Skip to content
Tentang iklan-iklan ini

Cucak ijo, mulai saja yuk: Peluang penangkaran burung saat ini dan masa mendatang (6)

Penangkaran burung cucak ijo

Menangkar burung cucak ijo, mulailah segera…

Berbicara tentang peluang penangkaran burung cucak ijo atau cucak hijau, secara singkat bisa saya katakan “bagus”. Bagus karena jika kembali lagi ke hukum permintaan dan penawaran alias hukum ekonomi secara umum, maka permintaan terhadap burung cucak hijau terus meningkat sementara stok alam atau hutan semakin menipis. Pada saat yang sama, seruan “stop penangkapan burung di hutan” akan terus dan semakin menggema.

Hanya saja perlu diingat, tidak ada hasil tanpa usaha. Dalam kaitan burung cucak ijo ini, para penangkar masih harus lebih banyak “berkeringat” dibanding misalnya dengan usaha awal memulai penangkaran burung murai batu. Sebab, saat ini “ilmu menangkar burung cucak hijau” masih relatif belum ketemu tidak seperti penangkaran burung murai batu.

Kalau saya mengatakan relatif belum ketemu, bukan berarti tidak ketemu. Sebab, Lintangsongo BF di Solo pernah berhasil menangkarkan burung cucak hijau. Hanya saja karena saat itu dianggap tidak ekonomis (karena harga anakan relatif rendah) maka penangkaran cucak hijau dihentikan.

Saat ini, ketika harga bakalan cucak hijau jantan dengan body bagus rata-rata sudah di atas Rp. 650.000 (untuk cucak hijau dari daerah tertentu dengan body kecil, masih bisa dijangkau dengan harga di bawah Rp 500.000), maka usaha penangkaran burung cucak hijau “sangat menjanjikan”.

Bahkan, kalau saat ini ada anakan cucak hijau jantan body sedang hasil tangkaran dijual dengan harga Rp. 1 juta, saya yakin banyak yang berminat.

Sama seperti halnya apa yang saya sampaikan dalam artikel Peluang penangkaran burung kecar, maka saat ini pun Anda sudah waktunya menangkarkan burung cucak hijau. Bagus? Ya bagus sekali. Mulai saja segera!!

Salam sukses penangkaran burung Indonesia, salam dari Om Kicau.

Artikel terkait:



Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

25 Comments »

  1. Om, Sy punya sepasang CI besar (dewasa) dan satu trotolan jantan. Saat ini sudah coba ternak pake sangkar gantung tapi belum berhasil. Jantan dan betina dewasa gacor tetapi kondisi yg CI jantan jinak sedang mabung. Sudah 4 bulan-nan di coba di jodohin tapi belum berjodoh saja. Kadang-kadang CI betina galak jadi yg CI jantan juga males PDKT-nya (he2..). Tapi kalo di pisahin kandangnya, suka saling sahut-sahutan.., Terus CI jantan kalo pas lagi disatuin sama CI betina terus kalo ngedenger CI trotolan (jantan lainnya) yg lagi buka suara/gacor suka kayak ngejar CI trotolan (jantan)..
    Gimana ya spy cepet ngejodoh?..Terus apa CI jantan yg sedang di jodohin kalo ngedenger CI trotolan buka suara/gacor jadi keganggu proses penjodohannya?..
    Mohon pencerahannya Om, maklum lagi belajar ternak tapi fanatik CI he2..

    Suka

  2. saya mau coba ternak cucak ijo, kalau beli dipasar burung bagaimana ciri ciri fisik dari burung yang sdh siap untuk ditangkar, bulu, kaki bersisik? yg betina maupun jantannya bagaimana? didaerah malang apaada yg sdh ternak? tks.

    Suka

  3. artikelnya siip om, sekarang harus menggalakan penangkaran, stop penangkapan dihutan, ingat serangan ulat bulu karena predatornya gak ada. aku ada calon indukan jantan yang bagus kalo ada yang minat..

    Suka

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 156.110 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: