Beberapa penyebab burung murai batu muntah darah dan mati seketika…

burung murai batu yang tewas dengan kondisi mengenaskan

Burung murai batu yang tewas dengan kondisi mengenaskan

Di dinding profile facebook saya tersaji gambar burung murai batu yang tewas dengan kondisi mengenaskan. Burung tersebut terkulai dengan ceceran darah di sekitarnya. Foto dan keterangan singkat bahwa murai batu itu tewas setelah muntah darah disampaikan sobat  Correy Cosmogony. Burung tersebut milik teman Om Correy yang mengatakan, sang pemilik sampai menangis melihat kondisi murai batu yang tewas dengan kondisi demikian.

Beberapa teman menduga hal itu disebabkan karena burung terkena serangan jantung dan ada juga yang menduga karena keracunan makanan (entah disengaja oleh pemiliknya dengan memberinya semacam obat perangsang/ sabu dsb) atau makanan basi dan lain-lain.

Namun saya pribadi meragukan kemungkinan murai batu itu tewas karena keracunan atau karena serangan jantung.

Burung yang keracunan, memang biasanya muntah-muntah namun muntahan pertama biasanya bukan langsung berupa darah merah/ darah segar, tetapi darah yang tercampur makanan karena lokasi keracunan awal ada di dalam pencernaan.

Sementara itu kalau penyebabnya adalah serangan jantung, biasanya burung tidak sampai muntah darah karena kematiannya disebabkan penyumbatan koroner.
Kematian yang diawali dengan muntah darah segar pada awalnya biasanya adalah adanya luka dalam, bisa di pencernaan bisa pula di tenggorokan. Namun menilik darah yang terlihat adalah darah merah segar, saya menduga terjadi luka hebat di tenggorokan.

Saya pernah melihat burung yang mati akibat keracunan sabu-sabu karena pemiliknya nekat memberi sabu ke burungnya dengan dosis yang ngawur (seberapapun dosisnya, pemberian sabu adalah tindakan tidak bertanggung jawab). Burung tersebut, kebetulan anis kembang, mati dengan muntah darah juga, tetapi darah terlihat kecoklatan tercampur makanan karena lokasi keracunan, selain karena pecah/robeknya pembuluh darah di kepala di sekitar mata juga terjadi di organ pencernaan.

Karena darah terlihat segar, saya menduga murai batu itu tewas karena mengonsumsi makanan yang tajam dan menyangkut atau merobek dinding tenggorokan. Hal ini pernah terjadi juga pada burung anis kembang (atau murai batu ya saya agak lupa) milik Om Gombest Surabaya.

Saat itu, burung Om Gombest makan jangkrik yang masih ada kakinya. Kaki melintang di tenggorokan burung, merobek dinding tenggorokan, bahkan sampai tembus keluar. Burung mun muntah darah dan tewas.

Jangkrik, pakai kaki atau tanpa kaki? Tergantung…

Berkaitan dengan kematian burung akibat makan jangkrik dengan kaki utuh, hal itu tentu menimbulkan pertanyaan, apakah pemberian jangkrik kepada burung harus selalu dibersihkan kakinya terlebih dahulu? Jawabnya singkat: tergantung.

Ya tergantung. Kalau burung sobat terbiasa diberi pakan jangkrik yang sudah mulus tanpa ada kaki dan bulu-bulunya (bahkan kadang sampai bersih tanpa kepala), maka begitu ketemu jangkrik dia bisa jadi akan langsung menelannya dengan risiko tenggrokan rusak. Namun kalau burung terbiasa diberi jangkrik utuh dengan masih ada kakinya, maka burung akan terbiasa untuk bersabar makan jangkrik dengan membunuhnya terlebih dahulu dan memotong-motong (melepas) kaki jangkrik sebelum melunakkan badan jangkrik dengan cara membentur-benturkan ke tangkringan atau jeruji sangkar, baru kemudian ditelan.

Jadi, kalau sobat terbiasa memberi jangkrik mulus kepada burung, maka selalulah memberikan jangkrik yang mulus, terutama ketika burung dalam kondisi lapar. Dalam kondisi lapar, burung cenderung langsung menelan apa yang dia dapat di paruhnya.
Pemberian jangkrik yang mulus tanpa kaki memang bisa mengurangi risiko jangkrik lari-lari dari wadah pakan burung. Namun kebiasaan ini menyebabkan burung tidak lagi punya kehati-hatian dalam menyantap pakan, khususnya serangga. Akibatnya, apalagi kalau burung lapar, dia akan menyantap serangga apapun yang ada di depannya secara bulat-bulat. Celakanya, kalau yang dia santap adalah jangkrik utuh yang tanpa sengaja masuk sangkar atau lebah dengan sengat racunnya yang beterbangan di dekat dia digantang, maka bisa berakibat fatal.

Jadi, apapun pilihan Anda dalam memberi pakan kepada burung, semua ada plus minusnya.

