini kasihan yang kantongnya pas-pasang cuma bisa penarasan aja.. Ok Om trims infonya.”

Saya: “Cari kesenangan dengan burung lain saja Om. Hobi nggak perlu jadi semacam ladang investasi, nanti malah bikin kecewa. Mereka yang sukses jadi penangkar misalnya, benar-benar berdasar hitungan hobi bukan investasi yang harus balik dalam waktu sekian bulan atau tahun.”

Om Endro: “Betul sekali Om, biar nggak jadi beban kalau usahanya gagal… Kalau kesenangan dengan burung lain saya masih memeliharanya Om, cuma yang belum kesampaian piara lovebird lutino/albino maklum Om di Lampung jarang yang punya.”

Sekian jam saya tidak menengok HP. Ketika melihat SMS Om Endro itu, maka ini komentar yang terucap:

Saya: “Nggak usah kepingin Om, hehehe.”

Nah kira-kira itulah pendapat dan saran saya.

SMS Om Arry
Masih soal lovebird, berikut ini adalah SMS-an saya dengan Om Arry di Sumedang:

Om Arry: Om, saya ditawari teman 2 pasang indukan lovebird hijau kepala merah. Sepasang minta 2 juta. Kemahalan enggak?

Saya: Om suka enggak? Kalau suka, bayar saja Om.

Om Arry: Suka sih Om, kepingin punya, siapa tahu nanti harganya bisa naik terus.

Saya: Kira-kira kalau naik terus sampai berapa Om?

Om Arry: Ya enggak tahu Om, harga sekarang ini saja apakah realistis?

Saya: Wah, la menurut Om sendiri?

Om Arry: Sepertinya orang tertarik pelihara lovebird karena harganya yang dimungkinkan naik terus. Saya khawatir seperti harga jalak suren dulu. Langsung drop.

Saya: Nah, jangan turuti emosi Om, ini sudah bukan urusan hobby lagi, tetapi urusan investasi. Bisa kaya bisa bangkrut. Kalau bangkrut karena hobi biasanya masih enjoy, kalau bangkrut karena investasi bisa-bisa bunuh diri…

Om Arry: Hahaha, terima kasih Om sharingnya…

Bagaimana pendapat Anda?

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 75 comments

  1. cupi

    kalo bwt para penghoby gue yakin mereka ga akan kaget dengan harga pasar,tp tetep kita jangan grasa grusu dengan harga tersebut,ingat dengan tragedi louhan ataupun anturium ( by cupi kuningan )

  2. koes

    Numpang Info ya Om. HATI-HATI!!!!!! dengan Web Rajaburung.com. Bpk.AlwarDani Hp.085837839529 dengan alamat .Jln Flamboyan 3 Gg.Mawar no.19 Kel Sempakat Kec.Medan Selayang kota Medan. ini adalah PENIPU or TUKANG TIPU. hanya merusak kepercayaan jual burung online.

  3. ferry

    .kira.kira satu minggu yang lalu saya membeli sepasang LB kepala emas dg harga 2,5 jt . selang 3 hari jantan tersebut mati padahal udah kawin , saya sedik syok
    .karna syok sampai sekarang saya belum mencarikan ganti dari sijantan
    .yang saya ingin tanyakan , ap bener kalau terlalu lama LB sendiri`an akan mengalami stress om ??
    .tolong jawabanya om , trima kasih sebelumnya

  4. lenky

    Mau tanya om…..pasaran harga burung love bird jenis lutino mata merah n mata hitam sepasang dewasa berapa, sepasang anakan berapa di pasar burung pramuka jakarta…..atau di penangkar jakarta……Bobi Bengkulu….trims om….

  5. pankdawa

    Hobi memang segment paling empuk dalam dunia bisnis!, karena iming2 keuntungan besar orang berbondong2 beternak LB. Lihat aja orang yang beli LB rata2 untuk di tangkarkan atau mentok di jadikan master.jarang ada yang untuk kicauan. Gak ada yang salah dalam tulisan om kicau,prediksi bisa tepat bisa meleset,tapi kita semua harus hati2 semakin tinggi kita mendaki gunung maka akan semakin curam kita untuk turun. Waspadalah…waspadalah…!;bang napi mode on.

  6. bonces

    harga love bird ga bakalan turun sampe kiamat.

    ini di buktikan dari hasil penjual love bird di pasaran sekitar medan.

    permintaan pasar tiap bulan terus meningkat pesat bagaikan zet .!

  7. femina iko

    Setelah piara kucing,ikan dan aqua scape,ular dan sempat anak buaya papua,sebentar lg saya mau piara ayam dan burung. Pilihan saya jatuh pada 2 jenis burung,yaitu canary atau love bird. Saya lg mau cari di barito. Cuma kalo harganya juta2an,buat saya berpikir ulang. Walau saya cuma mau beli 1 ekor aja,..;)

Komentar ditutup.