Salam.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

32 pemikiran pada “Beberapa penyebab burung murai batu muntah darah dan mati seketika…

  1. saya yakin 100% penyebab MB muntah darah and modar adalah:
    1. karena pemberian makan jangkrik yg berlebihan artinya sudah melebihi kapasitas kantung makanan yang ada pada leher burung, burung besar max jangkriknya 15 ekor, burung kecil max 10 ekor, walaupun terkadang kita kasih 20 tetap habis, namun tetap saja beresiko kenapa krn makan menumpuk sehingga pembuluh darah di leher menjadi tegang dan apabila burung masih kondisi yang liar dengan pergerakan yang berlebihan akan menyebabkan pembuluh darah jd koyak ataupun bisa berakibat putus.
    2. karena dalam pemberian makan di berikan jangkrik yang besar atau gemuk yang ukurannya lebih besar dari rongga tenggorokan sehingga makanan tersendat dan ketika burung bergerak dengan cepat maka makanan akan mengoyak rongga tenggorokan.

  2. ass….
    om ane mau numpang tanya ne,MB ane sesekali muntah,tpi bntuknya cuman blatan kcil dri pkan.& tu udah lama,MB ane ttp shat bugar ampe skarang,mga slamanya….
    kira2 tu brbhya gak ….& bgi yg punya solusi pliss mohon infonya.thanks…

  3. kondisi mb saya bulunya seperti burung yg kedinginan (bangun bulunya) dan sudah ngak mau berkicau….kenapa ya….apakah ada gejala penyakit apa mau mabung…???? tolong buat informasi buat saya om dan agan kicau mania….trims sebelumnya

  4. ass om duto salam kenal saya pemula dalam pemain MB, mohon pencerahannya, minggu yang lalu sy beli murai muda bakalan belom mkn voor sudah 2 minggu sy pelihara dan awalnya sudah mau makan voor tp tadi malam mati, kndisi MB di mulai badan nya drastis kurus, tidak mau bertengger, loyo, padahal EF gak pernah telat. itu du sebabkan apa?? mhon om duto pencerahannya

    • bisa jadi itu burung pancingan alias mkan pancing.soalnya d lihat dari ciri2nya
      burung mkn pancing usia max 2minggu,tidak mau bunyi ketekan,paruh sering terbuka sprti kpanasan,tdk mau mkn,lmh,loyo….

  5. Alhamdulillah, MB ane hoby mencabik2 serangga..cukup sadis juga ketika melihat jangkrik di hajar di potong sampai beberapa bgian baru di makan.

  6. hati2 memberi pakan kroto(telur semut)kejadian ini saya alami setelah memberri makan murai batu.padahal murai batu sehat wal afiat!!!setelah diselidiki ternyata kroto mengandung baygon!!koit dah murai plus muntah darah! pencari kroto dihutan menggunakan cairan baygon untuk mematikan semut yg hidup disekitar kroto!!trauma dah kasih makan kroto!sekali lagi para kicau mania!!cium dulu krotonya ada tidak bau yg mencurigakan!

  7. Thanks untuk pencerahanya..om, Menurut saya kemungkinan murai tersebut mati karena salah melahap cacing yang berisi kail pancingan milik nelayan di pesisir pantai yang sedang memancing ikan. Terus dalam keadaan kesakitan jadi super jinak dan mudah ditangkap oleh si ucup. Lalu si ucup menjualnya ke PB terdekat. Dan dibelilah oleh temennya om correy. Begitu kira2…..

    • Kalo menurut ‎​​∂ķΰ murai kamu ITů bagus…
      Krn biasa mb sperti iTu akn mengeluarkan suara2 tmbakannya Ɣªήƍ dasyat. Ϋªª bisa dbilang petarung Ɣªήƍ andal.
      Tp trgntung isianya juga.

  8. pago om duto, om gimana ya caranya melihara murai yg masih bahan.. masalahnya 2 kali saya melihara tapi dalam jarak 3 hari murai saya mati, apa salah ngasih makan atau apa ya om. padahal kroto dan jangkrik selalu saya kasih om trimakasih…

  9. thanks om atas infonya….makanya kasih makan burung dengan makanan alami, jangan kasih obat-obatan dan makanan yang mengandung bahan kimia….

  10. Kalau pengalaman saya lain lagi. Waktu itu saya disarankan kawan agar Murai Medan saya dikasih Kelabang bair energetik. Tidak lama setelah saya kasih, ia kelepek2 mati dan berdarah. trims

  11. wah klo itu sich pengalaman saya om….
    saya waktu itu ngasih jangkrik mulus tapi muray saya tetap muntah darah..
    saya slidiki ternyata jangkrik masih bisa menggigit..
    mangkanya sekarang saya slalu ngasih jangkik yang kepalanya saya pencet biar mati dan gak bisa gigit lagi..hehehee
    salam kicau om..

  12. malam om .. saya juga punya murai ada 2 dan yang satu mati seperti itu.. setelah saya amati ternyata saya lupa menggunakan kerodong pasa saat malam hari dan ternyata si murai makan kecoa yang masuk kedalam kandangnya.. keesokan harinya murai lemas dan batuk2 sambil mngeluarkan darah…

  13. permisi om duto, kejadian ini juga pernah menimpa murai batu saya tapi waktu itu nggak jangkrik yang tak berikan tapi kroto,setelah makan murai saya langsung jatuh dam muntah darah, kira-kira menurut om duto hal ini disebabkan apa? terima kasih atas penjelasannya.

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s